Pangsa Pasar Adalah: Definisi, Tujuan, Manfaat, Jenis, Dampak dan Cara Meningkatkannya

pangsa pasar adalah

Apa itu pangsa pasar? Pengertian Pangsa pasar adalah persentase dari total penjualan dalam industri yang dihasilkan oleh perusahaan tertentu. Pangsa pasar dihitung dengan mengambil penjualan perusahaan selama periode tersebut dan membaginya dengan total penjualan industri selama periode yang sama.

Market share sejatinya mengacu pada porsi atau persentase pasar yang diperoleh perusahaan atau organisasi. Dengan demikian, pangsa pasar perusahaan adalah total penjualan terkait dengan penjualan industri secara keseluruhan dari industri tempatnya beroperasi.

Market share menunjukkan bagaimana perusahaan berkinerja relatif baik terhadap pesaingnya. Biasanya, pangsa pasar yang lebih tinggi menyiratkan bahwa perusahaan menyadari penjualan yang lebih tinggi dari pesaingnya karena berhasil memperluas basis pelanggannya.

Market Share dapat dibagi berdasarkan industri, kategori produk, atau bahkan produk tertentu.

Metrik ini digunakan untuk memberikan gambaran umum tentang ukuran perusahaan dalam kaitannya dengan pasar dan pesaingnya. Pemimpin pasar dalam industri adalah perusahaan dengan pangsa pasar terbesar.

Perhitungan dapat dirumuskan sebagai berikut: Pangsa Pasar (Market Share)= Total Penjualan Perusahaan / Total Penjualan Industri/Sejenis.

Baca juga: Pengertian Manajemen Pemasaran.

Pangsa Pasar adalah

Pengertian Pangsa Pasar Menurut Para Ahli

Secara umum kita ketahui bahwa pengertian pangsa pasar adalah persentase penjualan yang berhasil dibukukan oleh perusahaan yang dibandingkan dengan total penjualan pada segmen pasar tertentu atau industri sejenis. Dengan kata lain, pangsa pasar adalah indikator pembanding perusahaan dengan perusahaan lain atau kompetitor sejenis.

Griffith dan Reenen (1999)

Menurut pendapat Griffith dan Reenen (1999), market share atau pengertian pangsa pasar merupakan sebuah rasio total dari penjualan suatu perusahaan yang kemudian dibandingkan dengan total penjualan dari bisnis lain di industri yang sama.

Philip Kotler (2006)

Menurut pendapat Philip Kotler (2006), seorang penulis sekaligus ahli pemasaran menyatakan bahwa pengertian pangsa pasar merupakan sebuah persentase besarnya penjualan yang dimiliki oleh kompetitor dalam market yang relevan.

Baroes (2009)

Menurut pendapat Baroes (2009), pengertian pangsa pasar merupakan besaran bagian pasar yang dikuasai oleh perusahaan tertentu dengan perhitungannya menggunakan persentase.

Ketentuan Pasal 1 angka 13 UU Nomor 5 Tahun 1999

Market share yakni salah satu persentase nilai jual atau beli suatu barang atau jasa yang dikuasai oleh pelaku usaha pada pasar yang bersangkutan dalam tahun kalender tertentu.

Baca juga: Pengertian Strategi Pemasaran.

 

Tujuan Market Share

Pangsa pasar atau market share merupakan suatu indikator khusus daya saing pasar yang bertujuan untuk mencatat seberapa baik dan berkembangnya performa perusahaan atas kompetitornya.

Metrik ini juga berfungsi sebagai alat ukur pelengkap suatu perubahan dalam volume penjualan. Hal ini dapat digunakan oleh seorang manajer dalam mengevaluasi permintaan utama pada pasarnya.

Pengukuran pangsa pasar memungkinkan perusahaan dalam menilai banyak hal, termasuk dalam hal perkembangan pasar, tren pasar, pelanggan, atau kompetitor dalam bidang bisnis yang sama.

Baca juga  250+ Daftar Istilah Dalam Marketing (Konvensional dan Digital)

Pada hakekatnya, suatu perkembangan penjualan yang berasal dari permintaan utama akan menjadi lebih murah dan sangat menguntungkan perusahaan daripada pasar yang diperoleh dari mengambil bagian atas kompetitor yang sama.

Disisi lain, kerugian yang didapat dalam pangsa pasar tentunya akan menjadi suatu indikasi masalah serius yang berjangka panjang sehingga harus merubah kembali strategi yang sebelumnya digunakan.

Suatu bisnis yang pangsa pasarnya berada di bawah rata-rata kemungkinan tidak akan bertahan lama, karena produk perusahaan dan tren dari pangsa pasar atas setiap produk pun termasuk menjadi indikator awal terhadap adanya peluang atau permasalahan yang bisa timbul di masa depan.

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa pangsa pasar bisa berupa suatu aset yang dibutuhkan dan diinginkan oleh banyak perusahaan yang sedang bersaing. Walaupun begitu, banyak para ahli yang menyarankan untuk tidak menjadikan pangsa pasar sebagai suatu tujuan atau kriteria dasar dalam mengambil kebijakan ekonomi perusahaan.

Pemanfaatan pangsa pasar bisa dijadikan sebagai dasar untuk mengukur performa perusahaan yang tengah bersaing. Tujuannya untuk membantu membangun sistem perusahaan dalam membuat serta merumuskan kebijakan yang berlandaskan pertimbangan yang matang terkait kebijakan terhadap market share kompetitornya.

 

Jenis-jenis Market Share

Secara umum, pangsa pasar bisa dikategorikan dalam dua jenis, penjelasan lengkap dapat dijelaskan sebagai berikut:

1.Pasar Primer/Utama (Primary Market)

Pasar primer merupakan pasar di mana tempat sekuritas atau saham diterbitkan. Di pasar inilah perusahaan menjual saham dan obligasi yang baru terbit kepada publik untuk pertama kalinya.

Initial public offering (IPO) atau penawaran umum perdana merupakan contoh pasar primer. Pada perdangangan ini, investor memiliki kesempatan untuk membeli sekuritas dari bank yang melakukan penjaminan awal untuk saham tertentu.

Dengan demikian, IPO akan terjadi bila perusahaan swasta menerbitkan saham ke publik untuk pertama kalinya.

2.Pasar Sekunder (Secondary Market)

Pasar sekunder merupakan pasar di mana para vestor dapat membeli dan menjual saham yang sudah mereka miliki.

Pasar sekunder bagi kebanyakan orang disebut dengan “pasar saham”, akan tetapi saham juga sesungguhnya telah dijual pada pasar primer saat pertama kali diterbitkan. Salah satu contoh pasar sekunder di Indonesia yaitu Bursa Efek Indonesia.

Baca juga: Pengertian Marketing Mix.

 

Dampak Peningkatan Market Share

1.Skala Ekonomi

Peningkatan pangsa pasar perusahaan dapat memungkinkan perusahaan untuk beroperasi dalam skala yang lebih besar dan meningkatkan profitabilitas. Ini juga membantu perusahaan mengembangkan keuntungan biaya dibandingkan dengan pesaingnya.

2.Peningkatan penjualan

Peningkatan pangsa pasar juga membantu meningkatkan total penjualan perusahaan. Ketika konsumen memperhatikan loyalitas merek sebagian besar rekan-rekan mereka, konsumen yang tersisa juga didorong untuk membeli produk itu.

3.Peningkatan basis pelanggan

Peningkatan pangsa pasar juga membantu perusahaan memperluas basis pelanggannya. Ketika sebagian besar basis konsumen setia terhadap satu merek atau produk, sisanya juga dapat mengikuti.

4.Reputasi

Peningkatan pangsa pasar membantu meningkatkan reputasi perusahaan. Reputasi yang baik, pada gilirannya, membantu meningkatkan penjualan dan memperluas basis pelanggan.

5.Mendominasi industri

Dengan peningkatan pangsa pasar, sebuah perusahaan meningkatkan dominasinya atas industri tempatnya beroperasi.

6.Peningkatan daya tawar

Dengan peningkatan pangsa pasar, sebuah perusahaan mulai mendominasi industri. Dengan meningkatnya dominasi atas industri, sebuah perusahaan dapat menjalankan kekuatan tertentu seperti daya tawar yang lebih besar.

Perusahaan mulai menikmati tangan atas dan dapat bernegosiasi untuk keuntungannya dengan pemasok dan anggota saluran distribusi.

Baca juga: bauran Promosi.

 

Cara Meningkatkan Pangsa Pasar

Sebuah perusahaan dapat meningkatkan pangsa pasarnya dengan menawarkan pelanggannya teknologi inovatif, memperkuat loyalitas pelanggan, mempekerjakan karyawan berbakat, dan mengakuisisi pesaing.

1.Inovasi atau Teknologi Baru

Inovasi adalah metode yang sangat baik untuk meningkatkan pangsa pasar. Inovasi dapat berupa inovasi produk, inovasi metode produksi, atau sekadar memperkenalkan teknologi baru ke pasar yang belum ditawarkan kompetitor.

Baca juga  Pengertian Pemasaran menurut Para Ahli, Konsep, Fungsi Bauran dan Strategi Pemasaran

Dengan inovasi, sebuah perusahaan dapat memperoleh keunggulan atas pesaingnya dan mendominasi industri.

Ketika sebuah perusahaan membawa untuk memasarkan teknologi baru yang belum ditawarkan pesaingnya, konsumen yang ingin memiliki teknologi membelinya dari perusahaan itu, bahkan jika mereka sebelumnya melakukan bisnis dengan pesaing.

Banyak dari konsumen tersebut menjadi pelanggan setia, yang menambah pangsa pasar perusahaan dan mengurangi pangsa pasar untuk perusahaan tempat mereka beralih.

2.Loyalitas Pelanggan

Dengan memperkuat hubungan pelanggan, perusahaan melindungi pangsa pasar mereka yang ada dengan mencegah pelanggan saat ini berpindah ketika pesaing meluncurkan penawaran baru yang sedang HOT.

Perusahaan dapat menumbuhkan pangsa pasar menggunakan taktik sederhana yang sama, karena pelanggan yang puas sering berbicara tentang pengalaman positif mereka kepada teman dan kerabat yang kemudian menjadi pelanggan baru.

Meningkatkan pangsa pasar melalui cara promosi mulut ke mulut juga dapat meningkatkan pendapatan perusahaan tanpa mengeluarkan biaya pemasaran.

3.Memiliki Karyawan Berbakat

Perusahaan dengan pangsa pasar tertinggi di industri mereka hampir selalu memiliki karyawan yang paling terampil dan berdedikasi.

Membawa karyawan terbaik di pesawat mengurangi pengeluaran yang terkait dengan omset dan pelatihan, dan memungkinkan perusahaan untuk mencurahkan lebih banyak sumber daya untuk fokus pada kompetensi inti mereka.

Menawarkan gaji dan tunjangan yang kompetitif adalah salah satu cara yang terbukti untuk menarik karyawan terbaik. Namun, karyawan di abad ke-21 juga mencari manfaat tak berwujud seperti jadwal fleksibel dan lingkungan kerja santai.

4.Melakukan Akuisisi

Salah satu metode paling ampuh untuk meningkatkan pangsa pasar adalah mengakuisisi pesaing. Dengan melakukan itu, sebuah perusahaan mencapai dua hal.

Ini memanfaatkan basis pelanggan perusahaan yang baru diakuisisi, dan mengurangi jumlah perusahaan yang berjuang untuk memperoleh sepotong pai yang sama satu per satu.

Eksekutif cerdas, baik yang bertanggung jawab atas usaha kecil atau perusahaan besar, selalu memiliki mata mereka untuk kesepakatan akuisisi yang baik ketika perusahaan mereka berada dalam mode pertumbuhan.

5.Melakukan Penyesuaian (penurunan) harga

Sebuah perusahaan juga dapat memperluas pangsa pasarnya dengan menurunkan harganya. Menurunkan harga akan menarik lebih banyak pelanggan dan membantu memperluas basis pelanggan dan meningkatkan penjualan, sehingga meningkatkan pangsa pasar perusahaan.

6.Memperkuat hubungan dengan Pelanggan

Dengan memperkuat hubungan pelanggan, perusahaan melindungi pasar mereka yang ada dan memastikan tidak ada kerugian dari basis pelanggan yang ada karena persaingan yang tinggi. Ini juga meningkatkan kepuasan pelanggan, yang pada gilirannya membantu meningkatkan basis pelanggan melalui mulut ke mulut.

7.Melalui Periklan

Iklan adalah cara yang mahal namun efektif untuk meningkatkan pangsa pasar. Dengan persaingan yang berat dan tenggorokan di pasar, iklan adalah cara yang sangat baik untuk mendapatkan tangan atas pesaing.

8.Peningkatan kualitas dan standar yang tinggi

Pelanggan semakin sadar tentang kualitas produk selain harganya. Dengan memastikan standar kualitas yang lebih tinggi, sebuah perusahaan dapat meningkatkan pangsa pasarnya.

Baca juga: Daftar Istilah marketing.

 

Bagaimana Mengukur Keberhasilah Perusahaan Dalam Market Share?

Pangsa pasar merupakan persentase penjualan yang bdibukukan oleh suatu perusahaan dari keseluruhan penjualan para pesaing gabungan di industri tertentu.

Artinya, market share adalah salah satu indikator yang digunakan suatu perusahaan dalam mengukur tingkat keberhasilan mereka terhadap kompetitornya.

Contoh, perusahaan ABC pada tahun 2018 memiliki target market share sebanyak 10% dari keseluruhan pasar. Untuk mencapai target pasar tersebut, diperlukan biaya promosi sebesar Rp100 juta.

Jika setelah pemasaran ternyata pangsa pasar yang didapatkan perusahaan ABC lebih dari 10% (misalnya 15%), itu mensyaratkan kinerja perusahaan berjalan baik.

Demikian sebaliknya, bila pada tahun tersebut pangsa pasar yang diperoleh hanya 9% maka hal itu menunjukkan kinerja pemasaran yang kurang baik dan perusahaan akan menghadapi masalah efisiensi dan efektifitas. [sumber]

Baca juga  5 Cara Elegan untuk Mengalahkan Pesaing di Bisnis Anda

Sejumlah faktor yang perlu ditelusuri dalam mengkaji masalah perusahaan yang tidak mampu mencapai pangsa pasar adalah sebagai berikut:

  1. Target pangsa pasar yang terlalu tinggi.
  2. Kompetitor baru semakin banyak di industri yang sama.
  3. Terjadi penurunan daya saing perusahaan.
  4. Promosi yang dilakukan tidak dapat mencapai target market atau tidak tepat sasaran.

 

Cara Menghitung Pangsa Pasar

Agar dapat mengetahui dan menetapkan ukuran pasar dan market share-nya, diperlukan riset pasar yang cukup mendalam. Oleh karena itu, pengusaha harus dapat mendefinisikan pasar yang akan dibidik sehingga dapat melihat potensi pasar tersebut.

Selanjutnya, setelah mengetahui ukuran pasar dan mengetahui segmen pasar yang dibidik, maka langkah berikutnya adalah mempelajari siapa pesaing di pasar tersebut dan berapa banyak pasar yang telah dikuasai oleh mereka.

Perusahaan yang membuat perencanaan strategi harus mengembangkan strategi bauran pemasaran, dan mempersempit segmentasi produk sehingga promosi tepat sasaran.

Sebagai contoh, Perusahaan ABC yang berada di industri minuman. Tidak cukup hanya menjelaskan bisnisnya adalah minuman, tapi harus lebih fokus. Contohnya minuman kopi, teh, rasa buah, dan lain sebagainya.

 

Contoh Nyata Pangsa Pasar Dalam Bisnis

Semua perusahaan multinasional mengukur keberhasilan berdasarkan pangsa pasar pasar tertentu.

Cina telah menjadi pasar penting bagi perusahaan, karena masih merupakan pasar yang berkembang pesat untuk banyak produk.

Apple Inc., misalnya, menggunakan pangsa pasarnya di Tiongkok sebagai indikator kinerja utama untuk pertumbuhan bisnisnya.

Pangsa pasar Apple untuk pasar smartphone China turun dari 13,6% pada akhir 2015 menjadi 9,6% untuk 2016 meskipun pasar smartphone Tiongkok secara keseluruhan tumbuh sebesar 9% pada 2016.

Penjualan Apple turun di Cina tahun tersebut karena gagal meluncurkan iPhone baru, dan kemudian semakin kehilangan pangsa pasar karena sejumlah smartphone kelas menengah diluncurkan oleh pesaing smartphone Cina seperti OPPO dan Vivo Electronics Corporation.

 

Pertanyaan yang Sering Diajukan terkait Pangsa Pasar

Apa itu pangsa pasar?

Pengertian pangsa pasar merupakan ukuran perusahaan, metrik yang berguna dalam menggambarkan dominasi dan daya saing perusahaan di bidang tertentu.

Pangsa pasar dihitung sebagai persentase penjualan perusahaan dibandingkan dengan total pangsa penjualan di industrinya masing-masing selama periode waktu tertentu. Pangsa pasar perusahaan dapat memengaruhi operasinya secara signifikan, yaitu, kinerja saham, skalabilitas, dan harga yang dapat ditawarkan untuk produk atau layanannya.

Mengapa pangsa pasar begitu penting?

Sederhananya, pangsa pasar merupakan indikator utama daya saing perusahaan. Ketika sebuah perusahaan meningkatkan pangsa pasarnya, ini dapat meningkatkan profitabilitasnya.

Ini karena ketika perusahaan meningkat dalam ukuran, mereka juga dapat menskalakan, oleh karena itu menawarkan harga yang lebih rendah dan membatasi pertumbuhan pesaing mereka.

Dalam beberapa kasus, perusahaan mungkin pergi sejauh beroperasi pada kerugian di beberapa divisi untuk mendorong pesaing, atau memaksa mereka ke kebangkrutan.

Setelah titik ini, perusahaan dapat meningkatkan pangsa pasar mereka, dan lebih meningkatkan harga.

Di pasar keuangan, pangsa pasar dapat sangat mempengaruhi harga saham, terutama di industri siklonik ketika margin sempit dan persaingan sengit. Setiap perbedaan yang ditandai dalam pangsa pasar dapat memicu kelemahan atau kekuatan dalam sentimen investor.

Strategi apa saja yang digunakan untuk meningkatkan pangsa pasar?

Untuk mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar, perusahaan dapat menerapkan salah satu dari banyak strategi.

Pertama, ini dapat memperkenalkan teknologi baru untuk menarik pelanggan yang mungkin telah dibeli dari pesaing mereka.

Kedua, memelihara loyalitas pelanggan adalah taktik yang dapat menghasilkan basis pelanggan yang ada yang solid, dan ekspansi melalui mulut ke mulut.

Ketiga, mempekerjakan karyawan berbakat mencegah biaya pergantian karyawan yang mahal, memungkinkan perusahaan untuk sebaliknya memprioritaskan kompetensi intinya.

Terakhir dengan cara akuisisi sebuah perusahaan sejenis atau sama-sama baik jumlah pesaing dan mengakuisisi basis pelanggan mereka.

One Reply to “Pangsa Pasar Adalah: Definisi, Tujuan, Manfaat, Jenis, Dampak dan Cara Meningkatkannya

Tinggalkan Jejak