Ruang Lingkup Manajemen Pemasaran [Penjelasan Lengkap]

ruang lingkup manajemen pemasaran

Pembahasan kita kali ini mencakup semua yang perlu Anda ketahui tentang sifat dan ruang lingkup manajemen pemasaran. Apa yang termasuk dalam pemasaran dianggap sebagai ruang lingkup atau bidang pemasaran.

Pemasaran memiliki ruang lingkup yang sangat luas, mencakup semua kegiatan mulai dari konsep, ide hingga kegiatan yang mencakup realisasi laba.

Pemasaran memiliki cakupan yang luas; segala jenis entitas yang bernilai bagi segmen pasar dapat dipasarkan.

Ruang lingkup manajemen pemasaran ditentukan oleh penawaran pemasaran suatu organisasi.

Penawaran pasar adalah kombinasi barang, jasa, ide, orang, tempat, informasi, dll. Yang ditawarkan ke pasar untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan spesifik orang.

Penawaran pasar tidak terbatas pada barang fisik.

Hal ini juga termasuk jasa atau layanan seperti perbankan, perjalanan udara, menginap di hotel, pariwisata, dll. Yang tidak berwujud dan tidak dapat dimiliki oleh pembeli.

Pada artikel ini kita akan membahas tentang ruang lingkup pemasaran. Topik yang kita pelajari meliputi area, aspek, dan entitas yang tercakup dalam pemasaran.

Kita juga akan mempelajari tentang ruang lingkup pemasaran seperti yang disarankan oleh lembaga internasional seperti, Institut Pemasaran Inggris dan Asosiasi Pemasaran Amerika.

Sifat dan Lingkup Pemasaran: Area, Aspek dan Entitas yang Tercakup dalam Pemasaran

Sifat dan Lingkup Pemasaran: Produk dan Layanan, Riset Pemasaran, Saluran Distribusi, Distribusi Fisik, Keputusan Promosi dan Keputusan Harga.

Artikel lain: Pengertian Manajemen Pemasaran menurut Para Ahli [Penjelasan Lengkap].

Pemasaran menjadi bagian dari ilmu sosial sangat dinamis dan kompleks. Perubahan cepat di berbagai sektor telah membawa perubahan besar dalam konsep pemasaran.

Secara tradisional, pemasaran hanya berkaitan dengan pembelian dan penjualan barang dan jasa, tetapi sekarang ruang lingkupnya telah melebar dan mencakup berbagai kegiatan mulai dari kepuasan konsumen hingga kesenangan konsumen dan pengelolaan hubungan dengan pelanggan.

 

Daftar isi

Ruang Lingkup Manajemen pemasaran berdasarkan Elemen Pemasaran

(1) Produk dan Layanan

Produk dan Layanan adalah elemen dasar pemasaran.

Jika tidak ada produk, tidak ada pemasaran. Ini berkaitan dengan sifat dan jenis produk, kualitas dan desain produk, perencanaan dan pengembangan produk, keputusan produk yang berkaitan dengan branding, penjualan , pengemasan, merek dagang dll.

(2) Riset Pemasaran

Meskipun produk dan layanan adalah titik awal di bawah pemasaran tradisional, pemasaran modern dimulai dengan analisis berbagai aspek pasar dan bidang terkait.

Ini mencakup analisis sifat dan jenis pelanggan, ukuran pasar, sikap pelanggan, perilaku pembeli, dll. Analisis mendalam terhadap pelanggan dan pasar merupakan prasyarat bagi setiap pemasar untuk memiliki pemasaran yang sukses.

(3) Saluran Distribusi

Jalur melalui mana barang bergerak dari produsen ke konsumen adalah saluran distribusi. Ini mencakup sejumlah perantara seperti grosir, pengecer, pekerja dll. Saluran dengan memindahkan barang membantu dalam mentransfer kepemilikan barang dari penjual ke pembeli.

(4) Distribusi Fisik

Pergerakan fisik barang dari produsen ke konsumen adalah distribusi fisik. Ini termasuk transportasi, pergudangan, kontrol inventaris dan manajemen, pemrosesan pesanan dll.

(5) Keputusan Promosi

Betapapun baiknya suatu produk, ia tidak memiliki nilai jika tidak dipromosikan dengan benar. Promosi memiliki tujuan dasar untuk menginformasikan pasar tentang ketersediaan produk dan menciptakan permintaan untuk itu.

Ada berbagai alat promosi seperti iklan, promosi penjualan, penjualan pribadi, publikasi, hubungan masyarakat, dll.

(6) Keputusan Harga

Ini adalah satu-satunya elemen pemasaran yang menghasilkan pendapatan bagi perusahaan. Harga berkaitan dengan kebijakan dan strategi penetapan harga, penentuan harga, diskon, komisi , dll.

(7) Analisis Lingkungan

Analisis lingkungan di mana bisnis akan dilakukan adalah langkah pertama untuk setiap organisasi.

Berbagai faktor makro dan mikro harus dipelajari sebelumnya hanya untuk mengembangkan pemahaman tentang kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, bagi suatu organisasi.

Ini akan membantu tidak hanya dalam perumusan strategi perusahaan tetapi juga strategi pemasaran.

Ini mencakup studi tentang lingkungan ekonomi, lingkungan geografis, lingkungan politik dan hukum, lingkungan sosial dan budaya, lingkungan alam dan teknologi, dll. di dalam dan luar negeri.

(8) Umpan balik dari Pelanggan

Untuk pemasaran barang yang sukses, sangat penting bagi pemasar untuk mendapatkan umpan balik yang diperlukan dari pelanggan.

Mekanisme umpan balik yang tepat harus dikembangkan sehingga alasan kegagalan atau kurang kepuasan dapat diidentifikasi dan perbaikan dalam produk dibuat.

(9) Tanggung jawab terhadap Masyarakat

Bisnis dan masyarakat saling terkait dan saling bergantung. Bisnis tidak bisa eksis dalam ruang hampa. Ini memperoleh input yang sangat dibutuhkan dari masyarakat dan karena itu berutang tanggung jawab terhadap masyarakat.

Kegiatan sosial ini adalah bagian dari pemasaran karena unit harus melindungi dan mempromosikan kepentingan masyarakat. Seorang pemasar yang tanggap secara sosial berutang tanggung jawab terhadap karyawan, konsumen, pemegang saham dll.

Baca juga: 250 Daftar Istilah Marketing Konvensional dan Digital.

 

Ruang Lingkup Pemasaran Berdasarkan Subjeknya

Lingkup mengacu pada area yang dicakup subjek. Lingkup pemasaran dapat digambarkan dengan memiliki pemahaman tentang fungsi pemasaran.

Ruang lingkup pemasaran juga dapat dipahami dengan mudah dengan mempelajari peran dan tanggung jawab departemen pemasaran.

Ruang lingkup pemasaran berkisar pada kepuasan pelanggan, apa saja dan segala sesuatu yang memiliki dampak kepuasan pelanggan berada di bawah ruang lingkup pemasaran.

1.Kebutuhan dan Keinginan Konsumen:

Konsumen akan membeli barang atau jasa hanya jika memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Sebelum menawarkan produk, pemasar melakukan kegiatan penelitian untuk mencoba dan memahami kebutuhan pelanggan, dan kemudian mencoba menawarkan produk yang memenuhi kebutuhan pelanggan tersebut.

2.Perilaku konsumen:

Dalam hal ini, pemasar mempelajari dan menganalisis bagaimana konsumen merespons suatu produk atau layanan tertentu? Setiap konsumen berbeda dan unik, oleh karena itu konsumen harus dipelajari dalam suatu kelompok maupun secara individu untuk memahami perilaku mereka dan memuaskan mereka.

3.Perencanaan & Pengembangan Produk:

Tidak ada pemasaran tanpa produk. Oleh karena itu perencanaan dan pengembangan produk merupakan bagian integral dari fungsi pemasaran. Perencanaan dan pengembangan produk meliputi pembuatan ide, pengembangan konsep, pengembangan produk, branding, pengemasan & komersialisasi produk. Departemen pemasaran memainkan peran penting dalam kegiatan ini bersama dengan tim penelitian dan pengembangan.

4.Kebijakan Harga:

Karena pemasaran adalah proses pertukaran, uang ditukar dengan produk. Aspek pemasaran ini berada di bawah fungsi strategi penetapan harga. Setiap produk perlu dihargai secara strategis agar dapat bertahan di pasar dan memuaskan konsumen.

Ada berbagai kebijakan penetapan harga. Setiap kebijakan tergantung pada berbagai faktor seperti biaya produksi, persaingan, siklus hidup produk, dll.

5.Distribusi:

Studi saluran distribusi penting dalam pemasaran. Adalah penting bagi seorang pemasar untuk menjangkau pelanggan maksimum dengan biaya minimum.

6.Promosi:

Promosi mencakup penjualan pribadi, promosi penjualan, dunia iklan mulut, dll. Untuk mencapai tujuan pemasaran, perlu merancang bauran promosi yang tepat. Proses mendesain dan mengimplementasikan bauran pemasaran untuk semua dalam lingkup pemasaran.

7.Kepuasan Konsumen:

Kepuasan konsumen adalah tujuan utama pemasaran. Seorang konsumen merasa puas ketika kebutuhannya terpenuhi. Kepuasan konsumen memastikan bahwa bisnis bergerak ke arah yang benar .

 

Sifat dan Ruang Lingkup Pemasaran

Pemasaran bersifat meresap karena berlaku untuk semua organisasi. Ini berlaku tidak hanya untuk organisasi bisnis, tetapi juga untuk organisasi seperti organisasi pendidikan, medis, pemerintah, non-pemerintah, sosial, agama dan budaya.

Semua organisasi memasarkan produk dan layanan mereka untuk mencapai tujuan mereka dan memastikan kelangsungan hidup dan pertumbuhan mereka.

Misalnya, lembaga pendidikan adalah program pemasaran pengetahuan, pengembangan karakter dan pengembangan menyeluruh, rumah sakit menjual perawatan kesehatan total, kesejahteraan keluarga, kesejahteraan anak, dll.

Dan organisasi sosial menjual program mereka seperti pendidikan anak, peningkatan massa pedesaan, penyebaran literasi, dan perawatan kesehatan orang yang tinggal di daerah kumuh dan sebagainya.

Ruang lingkup pemasaran ditentukan oleh penawaran pemasaran suatu organisasi. Penawaran pasar adalah kombinasi barang, jasa, ide, orang, tempat, informasi, dll.

Yang ditawarkan ke pasar untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan spesifik orang. Penawaran pasar tidak terbatas pada barang fisik.

Mereka juga termasuk layanan seperti perbankan, perjalanan udara, menginap di hotel, pariwisata, dll. Yang tidak berwujud dan tidak dapat dimiliki oleh pembeli.

Penawaran pasar juga dapat mencakup ide, orang, organisasi, tali, dll. Seperti yang dibahas di bawah ini:

(i) Barang:

Ini termasuk semua barang konsumen dan produsen, yaitu sayuran, buah-buahan, minuman ringan, kain, sepeda, TV, lemari es, mesin, dll. Yang dibeli dan dijual di pasar.

(ii) Layanan:

Ini terdiri dari layanan profesional seperti dokter, advokat, akuntan sewaan, listrik, dll. Dan layanan lain seperti perbankan, asuransi, transportasi, dll. Pemasaran layanan telah menjadi kegiatan bisnis yang penting saat ini.

(iii) Gagasan:

Ide-ide tertentu juga dipasarkan seperti ‘tidak merokok’, perlindungan properti kereta api, polio pulsa, dll. Orang-orang target dibujuk melalui iklan, permainan jalanan dan teknik lain untuk mengikuti ide-ide tersebut.

(iv) Orang:

Kami mengamati pemasaran orang juga. Misalnya, dalam kampanye pemilu, seorang kandidat dipasarkan dan para pemilih dibujuk untuk memilihnya.

(v) Organisasi:

Banyak organisasi termasuk sosial, politik, agama, pendidikan, dll. Memasarkan diri untuk membangun reputasi mereka dan membuat orang sadar tentang kegiatan mereka.

(vi) Tempat:

Pemasaran tempat juga merupakan fitur umum hari itu. Agen perjalanan dan wisata mendorong orang untuk mengunjungi berbagai resor wisata dan kesehatan, seperti Kota Merah Muda (Jaipur), Taj Mahal (Agra), Kashmir, Eropa, dll. Ia juga dikenal sebagai pemasaran tujuan.

 

Aspek Aspek yang Termasuk dalam Pemasaran

Apa yang semuanya tercakup dalam pemasaran dianggap sebagai ruang lingkup atau bidang pemasaran.

Oleh karena itu, dalam lingkup pemasaran, berbagai aspek yang dibahas adalah:

Mari kita pahami aspek-aspek ini secara singkat:

Lingkup # 1. Apa itu Pemasaran?

Pada awalnya, narasi terperinci tentang pasar dan pemasaran sudah diberikan. Tujuan pemasaran adalah untuk mencari kebutuhan semua jenis individu, organisasi dan institusi dan melakukan upaya untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan memenuhi permintaan dengan cara yang paling dapat diterima.

Karena itu, dalam pemasaran kegiatan berikut ditemukan:

i.Ini melibatkan aktivitas memenuhi semua kebutuhan.

ii.Ini pada dasarnya pertukaran barang dan jasa dan berakhir dengan transaksi aktual menghasilkan pendapatan / laba.

iii. Pertukaran adalah dari mereka yang memiliki surplus atau produksi untuk tujuan pertukaran dengan mereka yang membutuhkannya. Ini untuk uang atau nilai uang.

iv.Transaksi pertukaran terjadi untuk saling menguntungkan kedua pihak dan ketika mereka menyelesaikan dengan syarat dan ketentuan yang disetujui. Pertukaran semacam itu bermanfaat bagi keduanya.

Oleh karena itu, ini adalah aktivitas yang menciptakan nilai. Sekarang, pertukaran tidak harus secara fisik, bisa melalui bahkan melalui entri buku. Misalnya, pertukaran keamanan melalui proses online.

v.Pertukaran diselesaikan dengan transaksi. Transaksi menunjukkan transaksi pertukaran barang untuk barang, barang untuk uang, dan layanan untuk uang dalam istilah yang tepat.

Transaksi ini menciptakan ikatan hukum antara para pihak. Ini dianggap sebagai kontrak dan karena itu dapat ditegakkan oleh hukum. Ini telah memastikan keamanan bagi pihak-pihak yang terlibat dalam transaksi tersebut.

Kalau tidak, tidak ada yang berani terlibat dalam kegiatan seperti itu dan mengalami kerugian. Ada pertimbangan kebutuhan orang lain tetapi tidak rugi, hanya untuk mendapatkan dari kegiatan tersebut.

vi.Pemasaran melibatkan survei pasar dan penelitian berkelanjutan untuk mengetahui perubahan kebutuhan orang. Dengan demikian, perubahan dan modifikasi dilakukan pada barang dan jasa.

Ada kebutuhan yang lebih besar untuk mengetahui harapan semua jenis konsumen. Misalnya, LIC dan perusahaan asuransi swasta lainnya memperkenalkan jenis kebijakan baru yang sesuai dengan harapan masyarakat. Demikian pula, produsen kendaraan membuat perubahan dalam variasi mobil, truk dll.

Baca juga  Pengertian Promosi Menurut Para Ahli: Definisi, Tujuan, Jenis & Contohnya

vii. Pemasaran mencakup semua kegiatan yang berkaitan dengan penciptaan tempat, waktu, dan utilitas kepemilikan. Secara keseluruhan, ini mencakup semua fungsi langsung dan tidak langsung yang berkaitan dengan aliran barang dan jasa dari sudut produsen dan konsumen akhir.

Lingkup # 2. Bagaimana pemasaran dilakukan?

Bidang lain yang dicakup dalam lingkup pemasaran adalah untuk mengetahui bagaimana hal itu dilakukan. Pemasaran dilakukan dengan cara pergerakan barang secara fisik atau online adalah layanan.

Ini mengadopsi baik keahlian menjual pribadi atau kegiatan penjualan impersonal. Semua pemasar menggunakan saluran distribusi yang berbeda. Setiap cara distribusi unik dan ditemukan cocok untuk jenis barang tertentu.

Sekarang hari, pemasaran online mendapatkan area maksimal. Jutaan produk dipasarkan melalui metode online.

E-bisnis telah menjadi fenomena umum untuk semua produk. Ini telah mengurangi sebagian besar hambatan yang menghambat kemudahan berbisnis sebelumnya. Dalam arah ini, kemajuan teknologi telah membawa perubahan luar biasa dan meningkatkan nilai dan volume bisnis.

Lingkup # 3. Apa yang dipasarkan?

Sungguh, tidak ada daftar akhir dari hal-hal yang dapat dipasarkan. Keadaan yang berubah, perkembangan dan aspirasi masyarakat pada umumnya dan konsumen pada umumnya menentukan hal-hal yang dapat dipasarkan.

Oleh karena itu, dalam ruang lingkup yang dipasarkan seseorang dapat mencakup:

i.Barang:

Ini adalah hal-hal utama yang berwujud dan dimaksudkan untuk pemasaran kepada orang-orang yang membutuhkan.

Barang tersebut dapat berupa barang konsumsi, barang industri atau hasil pertanian. Ini untuk menjangkau pengguna mereka. Dalam ketiga jenis barang ini, barang tahan lama konsumen, kenyamanan, barang mewah atau barang penting dapat ditemukan.

Setiap negara menghasilkan barang-barang di mana ia memiliki ekonomi yaitu, diberkahi dengan kekayaan alam. Kepentingan utama diberikan untuk menghasilkan kebutuhan hidup orang-orang.

ii.Jasa:

Sekarang, layanannya adalah barang yang dapat dipasarkan. Konsep layanan telah mengalami perubahan radikal. Sektor jasa telah menjadi kontributor penting dan utama terhadap PDB setiap negara.

Negara-negara menjadi maju dengan pertumbuhan layanan maksimum. Ini dapat disediakan dengan barang dan juga secara mandiri. Layanan tersebut adalah layanan keuangan dan non-keuangan, layanan kelompok atau pribadi dan layanan ekonomi dan non-ekonomi.

iii.Ide ide:

Ide-ide baru bisa dipasarkan seperti kue panas. Setiap produk atau layanan adalah indikator dari ide baru.

Karena, setiap produk atau layanan akan berbeda dalam satu atau cara lain. Gagasan baru diwujudkan baik dalam bentuk produk atau layanan baru, melalui upaya yang dilakukan untuk menangkap pasar.

iv.Properti:

Ini juga merupakan entitas yang dapat dipasarkan, yang mungkin dalam bentuk berwujud atau tidak berwujud. Hal-hal real estat adalah contoh properti berwujud dan sekuritas, saham, dan obligasi dianggap sebagai properti finansial.

Sekarang sehari, properti ini berada di garis depan pemasar, yang dituntut untuk unggul dalam keterampilan pemasaran.

v.Informasi:

Dunia saat ini bergerak cepat dengan arus informasi tercepat. Seperti komoditas lainnya, informasi diproduksi dan dijual kepada klien yang membutuhkan.

Publikasi, organisasi penelitian, Majalah, Majalah, kebijakan, dll., Adalah penyedia informasi yang kaya. Mereka melihat bahwa informasi mereka menjangkau pengguna.

vi.Peristiwa:

Pemasar sekarang terlibat dalam memberikan layanan seperti itu untuk membuat acara sukses. Mereka menunjukkan profesionalisme dalam menyelenggarakan acara-acara khusus.

Misalnya, menyelenggarakan peragaan busana, Pertunjukan Artistik, Program Pelatihan Perusahaan, Pertemuan Badan Umum, Pameran Dagang, acara olahraga, dll. Acara semacam itu hanya dapat berhasil melalui perencanaan dan pelaksanaan yang tepat.

Para pemasar harus membuat orang menghadiri acara-acara seperti itu dan jumlahnya menentukan keberhasilan acara.

vii. Organisasi:

Pada hari-hari ini, organisasi dikembangkan dengan reputasi dan citra yang baik dan dijual kepada orang lain. Demikian pula, produk dan layanan dari organisasi terkenal dipasarkan dengan mudah.

Organisasi-organisasi ini dapat berupa organisasi bisnis atau unit pendidikan atau artistik yang juga berusaha keras untuk memasarkan layanan mereka untuk mendapatkan siswa yang lebih banyak, lebih banyak pengunjung dll.

viii. Orang:

Kepribadian dan selebritas hebat juga mengadopsi teknik pemasaran. Banyak penulis menyewa agensi pers untuk menerbitkan karya mereka dan menjadi penulis yang hebat.

Demikian pula, banyak profesional menunjuk asisten pribadi atau agen untuk mencapai massa. Mereka ingin membangun citra merek mereka sendiri di tengah masyarakat. Sekarang, kreativitas dan bakat dari perayaan semacam itu telah menjadi barang berharga.

ix.Pengalaman:

Pengalaman di bidang apa pun meningkatkan tingkat pengetahuan dan mengarah ke kesempurnaan.

Kepribadian yang berpengalaman dihargai tinggi di masyarakat, karena pengalaman tersebut telah menjadi barang berharga. Orang pemasaran juga terlibat dalam pemasaran pengalaman.

x.Tempat:

Pariwisata terkait dengan pemasaran tempat. Tempat-tempat seperti kota yang menarik, pusat suci dan ziarah, kota IT-BT, kota istana dll., Adalah item pemasaran. Setiap negara memiliki banyak tempat teridentifikasi yang menarik orang-orang dari negara lain. Fasilitas dan layanan yang tersedia di tempat-tempat seperti itu menarik lebih banyak pengunjung.

Lingkup # 4. Siapa yang terlibat dalam pemasaran?

Pihak utama dalam kegiatan pemasaran adalah pemasar dan pembeli utama. Pemasar adalah penghubung antara pusat produksi dan konsumen. Agen pemasaran adalah orang yang dinamis dan terampil yang mengelola permintaan dan pasokannya dengan sangat cerdas.

Manajer pemasaran tidak hanya memfasilitasi penjualan tetapi juga berusaha keras untuk menciptakan pasar. Para manajer ini umumnya menemukan berbagai jenis situasi permintaan.

Mereka dituntut untuk memahami penyebab situasi semacam itu menemukan solusinya, menyusun skema untuk kelanjutan, atau menghentikan inuasi lini produk, dll.

Situasi permintaan ini adalah:

  1. Permintaan penuh, di mana konsumen membeli semua produk yang masuk ke pasar.
  2. Tidak ada permintaan, di mana konsumen tidak tertarik atau tidak mengetahui tentang produk.
  3. aku aku aku. Permintaan negatif, ketika konsumen tidak menyukai suatu produk.
  4. Permintaan menurun di mana konsumen membeli jumlah yang lebih sedikit daripada sebelumnya.
  5. Permintaan tidak sehat di mana konsumen tertarik pada produk yang memiliki konsekuensi sosial yang diinginkan.
  6. Permintaan tidak teratur di mana pembelian konsumen secara musiman.
  7. vii. Permintaan berlebihan di mana konsumen siap untuk membeli lebih banyak dan lebih banyak dari yang dibutuhkan.
  8. viii. Permintaan laten di mana kebutuhan konsumen tidak terpenuhi oleh salah satu produk yang ada.

Lingkup # 5. Penggabungan dinamisme:

Itu tidak statis. Itu dinamis, artinya selalu berubah. Kegiatan pemasaran dipengaruhi oleh banyak kekuatan dan ini telah menciptakan jenis konsumen baru, perilaku mereka yang berubah, tantangan, peluang dll.

Berikut ini adalah kekuatan utama yang memaksa orang dalam kegiatan pemasaran:

i.Liberalisasi:

Langkah negara-negara untuk mengurangi atau meninggalkan pembatasan perdagangan telah menyebabkan perubahan dalam perdagangan dunia. Kebijakan semacam itu telah membantu pergerakan barang dan jasa dengan mudah di seluruh negara.

Ini telah mengharuskan perubahan dalam kegiatan pemasaran. Ini telah menyebabkan peningkatan nilai dan volume perdagangan semua negara.

ii.Privatisasi:

Sekarang tren menuju privatisasi. Telah disadari bahwa sektor swasta memastikan efisiensi dan disiplin dalam perekonomian. Baru-baru ini, ada privatisasi perbankan, asuransi, jalan raya, listrik, fasilitas infrastruktur, saluran udara, pengiriman dll. Peran pemerintah perlahan-lahan ditarik.

iii. Globalisasi:

‘Berpikir global – Bertindak secara lokal’ telah menjadi hal yang umum di antara semua pemasar. Tren global memengaruhi situasi dalam suatu negara. Hal ini membuat pemasar mempertimbangkan perubahan kebutuhan dan aspirasi konsumen. Tidak perlu sekarang untuk menghasilkan segala sesuatu di suatu negara, tetapi mereka dapat dibawa ke negara dengan batasan yang lebih sedikit atau tidak sama sekali. Ini telah membawa perubahan revolusioner di sektor lain juga.

iv.Kemajuan teknologi :

Abad saat ini dikenal sebagai era teknologi informasi. Pengetahuan hari ini sudah usang besok.

Para pemasar harus mengatasi mode, keinginan, dan keinginan konsumen yang berubah dengan cepat dan mengadopsinya dalam kegiatan mereka. Akurasi, kecepatan, dan ekonomi paling diharapkan oleh pasar.

Ini telah memperkuat persaingan. Kita harus mengikuti perlombaan dengan memasukkan perubahan-perubahan ini dan terus memperbarui dan merevisi layanan mereka.

v.Pendekatan langsung:

Adopsi teknologi telah menyebabkan by-pass dari banyak agensi di saluran distribusi dan menghasilkan hubungan langsung dengan konsumen yang ditakdirkan.

Sama seperti metode lama bisnis pesanan melalui surat , sekarang pemasaran online telah menguasai pasar. Ada Amazon, Flipkart, Yahoo, 99 acre (dot) com yang telah menetapkan tren yang sukses dalam mendekati pelanggan akhir.

Disintermediasi ini mengakibatkan munculnya berbagai jenis penyedia layanan yang telah menjadi bagian dari sistem pemasaran saat ini. Konsep baru ‘Pemasaran Klik’ – yaitu melakukan kegiatan pemasaran dengan tombol klik pada komputer. Lebih banyak pekerjaan mental daripada ketegangan fisik telah menjadi pemandangan umum di hari-hari ini. Tidak ada keberadaan di pasar tanpa adopsi teknologi modern ini.

vi.Wholesale pengecer:

Dulu ritel itu dipahami sebagai kecil. Tapi, sekarang ritel tersedia dalam ukuran besar. Kuantitas, kualitas, harga sekarang dari jenis yang sama dan masuk akal yang ditemukan dalam bisnis grosir sebelumnya. Pengecer raksasa seperti Mores, Big Bazars, dan mal telah sampai di pintu konsumen dan benar-benar mengubah pasar ritel .

Pengecer harus mengubah cara mereka dalam kegiatan pemasaran. Media elektronik massa menyediakan informasi terbaru kepada konsumen yang mengharapkan aktivitas yang sama dari pengecer. Ini mengharuskan adanya perubahan yang memaksa di antara pasar .

vii. Pelanggan yang diberdayakan:

Sekarang, seluruh bagian pelanggan diberikan perubahan sebentar dengan sangat cepat. Lebih dari pemasar, pelanggan ini tahu tentang kemajuan dalam produk dan layanan. Banyak waktu, pemasar harus mencari produsen yang menghasilkan produk yang diinginkan oleh pelanggan.

Pola pikir pelanggan telah berubah. Mereka berharap memiliki kehidupan yang layak, yaitu kenikmatan tanpa banyak tekanan. Hal ini menyebabkan perlombaan tikus di antara pelanggan yang mengharapkan layanan standar tinggi dari pemasar. Tentu saja, para pemasar diboik merah oleh pelanggan di hari ini.

viii. Persaingan sengit:

Menghadapi persaingan yang berubah dengan cepat jika tidak keluar dari pasar – Ini telah menjadi kutipan pemasaran. Pabrikan dalam negeri maupun asing menghadapi persaingan terberat dan telah dipaksa untuk meningkatkan standar mereka baik dalam kegiatan produksi maupun pemasaran. Pengecer besar berhadapan langsung dengan produsen untuk memberikan yang terbaik kepada konsumen akhir.

ix.Pelanggan menawarkan:

Pasar sekarang menyediakan barang dan jasa persis dalam persyaratan pelanggan individu. Sekarang, produk dibedakan untuk memenuhi kebutuhan individu pelanggan. Ada produsen yang mempertimbangkan spesifikasi pelanggan secara terpisah dan menyediakan produk.

Pelanggan juga mencari produsen seperti itu yang dapat memberikan apa yang diinginkan. Oleh karena itu, pemasar harus berinteraksi dengan pelanggan, memberikan layanan yang dipersonalisasi, sehingga penjualan dapat dimaksimalkan.

x.Merger dan akuisisi:

Sektor industri dan bahkan lembaga keuangan semakin bergabung. Akuisisi unit-unit kecil oleh yang besar untuk menjadi yang terbesar di pasar telah menjadi hal biasa. Ini telah menghilangkan batas operasi industri.

Secara alami / tren konvergensi seperti itu memberikan peluang baru untuk menawarkan produk baru dan menghemat kegiatan mereka.

Dengan demikian, para pemasar juga harus mengubah strategi pemasaran dan distribusi mereka.

Cara baru untuk bertemu dengan pelanggan secara langsung telah terbuka dan perusahaan melakukan diversifikasi lini produk mereka. Sebuah organisasi tunggal mampu menyediakan beragam kebutuhan pelanggan.

Sebagai kesimpulan, dapat dikatakan bahwa ruang lingkup pemasaran sangat luas dan mencakup Apa? Bagaimana? WHO? dan Penggabungan istilah yang terus berubah dalam kegiatan pemasaran.

Baca juga: 160+ Istilah Dalam Bisnis Online yang Perlu Kamu Ketahui.

 

Sifat dan Lingkup Pemasaran Meliputi semua Kegiatan mulai dari Konsepsi Gagasan hingga Realisasi Keuntungan

Pemasaran memiliki ruang lingkup yang sangat luas yang mencakup semua kegiatan mulai dari konsep ide hingga realisasi laba.

Beberapa dari mereka seperti yang dibahas seperti di bawah ini:

  1. Perencanaan Produk – Ini termasuk kegiatan penelitian produk, riset pemasaran, pengembangan produk segmentasi pasar, penentuan atribut, kuantitas dan kualitas produk.
  2. Branding – Branding produk diadopsi oleh banyak perusahaan terkenal untuk membuat produk mereka populer di kalangan pelanggan mereka dan untuk banyak manfaat lainnya. Manajer pemasaran harus mengambil keputusan terkait kebijakan branding, prosedur, dan program implementasi.
  3. Pengemasan – Pengemasan adalah untuk menyediakan wadah atau pembungkus untuk produk untuk keamanan, daya tarik dan kemudahan penggunaan dan transportasi produk.
  4. Saluran Distribusi – Keputusan mengenai pemilihan saluran distribusi yang paling tepat seperti grosir, distribusi dan ritel diambil oleh manajer penjualan dan manajer penjualan.
  5. Manajemen Penjualan – Penjualan adalah bagian dari pemasaran. Pemasaran memperhatikan semua kegiatan penjualan seperti identifikasi pelanggan, menemukan kebutuhan pelanggan, membujuk pelanggan untuk membeli produk, layanan pelanggan, dll.
  6. Periklanan – Keputusan iklan seperti ruang lingkup dan waktu iklan, pesan iklan, pemilihan saya , dll. Masuk ke pemasaran.
  7. Keuangan – Pemasaran juga memperhatikan keuangan, karena untuk setiap kegiatan pemasaran baik itu pengemasan, periklanan, anggaran tenaga penjualan ditetapkan dan semua kegiatan harus diselesaikan dengan batas anggaran itu.
  8. Layanan Purna Jual – Pemasaran mencakup layanan purna jual yang diberikan kepada pelanggan, menjaga hubungan baik dengan pelanggan, menghadiri pertanyaan mereka dan menyelesaikan masalah mereka.

 

Ruang Lingkup Pemasaran: Informasi, Ide Dasar, Barang Fisik, Organisasi, Tempat, Layanan, orang, Properti, Acara Berbasis Waktu, dan Pengalaman Pemasaran

Ruang lingkup pemasaran dijelaskan di bawah kepala berikut:

  1. Informasi

Banyak informasi dipasarkan oleh sekolah, perguruan tinggi, universitas, dan lembaga yang terkait dengan orang tua, siswa, dan masyarakat. Informasi seperti itu, dalam kasus seperti itu, dianggap sebagai produk.

  1. Ide Dasar

Ide dasar adalah inti dari setiap penawaran pasar. Produk dan layanan adalah platform untuk memberikan beberapa ide atau manfaat. Para pemasar mencari dengan keras kebutuhan inti yang mereka coba puaskan tetap, sebuah gereja harus memutuskan apakah akan memasarkan dirinya sebagai tempat ibadah atau pusat komunitas; desain gereja akan berbeda tergantung pada pilihan.

  1. Barang Fisik

Barang fisik membentuk sebagian besar upaya produksi dan pemasaran sebagian besar negara. Di negara-negara berkembang, barang-barang — terutama makanan, komoditas, pakaian dan perumahan — menjadi andalan perekonomian.

  1. Organisasi
Baca juga  PERILAKU KONSUMEN: Definisi, Teori dan Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

Organisasi menjalankan aktivitas untuk membangun citra yang kuat dan menguntungkan di benak publik mereka. Kami melihat iklan identitas perusahaan oleh perusahaan yang mencari lebih banyak pengenalan dan penerimaan publik .

  1. Tempat

Tempat — kota, negara bagian, wilayah, dan seluruh negara — bersaing secara aktif untuk menarik wisatawan, pabrik, kantor pusat perusahaan, dan penduduk baru. Pemasar Place termasuk spesialis pengembangan ekonomi, agen real estat, bank komersial, asosiasi bisnis lokal, dan agen periklanan dan hubungan masyarakat.

  1. Layanan

Sebagai kemajuan ekonomi, proporsi kegiatan mereka yang meningkat difokuskan pada produksi jasa.

Layanan mencakup pekerjaan maskapai penerbangan, hotel, penyewaan mobil, rumah sakit, sekolah, tukang cukur dan kecantikan, perawatan dan perbaikan, kandang anjing dan terapis anjing, serta profesional yang bekerja di dalam atau untuk perusahaan.

Contohnya seperti akuntan, pengacara, insinyur, dokter, programmer perangkat lunak, dan konsultan manajemen. Banyak penawaran pasar terdiri dari campuran variabel barang dan jasa.

  1. Orang

Pemasaran selebriti telah memulai sebagai bidang bisnis utama. Bertahun-tahun yang lalu, seseorang yang mencari ketenaran akan menyewa agen pers untuk menanam cerita di surat kabar dan majalah.

Saat ini setiap bintang film besar memiliki agen, manajer pribadi, dan ikatan dengan agensi hubungan masyarakat.

Pemain kriket, artis, musisi, CEO, dokter, pengacara dan penyandang dana terkemuka, dan profesional lainnya sedang meminta bantuan dari pemasar selebritas.

  1. Properti

Properti dianggap sebagai hak berwujud kepemilikan baik properti nyata (real estat) atau properti finansial (saham dan obligasi).

Properti dibeli dan dijual, dan ini merupakan upaya pemasaran. Agen real estat bekerja untuk pemilik atau pencari properti untuk menjual atau membeli real estat perumahan atau komersial dan properti sewaan di luar negeri.

  1. Acara Berbasis Waktu

Pemasar mempromosikan acara berbasis waktu, seperti Olimpiade, hari jadi perusahaan, pameran dagang utama, acara olahraga, dan pertunjukan artistik. Ada seluruh profesi perencana acara yang mengerjakan perincian dari suatu acara dan menggelarnya secara efektif.

  1. Pengalaman Pemasaran

Dengan mengatur beberapa layanan dan barang, seseorang dapat membuat dan melakukan berbagai pengalaman pasar yang berbeda.

 

Ruang Lingkup Pemasaran berdasarkan Segmen Pasar

Pembahasan pada bagian ini meliputi Barang, Layanan, Orang, Pengalaman, Acara, Tempat, Organisasi sebagai Merek, Informasi, Kepemilikan Properti dan Ide

Pemasaran memiliki cakupan luas; segala jenis entitas yang bernilai bagi segmen pasar dapat dipasarkan.

Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Barang:

Barang fisik adalah salah satu hal paling umum yang diproduksi dan dipasarkan. Barang dapat berkisar dari produk pelanggan seperti sabun, peralatan, pakaian, sepatu, dll hingga produk elektronik dan industri berat.

Di negara berkembang sebagian besar kegiatan pemasaran ditujukan untuk produk fisik.

  1. Layanan:

Layanan adalah barang yang tidak berwujud. Banyak layanan juga dapat mencakup beberapa elemen nyata. Pemasaran layanan biasanya diyakini lebih sulit daripada pemasaran produk.

Layanan termasuk- maskapai penerbangan, layanan hukum, hotel, pendidikan, layanan medis, transportasi , dll.

  1. Orang:

Selebriti perlu mempertahankan citra yang lebih besar dari kehidupan untuk mempertahankan niat baik dan nilai pasar mereka. Pemasaran selebriti adalah bisnis besar di zaman modern. Orang-orang terkenal seperti dokter, pengacara, dll. Juga mengiklankan diri mereka sendiri.

  1. Experiences:

Dengan menggabungkan berbagai barang dan jasa, beberapa organisasi menciptakan pengalaman khusus untuk klien mereka. Taman hiburan, taman air, safari, sirkus, dll. Adalah contoh pengalaman berharga.

  1. Acara:

Acara berbasis waktu dipromosikan oleh pemasar untuk menarik pengiklan dan pelanggan. Ini akan mencakup acara skala besar seperti penghargaan Filmfare, penghargaan Oscar atau acara olahraga seperti Cricket / Football World Cup, Com monwealth Games, Olimpiade, dll.

  1. Tempat:

Tempat disahkan sebagai tempat wisata. Kota, negara bagian dan negara dipromosikan sebagai lokasi pabrik potensial, kawasan perumahan atau industri. Tempat pemasar termasuk agen perjalanan, agen real estat dan agen periklanan.

  1. Organisasi sebagai Merek:

Bukan hanya produk dan layanan dari suatu organisasi yang dipasarkan, organisasi sering cenderung memasarkan diri mereka sebagai merek. P&G mengiklankan fakta bahwa mereka menyumbangkan uang untuk program pendidikan anak-anak. Ini untuk membangun selamat tinggal dan memperkuat citra merek.

  1. Informasi:

Pemasaran informasi adalah salah satu kegiatan industri utama ekonomi maju. Sekolah, perguruan tinggi, universitas, pusat studi; penerbit ensiklopedia, majalah pendidikan, CD, situs web, dll. adalah informasi pemasaran.

  1. Kepemilikan Properti:

Kepemilikan adalah hak tidak berwujud untuk memiliki baik properti nyata (real estat) atau properti finansial (saham, obligasi). Agen real estat, perusahaan investasi, dan bank melakukan upaya pemasaran untuk memindahkan burung hantu dari satu tangan ke tangan lain.

  1. Gagasan:

Gagasan membentuk dasar untuk setiap kegiatan pemasaran. Ini pada dasarnya adalah ide yang diubah menjadi produk atau layanan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Misalnya, gagasan berbagi informasi melahirkan internet.

 

Ruang Lingkup Pemasaran Berdasarkan Jenis Barang/Jasa

Lingkup # 1. Barang

Pemasaran membantu dalam menjual barang yang diproduksi di mana saja di dunia. Misalnya- bubuk kari yang diproduksi di Kerala dipasarkan di negara-negara teluk, Inggris, AS, Jerman, dll.

Selain itu, individu juga dapat memasarkan barang-barang mereka dengan memasang iklan di internet.

Demikian pula, teknologi perangkat lunak kami digunakan oleh Inggris, AS dan negara-negara maju lainnya. Contoh lain adalah mobil yang diproduksi oleh Maruti Co mpany, dijual di seluruh dunia.

Lingkup # 2. Layanan

Pemasaran memainkan peran utama dalam penjualan layanan yang dihasilkan di mana saja di dunia.

Misalnya – layanan dokter, insinyur, konsultan perangkat lunak, pengacara dan konsultan manajemen, dll., Semua dalam kategori ini. Rumah sakit terbaik di negara ini membahas perawatan pasien dengan dokter ahli dari negara lain, dengan bantuan internet , konferensi video, dll.

Lingkup # 3. Pengalaman

Dengan mengatur beberapa layanan dan barang, perusahaan dapat menciptakan pengalaman panggung dan pasar. Misalnya- di taman hiburan V-guard, pelanggan dapat mengalami dan menonton sejumlah video, desa cina, dll.

Demikian pula, pengalaman saat menonton film di PVR patut disebutkan.

Lingkup # 4. Acara

Ini adalah pekerjaan manajer acara. Mereka mempromosikan acara berdasarkan waktu, pertunjukkan bintang, Olimpiade, Asiad, peragaan busana, dll. Acara mengelola koordinasi dengan sempurna sehingga acara itu berjalan dengan baik.

Lingkup # 5. Orang

Ini terkait dengan selebriti pemasaran. Misalnya- atlet, CEO, artis, penari, musisi, profil tinggi, politisi, dll.

Lingkup # 6. Tempat

Ini adalah tempat pemasaran, kota, negara bagian, wilayah, dll., Untuk menarik wisatawan, pabrik, kantor pusat perusahaan, universitas, sekolah, perguruan tinggi, dll.

Misalnya – pemain kriket Rahul Dravid dan penyanyi Vasundara Das adalah duta merek untuk dipromosikan – negara bagian Karnataka pariwisata. Demikian pula, pariwisata negara bagian Kerala dipromosikan sebagai “negara Dewa” dan festival Dubai yang merupakan contoh lain dari pemasaran tempat setiap tahun.

Demikian pula, pemerintah pusat atau negara bagian mengadakan pertemuan dengan para investor, bertemu dengan NRI, dll.

Lingkup # 7. Properti

Agen real estat bekerja sebagai perantara di antara pemilik properti dan pembeli. Demikian pula dalam pertukaran saham, saham dan saham diperdagangkan oleh pialang saham, individu, dan lembaga keuangan.

Lingkup # 8. Organisasi

Jenis pemasaran ini diprakarsai oleh organisasi untuk membangun citra yang menguntungkan di benak masyarakat sasaran mereka.

Misalnya- perguruan tinggi dan universitas memasarkan lembaga mereka untuk menarik program kembaran dan universitas asing lainnya.

Demikian pula HP memasarkan gas memasak sebagai “gas ramah”. Pokok pembicaraan untuk Philips adalah “mari kita membuat segalanya lebih baik”.

Lingkup # 9. Informasi

Sama seperti komoditas lainnya, informasi juga dapat diproduksi dan dipasarkan. Misalnya- majalah Computers Today memberikan informasi terbaru tentang komputer.

Demikian pula, perusahaan memberikan informasi tentang produk dan layanan mereka untuk menarik pelanggan.

Krim ‘Tanpa tanda’ mengklaim bahwa penggunaannya yang berkelanjutan akan menghilangkan semua tanda wajah. Demikian pula, krim yang adil dan indah mengklaim bahwa penggunaan terus menerus dari pr oducts mereka akan meningkatkan corak.

Lingkup # 10. Gagasan

Akhirnya, pemasaran juga menjual ide. Setiap hari kita melihat produk dan layanan baru merevolusi pasar. Ini karena ide-ide kreatif dari orang-orang, produk dan layanan yang memberikan beberapa ide atau manfaat. Misalnya- pemasar sosial mempromosikan ide-ide seperti “berhenti merokok”, “lindungi lingkungan “, “Pertahankan air hujan” dll.

 

Ruang Lingkup Pemasaran Berdasrkan Jenis Entitas

Pemasaran biasanya dilihat sebagai tugas untuk menciptakan, mempromosikan dan mengirimkan barang dan jasa kepada konsumen dan bisnis.

Tenaga pemasaran terlibat dalam memasarkan sepuluh jenis entitas:

Barang

Barang fisik merupakan bagian terbesar dari upaya pemasaran produksi sebagian besar negara .

Di negara-negara berkembang, barang terutama makanan, komoditas, pakaian dan perumahan – menjadi andalan perekonomian.

Layanan

Layanan termasuk pekerjaan maskapai penerbangan, hotel, perusahaan penyewaan mobil, pemeliharaan, perawatan, layanan hewan peliharaan, profesional, dll. Mereka pada dasarnya tidak berwujud dan tidak mengarah pada pengalihan kepemilikan.

Dengan perubahan dalam situasi ekonomi secara global, ada pergeseran besar dari pemasaran produk ke pemasaran jasa.

Pengalaman

Dengan mengatur layanan dan barang, orang dapat membuat, menyimpan, dan membuat pengalaman, misalnya, Disney Land Cr menghasilkan pengalaman yang menyenangkan.

Acara

Pemasaran mempromosikan acara berbasis waktu seperti Olimpiade; pameran dagang, pertunjukan artistik, dll. Ada seluruh profesi perencana acara yang mengerjakan perincian acara dan menjadikannya sempurna.

Orang

Pemasaran selebriti telah menjadi bisnis utama. Saat ini setiap bintang film besar memiliki agen, Manajer Pribadi, agen PR, dll. Selebriti seperti itu menjadi lebih seperti komoditas.

Tempat

Tempat – kota, negara bagian, wilayah dan seluruh negara – bersaing secara aktif untuk menarik wisatawan, pabrik, kantor pusat perusahaan, dan penduduk baru. Pemasar Place termasuk spesialis pengembangan ekonomi, agen real estat, bank komersial, asosiasi bisnis lokal dan agen periklanan dan hubungan masyarakat.

Properti

Properti adalah hak kepemilikan tidak berwujud dari properti real (real estate) atau properti finansial (Saham dan obligasi). Properti dibeli dan dijual dan dengan demikian memunculkan upaya ting.

Organisasi

Organisasi secara aktif bekerja untuk membangun citra positif yang kuat di benak publik mereka. Kami melihat iklan identitas perusahaan oleh perusahaan yang mencari lebih banyak pengakuan publik. Semua universitas, museum, dan organisasi seni pertunjukan, semuanya berencana untuk meningkatkan citra publik mereka agar dapat bersaing lebih berhasil demi audiensi dan dana.

Informasi

Informasi dapat diproduksi dan dipasarkan sebagai suatu produk. Pada dasarnya inilah yang diproduksi dan didistribusikan oleh sekolah dan universitas dengan harga kepada orangtua, siswa dan masyarakat.

Gagasan

Setiap penawaran pasar termasuk ide dasar pada intinya.

Misalnya Revlon membuat kosmetik tetapi menjual harapan untuk kecantikan. Produk dan layanan adalah platform untuk memberikan beberapa ide atau manfaat kepada pelanggan.

Produk atau layanan tidak dapat dipasarkan dengan sukses sampai ide dijual dengan meyakinkan.

 

Ruang Lingkup Pemasaran Menurut Institut Pemasaran Inggris dan Asosiasi Pemasaran Amerika

Area fungsional manajemen bisnis yang menjaga fungsi pemasaran adalah Manajemen Pemasaran. Manajemen terutama bertanggung jawab atas kelancaran arus barang dan jasa dari produsen ke konsumen.

“Ini adalah fungsi manajemen yang mengatur dan mengarahkan semua kegiatan bisnis yang terlibat dalam menilai dan mengubah daya beli pelanggan menjadi permintaan yang efektif untuk produk atau layanan tertentu dan dalam memindahkan produk atau layanan ke konsumen atau pengguna akhir untuk mencapai keuntungan target atau sasaran lain yang ditetapkan oleh Perusahaan ”. (Institut Pemasaran Inggris).

“Pemasaran (manajemen) adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, harga, promosi dan distribusi ide, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan individu dan organisasi” (American Marketing Association). Definisi kedua menganggap manajemen pemasaran sebagai proses yang melibatkan analisis, perencanaan, implementasi dan kontroversi ide, barang dan jasa.

Itu bertumpu pada gagasan pertukaran dan tujuannya adalah untuk menghasilkan kepuasan bagi pihak-pihak yang terlibat.

Suatu organisasi akan berurusan dengan berbagai pasar seperti pasar tenaga kerja, pasar bahan baku, pasar uang dan pasar pelanggan. Manajemen pemasaran terhubung dengan salah satu pasar ini, meskipun secara historis manajemen pemasaran diidentifikasi dengan tugas dan personil yang berkaitan dengan pasar pelanggan.

Kami berarti manajemen pemasaran dengan mengacu pada pasar pelanggan. Pekerjaan pemasaran di pasar pelanggan adalah kerja tim dari manajer penjualan, tenaga penjualan, manajer pasar, peneliti pemasaran, manajer iklan, manajer produk, dll.

Orang-orang ini memiliki tanggung jawab khusus dan terdefinisi dengan baik dan sifat tugas mereka berbeda dari satu ke yang lain. bukan dia.

Manajer pemasaran, yang merupakan titik fokus diskusi kami tentang manajemen pemasaran, terutama berkaitan dengan stimulasi permintaan untuk produk-produk perusahaan. “Namun, pandangan ini terlalu terbatas tentang keragaman tugas pemasaran yang dilakukan oleh manajer pemasaran.

Manajemen pemasaran memiliki tugas untuk memengaruhi tingkat, waktu, dan komposisi permintaan dengan cara yang akan membantu organisasi mencapai tujuannya. Manajemen pemasaran pada dasarnya adalah manajemen permintaan ”. (P. Kotler).

Mengenai ruang lingkup manajemen pemasaran, kita dapat mengatakan bahwa pasar sasaran dipastikan dan kemudian gagasan tentang tingkat transaksi yang diinginkan di pasar harus dibentuk. Level permintaan aktual pasar mungkin dari berbagai negara – lemah, ade quate, berlebihan dll.

Manajemen pemasaran, dikatakan, harus mengatasi delapan keadaan permintaan yang berbeda. Ini dilakukan melalui riset pemasaran, perencanaan, implementasi dan kontrol.

Semua fungsi manajerial di bidang pemasaran berada dalam ruang lingkup manajemen pemasaran. Perencanaan dan pengembangan produk, perencanaan pasar atau bauran pemasaran, perumusan kebijakan pemasaran – semuanya masuk dalam kerangka manajemen pemasaran.

Secara sederhana, manajemen pemasaran merencanakan, mengatur, mengarahkan dan mengendalikan aktivitas orang-orang dari divisi pemasaran unit bisnis untuk tujuan mencapai tujuan tertentu.

Baca juga  250+ Daftar Istilah Dalam Marketing (Konvensional dan Digital)

Tujuannya adalah – meningkatkan penjualan dan pengembangan pasar baru. Tujuan keseluruhan dari keprihatinan bisnis, laba, dan pertumbuhan unit bisnis dicapai melalui upaya manajemen pemasaran.

Dalam upayanya untuk memastikan terpenuhinya tujuannya, manajemen pemasaran harus “mengevaluasi secara terus menerus keefektifan setiap bagian dari bauran pemasaran dan memperkenalkan perubahan dan modifikasi yang diperlukan untuk menghilangkan ketidaksesuaian dan kekurangan yang ditemukan dalam pelaksanaan aktual semua pola pemasaran , kebijakan dan prosedur”.

Manajemen pemasaran berhubungan dengan orang (konsumen) yang berada di luar organisasi.

Manajemen personalia berhubungan dengan laki-laki di dalam organisasi tetapi tidak dengan orang luar yang perilakunya harus diperhatikan oleh manajemen pemasaran; khususnya apa yang saat ini dikenal sebagai pemasaran yang berorientasi konsumen.

Mempertimbangkan aspek manajemen pemasaran ini, kita dapat mengatakan bahwa manajemen area ini lebih sulit daripada area fungsional manajemen lainnya.

 

Ruang Lingkup Pemasaran Internasional

Ruang lingkup pemasaran internasional pada dasarnya meliputi ekspor barang dan jasa di pasar luar negeri. Eksportir melakukan berbagai kegiatan, selain mengangkut barang dan jasa.

Jenis pemasaran internasional meliputi: Pembentukan, Usaha Patungan dan Kolaborasi, Pengaturan Perizinan, Layanan Konsultasi, Pengetahuan Teknis dan Manajerial

Kegiatan-kegiatan ini meliputi:

Pembentukan/Membangun

Cabang di pasar luar negeri untuk memproses, mengemas, atau merakit barang sesuai dengan kebutuhan pasar. Terkadang manufaktur lengkap dilakukan oleh perusahaan melalui investasi langsung.

Joint Ventures and Collaborations

Pemasaran internasional termasuk membangun usaha patungan dan kolaborasi di negara-negara asing dengan beberapa perusahaan asing untuk pembuatan dan / atau pemasaran produk. Di bawah pengaturan ini, perusahaan bekerja sama dengan perusahaan asing untuk mengeksploitasi pasar asing.

Pengaturan Perizinan

Perusahaan, di bawah sistem, menetapkan pengaturan lisensi dengan istilah asing di mana perusahaan asing diberikan hak untuk menggunakan pengetahuan perusahaan pengekspor, yaitu paten, proses, atau merek dagang sesuai dengan ketentuan perjanjian dengan kami tanpa investasi keuangan. .

Layanan Konsultasi

Menawarkan layanan konsultasi juga tercakup dalam ruang lingkup pemasaran internasional. Perusahaan pengekspor menawarkan layanan konsultasi dengan melakukan proyek turnkey di luar negeri. Untuk tujuan ini, perusahaan pengekspor mengirimkan konsultan dan pakar di luar negeri yang memandu dan mengarahkan kegiatan manufaktur di tempat .

Pengetahuan Teknis dan Manajerial

Ruang lingkup pemasaran internasional juga mencakup pengetahuan teknis dan manajerial yang disediakan oleh perusahaan pengekspor ke perusahaan pengimpor. Para teknisi dan personel manajerial dari perusahaan pengekspor memandu dan melatih para teknisi dan manajer perusahaan pengimpor.

 

Ruang Lingkup Pemasaran Ditinjau dari Entitasnya

Pemasaran biasanya dilihat sebagai tugas untuk menciptakan, mempromosikan dan mengirimkan barang dan jasa kepada konsumen dan bisnis.

Manajer pemasaran bertanggung jawab atas manajemen permintaan. Mungkin ada delapan negara permintaan yang mungkin yaitu permintaan negatif, permintaan tidak ada, permintaan laten, permintaan menurun, permintaan tidak teratur, permintaan penuh, permintaan berlebihan dan permintaan tidak bermanfaat.

  1. Permintaan Negatif – Konsumen tidak menyukai produk dan bahkan dapat membayar harga untuk menghindarinya. Misalnya, operasi jantung atau operasi apa pun, orang mungkin tidak menyukainya tetapi mereka melakukannya.
  2. Permintaan yang Tidak Ada – Konsumen mungkin tidak menyadari atau tidak tertarik pada produk. Misalnya, anak laki-laki sekolah mungkin tidak tertarik pada pekerjaan kerajinan tangan dan anak perempuan sekolah mungkin tidak tertarik pada program pelatihan fisik.
  3. Permintaan Laten – Konsumen dapat berbagi kebutuhan yang kuat yang tidak dapat dipenuhi oleh produk yang sudah ada. Misalnya, mobil di udara dan bukan di jalan.
  4. Permintaan Menurun – Konsumen mulai membeli produk lebih jarang atau tidak sama sekali. Misalnya, penurunan permintaan deskt op dibandingkan dengan laptop udara.
  5. Permintaan Tidak Teratur – Pembelian konsumen bervariasi berdasarkan musiman, mingguan bulanan, harian, atau bahkan setiap jam. Misalnya, teater sedang dikunjungi pada hari-hari peraturan dibandingkan dengan akhir pekan.
  6. Permintaan Penuh – Konsumen membeli semua produk yang tersedia di pasar. Misalnya, apa pun yang saya produksi sedang dijual.
  7. Permintaan Berlebihan- Lebih banyak konsumen ingin membeli produk daripada yang bisa mereka dapatkan. Misalnya, taman dan museum yang penuh sesak saat liburan.
  8. Permintaan Tidak Sehat – Konsumen mungkin tertarik pada produk yang tidak diinginkan oleh masyarakat. Untuk contoh , rokok, alkohol, dll.

Bagian pemasaran terlibat dalam pemasaran 10 jenis entitas:

Bagian pemasaran memasarkan 10 jenis entitas seperti barang, jasa, peristiwa, pengalaman, orang, tempat, properti, organisasi, informasi, dan gagasan.

Entitas-entitas ini adalah sebagai berikut:

  1. Barang- Barang fisik merupakan hampir sebagian besar upaya produksi dan pemasaran negara. Setiap perusahaan India memasarkan, mobil ber-AC, televisi LCD, mesin, kosmetik, ponsel, dan berbagai produk lain yang digunakan kembali dalam kehidupan kita sehari-hari.
  2. Layanan- Layanan mencakup pekerjaan lembaga perbankan, penerbangan, hotel, perusahaan asuransi, tukang cukur, ahli kecantikan, orang-orang pemeliharaan dan perbaikan, dan akuntan, pengacara, dokter, pemrogram perangkat lunak, dan konsultan manajemen. Di sebuah restoran, misalnya, pelanggan mengkonsumsi produk dan layanan, jika pemasaran sekolah perlu dilakukan, ia akan memasarkan pendidikannya dan layanan yang disediakan oleh sekolah.
  3. Pengalaman – Dengan menyediakan beberapa barang dan jasa, perusahaan dapat menciptakan, menggelar, dan memasarkan pengalaman. Taman hiburan atau taman air mewakili pelanggan pemasaran pengalaman, dengan mengambil berbagai wahana di taman hiburan atau taman air, menikmati perjalanan dari pengalaman mereka sendiri.
  4. Pemasaran Orang-Selebriti adalah bisnis utama. Sebagian besar produk di India dipasarkan melalui selebriti. Selebriti seperti Amitabh Bachchan, Sachin Tendulkar, Shah Rukh Khan, Aishwarya Rai, Shilpa Shetty dan MS Dhoni adalah merek besar sendiri. Sebagian besar produk dijual di pasar dengan sangat mudah jika dijual melalui pemasaran selebriti. Sebagai Sachin Tendulkar menjadi duta merek Boost “Adalah kekuatan energiku”.
  5. Acara – Pemasar mempromosikan acara berbasis waktu, seperti pameran dagang utama, pertunjukan seni, dan peringatan perusahaan. Acara global seperti Olimpiade dan Piala Dunia dipromosikan secara agresif baik untuk perusahaan maupun penggemar. Misalnya IPL.
  6. Tempat- Kota, negara bagian, wilayah, dan seluruh negara bersaing secara aktif untuk menarik wisatawan, pabrik, kantor pusat perusahaan, dan penduduk baru. Pemasar Place termasuk spesialis pengembangan ekonomi, agen real estat, bank komersial, asosiasi bisnis lokal, dan agen periklanan dan hubungan masyarakat. Dalam industri pariwisata, Kerala dipasarkan sebagai “Negara Dewa” dan telah menjadi salah satu pusat pariwisata. Pemerintah India memasarkan India sebagai tujuan wisata melalui kamp iklan “Incredible India” aign atau sebagai Attithi Devo Bhavoh.
  1. Properti- Properti adalah hak kepemilikan tidak berwujud dari properti real (real estate) atau properti finansial dan obligasi. Properti dibeli dan dijual, dan pertukaran itu membutuhkan pemasaran.
  2. Organisasi- Mereka secara aktif bekerja untuk membangun citra yang kuat, menguntungkan, dan unik di benak masyarakat sasaran mereka. Universitas, museum, seni pertunjukan, dan organisasi nirlaba semuanya menggunakan pemasaran untuk meningkatkan citra publik mereka dan untuk bersaing untuk audiensi dan dana. Kampanye identitas perusahaan adalah hasil dari program penelitian intensif. Ini tentu terjadi dengan kampanye Philips ” Sense and Simplicity”.
  3. Informasi- Informasi pada dasarnya adalah apa yang dihasilkan oleh buku, sekolah, dan universitas ,, pasar, dan distribusi dengan harga kepada orang tua, siswa, dan masyarakat, misalnya Royal School of Business Management memberikan informasi tentang layanan berkualitas tinggi.
  4. Ide-Segala sesuatu yang dijual di pasar termasuk ide dasar. Harapan menjual yang adil dan tampan dengan membuat pria menjadi lebih adil hanya dalam beberapa hari. Pemasar sosial sibuk mempromosikan ide-ide dengan menciptakan cara menunggu dengan mencegah kebiasaan merokok.

 

Ruang Lingkup Manajemen Pemasaran yang Mencakup Proses Bisnis

Ruang lingkup pemasaran ini lebih membahas pertanyaan seputar apa itu pemasaran, apa yang dipasarkan, proses pemasaran dan siapa yang melakukan pemasaran.

Ruang lingkup pemasaran sangat luas. Ini adalah titik fokus dari semua kegiatan bisnis. Proses produksi dan penjualan kehilangan maknanya tanpa pemasaran yang efisien.

Pemasaran dimulai dengan konsepsi ide untuk dijual dalam bentuk produk yang akan mengarah pada pencapaian laba.

Pemasaran melibatkan pengidentifikasian pasar sasaran yang kebutuhan dan keinginannya harus dipenuhi, mengembangkan produk yang sesuai, penetapan harga, promosi dan distribusi produk dan mengidentifikasi perilaku paska pembelian konsumen dan mengidentifikasi reaksi konsumen terhadap strategi bauran pemasaran.

Apa yang Dipasarkan:

Pemasaran semuanya meresap. Pemasaran tidak terbatas pada barang dan jasa fisik; melainkan ruang lingkup pemasaran meluas ke apa pun yang bisa dipasarkan oleh pemasar.

Industri real estat memasarkan bangunan, properti, industri pariwisata memasarkan tempat-tempat wisata, acara seperti pameran dagang, peringatan hari jadi perusahaan, acara penghargaan hiburan, festival lokal, dan kamp kesehatan dipasarkan, ide-ide seperti perusahaan mobil yang mempromosikan kebiasaan berkendara yang aman, informasi seperti hak-hak perempuan dan anak dan kesejahteraan, kebutuhan nutrisi untuk anak-anak dan perempuan dipasarkan, kebutuhan lingkungan hijau sedang dipasarkan.

Pengalaman di taman hiburan, kebun binatang, dan pengalaman bepergian di ” palace on wheels” dipasarkan.

Menginginkan Keinginan dan Kebutuhan Konsumen:

Proses pemasaran dimulai dengan mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen yang ditargetkan. Marketer mengidentifikasi pasar yang ditargetkan yang ingin dilayani. Barang diproduksi untuk memenuhi keinginan konsumen dan untuk memuaskan konsumen dengan manfaat yang disediakan oleh produk.

Mengidentifikasi Perilaku Konsumen :

Analisis perilaku konsumen adalah fungsi penting dari pemasaran. Perilaku konsumen sebelum membeli produk serta perilaku pasca pembelian pelanggan harus dianalisis untuk pengambilan keputusan. Perilaku pelanggan saat ini serta perilaku calon dan konsumen potensial juga harus dianalisis. Ini membantu dalam segmentasi pasar, penentuan posisi produk dan dalam menyusun strategi pemasaran yang berbeda.

Perencanaan dan Pengembangan Produk:

Pemasar menyusun gagasan produk yang akan memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Produk baru dikembangkan oleh departemen penelitian dan pengembangan perusahaan dan akhirnya diperkenalkan ke pasar untuk dijual.

Perencanaan produk mencakup segala hal mulai dari branding dan pengemasan hingga komersialisasi produk, yaitu untuk memberikan informasi kepada pelanggan tentang produk.

Selain memperkenalkan ide produk dan produk baru, pemasar terus berupaya untuk memodernisasi dan meningkatkan produk mereka yang sudah ada.

Kebijakan Harga:

Menentukan harga produk adalah tugas pemasaran yang penting. Kebijakan penetapan harga berbeda untuk setiap produk dan tergantung pada tingkat persaingan, biaya produksi, siklus hidup produk, sasaran dan sasaran pemasaran, strategi penetapan harga pesaing dan sebagainya.

Distribusi:

Saluran distribusi memungkinkan pengiriman barang dan jasa ke pelanggan di tempat dan waktu yang tepat. Studi saluran distribusi penting dalam pemasaran karena akan memastikan penghematan dan laba maksimum dengan biaya minimum.

Promosi:

Promosi adalah proses komunikasi untuk menciptakan kesadaran di antara pelanggan tentang produk. Proses promosi melibatkan berbagai alat promosi seperti penjualan pribadi, promosi penjualan, dan iklan. Pemasar menggunakan alat-alat promosi ini dalam proporsi yang tepat untuk mencapai tujuan organisasi.

Kepuasan Konsumen:

Kepuasan konsumen adalah tujuan utama pemasaran yang akan membantu mencapai tujuan mendasar lainnya untuk memaksimalkan laba dan volume penjualan. Pelanggan yang puas menjadi pelanggan yang loyal dan menghasilkan pembentukan hubungan jangka panjang antara perusahaan dan pelanggan yang memastikan kelangsungan hidup perusahaan yang lebih lama.

Kontrol Pemasaran :

Kontrol pemasaran sangat penting untuk mengukur efektivitas kebijakan dan strategi pemasaran. Penting untuk menganalisis rencana tindakan saat mereka melanjutkan dan menyesuaikan jika diperlukan untuk mengatasi perubahan. Tindakan korektif harus diambil untuk memastikan bahwa kinerja aktual dari departemen pemasaran dan aktivitasnya dekat dengan hasil yang diinginkan.

Menurut Kotler, “Kontrol pemasaran adalah proses mengukur dan mengevaluasi hasil dari strategi dan rencana pemasaran dan mengambil tindakan korektif untuk memastikan bahwa sasaran tujuan tercapai.”

Riset Pemasaran:

Riset pemasaran melibatkan pengumpulan, analisis, dan pelaporan data tentang masalah yang berkaitan dengan produk dan layanan pemasaran. Riset pemasaran dilakukan untuk menilai dampak dan mengukur efektivitas berbagai faktor bauran pemasaran terhadap perilaku konsumen. Riset pemasaran membantu pemasar untuk menilai potensi pasar dan pangsa pasar serta memahami kepuasan pelanggan dan perilaku pembelian.

 

Ruang Lingkup Manajemen Pemasaran Berdasarkan Proses Pemasaran

Berdasarkan proses pemasadan dan bisnis, lingkup pemasaran terbadi menjadi 8 bagian yang meliputi:

1.Menetapkan Tujuan Pemasaran

Tugas utama manajer pemasaran adalah menetapkan sasaran dan sasaran pemasaran. Tujuan yang didefinisikan dengan jelas dan tepat dapat membantu manajer pemasaran untuk mengarahkan upaya pemasaran secara efektif.

Tujuan dan sasaran (apakah strategis dan operasi, atau jangka pendek dan jangka panjang) harus dikomunikasikan dengan tepat dengan perhatian karyawan. Sejauh mungkin, tujuan harus dinyatakan dalam istilah yang dapat diukur.

2.Memilih Target Pasar

Mengelompokkan pasar total dan memilih target pasar adalah tugas mendasar dari manajemen pemasaran. Praktik pemasaran modern didasarkan pada target pasar, dan bukan pada total pasar.

Manajer pemasaran tidak dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan seluruh pasar. Dia harus memusatkan upayanya hanya pada kelompok pelanggan tertentu yang didefinisikan dengan baik, yang dikenal sebagai target pasar.

Semua fungsi pemasaran diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar sasaran saja. Berdasarkan kapasitas keseluruhan perusahaan, target pasar harus dipilih.

3.Merumuskan Organisasi Pemasaran yang Cocok

Untuk menerapkan rencana pemasaran, struktur organisasi yang cocok sangat penting. Atas dasar analisis jenis produk, jenis pasar, konsentrasi geografis pasar, dan banyak faktor lain yang relevan, organisasi yang sesuai harus dirancang.

Berbagai struktur alternatif tersedia, seperti organisasi produk, organisasi geografis, organisasi fungsional, organisasi matriks, dll. Berdasarkan persyaratan, struktur yang sesuai harus disiapkan dan dimodifikasi sesuai kebutuhan.

4.Menjaga Hubungan Sehat dengan Departemen lain

Departemen pemasaran memerlukan kerjasama dari departemen organisasi lain, termasuk departemen keuangan, departemen personalia, dan departemen produksi, untuk memuaskan pelanggan secara efektif.

Dukungan mereka dianggap penting untuk memuaskan konsumen. Jadi, untuk upaya terpadu, manajer pemasaran harus berusaha menjalin hubungan baik dengan mereka. Demikian juga, dalam departemen pemasaran, ia harus membangun koordinasi di antara berbagai personel.

5.Membangun dan Memelihara Hubungan yang Menguntungkan dengan Pihak Luar

Sama seperti dukungan internal, hubungan eksternal juga sangat diperlukan. Pemasar, untuk melakukan kegiatan pemasaran secara efektif, harus membangun dan memelihara hubungan yang sehat dengan berbagai pihak, seperti pemasok, penyedia layanan, lembaga pemerintah, dealer, konsultan, dan sebagainya.

Tanpa dukungan mereka, manajer pemasaran tidak dapat menjalankan fungsi dengan sukses. Karena peran penting dari hubungan eksternal, praktik pemasaran kontemporer dapat dikatakan sebagai hubungan pemasaran.

6.Kegiatan Riset Pemasaran

Riset pemasaran adalah salah satu fungsi penting dari pemasaran modern. Riset pemasaran melibatkan pengumpulan, analisis, dan interpretasi data yang sistematis tentang masalah apa pun yang terkait dengan pemasaran.

Ini memberikan informasi berharga kepada manajer tentang keputusan pemasaran yang dapat diambil. Riset pemasaran sangat penting untuk mengetahui secara memadai tentang konsumen dan situasi pasar.

Ini adalah fungsi dasar untuk memuaskan konsumen. Upaya pemasaran didasarkan pada informasi riset pemasaran.

7.Manajemen Penjualan

Manajemen penjualan adalah salah satu fungsi penting dari manajemen pemasaran. Manajemen penjualan berkaitan dengan perencanaan, implementasi, dan pengendalian upaya penjualan. Itu melakukan semua kegiatan yang terkait langsung dengan pelaksanaan penjualan.

Bagian penjualan melakukan fungsi penjualan. Bagian penjualan merumuskan kebijakan penjualan, memastikan jumlah produk yang memadai, mengelola catatan penjualan, merumuskan struktur untuk departemen penjualan, mengelola tenaga penjualan (salesman), dan mengendalikan upaya penjualan.

8.Melaksanakan Kontrol Efektif pada Kegiatan Pemasaran

Kontrol sangat penting untuk memastikan bahwa kegiatan dilakukan sesuai rencana. Kontrol melibatkan penetapan standar, mengukur kinerja aktual, membandingkan kinerja aktual dengan standar, dan mengambil tindakan korektif, jika diperlukan.

Kontrol membuat seluruh departemen pemasaran tetap waspada, aktif, dan teratur. Manajer pemasaran harus menetapkan sistem pengendalian yang efektif untuk memantau upaya pemasaran.

3 Replies to “Ruang Lingkup Manajemen Pemasaran [Penjelasan Lengkap]

Tinggalkan Jejak