5 Cara Elegan untuk Mengalahkan Pesaing di Bisnis Anda

Pesaing dalam bisnis tak ubah seperti sekelompok semut yang sedang memperebutkan lahan yang penuh dengan gula-gula yang manis. Kita tidak bisa memastikan bahwa kita sendiri yang berada di arena tersebut. Akan selalu ada kompetitor yang sedang mengintai, saat kita lengah sedikit saja, mereka akan masuk dan mendahului kita.

Saya senang sekali mengungkapkan kalimat ini, karena sejatinya ketika persaingan itu sengit pertanda bahwa area itu tergolong market potensial. Karena jika tidak, mana mungkin ada komptitornya, karena didalam market akan selalu ada pelanggan, kita dan juga kompetitor.

Untuk menjadi bisnis yang sukses, Anda perlu menemukan cara untuk tetap selangkah lebih maju dari pesaing Anda. Melakukan hal itu seringkali lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, dan tidak ada jawaban sederhana tentang cara mengalahkan pesaing Anda.

Persaingan ada di setiap pasar. Perusahaan yang lebih cerdas membatalkan efek pesaing untuk meningkatkan pangsa pasar.

Bagaimana mereka melakukan itu? Ada beberapa strategi yang harus Anda gunakan untuk memastikan Anda tetap berada di depan pesaing Anda. Berikut adalah lima cara sederhana namun ampuh untuk mengalahkan pesaing Anda.

1.Temukan Kemudian Selesaikan Poin Permasalahan Pelanggan Anda.

Salah satu cara yang mungkin untuk mengalahkan pesaing Anda adalah untuk memenuhi kebutuhan audiens, buat target: bersama Anda lebih baik daripada pesaing Anda bisa.

Ajukan pertanyaan terbuka untuk menemukan apa yang diinginkan oleh pelanggan Anda saat menggunakan produk atau layanan Anda.

Pertanyaan-pertanyaan tertentu yang mengidentifikasi titik-titik nyeri mungkin sangat efektif untuk ditanyakan kepada pelanggan Anda. Pertanyaan-pertanyaan ini meliputi:

  1. Apa hambatan terbesar perusahaan Anda dalam menuju pertumbuhan?
  2. Apa hambatan terbesar pribadi yang Anda rasakan?
  3. Apa yang paling penting bagi atasan Anda?
  4. Tugas apa yang menghabiskan sebagian besar waktu Anda?
  5. Apa keluhan utama Anda?
  6. Apa yang mungkin menjelaskan kerugian bisnis atau pelanggan baru-baru ini?

Setelah Anda mengidentifikasi titik masalah pelanggan, Anda dapat mencoba menyelesaikannya dengan mendiskusikan masalah mereka menggunakan terminologi yang digunakan pelanggan.

Setelah Anda memiliki gambaran yang jelas tentang masalah ini, langkah selanjutnya adalah memastikan siapa di perusahaan mereka yang dapat menyelesaikan poin-poin rasa sakit itu dan siapa yang berwenang untuk membeli produk dan layanan Anda.

Baca juga  MARKETING MIX Adalah: Definisi, Unsur 7P, Kegiatan, Tujuan dan Pentingnya Marketing Mix untuk Kelangsungan Bisnis

Sangat penting untuk memfokuskan upaya Anda pada mencoba memberikan solusi untuk masalah pelanggan, tidak hanya mencoba untuk menjual produk atau layanan Anda.

Luangkan banyak waktu Anda, pikirkan apakah itu melibatkan beberapa panggilan telepon, atau berminggu-minggu atau berbulan-bulan email dan tindak lanjut – untuk mengidentifikasi dan memecahkan titik permasalahan pelanggan Anda.

Baca: Pengertian Pangsa Pasar

2.Temukan Ceruk Pasar dengan Cara Bercerita dan Spesialisasi

Sangat menggoda untuk melamun tentang bagaimana jadinya jika Anda tidak memiliki kompetisi sama sekali. Ketika Anda membangun ceruk, Anda datang lebih dekat untuk mencapai tujuan akhir ini.

Itu karena pemasaran yang ramai memiliki ruang yang jauh lebih sedikit untuk ekspansi. Untuk bersaing di pasar yang ramai, Anda memerlukan proposisi penjualan yang unik. Semakin unik itu, semakin sedikit ruang untuk kompetisi yang ada.

Bercerita adalah cara yang bagus untuk membangun niche Anda dengan membuat cerita secara kreatif di sekitar produk Anda.

Melalui penggunaan cerita, Anda dapat menjadi bagian dari gaya hidup prospek Anda dan tidak tetap menjadi produk atau layanan yang berdiri sendiri. Burst menawarkan fotografi stok gratis yang dapat Anda gunakan untuk membuat dan mempromosikan cerita tentang merek Anda di media sosial.

Spesialisasi mengarah pada bisnis yang terukur dan sukses. Ceruk pasar dapat diandalkan, dan prospeknya lebih mudah ditargetkan.

Selain itu, tingkat retensi pelanggan baik. Mulailah menargetkan platform yang relevan secara lokal di mana target pelanggan Anda berada, dan mengadopsi strategi pemasaran khusus untuk mereka.

Kami telah membahas cara membuat rencana pemasaran,dan telah menyertakan contoh untuk diterapkan pada bisnis Anda sendiri.

Mirip dengan mengidentifikasi dan memecahkan titik rasa sakit, mengembangkan ceruk melalui bercerita dan spesialisasi dapat menjadi upaya jangka panjang.

Luangkan beberapa minggu untuk menyusun cerita Anda dan kemudian secara teratur mengubah cerita ini menjadi konten seperti posting blog dan kampanye pemasaran email.

Spesialisasi juga bisa menjadi proses jangka panjang, karena dapat melibatkan penskalaan kembali produk dan layanan secara bertahap yang tidak lagi sesuai dengan niche Anda.

Ceruk pasar dapat diandalkan, dan prospeknya lebih mudah ditargetkan. Selain itu, tingkat retensi pelanggan baik.

 

3.Tetapkan Strategi Harga yang Kompetitif

Salah satu cara termudah untuk mengalahkan pesaing Anda adalah dengan menawarkan harga yang lebih terjangkau. Untuk menentukan titik harga yang ideal,Anda memerlukan gambaran yang jelas tentang berapa harga barang atau jasa pesaing Anda.

Baca juga  Tinjauan Pustaka Manajemen Pemasaran: Pengertian, Konsep, Strategi, Bauran, Fungsi dan Tujuan Pemasaran

Teliti pesaing mana yang menawarkan nilai terbaik. Maka Anda perlu menentukan apakah apa yang Anda tawarkan membawa nilai lebih ke tabel dan dengan demikian harus dihargai lebih tinggi.

Namun, jika mengalahkan pesaing Anda adalah masalah harga utama Anda, pilihlah strategi penetapan harga berbasis kompetisi. Dengan menggunakan strategi ini, Anda mengabaikan biaya produk dan permintaan konsumen.

Sebaliknya, Anda fokus pada tingkat pasar yang ada untuk produk atau layanan Anda. Anda kemudian menetapkan harga Anda untuk jatuh dalam kisaran harga yang ditawarkan pesaing Anda.

Mensurvei harga pesaing Anda mungkin hanya membutuhkan waktu berjam-jam dan umumnya membutuhkan lebih sedikit waktu daripada metode pengurangan persaingan lainnya.

Strategi penetapan harga terbaik tidak selalu tentang menurunkan harga Anda. Karena pasar disegmentasi oleh pelanggan tingkat bawah, menengah, dan atas, Anda perlu mencari tahu grup mana yang merupakan audiens Anda.

Setelah Anda menentukan itu, Anda berada di tempat yang lebih baik untuk menetapkan harga Anda. Panduan strategi penetapan harga Sequoia adalah sumber yang bagus untuk dituju ketika mencoba menetapkan titik harga untuk mengalahkan pesaing Anda.

 

4.Adaptasi Bisnis Anda agar Tetap Berada di Depan Pesaing Anda.

Ketika Anda menjalankan bisnis, perubahan adalah sesuatu yang konstan.

Urban Outfitters menciptakan kekuatan mengganggu yang kuat karena mempekerjakan seniman bukan pebisnis untuk mengelola toko-tokonya. Mereka memiliki kebebasan dalam membentuk interior toko mereka, dan hasilnya luar biasa.

Setiap toko Urban Outfitters unik, sementara toko pesaing semua tampak sama. Perusahaan meningkatkan pendapatan sebesar 500% menjadi sekitar $ 3 miliar dalam 10 tahun terakhir.

Urban Outfitters mengalahkan persaingannya dengan mengubah model ritel tradisional: Pelanggannya belajar bahwa memilih Urban Outfitters berarti berjalan ke toko yang berbeda setiap saat daripada mengalami monoton yang terkait dengan banyak pengecer.

Gunakan Urban Outfitters sebagai inspirasi, dan pertimbangkan cara untuk mengalahkan pesaing Anda yang melibatkan peningkatan model yang ada, apakah itu model bisnis Anda saat ini atau yang lebih umum di industri Anda.

Mengidentifikasi model yang dapat diubah, dan melaksanakan perubahan ini dapat memakan waktu berbulan-bulan, jika tidak bertahun-tahun, tetapi Anda dapat dengan mudah memulai perjalanan ini menggunakan produk dan layanan Anda sendiri. Misalnya, Anda dapat meningkatkan kemampuan proses bisnis Anda saat ini menggunakan aplikasi realitas virtual seperti Samsung Gear VR.

Baca juga  Definisi Ritel Menurut Para Ahli, Jenis, Fungsi dan Timeline Ritel di Dunia

Raksasa seperti Nokia dan BlackBerry dihapus dari pasar smartphone karena kurangnya inovasi. Ingat, pesaing Anda secara teratur berinovasi, dan pendatang baru mengganggu pasar. Bisnis Anda harus sering berinovasi dan dengan cara yang sulit ditiru oleh pesaing.

IntinyaIntinya: Saat menilai cara mana yang terbaik untuk mengalahkan pesaing Anda, tentukan merek Anda, tetapkan proposisi penjualan yang unik, dan tetap di depan pesaing Anda dalam hal kualitas, harga, dan layanan pelanggan.

 

5.Selalu Berikan Layanan yang Baik Kepada Pelanggan

Menyediakan layanan pelanggan yang hebat, dan mudah diingat, adalah cara yang bagus untuk membangun loyalitas di antara pelanggan Anda dan membedakan diri Dari persaingan.

Prioritaskan untuk mempekerjakan karyawan yang memiliki pemahaman penuh tentang tidak hanya produk dan layanan Anda, tetapi merek Anda secara keseluruhan. Jangan terburu-buru proses mempekerjakan anggota tim layanan pelanggan.

Menemukan orang yang tepat untuk pekerjaan itu lebih penting daripada mengisi pekerjaan itu.

Staf Anda harus menyapa pelanggan dengan senyum yang menyenangkan, dan mereka harus menunjukkan rasa terima kasih kepada orang-orang yang berinteraksi dengan mereka.

Sangat penting untuk meningkatkan semangat tim tim Anda dan mempekerjakan pemain tim. Hadiahi pemain tim, karena karyawan membutuhkan motivasi konstan untuk mengungguli orang lain.

Tim layanan pelanggan Anda harus selalu bersikap sopan dan hormat. Mereka harus selalu responsif terhadap pertanyaan pelanggan. Mereka harus memiliki pendekatan pemecahan masalah dan selalu meminta umpan balik pelanggan. Perusahaan yang berpusat pada pelanggan didukung oleh staf yang dapat diandalkan yang meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan.

Pelatihan layanan pelanggan menyeluruh melibatkan berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Bahkan ketika Anda berpikir tim layanan pelanggan Anda melakukan yang terbaik, kemungkinan dapat ditingkatkan.

Perjalanan menyelaraskan tim layanan pelanggan Anda dengan nilai-nilai perusahaan Anda dan selalu memprioritaskan pengalaman pelanggan tidak memiliki batas waktu.

Selain itu, bicarakan dengan pelanggan Anda sehingga Anda dapat mempertahankannya seumur hidup, Anda tidak dapat mengetahui cara mengalahkan pesaing Anda jika pelanggan Anda meninggalkan Anda.

Tentu, Anda perlu menemukan pelanggan baru, tetapi mengalahkan pesaing Anda dimulai dengan orang-orang yang sudah tahu dan percaya merek Anda.

Tinggalkan Jejak