Pengertian Harga: Definisi, Jenis, dan Peran Harga Dalam Perekonomian

pengertian harga

Salah satu aspek 4P dalam Marketing Mix (bauran pemasaran) adalah Price yang diterjemahkan sebagai Harga. Nah, pada artikel ini akan dibahas tentang pengertian harga, jenis dan bagaimana perannya dalam perekonomian.

Baik kita mulai ya…

Secara umum, harga didefinisikan sebagai nilai yang dibayarkan oleh konsumen untuk memperoleh/mendapatkan barang atau jasa. Sedangkan dalam kontens produsen, harga ditentukan berdasarkan sejumlah output (masukan) untuk memproduksi/menghasilkan barang atau jasa.

Sehingga harga dapat dikatakan sebagai sarana tukar menukar yang bertujuan untuk memperoleh produk atau jasa yang diinginkan atau dibutuhkan konsumen.

Harga memang sesuatu yang sangat sering terdengar dalam kehidupan sehari – hari. Bukan hanya ahli ekonomi, mahasiswa atau pelaku usaha saja yang mengetahui pembahasan tentang harga, masyarakat awam juga sudah mulai memahami harga dengan baik.

Harga merupakan aspek penting dalam aktivitas pemasaran. Pada umumnya harga menjadi faktor kunci penentu besar kecilnya keuntungan perusahaan, yang diperoleh dari selisih harga jual dikurangi harga pokok.

Perusahaan yang baik harus menetapkan harga jasa atau produk yang dijual dengan sesuai dan tepat sasaran (konsumen potensial). Hal ini dimaksudkan agar pembeli menjadi tertarik dan bersedia untuk membeli apa yang ditawarkan oleh perusahaan.

Selanjutnya kita akan melihat sejumlah pendapat ahli yang mengemukakan pendapatnya tentang harga, mengenai apa yang bisa kita simpulkan tentang harga, sebaiknya baca artikel ini sampai akhir!

Baca juga: Pengertian Promosi.

 

Pengertian Harga Menurut Para Ahli

Harga merupakan elemen penting dalam aktivitas pemasaran. Oleh karenanya, penting  juga bagi untuk memahami harga ketika akan menjalankan usaha atau bisnis. Berikut akan dijabarkan beberapa pengertian harga menurut para ahli.

Baca juga  PERILAKU KONSUMEN: Definisi, Teori dan Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

pengertian harga

1.Djasmin Saladin

Menurut Djasmin Saladin, pengetian Harga merupakan sejumlah uang yang digunakan sebagai sarana tukar menukar dengan tujuan mendapatkan produk atau jasa yang diinginkan.

2.Kotler dan Amstrong 

Menurut dua ahli yaitu Kotler dan Amstrong, definisi harga merupakan sejumlah uang yang ada pada sesuatu yang dijual, baik jasa maupun produk. Selain itu, harga juga diartikan sebagai jumlah dari nilai yang dapat ditukar oleh pembeli setara dengan manfaat yang dimiliki oleh produk yang dijual tersebut.

3.Buchari Alma

Definisi Harga menurut Buchari Alma yaitu nilai dari sesuatu, baik berupa produk atau jasa yang dinyatakan dalam bentuk uang.

4.Henry Simamora

Sedangkan menurut pendapat Henry Simamora, pengertian harga ialah sejumlah uang yang dikeluarkan sebanding dengan beban yang dimiliki oleh sebuah produk atau jasa.

5.Basu Swastha dan Irawan

Menurut pendapat Basu Swastha dan Irawan, pengertian harga adalah sejumlah uang yang dikeluarkan agar seseorang mendapat sejumlah produk atau jasa.

Dari kelima pendapat ahli diatas, dapat kita simpulkan bahwa pengertian harga merupakan sarana pertukaran yang dinyatakan dalam satuan uang untuk memperoleh produk atau jasa, yang memiliki manfaat sebanding dengan pengorbanan (dalam hal ini satuan uang) yang dikeluarkan oleh konsumen.

 

Jenis Harga

Berdasarkan jenisnya, harga dapat dikelompokan menjadi beberapa jenis diantaranya harga subjektif, harga objektif, harga pokok, harga jual, harga pemerintah dan harga bebas. Untuk lebih jelas, mari kita simak penjelasan berikut  tentang jenis – jenis harga.

1.Harga subjektif

Harga subjektif merupakan perkiraan harga  yang dipikirkan oleh pembeli atau penjual terhadap barang atau jasa. Harga ini nominalnya bisa sama dan bisa juga beda antara pembeli dan penjual.

Baca juga  Pelanggan Loyal Bantu Bisnis Anda Bertumbuh, Praktekan 7 Strategi Berikut Kemudian Lakukan Pengukuran dan Evaluasi Tingkat Keberhasilannya

2.Harga objektif

Harga objektif merupakan harga yang disepakati oleh pihak pembeli maupun penjual terhadap suatu barang atau jasa yang akan dibeli atau dijual. Harga jenis ini memiliki nominal yang sama baik dari sisi pembeli maupun penjual.

3.Harga pokok

Harga pokok yaitu nilai dari suatu barang atau jasa yang berhubungan dengan produksi atau nilai yang diberikan saat barang selesai dibuat, tanpa menambahkan tambahan biaya lain.

4.Harga jual

Harga jual merupakan harga pokok yang sudah berubah karena telah ditambah dengan keuntungan atau laba yang diinginkan penjual atau produsen.

5.Harga pemerintah

Harga pada jenis ini memiliki arti yang secara harfiah sama dengan kata – kata yang digunakan yaitu harga yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Dalam hal ini barang yang pada umumnya termasuk dalam harga pemerintah antara lain harga padi, beras, minyak, terigu dan sejenisnya (bahan kebutuhan pokok).

6.Harga bebas

Harga bebas dapat dikatakan sebagai harga yang ada di pasaran yang berbeda – beda diantara para penjual. Mengapa bisa terjadi perbedaan harga, hal ini diakibatkan oleh adanya persaingan pasar.

 

Peranan Harga Dalam Perekonomian

Seperti yang telah dibahas pada bagian definisi dan jenis harga, maka harga dianggap penting karena peranannya yang cukup besar dalam pemasaran dan sistem perekonomian.

Harga memiliki beberapa peran yakni bagi perekonomian, konsumen dan perusahaan selalu produsen. Berikut adalah penjelasan lengkap tentang peranan harga:

1.Peran Bagi perekonomian

Harga produk atau jasa memiliki pengaruh terhadap tingkat gaji karyawan, biaya sewa suatu bangunan, bunga bank dan laba atau rugi suatu bisnis. Harga juga dapat dijadikan sebagai pengatur dasar dalam sistem perekonomian makro.

Hal ini dikarenakan harga memiliki pengaruh terhadap faktor produksi, misalnya saja pada upah tenaga kerja, harga beli atau sewa tanah serta bangunan dan juga pada sektor kewirausahaan.

Baca juga  Riset Pemasaran: Pengertian, Tujuan, Jenis, Fungsi dan Cara Penyusunan

2.Peran Bagi konsumen

Konsumen merupakan pihak yang sangat memperhatikan harga, karena mereka adalah orang yang akan mengeluarkan sejumlah uang sesuai dengan harga yang ditetapkan terhadap produk atau jasa.

Akan tetapi harga memang bukan satu–satunya faktor penentu, konsumen juga akan memperhatikan merek, citra, layanan, kualitas dan lokasi toko tempat untuk mendapatkan produk atau jasa.

Harga juga dapat dipengaruhi oleh persepsi konsumen terhadap kualitas suatu produk atau jasa. Sebagian besar masyarakat beranggapan bahwa kualitas yang bagus akan mencerminkan harga yang tinggi/mahal terutama dalam kategori produk yang memiliki spesifikasi khusus atau kualitas premium.

3.Peran Bagi perusahaan

Harga merupakan faktor penentu utama terhadap jumlah permintaan produk atau jasa di pasaran dimana efek selanjutnya adalah pada laba yang akan diperoleh perusahan. Perusahaan pada umumnya memperoleh aliran uang masuk dari harga yang ditetapkan sebagai harga jual produk dan jasa yang berhasil mereka jual atau distribusikan kepada konsumen.

Baca juga: Riset Pemasaran.

 

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan kita tentang harga, jika dirangkum maka pembahasan kita telah mencakup hal-hal berikut:

  1. Pengertian harga adalah sarana pertukaran yang dinyatakan dalam satuan mata uang untuk memperoleh sejumlah produk atau jasa, yang memiliki manfaat sebanding dengan pengorbanan yang dikeluarkan oleh pembeli.
  2. Harga dikelompokan dalam 6 jenis yaitu harga subjektif, objektif, harga pokok, harga jual, harga pemerintah dan harga bebas.
  3. Terdapat 3 peranan harga dalam perekonomian diantaranya sebagai motor atau penggerak utama dalam sistem ekonomi makro, harga juga mempengaruhi persepsi konsumen terhadap kualitas suatu produk/jasa dan harga menjadi faktor kunci terhadap permintaan produk/jasa yang mempengaruhi tingkat laba pada perusahaan.

One Reply to “Pengertian Harga: Definisi, Jenis, dan Peran Harga Dalam Perekonomian

Tinggalkan Jejak