Pelanggan Loyal Bantu Bisnis Anda Bertumbuh, Praktekan 7 Strategi Berikut Kemudian Lakukan Pengukuran dan Evaluasi Tingkat Keberhasilannya

Menjaga hubungan baik dengan pelanggan tentu menjadi isu strategis dalam setiap bisnis, entah Anda pemilik bisnis, pimpinan manajemen atau sebagai penjamin mutu layanan pelangga.

Karena menjadi isu strategis, tentu perlu dibuat perencanaan yang baik agar Anda bisa mengukur dan mengevaluasi tingkat keberhasilan dalam bisnis Anda.

Tidak bisa dipungkiri bahwa ditengah persaingan yang ketat, sangat sulit untuk mendapatkan pelanggan baru apalagi pelanggan loyal yang rutin melakukan repeat order.

Meskipun hal ini sangat tergantung pada jenis industri dan segmen pasar produk Anda, bahkan ada menghabiskan waktu berminggu-minggu hingga  berbulan-bulan untuk mengarahkan pelanggan menggunakan produk Anda.

Bahkan jika Anda berada di industri ritel sekalipun di mana dorongan untuk pembelian adalah proses, namun pembelian pertama selalu menjadi hal yang paling sulit. Jangankan pembelian berulang, pembelian pertama saja sudah perlu perjuangan, so kita tentu wajib menjaganya.

Dalam penargetan ulang dan mendorong pembelian yang berulang, cara ini dapat membantu Anda untuk menumbuhkan laba tanpa harus meningkatkan biaya pemasaran dan periklanan.

Beberapa cara untuk mendapatkan pelanggan yang loyal termasuk memulai program loyalitas, menawarkan layanan pelanggan yang dipersonalisasi, memberikan kupon untuk penggunaan di masa depan dan menawarkan barang secara gratis.

Apa itu bisnis berulang dan mengapa itu penting?

Bisnis yang berulang adalah ketika pelanggan berbelanja dengan perusahaan Anda berulang kali. Dalam skenario terbaik, ini pelanggan menjadi pendukung setia dari brand dan berbelanja dengan anda secara teratur dari waktu ke waktu.

Berikut beberapa alasan mengapa bisnis berulang sangat penting:

  • Bisnis lebih berkembang dengan retensi pelanggan: Salah satu alasan utama bisnis berulang adalah bahwa sebagian besar bisnis dibangun dengan bantuan pelanggan setia yang berbelanja dengan mereka secara teratur.
  • Promosi dari mulut ke mulut: Pelanggan setia akan sering mempromosikan bisnis Anda secara gratis. Setelah pelanggan menemukan perusahaan yang mereka cintai, mereka menjadi jauh lebih mungkin untuk mempromosikan bisnis kepada keluarga, teman, dan bahkan pada pengikut media sosial mereka.
  • Volume transaksi meningkat: Pelanggan lebih cenderung menghabiskan lebih banyak uang untuk bisnis yang mereka rasa dapat mereka percayai dan andalkan.
  • Pelanggan yang bersemangat: Pelanggan yang berulang seringkali lebih mudah untuk menjual produk dan layanan baru. Perlu diingat bahwa mereka sudah mempercayai merek Anda, jauh lebih mudah untuk menjual produk dan layanan baru yang Anda tawarkan.
  • Biaya pelanggan baru: Manfaat lain dari bisnis berulang adalah bahwa pelanggan baru lebih mahal untuk diperoleh, terutama jika Anda mencoba untuk membawa mereka pada tingkat loyalitas yang sama dengan pelanggan lama.
Baca juga  Riset Pemasaran: Pengertian, Tujuan, Jenis, Fungsi dan Cara Penyusunan

Setelah anda mengetahui definisi dan manfaat bisnis berulang, berikutnya kita akan masuk pada inti pembahasan kita kali ini, jadi simak terus ya!!!

7 Strategi Powerfull untuk Menghasilkan Bisnis yang Berulang

Percaya atau tidak, ternyata ada ratusan cara untuk menghasilkan bisnis berulang yang menghasilkan pelanggan loyal. Akan tetapi jika anda mencari cara yang cepat, sederhana dan efektif, tentu 7 strategi berikut akan sangat membantu anda, apa saja caranya yuk kita simak ulasan berikut.

1.Memulai Program Loyalitas Pelanggan

Salah satu cara klasik untuk mendorong bisnis yang berulang adalah dengan memulai program loyalitas.

Anda bisa memikirkan strategi yang rumit seperti Anda inginkan, tetapi tentu saja hal sederhana biasanya yang paling efektif.

Yang perlu Anda lakukan adalah mengumpulkan informasi pelanggan, memberi mereka kartu member.

Kemudian berikan penghargaan berupa diskon tambahan ketika mereka melakukan pembelian kedua atau mencapai batas pembelian tertentu. Misalnya setiap pembelian Rp500.000 atau kelipatan.

Tidak hanya program loyalitas yang mendorong perilaku pembelian berulang, tetapi mereka juga cenderung meningkatkan jumlah transaksi.

Berikut adalah beberapa tips untuk program loyalitas yang efektif:

  • Pastikan Anda memiliki penawaran yang sangat khusus untuk member program loyalitas.
  • Tawarkan hadiah khusus untuk member yang merujuk pelanggan ke bisnis Anda.
  • Gunakan kampanye poin bonus.
  • Mengatur undian hadiah untuk member program loyalitas.
  • Pastikan member loyalitas diberi prioritas utama.

 

2.Menawarkan Layanan Pelanggan yang Dipersonalisasi

Sekarang ini, pembeli terbiasa diperlakukan tidak lebih dari sekedar pelanggan. Silahkan Anda berkunjung ke toko ritel besar dikota Anda, dan tidak ada yang tahu bahwa Anda pernah ke sana 100 kali sebelumnya.

Jadi sebaiknya perlakukan pelanggan Anda seperti mereka merasa memiliki toko sendiri jika Anda ingin mereka kembali.

Tingkatkan layanan pelanggan yang Anda berikan selama kunjungan pelanggan ke toko Anda akan menentukan pandangan mereka tentang brand Anda.

Baca juga  STRATEGI PEMASARAN Adalah: Definisi, Tipe, Tahapan, Konsep dan Contohnya

Metode lain yang bagus untuk mempersonalisasi layanan adalah mengirim email penawaran yang dipersonalisasi, yang menargetkan kampanye email ke pelanggan tertentu berdasarkan data yang sudah Anda miliki tentang mereka.

Layanan yang dipersonalisasi dilakukan dengan cara memberikan perhatian lebih kepada pelanggan. Hal ini akan sangat membantu Anda membangun hubungan positif dan berpeluang membangun bisnis berulang.

 

3.Memberikan Kupon Belanja yang Digunaan di Masa Depan

Banyak pelanggan datang ke toko tertentu untuk mencari satu barang. Jika mereka menemukan barang tersebut, mereka akan membelinya kemudian mereka tidak memiliki alasan untuk kembali.

Anda dapat menjangkau orang-orang seperti ini dan mendorong bisnis berulang dengan cara menawarkan kupon belanja yang digunaan di masa depan.

Misalnya, untuk setiap pembelian Rp500.000 di toko Anda, Anda dapat menawarkan kupon untuk diskon 10% yang dapat diterapkan pada pembelian berikutnya.

Dengan program ini diharapkan mereka memiliki alasan untuk kembali, bahkan pada saat mereka tidak memiliki rencana belanja ditoko Anda.

baca juga: Pengertian harga.

4.Kumpulkan Info Kontak Pelanggan

Mengoleksi kontak pelanggan menjadi tujuan Anda untuk mendapatkan beberapa informasi dari setiap pengunjung website atau channel media sosial Anda. Kunjungan langsung di kantor, Anda bisa menerapkan pengisian buku tamu.

Dengan informasi kontak seperti nama, nomor telepon, alamat email dan alamat instansi, Anda dapat menjangkau pelanggan di masa depan, dan membuat mereka sadar akan penjualan dan penawaran Anda.

Hal ini memungkinkan Anda untuk melibatkan mereka pada penawaran Anda, tidak hanya ketika mereka memutuskan untuk berbelanja dengan Anda. Ini juga akan membantu membangun hubungan baik dengan pelanggan Anda.

 

5.Tawarkan beberapa Barang Gratis

Kunci untuk mendorong bisnis berulang adalah menciptakan kesan yang baik agar brand Anda selalu diingat oleh pelanggan Anda.

Ketika pelanggan meninggalkan toko Anda, maka tugas berikutnya adalah membuat mereka mengingat Anda. Inilah sebabnya mengapa perusahaan menginvestasikan sejumlah besar dana untuk menyediakan materi promosi yang dibagikan secara gratis.

Anda bisa memberikan Pena, kalender atau gantungan kunci yang menarik perhatian, hal ini benar-benar berfungsi. Letakkan dalam persediaan hadiah yang dapat Anda bagikan kepada orang-orang khusus sebagai cara untuk menunjukkan bahwa Anda menghargai mereka.

Bahkan sebuah pena dengan logo brand Anda di atasnya bisa menjadi seperti hadiah berharga. Ingat, barang sederhana yang diberikan pada pelanggan yang tepat tentu akan sangat berkesan.

Baca juga  PERILAKU KONSUMEN: Definisi, Teori dan Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

 

6.Tawarkan Kesempatan kepada Pelanggan untuk Memberikan Umpan Balik (Ulasan)

Memberikan peluang umpan balik (Ulasan) akan membuat pelanggan Anda merasa didengar dan buat kesan bahwa mereka lebih dari sekadar pelanggan.

Ada banyak metode berbeda yang tersedia untuk mendapatkan umpan balik, tetapi salah satu yang paling umum adalah penggunaan survei anonim.

Ketika mencari umpan balik, penting untuk selalu memintanya. Pastikan Anda memberikan kesempatan bagi pelanggan untuk meninggalkan ulasan di berbagai platform, entah itu di sosial media atau website.

 

7.Memposting Konten Edukatif di Media Sosial

Media sosial sangat berharga dalam mengembangkan kepribadian untuk Brand Anda. Konten yang user friendly juga membantu menjaga bisnis Anda tetap prima.

Postingan media sosial yang kreatif dan menarik perhatian tidak hanya mengumpulkan perhatian untuk bisnis Anda, tetapi juga memberi pelanggan Anda materi saat ini untuk menunjuk ketika merekomendasikan Anda kepada orang lain.

Salah satu konten yang kinerjanya bagus adalah video, karena sangat membantu dalam menunjukkan pekerjaan di balik layar yang Anda lakukan untuk menjaga bisnis Anda berjalan lancar.

 

Apa Untungnya Jika pelanggan Anda Kembali?

Menurut buku Leading on the Edge of Chaos, peningkatan 2% dalam retensi pelanggan memiliki efek yang sama pada keuntungan perusahaan seperti memotong biaya sebesar 10%.

Pikirkan tentang hal itu selama satu menit tidak lebih, lalu perhatikan apa yang akan Anda peroleh.

Ya Anda telah menghemat biaya sebesar 10%.

Bahkan hanya dengan mempertahankan 2% dari basis pelanggan Anda, maka Anda pada dasarnya akan melakukan hal yang sama seperti memotong biaya sebesar 10%. Angka ini tentu sangat berarti untuk menolong dalam membesar bisnis Anda.

Selain itu, semakin sering pelanggan kembali dan memiliki pengalaman positif membeli produk dari Anda, semakin besar kemungkinan mereka akan kembali di masa depan dan memberi tahu teman-teman mereka.

Untuk mendapatkan bisnis yang berulang, Anda perlu memastikan bahwa Anda melakukan hal yang benar. Silahkan praktekan teknik dalam artikel ini untuk memulai membangun bisnis yang berkesinambungan.

Demikian pembahasan kita pada kesempatan ini, seperti biasa jika Anda suka dengan konten ini silahkan tekan tombol berlangganan atau tekan tombol share untuk berbagi agar semakin banyak orang mengetahui informasi berikut.

Tinggalkan Jejak