Dalam dunia marketing/pemasaran dikenal banyak sekali istilah (asing dan serapan) yang sering digunakan. Kebanyakan dari istilah ini sering kita dengar, namun ada sebagian yang sering dilupakan definisinya.
Mungkin karena seringnya mengatakan (mendengar) kita jadi tahu apa definisi secara sederhana. Namun tidak ada salahnya mengulik istilah dalam marketing dengan definisi yang umumnya dipahami para pemasar.
Kami menyadari bahwa definisi yang ditulis disini bukan merupakan pendapat penulis, melainkan sudah dirangkum dari berbagai sumber baik itu buku maupun website online.
Karena itu, jika ada yang terlewatkan Anda bisa memberikan masukan ataupun koreksi melalui kolom komentar yang disediakan.
Apapun yang coba kami sajikan disini tidak lepas dari kelemahan dan kekeliruan, karenanya penyempurnaan dari Anda akan sangat diharapkan demi berkembangnya website kami ini.
Kami mencoba mengumpulkan lebih dari 200+ istilah dalam marketing yang mudah-mudahan dapat mencakup keseluruhan yang umumnya Anda pernah dengar dan ketahui. Berikut definisi singkatnya yang diurutkan berdasarkan abjad.
Daftar isi
Istilah Marketing – A
Above The Line (ATL)
Suatu bentuk komunikasi yang menggunakan media massa (dan dipublikasikan ke khalayak luas) seperti televisi, bioskop, radio, koran, internet, ponsel dan OOH untuk mempromosikan merek atau menyampaikan suatu tawaran spesifik.
Ad-libs
Iklan radio berupa teks tertulis yang dibacakan dan boleh di improvisasi oleh penyiar.
Advertising
Suatu bentuk komunikasi yang digunakan untuk membujuk audiens (pemirsa, pembaca atau pendengar) untuk mengambil suatu tindakan sehubungan dengan produk, ide, atau jasa yang ditawarkan.
Ambient Brand
Keikutsertaan perusahaan dalam suatu gerakan sosial agar brand mereka terasosiasi dengan gerakan tersebut, bukan untuk mempromosikan produk tertentu. Dengan keterlibatan tersebut, perusahaan berharap agar brandnya diposisikan disekitar nilai-nilai dan kebutuhan sosial.
Affordable method
Yaitu Perusahaan menetapkan biaya-biaya yang timbul, kemudian baru memperkirakan berapa biaya promosi yang mampu dikeluarkan.
Advertorial
Iklan dalam bentuk editorial. Istilah “advertorial” adalah penggabungan dari dua kata yaitu “advertisement/iklan” dan “editorial.”
Allocating
Yaitu menentukan pelanggan yang akan dituju
Advertising
Menawarkan barang/jasa dengan cara mengiklankan. Advertising dapat diartikan sebagai salah satu jenis pemasaraan dengan menggunakan jasa iklan. Dapat iklan beruupa iklan untuk media eletronik,cetak ataupun spanduk banner dsb.
Alternative Advertisement
Adalah salah satu bentuk Out Of Home Advertising (OOH), iklan kreatif dan unik seperti menempatkan mock up sebuah produk berukuran raksasa di pinggir jalan.
Aksesori (accessories)
Yaitu modal yang berumur pendek alat dan mesin perlengkapan yang digunakan dalam produksi atau kegiatan kantor, contoh : mesin fotokopi, mesin fax, dan lemari arsif.
Istilah Marketing – B
Backdrop
Latar belakang panggung yang biasanya bertuliskan tema acara atau berupa gambar/bentuk yang berkaitan dengan jalan cerita diatas panggung.
Backstage
Area di belakang panggung, termasuk kamar rias dan tempat dimana semua pengisi acara dapat berkoordinasi dan beristirahat.
Banner Ad
Sebuah iklan grafis di halaman web yang biasanya memiliki ukuran lebar 468 pixel dan tinggi 60 pixel.
Barricade
Struktur mirip pagar yang biasanya terbuat dari besi, berfungsi sebagai penghalang atau pembatas untuk mengontrol, mem-blok satu bagian tertentu. Barricade banyak digunakan pada saat konser musik untuk membatasi jarak penonton dari panggung, mengatur antrian tiket dan antrian di pintu masuk.
Below The Line (BTL)
Suatu bentuk komunikasi yang menggunakan media yang lebih terfokus (dan disampaikan ke khalayak tertentu) seperti brochure, flyer, telemarketing, direct-mail, point-of-sale, sales promotion untuk menyampaikan suatu tawaran spesifik.
Brand Recognition
Tingkat minimal dari kesadaran merek. Hal ini penting pada saat seorang pembeli memilih suatu merek pada saat melakukan pembelian. Recognition yaitu seberapa jauh konsumen dapat mengenali merek tersebut termasuk dalam kategori tertentu.
Customer Feedback atau Umpan balik pelanggan adalah proses atau contoh spesifik memberikan informasi kepada bisnis tentang produk, jasa dan layanan pelanggan.
Brand Awardness
Brand awareness menjadi salah satu faktor penting yang dibutuhkan para pelaku usaha untuk memperkuat brand produknya.
Barrier To New Market Entry
Lack of Ownership/Kurangnya Kepemilikan, Anda tidak dapat memiliki layanan dan Anda tidak dapat menyimpan layanan seperti Anda dapat menyimpan produk. Layanan yang digunakan atau disewa untuk jangka waktu tertentu. Misalnya ketika Anda membeli tiket pesawat untuk terbang ke Amerika Serikat, Anda membeli layanan yang akan dimulai pada awal penerbangan dan berakhir pada akhir penerbangan. Anda tidak dapat mengambil penerbangan pulang pesawat dengan Anda.
Billboard
Adalah penggunaan papan tanda di sepanjang jalan raya untuk mengiklankan berbagai macam produk, layanan, atau kegiatan. Secara umum, Billboard harus cukup besar agar bisa terlihat dan terbaca dengan jelas oleh pejalan kaki, pengendara atau penumpang kendaraan di sepanjang jalan.
Blocking Time
Pembelian jam siaran dengan durasi tertentu dari sebuah stasiun televisi atau radio untuk diisi dengan program khusus dan iklan yang dimiliki oleh suatu perusahaan/lembaga untuk tujuan kegiatan pemasaran, promosi atau kampanye.
Brand
American Marketing Association mendefinisikan brand sebagai “nama, istilah, desain, simbol, atau fitur lainnya yang mengidentifikasi produk atau jasa satu penjual yang membedakan dia dari penjual lainnya. Istilah hukum untuk brand adalah trademark (merek dagang). Sebuah brand dapat mengidentifikasikan satu jenis item, sekelompok item, atau semua item dari penjual tersebut. Jika brand digunakan untuk perusahaan secara keseluruhan, maka istilah yang lebih lazimnya adalah trade name (nama dagang). ”
Branding
Merupakan kegiatan untuk membangun brand yang dilakukan secara berkelanjutan, yang bisa berubah untuk mengakomodasi strategi pertumbuhan dan perubahan lingkungan bisnis.
Brand Activation
Kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan beragam media untuk mengaktifkan brand dalam pikiran dan hati konsumen. Biasanya, brand activation dibuat dalam bentuk event.
Brand Awareness
Brand awareness mengacu pada kemampuan pelanggan untuk mengingat dan mengenali brand di bawah kondisi yang berbeda dan mengaitkan nama brand, logo, jingle, dan lain-lainnya dengan asosiasi tertentu yang ada didalam ingatannya. Ini membantu si pelanggan untuk memahami kategori apa produk atau jasa dari brand tersebut dan apa produk dan jasa yang ditawarkan oleh brand tersebut.
Brand Management
Penerapan teknik pemasaran untuk produk tertentu, lini produk, atau brand
Brand Promise
Merupakan janji dari suatu brand (dan apa yang telah dijanjikan di masa lalu). Di sini, brand dapat mewakili kualitas, kinerja, kepercayaan, atau janji-janji palsu yang selama ini disampaikan oleh suatu brand.
Business Unit
Adalah Suatu unit yang memasarkan sekumpulan produk-produk yang berhubungan kepada suatu kelompok konsumen yang jelas.
Brochure (Brosur)
Iklan cetak yang biasanya dilipat atau dijilid, terdiri lebih dari satu halaman, berisi informasi tentang produk, jasa, atau suatu kegiatan tertentu. Brochure biasanya dipajang, boleh dibaca dan diambil oleh konsumen.
Branding
Adalah proses menggali potensi produk / jasa agar dapat dikenal oleh hal layak ramai. tanpa harus kita perkenalkan produk / jasa tersebut orang telah mengenalnya.
PR, meyampaikan pesan dengan membuat image berkala agar pesan produk / jasa dapat diterima tanpa harus kita sendiri, jadi yang menyampaikan (melalui orang ketiga) tidak butuh banyak dana untuk melakukannya, akan tetapi perlu keahlian lobi yang cukup baik dalam hal ini.
Barang Konsumsi (consumer’s goods).
Yaitu barang yang dibeli oleh konsumen akhir untuk konsumsi pribadi.
Barang Nyaman (convencience goods)
Yaitu barang yang dibutuhkan konsumen dan dibeli tanpa menyediakan banyak waktu dan upaya. Barang ini seringkali tidak memerlukan layanan, tidak mahal, dan bahkan mungkin dibeli karena kebiasaan.
Barang Kebutuhan Pokok (staples goods)
Yaitu barang yang secara teratur dibeli oleh konsumen termasuk barag nyaman. Contoh pasta gigi, sabun mandi, dan lain-lain.
Barang Dadakan (emergency goods)
Yaitu barang yang dibeli segera pada saat yang dibutuhkan. Contoh : payung yang dibeli pada saat musim hujan dan termasuk barang nyaman.
Barang belanjaan (shopping goods)
Yaitu barang konsumsi yang dalam proses seleksi dan pembelian, pelanggan biasanya membandingkan atas dasar seperti keserasian, harga dan gaya. Contoh : ponsel dan alat elektronik.
Barang Belanjaan Homogen (homogenous shopping goods)
Yaitu barang belanjaan yang menurut pelanggan pada dasarnya sama dan mereka menginginkan harga terendah dan termasuk barang berjalan. Contoh : kulkas, TV dan mesin cuci.
Barang Belanjaan Heterogen (heterogenous shopping goods)
Yaitu barang belanjaan yang menurut pelanggan berbeda satu sama lainnya dan ingin memeriksanya untuk mendapatkan produk yang bermutu dan tahan lama. Contoh : kamera dan lain-lain.
Barang Spesial (Speciality goods)
Yaitu barang konsumsi yang memiliki karakteristik atau identifikasi merek yang unik, karenanya kelompok pembeli yang signifikan bersedia melakukan upaya khusus untuk membelinya, contoh : mobil sport merek ferari.
Barang tak dicari (unsought goods)
Yaitu barang yang mungkin konsumen tidak tahu tetapi biasanya tidak pernah terpikirkan untuk membelinya.
Barang baru tak dicari (new unsought goods),
Yaitu produk yang menawarkan gagasan yang benar-benar baru yang belum diketahui pelanggan potensial dan termasuk dalam barang yang tidak dicari. contoh microsoft X Box.
Barang tak dicari secara regular (regulary unsought goods)
Yaitu semua produk yang tetap dicari sekalipun bukan berarti tidak akan pernah dibeli selamanya. Contoh : ensiklopedia dan asuransi jiwa.
Barang Industri (Industrial Goods)
Barang industri yaitu barang yang dibeli oleh individu dan organisasi untuk diolah lebih lanjut atau digunakan dalam menjalankan suatu bisnis.
Bahan baku (new material)
Yaitu bahan pengeluaran yang telah diolah seperti batangan kayu, biji besi, gandum, yang diangkut kedalam proses produksi dengan sedikit penambahan.
Bagian dan bahan komponen
Yaitu barang pengeluaran yang telah diolah yang menjadi bagian dari produk akhir. Contoh : suku cadang mesin, disk drives, komponen dan lain-lain.
Brand performance
Kemajuan teknologi memungkinkan penjual untuk menyampaikan daya guna merek atau produk yang dipromosikan dengan lebih efektif.
Brand expansion
Keputusan yang harus dibuat oleh konsumen semakin meningkat karena kualitas dan jenis merek yang semakin meningkat pula. Sales promotion membuat para konsumen lebih mudah dalam menentukan keputusan.
Istilah Marketing – C
Consumer-oriented promotion
Aktifitas yang termasuk consumer-oriented promotion antara lain: menyediakan sample, kupon, undian, potongan harga, bonus, event pemasaran, dan lain-lain.
CPC/Cost Per Click (Biaya Per Klik)
Ini pengertiannya sama saja dengan PTC, yang mana artinya kita akan mendapatkan bayaran apabila iklan yang ada di web/ blog . contohnya yang paling terkenal utk saat ini adalahJkita ada yang mengkliknya. Jadi semakin banyak yang mengklik otomatis semakin tebal kantong anda.. hehe.. Google Adsense.
CPM/Cost Per Million (Biaya per Seribu Impresi)
CPM ini menggunakan system Impression/ Page view, jadi kita akan dibayar apabila iklan yang terpasang di web/ blog kita telah mencapai 1000 X di tampilkan.
Catalog (Katalog)
Buku yang biasanya berukuran kecil dan berisi berbagai macam produk atau jasa yang ditawarkan.
Classified Advertising/Classified Ad
Adalah iklan baris di surat kabar, halaman web atau majalah. Berukuran kecil, berisi kalimat pendek, umumnya tanpa gambar dan tarifnya jauh lebih murah dibanding display ad atau jenis iklan cetak lainnya. Classified ad kebanyakan dipasang oleh individu/pribadi dengan item tunggal yang ingin mereka jual atau beli.
Co-branding
Adalah ketika dua perusahaan membentuk aliansi untuk bekerjasama, menciptakan sinergi pemasaran.
Confetti
Terbuat dari potongan kertas atau mylar dengan berbagai macam warna yang dimasukkan ke dalam tabung silinder kemudian diberi tekanan gas dan tombol/mekanisme untuk meluncurkan potongan-potongan tersebut ke udara. Confetti banyak digunakan di acara peluncuran produk, konser, parade, dan acara perayaan lainnya.
Cost Per Acquisition (CPA)
Istilah Cost Per Acquisition atau Biaya Per Akuisisi digunakan untuk mengukur jumlah uang yang dikeluarkan untuk mendapatkan satu pelanggan (akuisisi). Misal: untuk membuat/mensponsori suatu kegiatan, perusahaan mengeluarkan biaya 1 juta rupiah, ternyata diakhir kegiatan, perusahaan berhasil menjual 100 unit produknya dengan demikian maka CPA nya adalah: Rp1.000.000 ÷ 100 = Rp10.000
Sebaliknya, perusahaan juga bisa menetapkan CPA diawal dengan angka tertentu sehingga pada saat team promosi atau penjualan meminta budget maka acuan targetnya dihitung berdasarkan ketetapan CPA.
Cost Per Action (CPA)
(Kadang-kadang dikenal sebagai Pay Per Action atau PPA) adalah unit perhitungan harga iklan online dimana pemiliki website dibayar untuk setiap satu tindakan yang dilakukan oleh pengunjung situs terhadap iklan (misal: melakukan pembelian, pengiriman formulir, dan sebagainya).
Cost Per Click (CPC)
Adalah unit perhitungan harga iklan online dimana pemilik website atau search engine (mesin pencari) dibayar berdasarkan jumlah klik yang dilakukan oleh pengunjung pada iklan yang terdapat pada situs.
Cost Per Conversion
Menggambarkan biaya akuisisi per pelanggan, biasanya dihitung dengan membagi total biaya dari kampanye iklan dengan jumlah yang melakukan konversi. Definisi “konversi” disini bervariasi tergantung pada situasi; bisa berarti pelanggan yang berminat, penjualan, atau pembelian.
Cost Per Impression (CPI)
Adalah unit perhitungan harga iklan online dimana pemilik website dibayar berdasarkan jumlah penayangan iklan di halaman web. Yang dimaksud dengan satu “impression” disini adalah tayangan iklan sebanyak satu kali pada halaman web. Setiap kali sebuah iklan muncul di browser pengguna, server iklan akan menghitungnya sebagai satu kali “impression”. Namun, server iklan dapat diprogram untuk tidak menghitung aktivitas re-load yang dilakukan oleh pengguna, atau aktivitas lainnya yang telah disepakati antara pengiklan dan perusahaan iklan.
Cost Per Lead (CPL)
Adalah unit perhitungan harga iklan online dimana pemilik website dibayar berdasarkan jumlah pengunjung yang melakukan sign-up (registrasi/pendaftaran) melalui situs web tersebut. Sign-up yang dimaksud disini biasanya terdiri dari data-data pengunjung situs seperti nama, alamat email, alamat tempat tinggal, dan lain sebagainya.
Cost per thousand impressions (CPM)
Adalah unit perhitungan harga iklan online dimana pemilik website dibayar berdasarkan penayangan per seribu kali di halaman web atau media cetak.
Harga total yang dibayarkan dalam kesepakatan CPM dihitung dengan cara mengalikan tarif CPM dengan jumlah unit CPM.
Misal, satu juta tayangan dengan biaya Rp10 CPM sama dengan harga total Rp10.000
1.000.000 ÷ 1.000 = 1.000 unit
1.000 unit X Rp10 = Rp 10.000
Contoh lain:
1. Total biaya untuk menjalankan iklan adalah Rp15.000
2. Total pemirsa/pembaca adalah 2.400.000 orang
3. Hitungan CPMnya adalah: CPM = (Rp 15.000/2.400.000) * 1000 = Rp6,25
Cost Per Time (CPT)
Adalah unit perhitungan harga iklan online dimana pemilik website dibayar berdasarkan jumlah hitungan waktu tertentu. Ini berbeda dengan Cost Per Impression (CPI) yang dihitung berdasarkan jumlah tayang. Sistem CPT memungkinkan iklan untuk tayang berkali-kali tanpa batasan selama jangka waktu kontrak. Ada beberapa situs/kontrak yang menjamin jumlah tayangan minimum. Jangka waktu dalam kontrak CPT bisa sesedikit satu jam atau sepanjang satu tahun.
Click Through Rate (CTR)
Adalah cara mengukur keberhasilan kampanye iklan online. Perhitungan CTR adalah jumlah klik pada iklan dibagi dengan berapa kali iklan tersebut ditayangkan. Hasil perhitungannya ditampilkan dalam bentuk persentase.
Misal, jika sebuah iklan banner ditampilkan 100 kali (100 tayangan) dan dari total tayangan tersebut hanya mendapatkan satu klik maka CTRnya adalah 1%.
Cue Card
Juga dikenal dengan istilah Note Card adalah kartu/kertas berisi tulisan yang membantu aktor/pembawa acara/MC untuk mengingat apa yang harus mereka katakan.
Competition for shelf space
Sales promotion membantu para pengusaha pabrik untuk memenangkan shelf space dan membantu penjual menarik peningkatan kepadatan lalu lintas pertokoan dan penggunaan sumber penghasilan yang terbatas.
Competitive-parity method
Yaitu biaya promosi ditetapka atas dasar biaya promosi rata-rata yang dikeluarkan oleh industri. Biaya promosi akan meningkat jika biaya promosi pesaing meningkat, sedang jika biaya promosi pesaing turun maka biaya promosi perusahaan juga akan turun.
Casette banner stands
Pada saat terpajang, banner ini akan tampak serupa dengan roll-up banner. Wadah atau cangkangnya sama-sama terbuat dari bahan aluminium. Perbedaannya, grafis pada roll-up banner tidak dapat diganti dengan seketika sementara pada jenis cassette banner stands, grafisnya berbentuk gulungan dan dimasukkan kedalam wadah/cangkang, serupa dengan memasukkan roll film kedalam kamera. Grafis tersebut bisa diganti setiap saat sesuai kebutuhan.
Istilah Marketing – D
Digital Marketing
Adalah pemasaran (umumnya promosi) produk atau jasa melalui internet. Digital Marketing juga dikenal dengan istilah Internet Marketing, Web Marketing, Online Marketing, Search Marketing atau e-Marketing.
Direct Marketing
Direct Marketing adalah sistem marketing dimana organisasi berkomunikasi secara langsung dengan target customer untuk menghasilkan respons atau transaksi. Respons yang dihasilkan bisa berupa inquiry, pembelian, atau bahkan dukungan.
Istilah lainnya adalah Penjualan secara langsung, atau sistem pemasaran yang bersifat interaktif, yang memanfaatkan satu atau beberapa media iklan untuk menimbulkan respon yang terukur dan atau transaksi di sembarang lokasi. Dalam direct marketing, komunikasi promosi ditujukan langsung kepada konsumen individual, dengan tujuan agar pesan-pesan tersebut ditanggapi konsumen yang bersangkutan, baik melalui telepon, pos atau dengan datang langsung ke tempat konsumen.
Distribusi Insentif
Distribusi ini dapat digunakan oleh para produsen yang menjual komponen perusahaan yang berusaha menggunakan penyalur terutama pengecer sebanyak-banyaknya untuk mendekati para konsumen. Usaha ini dimaksudkan untuk mempercepat pemenuhan kebutuhan konsumen, semakin cepat para konsumen terpenuhi kebutuhannya maka semakin cepat pula terpenuhi kepuasannya.
Distribusi Selektif
Perusahaan yang menggunakan distribusi ini berusaha memilih sejumlah pedagang besar atau pengecer, agen yang terbatas dalam suatu daerah. Saluran ini biasanya digunakan untuk memasarkan suatu produk baru (barang special) apabila distribusi ini menguntungkan dari distribusi insentif maka jumlah pengecer atau agen yang digunakan akan lebih terbatas.
Direct Selling (Penjualan Langsung)
Adalah Metode penjualan barang dan/atau jasa tertentu kepada konsumen dengan cara tatap muka di luar lokasi eceran tetap oleh jaringan pemasaran yang dikembangkan oleh Mitra Usaha dan bekerja berdasarkan komisi penjualan, bonus penjualan dan iuran keanggotaan yang wajar.
Diferensiasi produk
Adalah upaya dari sebuah perusahaan untuk membedakan produknya dari produk pesaing dalam suatu sifat yang membuatnya lebih diinginkan. Beberapa produk dibedakan dan produk pesaing oleh kualitasnya.
Distribusi Ekslusif
Saluran ini dilakukan oleh perusahaan dan hanya menggunakan suatu pedagang besar atau pengecer dalam daerah tertentu. Jadi produsen hanya menjual produknya kepada suatu pedangang besar saja dengan mengunakan satu penyelur, maka produsen akan lebih mudah dapat mengadakan pengawasan pada tingkat harga enceran maupun usaha kerja sama dengan penyalur dalam periklanan. Pemilihan saluran distribusi merupakan suatu masalah yang sangat penting sebab keterlambatan barang-barang sampai ketangan kosumen dapat menturangi keuntungan yang diterima oleh perusahaan.
Direct Mail
Adalah cara beriklan melalui surat yang dikirimkan langsung kepada konsumen, bisa berupa brochure, catalog, CD trial gratis, aplikasi kartu kredit, dan lain sebagainya.
Direct mail dikirim kepada pelanggan berdasarkan kriteria tertentu seperti umur, pendapatan, lokasi tinggal, profesi, dan lain-lain.
Display Advertising/Display Ad
Adalah jenis iklan koran dan majalah yang biasanya berisi kombinasi teks, logo, foto, peta lokasi atau gambar lain. Display ad bisa berwarna (FC=full color) ataupun hitam putih (BW=black and white).
Istilah Marketing – E
effective Cost Per Action (eCPA)
Digunakan untuk mengukur efektivitas iklan yang dibeli oleh pemasang iklan melalui sistem CPC, CPI atau CPM. eCPA memberikan gambaran kepada pengiklan perihal jumlah biaya yang akan mereka keluarkan andaikan pembelian iklan dilakukan dengan sistem yang berbasis Cost Per Action (CPA) dibandingkan CPC, CPI, atau CPM.
effective Cost Per Mille (eCPM)
Digunakan untuk mengukur efektivitas iklan yang dibeli oleh pemasang iklan melalui sistem CPA, CPC atau CPT. eCPM memberikan gambaran kepada pengiklan perihal jumlah biaya yang akan mereka keluarkan andaikan pembelian iklan dilakukan dengan sistem yang berbasis Cost Per Mille (CPM) dibandingkan CPA, CPC, atau CPT.
E-Marketing
Adalah pemasaran (umumnya promosi) produk atau jasa melalui internet. E-Marketing juga dikenal dengan istilah Internet Marketing, Web Marketing, Online Marketing, Search Marketing atau Digital Marketing.
Istilah Marketing – F
Fanfare
Adalah alunan musik yang diputar/dimainkan untuk menandakan suatu pembukaan atau perpindahan sesi acara. Fanfare biasanya terdiri dari alat musik tiup dan perkusi. Fanfare berdurasi pendek, diputar untuk menggugah emosi dan membangkitkan semangat yang positif terhadap pendengarnya. Contoh:
Favicon
Sebuah ikon/logo kecil yang digunakan oleh beberapa browser untuk mengidentifikasi sebuah situs web. Ikon/logo kecil ini tampil disamping alamat web.
Final Artwork (FA)
Adalah materi desain final yang sudah approved (disetujui) oleh klien untuk dijadikan separasi film dan siap dicetak. FA ini dibuat oleh desainer grafis atau art director, biasanya menggunakan Macromedia Freehand MX, Adobe Illustrator atau Photoshop sesuai kebiasaan masing-masing dan sesuai kebutuhan.
Flag Chain
Adalah materi promosi berbentuk bendera, kotak, segitiga atau lainnya dengan ukuran kecil yang terbuat dari bahan plastik napfa, karton, atau sejenisnya. Potongan lembaran-lembaran Flag Chain saling tersambung/terhubung antara satu dengan lainnya oleh tali atau sejenisnya dan biasanya digantung sebagai media promosi.
Flyer
Adalah satu lembar kertas, biasanya berukuran 8 ½ x 11 (A4), berisi informasi terbatas tentang promosi kegiatan, produk atau jasa yang ditawarkan ke konsumen dengan periode/batas waktu tertentu. Informasi yang tertera bisa dicetak pada satu sisi atau kedua sisi kertas.
Front Of House (FOH)
Istilah ini biasanya digunakan dalam dunia pertunjukan (teater, konser, dll). Dalam pertunjukan teater, FOH adalah bagian auditorium dan foyer dimana penonton berada. Dalam dunia konser musik, FOH adalah area di depan panggung dimana mixer dan sound engineer berada. Contoh FOH pada konser musik:
Istilah Marketing – G
Global Brand
Adalah merek yang dibuat untuk mencerminkan nilai-nilai yang sama di seluruh dunia. Global Brand melampaui asal-usul mereka dan menciptakan hubungan yang abadi dan kuat dengan konsumen di seluruh dunia dengan berbagai macam latar belakang budaya. Mereka adalah merek yang dijual di pasar internasional. Beberapa contoh Global Brand adalah Facebook, Apple, Coca-Cola, McDonald, KFC Mastercard, Sony dan Nike. Merek ini digunakan untuk menjual produk yang sama di berbagai belahan dunia dan dianggap berhasil karena produk yang terkait merek tersebut mudah dikenali oleh beragam konsumen.
Istilah Marketing – H
Hanging Mobile
Adalah materi promosi yang bisa berbentuk dua dimensi (seperti bendera, segitiga, bulat, mengikuti bentuk produknya seperti ponsel, botol shampo dan lainnya) atau tiga dimensi (seperti bola, kotak, atau lainnya) yang biasanya terbuat dari bahan karton, atau sejenisnya . Hanging Mobile digantung di area penjualan.
Horizontal banners
Spanduk rentang yang dipasang secara horizontal dan biasanya berukuran lebar 1m dan panjang 5m atau lebar 1m dan panjang 6m, pada umumnya terbuat dari bahan kain atau vinyl. Kedua ujung grafis dipasangi penyangga vertikal selebar kain/vinyl dan setiap ujungnya diikat dengan tali/kawat.
House Agency
Adalah Sebuah agensi iklan yang dimiliki dari dioperasikan oleh seorang pengiklan, yang menangani klien-klien.
Heterogeneity/keheterogenan
Perusahaan memiliki sistem dan prosedur untuk memastikan bahwa mereka memberikan layanan yang konsisten tetapi sangat sulit untuk membuat setiap pengalaman layanan identik. Misalnya dua perjalanan pesawat identik mungkin merasa berbeda dengan penumpang karena keadaan di luar kontrol maskapai seperti kondisi cuaca atau penumpang lain di pesawat.
Istilah Marketing – I
Internet Marketing
Adalah pemasaran (umumnya promosi) produk atau jasa melalui internet. Internet Marketing juga dikenal dengan istilah Digital Marketing, Web Marketing, Online Marketing, Search Marketing atau e-Marketing.
Intangibility/hal tdk dpt dipahami
Anda tidak dapat memegang atau menyentuh layanan seperti produk. Ini becuase layanan adalah sesuatu yang pelanggan pengalaman dan pengalaman bukan merupakan produk fisik.
Instalasi (instalation)
Yaitu barang modal yang penting seperti bangunan, hak atas tanah dan peralatan besar.
Institutional advertising
Merupakan promosi yang mengiklankan konsep, ide, atau falsafah dari suatu institusi.
Information gathering
Yakni melakukan riset dan intelijen pasar.
Inseparability/hal tdk dpt dipisahkan
Jasa tidak dapat dipisahkan dari penyedia layanan. Sebuah produk dapat diambil dari produsen tetapi layanan tidak dapat diambil karena melibatkan penyedia layanan atau wakilnya melakukan sesuatu bagi pelanggan. Sebagai contoh sebuah perusahaan yang menjual jasa menyetrika kebutuhan perusahaan untuk setrika pakaian untuk Anda.
Istilah Marketing – L
Losing Market Share
hilangnya pasar produk
Leaflet
Adalah satu lembar kertas berukuran 1/3 kertas A4, hamper seperti ukuran daun (leaf). Lebih kecil dari Flyer, 3 lembar Leaflet sama dengan ukuran 1 lembar Flyer. Berisi informasi terbatas tentang promosi, kegiatan, produk atau jasa yang ditawarkan ke konsumen dengan periode/batas waktu tertentu. Informasi yang tertera bisa dicetak pada satu sisi atau kedua sisi kertas.
Load-In (LI)
Istilah yang biasa digunakan dalam dunia pertunjukan (teater, konser). Load-In adalah proses dimana seluruh peralatan/perlengkapan untuk pertunjukan seperti sound system, lighting system, rigging stage, dan lain-lain, dibawa dan mulai dipasang di venue/area pertunjukan.
L-banner stands
Jenis banner ini sangat ringan dan tersedia dalam beberapa ukuran. Disebut L-banner karena bagian atas dan bawahnya memiliki “klip” yang berfungsi untuk menjepit grafis agar tidak terlepas dan dibagian belakangnya terdapat satu tiang penyangga yang terhubung dari atas kebawah menyerupai bentuk huruf L.
Load-Out (LO)
Istilah yang biasa digunakan dalam dunia pertunjukan (teater, konser). Load-Out adalah proses dimana seluruh peralatan/perlengkapan untuk pertunjukan seperti sound system, lighting system, rigging stage, dan lain-lain, dibawa keluar dan mulai dibongkar dari venue/area pertunjukan.
Local Brand
Sebuah merek yang dijual dan dipasarkan (didistribusikan dan dipromosikan) di wilayah geografis yang relatif kecil dan terbatas. Sebuah Local Brand (merek lokal) adalah merek yang dapat ditemukan hanya dalam satu negara atau wilayah. Ini dapat disebut Regional Brand (merek regional) jika daerah tersebut meliputi lebih dari satu pasar metropolitan. Perusahaan global/multi nasional juga bisa membuat Local Brand yang dikembangkan untuk pasar nasional tertentu.
Loose Spot
Iklan yang diputar di radio. Iklan tersebut dibuat dengan merekam suara orang yang membaca pesan tertentu yang ingin disampaikan, biasanya disertai dengan musik latar belakang atau efek suara lainnya.
Pesan yang disampaikan antara lain adalah jadwal kegiatan, jenis produk atau jasa yang ditawarkan, kapan produk atau jasa itu tersedia di pasar, periode promosi, harga, bagaimana dan dimana produk atau jasa tersebut bisa didapatkan oleh konsumen.
Label
Yaitu Cetakan pada produk yang berisi informasi lengkap mengenai produk seperti nama, produk, isi, dan lain-lain.
Istilah Marketing – M
Marketing Research
Yaitu Aktivitas sistematis untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisa, dan memanfaatkan data berhubungan dengan aktivitas transfer dan penjualan produk dan jasa dari produsen ke konsumen.
Millimeter Column (MMC)
Satuan ukuran untuk iklan Koran. Misal harga iklan adalah Rp 20.000 per MMC, berarti Rp20.000 untuk biaya pemasangan iklan dengan ukuran tinggi 1 mm x lebar 1 kolom.
Manajerial Global Produk
Dalam pengertian yang lebih luas dari sekedar bentuk secara fisik. Tetapi juga meliputi segala variabel yang menyertainya, seperti kemasan, variasi produk, kualitas, merek, fitur,/ciri khas, desain, ukuran, retur, layanan dan garansi yang dapat ditawarkan kepada pasar dan dapat memeuaskan kebutuhan serta keinginan konsumen.
Mural
Mural adalah setiap karya seni/iklan yang dicat atau diterapkan langsung pada dinding, atap atau permukaan permanen besar lainnya. Pada umumnya Mural mengikuti bentuk dasar dari bidang yang ditempatinya. Gambar atau grafis secara harmonis dipadukan/mengikuti bentuk bidangnya.
Market Orientation (Orientaasi Pasar)
Dalam hal ini perusahaan menempatkan pelanggan sebagai inti dari bisnis. Perusahaan mencoba memahami kebutuhan pelanggan dengan menggunakan metode riset yang sesuai. Proses yang sesuai juga diterapkan untuk memastikan informasi dari pelanggan sampai ke perusahaan. Inti dari semua aktivitas yang dilakukan perusahaan berfokus pada pelanggan. Di sini pelanggan sungguh menjadi raja.
Marketing plan/Rencana pemasaran
Adalah suatu bagian dari suatu desain untuk mencapai suatu tujuan. Tujuannya dalah untuk menciptakan nilai bagi konsumen dalam kondisi tetap menguntungkan perusahaan, atau dalam konsep pemasaran saat ini, suatu hubungan yang saling menguntungkan. Rencana pemasaran merangkum bersama penilaian Anda terhadap kebutuhan dan keinginan pasar, kekuatan dan kelemahan pada organisasi Anda dan pada pesaing saat ini atau yang diperkirakan, dan desain yang Anda buat untuk menciptakan nilai guna memuaskan keinginan dan kebutuhan konsumen dalam kondisi tetap untung. Rencana pemasaran berisikan rencana tindakan (siapa yang melakukan apa dan kapan) dan visi, tujuan strategis, tujuan, serta sasaran.
Marketing job/ tugas pamasaran
Tujuan kegiatan pemasaran adalah untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Hal ini jelas membuktikan bahwa kegiatan marketing tidak hanya berfokus pada produk yang dihasilkan, tetapi lebih kepada pelayanan konsumen. Marketing sebagai kunci utama bisnis memiliki tugas yang kompleks. Tugas marketing harus dijalankan dengan baik, agar tercipta keberhasilan bisnis.
Marketing mix/bauran pemasaran
Marketing mix atau yang diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi bauran pemasaran adalah suatu strategi penjualan atau promosi serta penentuan harga yang bersifat unik serta dirancang untuk menghasilkan pertukaran yang saling menguntungkan untuk pasar yang dituju.
Jadi Pengertian Marketing Mix adalah suatu strategi pemasaran yang menggabungkan beberapa elemen di dalam marketing mix itu sendiri yang dilakukan secara terpadu.
Managerial Accountability
Adanya peningkatan tekanan pada manajer pemasaran untuk bertanggung jawab akan pengeluaran mereka, kegiatan sales promotion akan mempermudah manajer pemasaran dalam menghitung segala pengeluaran, karena hasil dari aktivitas sales promotion dapat dihitung lebih cepat dan lebih mudah.
Marketing Competition
Persaingan penjualan suatu prodik dengan jenis yag sama.
Market Share
Pangsa pasar (Market share) adalah persentase pasar yang ditentukan dalam ukuran unit maupun revenue dan dihitung berdasarkan specific entity. Market share merupakan sebuah indikator tentang apa yang dilakukan sebuah perusahaan terhadap kompetitornya dengan dukungan perubahan-perubahan dalam sales.
Multi Level Marketing (Pemasaran Multi Tingkat)
Adalah Metode pemasaran barang dan/atau jasa dari sistem Penjualan Langsung melalui program pemasaran berbentuk lebih dari satu tingkat, dimana mitra usaha mendapatkan komisi penjualan dan bonus penjualan dari hasil penjualan barang dan/atau jasa yang dilakukannya sendiri dan anggota jaringan di dalam kelompoknya.
Istilah Marketing – N
Nominal Scale
Adalah Skala ukuran dimana angka-angka yang ada dihubungkan dengan atribut-atribut suatu objek atau kelas objek, hanya untuk keperluan untuk dapat mengenali objek-objek tersebut.
Nonprofit Marketing
Yaitu Pemasaran suatu produk atau jasa dimana penawaran tersebut tidak dimaksudkan untuk mencari profit
Istilah Marketing – O
Online Marketing
Adalah pemasaran (umumnya promosi) produk atau jasa melalui internet. Online Marketing juga dikenal dengan istilah Internet Marketing, Web Marketing, e-Marketing, Search Marketing atau Digital Marketing.
Out Of Home Advertising (OOH)
Adalah iklan outdoor (luar rumah), komunikasi pemasaran ke konsumen ketika mereka sedang “di jalan” di tempat umum, menunggu (seperti di terminal, rumah sakit), dan/atau di lokasi komersial tertentu (misalnya di mall, trade center, toko eceran). Format OOH jatuh ke dalam lima kategori utama yaitu: billboard (papan tanda berukuran besar yang terpajang di pinggir jalan), mural (iklan yang menggunakan sisi bangunan, atap dengan cara mengecat atau menempelkan materi grafis), street furniture (misal tempat duduk di taman, halte bis, street signage), transit (misal bis kota, angkutan kota lainnya) dan alternative (iklan kreatif dan unik seperti menempatkan botol minuman berukuran raksasa di pinggir jalan).
Ojective-and-task method
Yaitu metode ini merupakan metode yang terbaik. Berdasar pendekatan ini, maka perusahaan terlebih dahulu menentukan tujuan promosi, menentukan tugas/pekerjaan apa saja yang diperlukan untuk mencapai tujuan itu baru kemudian menentukan biaya yang dikeluarkan untuk tiap pekerjaan itu.
Istilah Marketing – P
Pamphlets
Dicetak di kertas untuk tujuan non-komersial, menyajikan argumen untuk membujuk pembaca agar menyetujui/memahami tentang suatu topik (misal isu mengenai daur ulang, pemanasan global, dll).
Pay Per Click (PPC)
Adalah suatu sistem penetapan harga iklan online dimana pemilik website dibayar berdasarkan jumlah klik yang dilakukan oleh pengunjung situs. model iklan ini digunakan untuk mengalihkan pengunjung dari satu situs ke situs lainnya.
Psychological Segmentation
Yaitu Tindakan mengelompokkan konsumen ke dalam kategori karakter dan psikologis berdasarkan uji-uji atau prosedur yang sudah distandarisasi.
Place (distribusi/tempat)
Produk yang telah dihasilkan oleh suatu perusahaan akan lebih berguna bagi kensumen/pembeli apabila produk tersebut tersedia pada tempat dan saat dimana saja dibutuhkan.
Pay Per Lead (PPL)
Adalah suatu sistem penetapan harga iklan online dimana pemilik website dibayar berdasarkan jumlah pengunjung yang melakukan sign-up (registrasi/pendaftaran) melalui situs web tersebut. Sign-up yang dimaksud disini biasanya terdiri dari data-data pengunjung situs seperti nama, alamat email, alamat tempat tinggal, dan lain sebagainya.
Pay Per Sales (PPS)
Adalah suatu sistem penetapan harga iklan online dimana pemilik website dibayar berdasarkan jumlah penjualan yang secara langsung dihasilkan oleh iklan pada website tersebut.
Primary demand advertising
Yaitu Periklanan yang berusaha mendorong permintaan untuk jenis produk tertentu tanpa menyebutkan merk atau nama produsennya.
Product (produk)
Adalah sesuatu yang dapat ditawarkan pada suatu pasar guna mendapatkan perhatian untuk dimiliki, digunakan, dikonsumsi yang dapat memuaskan kebutuhan. Suatu produk dapat berupa suatu benda, jasa dan keinginan lain-lain untuk melukiskan sesuatu yang dapat memenuhi keinginan. Untuk itu setiap pengusaha harus mengetahui perkembangan kebutuhan konsumen melalui penelitian pasar agar dapat mengetahui dan dapat menyesuaikan diri dalam menciptakan produk.
Prospecting
Yaitu mencari pembeli dan menjalin hubungan dengan mereka. Prospecting adalah langkah awal dalam proses penjualan. Prospek adalah orang yang memiliki kemampuan untuk membeli, yang telah menunjukkan rasa tertarik pada produk atau jasa yang ditawarkan.
Produk dari targeting
Adalah target market (pasar sasaran), yaitu satu atau beberapa segmen pasar yang akan menjadi fokus kegiatan-kegiatan pemasaran. Kadang-kadang targeting juga disebut selecting karena marketer harus menyeleksi.
Perishability/rusaknya
Layanan bertahan tertentu dan tidak dapat disimpan seperti produk untuk digunakan nanti. Misalnya seorang desainer interior akan merancang properti sekali. Jika Anda ingin mendesain ulang rumah Anda akan perlu membeli layanan lagi.
Price (harga)
Merupakan alat untuk mengukur nilai suatu barang, harga bagi produsen merupakan penentu bagi permintaan pasar dan mempengaruhi posisi pesaing perusahaan dalam merebut konsumen. Harga merupakan indicator dari pada barang, dalam menetapkan harga perlu hati-hati dalam memperhatikan potensi pasar. Oleh sebab itu, menentukan harga perlu diperhatikan agar harga yang ditetapkan dapat dijangkau oleh konsumen disamping itu dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan.
Pole up tension banner stands
Banner yang memiliki 3 hingga 4 kaki dan satu tiang tengah yang berdiri tegak. Tiang dapat diatur tinggi rendahnya sehingga ketinggian grafis bisa disesuaikan. Pada ujung atas tiang terdapat bagian yang datar, tempat grafis digantungkan.
Personal Branding
Orang dan karirnya dipasarkan sebagai brand/merek. Membangun personal brand bisa berarti melakukan kegiatan/tindakan/aktivitas tertentu agar citra positif atas diri seseorang bisa terbangun di masyarakat. Latar belakang, karir yang dibangun dan track-record seseorang adalah personal brand orang tersebut.
Process
Adalah suatu metode pengoperasian atau serangkaian tindakan yang diperlukan untuk menyajikan produk dan layanan yang baik kepada pelanggan.
Productivity and quality produktivitas
Adalah sejauhmana efisiensi masukan-masukan layanan ditransformasikan ke dalam hasil-hasil layanan yang dapat menambah nilai bagi pelanggan, sedangkan kualitas adalah derajat suatu layanan yang dapat memuaskan pelanggan karena dapat memenuhi kebutuhan, keinginan, dan harapan.
People
Adalah pelanggan dan karyawan yang terlibat dalam kegiatan memproduksi produk dan layanan (service production).
Physical evidence
Adalah perangkat-perangkat yang diperlukan dalam menyajikan secara nyata kualitas produk dan layanan.
Persediaan (supplies)
Yaitu barang yang tidak menjadi bagian produk akhir. Contoh : minyak pelumas, tinta mesin tik.
Pushing strategi
Perusahaan dengan menggunakan personal selling berusaha mempromosikan produknya ke retailer dan wholesaler saja, tidak ke end user. Strategi ini biasanya menggunakan cara pemberian insentf seperti diskon(beli banyak), materi-materi promosi, dan kerja sama iklan.
Pulling strategi
Iklan dan promosi penjualan merupakan contoh strategi pull ini. Dimana produsen berusahaa menciptakan product awareness sehingga konsumen akan mencari produk tersebut ke retailer. Kedua strategi ini sering kali dilaksanakansecara bersamaan, unuk memberi efek yang lebih besar.
Percentage-of-sales method
Yaitu biaya promosi ditetapkan atas dasar prosentase ertentu dari penjualan/prosentase dari estimasi penjualan.
Point Of Sale (POS)
Adalah titik penjualan, lokasi dimana transaksi/penjualan dan pembelian barang dan jasa terjadi. Istilah lainnya yang sering digunakan adalah Point of Purchase (POP).
Point Of Sale Materials (POSM)
Adalah materi promosi penjualan yang dipasang di dekat atau pada lokasi Point Of Sale untuk menarik perhatian pelanggan ke produk, yang mungkin produk baru atau penawaran khusus. POSM juga digunakan untuk mempromosikan acara khusus. Contoh materi POSM adalah: banners, flag chain, dummy packs, poster, flyer, hanging mobile, dan display stand. Istilah lainnya yang sering digunakan adalah Point Of Purchase Materials (POP Materials) dan Point Of Sale Display.
Poster
Adalah selembar kertas berisi informasi kegiatan, promosi produk atau jasa yang dicetak dan dirancang untuk terpasang ke dinding atau permukaan vertikal. Poster biasanya berisi teks serta gambar dan umumnya berukuran 40x60cm atau lebih besar.
Public Relations
Usaha yang direncanakan secara terus-menerus dengan sengaja, guna membangun dan mempertahankan pengertian timbal balik antara organisasi dan masyarakatnya.
Interaksi dan menciptakan opini publik sebagai input yang menguntungkan untuk kedua belah pihak, dan merupakan profesi yang profesional dalam bidangnya karena merupakan faktor yang sangat penting dalam pencapaian tujuan organisasi dengan secara tepat dan dengan secara terus menerus karena public relation merupakan kelangsungan hidup organisasi yang bersangkutan.
Pop-Up Ads
Adalah iklan internet yang mana pada saat pengguna meng-klik maka iklan akan tampil di jendela browser baru.
Print Advertising/Print Ad
Adalah iklan cetak yang berisi informasi kegiatan, promosi produk atau jasa yang ditempatkan di koran, tabloid, majalah, dan buletin. Print Ad biasanya berisi teks dan gambar.
Promotion (Promosi)
Promosi adalah salah satu dari empat unsur marketing mix atau bauran pemasaran (produk, harga, promosi, tempat). Ini adalah hubungan komunikasi antara penjual dan pembeli untuk tujuan menginformasikan, membujuk, atau mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.
Promosi juga dapat diartikan sebagai bentuk komunikasi perusahaan yang menggunakan berbagai metode untuk menjangkau khalayak yang ditargetkan dengan pesan tertentu untuk mencapai tujuan organisasi tertentu.
Proposal
Pengajuan usulan dan deskripsi tertulis tentang rencana pelaksanaan suatu event (kegiatan). Proposal biasanya terdiri dari 7 bagian yaitu: latar belakang pelaksanaan kegiatan, waktu dan tempat pelaksanaan, deskripsi detail kegiatan (apa dan siapa saja pengisi acaranya), detail komponen biaya yang dibutuhkan, kompensasi untuk sponsor/kategori sponsorship, lampiran contoh desain material promosi, lampiran susunan panitia.
Production Orientation (Orientasi Produksi)
Dalam hal ini fokus perusahaan tidak pada kebutuhan pelanggan, melainkan mengurangi biaya dengan melakukan produksi massal. Dengan mencapai skala ekonomi tertentu, perusahaan bisa memaksimalkan profit dengan mengurangi segala biaya.
Product Orientation (Orientasi Produk)
Perusahaan percaya bahwa mereka mempunyai produk yang superior, berdasarkan kualitas dan fitur. Berdasarkan anggapan ini, mereka mengira pelanggan akan menyukai juga produk tersebut.
Push marketing
Menggunakan jalur distribusi untuk melakukan push produk ke outlet-outlet dimana konsumen bisa membelinya, atau menggunakan pull strategy yang pada intinya ialah membangun daya tarik terhadap produk dan jasa melalui berbagai media sehingga konsumen atau customer datang sendiri ke tempat kita atau datang ke toko untuk membeli barang kita.
Pull marketing
Pull Marketing terjadi dengan dua cara pertama di generate dari advertising offline sehingga orang mengakses karena baca di media lain tentang keberadaan site kita, yang kedua ialah dari promo online dengan menggunakan media digital seperti iklan di site lain, pasang search advertising, barter link, join community dll.
PTC/Paid To Click (Di Bayar per Klik)
adalah kita dibayar apabila meng-klik dan melihat iklan-iklan yang di sediakan oleh situs affiliate yang mana sebelumnya kita sudah menjadi membernya.
PPC/Pay Per Click (Membayar per Klik)
PPC Artinya kita akan dibayar apabila iklan yang telah dipasang di situs web/ blog kita ada yang mengclicknya.
PPS /Pay Per Sale (Membayar per Penjualan)
PPS Artinya kita mendapatkan bayaran/ komisi jikalau kita dapat menjual produk/ jasa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan affiliate. System pembayarannya adalah bagi hasil/ kita mendapatkan persentase dari harga produk/ jasa tsb. Dalam hal ini kita sebagai resellernya, sebagai contoh perusahaan yang sangat terkenal adalah amazon.com
PPL/Pay Per Lead (Membayar per Rekrutment)
PPL berarti kita akan mendapat bayaran apabila kita mampu merekrut seseorang lalu mengisi kotak form pendaftaran yang disediakan untuk menjadi member suatu perusahaan affiliate. Tapi syaratnya kita harus terlebih dahulu menjadi membernya.
Roll-up banner stands
Banner yang memiliki wadah/cangkang yang terbuat dari bahan aluminium. Grafis tergulung di dalam wadah/cangkang aluminium tersebut. Untuk menampilkan, cukup menarik grafis dari dalam wadah/cangkang kemudian di topang dengan satu tiang tengah yang berdiri vertical dibelakang grafis. Roll-up banner ada yang memiliki satu sisi dan dua sisi tampilan grafis.
Rotating banner stands
Banner yang berputar secara horizontal (kiri-kanan atau sebaliknya), membutuhkan listrik karena didalam rangkanya terdapat lampu yang berfungsi untuk menerangi grafis. Grafis pada jenis banner ini terbuat dari bahan stiker kemudian direkatkan pada bahan acrylic yang ditempelkan pada rangka. Rangka pada umumnya terbuat dari bahan aluminium.
Rating
Adalah evaluasi peringkat atau penilaian sesuatu, dalam hal kualitas (misal: rating kritikus terhadap sebuah novel atau tayangan televisi), kuantitas (misal: seorang atlet yang dinilai statistik-nya atau penghitungan jumlah penonton televisi/pendengar radio/pembaca koran), atau beberapa kombinasi dari keduanya. Salah satu contoh rating agency adalah AC Nielsen.
Rigging
Peralatan rigging mencakup beragam alat yang digunakan untuk berbagai kebutuhan. Definisi dasar dari Rigging adalah peralatan yang digunakan untuk mengerek, mengangkat, mendorong atau menarik benda lain. Dalam sebuah perhelatan konser musik outdoor, rigging digunakan untuk mengerek dan menggantung sound system di sisi kiri dan kanan panggung.
Rundown
Adalah review susunan acara yang berisi ringkasan aktivitas, person in charge (penanggung jawab atau yang bertugas) dan timing (waktu pelaksanaan) yang harus diikuti oleh seluruh pengisi acara dan crew. Rundown mengatur apa yang harus dilakukan pada waktu tertentu, siapa yang harus tampil dan apa saja perangkat pendukung yang harus menyertai penampilan tersebut (misal: iringan musik, pemutaran video, peluncuran kembang api, dan lain sebagainya).
Istilah Marketing – S
Sales Orientation (Orientasi Penjualan)
Di sini perusahaan berfokus untuk memproduksi produk, lalu mencoba menjualnya ke target market. Tetapi masalahnya, kemungkinan besar pelanggan tidak menyukai produk yang ditawarkan kepadanya.
Single Level Marketing (Pemasaran Satu Tingkat)
Adalah Metode pemasaran barang dan/atau jasa dari sistem Penjualan Langsung melalui program pemasaran berbentuk satu tingkat, dimana Mitra Usaha mendapatkan komisi penjualan dan bonus penjualan dari hasil penjualan barang dan/atau jasa yang dilakukannya sendiri.
Sistem pemasaran vertikal (VMS)
Yaitu sistem pemasaran ini terdiri dari produsen, pedagang besar, dan pengecer yang merupakan satu kesatuan sistem dan mereka saling bekerja sama.
Sistem pemasaran horisontal
Yaitu Sistem pemasaran horisontal terjadi bila terdapat dua atau lebih perusahaan yang tidak berhubungan menggunakan sumberdaya secara bersama-sama untuk mendapatkan keuntungan dalam pasar. Bentuk kerja sama ini misalnya jonit venture.
Sistem pemasaran multi saluran
Karena perkembangan segmen pasar yang semakin luas, banyak perusahaan menggunakan saluran pemasaran ganda atau multi channel marketing. Manfaat dari penggunaan banyak saluran yaitu meningkatnya cakupan pasar, menurunnya biaya penyaluran, dan penjualan yang semakin terarah pada pelanggan. Selain manfaat, ada juga kelemahannya seperti timbulnya konflik antar saluran serta kontrol yang semakin sulit. Untuk mengatasi konflik, perusahaan dapat menggunakan saluran yang berbeda pada pelanggan yang dituju misalnya, direct sales untuk pelanggan besar sedangkan telemarketing untuk pelanggan sedang.
Sales Promotion
Adalah setiap inisiatif yang dilakukan oleh perusahaan yang bertujuan untuk meningkatkan sales (penjualan), usage (penggunaan) atau trial (percobaan) atas produk atau jasa. Contoh sales promotionadalah: pemberian hadiah pada saat pembelian produk, penerapan harga khusus selama periode tertentu, diskon belanja, kupon undian, beli 2 dapat 1, dan sejenisnya.
Selective demand advertising
Yaitu iklan dengan menyebutkan merk atau nama produsennya.
Sponsorships
Merupakan bentuk promosi yang ditujukan untuk menciptakan product awareness serta menciptakan relationship. Perusahaan menggunakan sponsorship agar memperoleh perhatian dari audience serta citra yang diasosiasikan dengan aktivitas tertentu.
Search Marketing
Adalah pemasaran (umumnya promosi) produk atau jasa melalui internet. Search Marketing juga dikenal dengan istilah Internet Marketing, Web Marketing, e-Marketing, Online Marketing atau Digital Marketing.
Sales Cycle Bagi pembeli
Adalah langkah-langkah dalam mengambil keputusan membeli: Kesadaran (Awareness), Pertimbangan (Consideration), Keputusan (Decision), Penggunaan (Use). Bagi penjual, ini adalah langkah-langkah dalam menghasilkan penjualan: Menemukan dan mengkualifikasikan pelanggan, Menentukan produk atau jasa yang sesuai, Menerima Order.
Strategic Market Planning
Proses perencanaan yang menghasilkan keputusan bagaimana suatu unit bisnis bisa berkompetisi maksimal di pasarnya. Strategic plan ini didasarkan atas totalitas keseluruhan proses marketing yang ada.
Search Engine Optimization (SEO)
Adalah proses meningkatkan visibilitas sebuah website atau halaman web di search engine melalui sistem “natural” atau hasil pencarian tidak berbayar (“organic” atau “algorithmic”). Secara umum, semakin awal (atau semakin tinggi urutannya di halaman web), dan semakin sering sebuah situs muncul dalam daftar hasil pencarian, maka semakin banyak pula pengunjung yang akan diterima dari pengguna mesin pencari. SEO dapat menargetkan berbagai jenis pencarian, termasuk pencarian gambar, pencarian lokal, pencarian video, materi pendidikan, berita, atau materi spesifik lainnya.
Slogan
Slogan adalah motto atau frasa yang digunakan dalam konteks politik, komersial, agama dan lainnya sebagai ekspresi pengulangan dari sebuah ide atau tujuan.
Soundcheck
Adalah persiapan yang terjadi sebelum konser, pidato, atau acara sejenisnya, yaitu ketika para pemain/pengisi acara dan sound crew (kru suara) bersama-sama melakukan uji coba pada sistem penataan suara untuk memastikan bahwa semua peralatan berfungsi dengan baik, suara di area penonton/Front Of House(FOH) dan diatas panggung dapat terdengar jelas, berada pada volume dan tone frekuensi yang tepat.
Sponsor
Adalah individu, kelompok, atau organisasi/perusahaan yang memberikan dukungan terhadap suatu kegiatan/acara tertentu.
Short-termism Sales promotion
Merupakan alat promosi yang dibutuhkan karena dapat bekerja dengan cepat dan dapat memberikan dampak secara langsung.
Sponsorship
Mendukung suatu acara, kegiatan atau organisasi dengan menyediakan dana, waktu, produk, jasa atau sumber daya lainnya yang bernilai bagi acara yang disponsori. Sebagai imbalan, panitia biasanya akan mengikutsertakan brand Sponsor pada materi publikasi dan menyediakan tempat serta ruang iklan di lokasi acara bagi Sponsor untuk berpromosi dan melakukan aktivitas penjualan.
Stage
Dalam dunia teater atau konser, Stage adalah panggung pertunjukan yang digunakan oleh pengisi acara untuk tampil dihadapan penonton. Stage/panggung adalah fokal point bagi penonton.
Street Furniture Advertisement
Street Furniture adalah istilah yang digunakan untuk objek atau peralatan yang dipasang/ada dijalanan yang berfungsi untuk berbagai tujuan. Contoh Street Furniture adalah pembatas jalan, bangku, kotak pos, kotak telepon umum, lampu jalan, lampu lalu-lintas, halte bis, toilet umum, dan sejenisnya.
Street Furniture Advertisement adalah pemanfaatan Street Furniture untuk periklanan. Misal dengan menempalkan materi iklan di halte bis, kota telepon umum, atau lainnya.
Istilah Marketing – T
Take One Box (TOB)
Adalah tempat penyimpanan Brochure atau Leaflet yang biasanya terbuat dari bahan acrylic atau karton, ditempatkan diatas meja/counter agar mudah dijangkau oleh konsumen.
Television Commercial (TVC)
Adalah iklan televisi berdurasi tertentu yang diproduksi menggunakan kombinasi audio (suara) dan video (gambar) yang bertujuan untuk memasarkan produk dan jasa.
Telemarketing
Telemarketing berasal dari kata Tele dan Marketing. Tele artinya jauh, marketing artinya aktifitas pemasaran. Jika diartikan secara keseluruhan telemarketing (biasa disingkat dengan TM) adalah aktifitas memasarkan produk atau jasa melalui saluran komunikasi jarak jauh (telekomunikasi).
Memasarkan atau mensosialisasikan produk atau jasa usaha kita melalui telepon. Untuk sekarang, biasanya cara telemarketing ini dipakai oleh beberapa operator besar untuk menawarkan produknya. Menurut banyak ahli pemasaran, penawaran melalui telemarketing cenderung mudah diterima, karena sifatnya memang secara personal langsung ke konsumen.
The Line
Istilah The Line lahir dari definisi akuntansi yang mana above the line berarti pengeluaran saat ini (current expenditure) dan below the line berarti belanja modal (capital expenditure).
Through The Line (TTL)
Dalam beberapa tahun terakhir ini, klien dan agen periklanan telah beralih ke “Pendekatan Komunikasi Terpadu (Integrated Communication Approach)”, atau yang disebut dengan istilah pendekatan “Through The Line”.
Through The Line (TTL)
Penggabungan Above The Line (ATL) dan Below The Line (BTL) yang digunakan untuk mengintegrasikan upaya pemasar dan mengoptimalkan pengembalian dari investasi yang terpisah tersebut.
Transit Advertisement
Adalah salah satu bentuk Out Of Home Advertising (OOH), iklan yang ditempatkan pada kendaraan umum seperti, kereta, bis kota, atau jenis angkutan umum lainnya.
Targeting
Targeting adalah proses mengevaluasi setiap daya tarik segmen kemudian memilih satu atau lebih karakteristik untuk dilayani, atau bisa juga sebagai proses mengalokasikan kelangkaan waktu penjual demi pembeli.
Targeting adalah persoalan bagaimana memilih, menyeleksi, dan menjangkau pasar. Targeting atau menetapkan target pasar merupakan tahap selanjutnya dari analisis segmentasi.
Targeting adalah proses mengevaluasi segmen pasar dan memusatkan upaya pemasaran pada negara, kawasan atau kelompok orang yang memiliki potensi signifikan untuk beraksi secara positif terhadap stimulus pemasaran dari perusahaan. Proses targeting mencerminkan kenyataan bahwa perusahaan harus mengidentifikasi pelanggan yang dapat diakses dan dilayani secara efektif dan efisien.
Menurut Ariadi Abimanju, targeting adalah mengenal segmen pasar yang telah ditentukan dan merencanakan cara apa yang paling optimal agar segmen pasar memberikan kemungkinan paling besar untuk membeli produk yang akan dijual/dipasarkan. Penentuan targeting sangat tergantung dari hal-hal seperti karakter produk, karakter segmentasi, dan tingkat persaingan pada segmen yang sudah dipilih. Targeting ini menentukan kepada siapa target market dari suatu produk, apakah kepada semua orang, sebagian orang atau orang-orang tertentu yang memiliki kekhususan.
Trade-oriented promotion
Trade-oriented promotion meliputi kompetisi penjual, penghargaan bagi penjual, pelatihan bagi penjual dan program-program lain yang diadakan untuk memotivasi distributor agar berusaha lebih baik untuk memasarkan produk kepada konsumen.
Tabletop banner stands
Ini adalah istilah untuk banner berukuran kecil yang biasanya ditempatkan diatas meja. Bisa berbentuk roll-up maupun X-banner.
T-banners
Spanduk rentang yang dipasang secara vertikal. Bagian ujung atas dan ujung bawah grafis dipasangi penyangga horizontal agar tidak bergoyang pada saat tertiup angin. Pada umumnya T-banners memiliki ukuran lebar 0.9m-1m dan tinggi 2m-3m. Materi grafis biasanya terbuat dari bahan kain, vinyl, triplek atau papan alumunium.
Istilah Marketing – U
User Segmentation
Yaitu Pembagian pelanggan potensial ke dalam segmen-segmen berdasarkan bagaimana dan untuk tujuan apa mereka menggunakan sebuah produk.
Istilah Marketing – V
Value Per Action (VPA)
Mengacu pada model bisnis pemasaran online yang mirip dengan sistem Cost Per Action (CPA). Perbedaannya, Pada sistem Cost Per Action penjual hanya membayar biaya iklan ketika konsumen mengambil tindakan (seperti melakukan pembelian produk), pada sistem Value Per Action model tersebut dikembangkan lagi dengan menambah komponen revenue sharing ke konsumen. Semakin besar anggaran periklanan, maka semakin besar pula terjadinya peluang penjualan sebab setiap rupiah yang dikeluarkan oleh pemasar akan dibagi/di share ke konsumen dalam bentuk insentif pembelian.
Dua pemasar bisa saja menawarkan produk yang sama dengan harga yang sama, namun memberikan insentif yang berbeda untuk konsumen melalui sistem VPA ini.
Venue
Secara umum venue adalah tempat, tempat yang bisa berada dimanapun. Dalam dunia konser, venue adalah lokasi pertunjukan, tempat dimana pertunjukan akan dilangsungkan.
Viral Marketing
Adalah fenomena marketing yang memfasilitasi dan mendorong orang untuk menyampaikan/ meneruskan pesan pemasaran ke orang lain.
Vertical banners
Umbul-umbul yang dipasang secara vertikal. Satu sisinya diikat pada tiang bambu, kayu, atau besi sementara sisi lainnya dibiarkan bebas sehingga berkibar tatkala ditiup angin. Pada umumnya vertikal banner memiliki ukuran lebar 0.9m-1m dan tinggi 4m-6m. Materi grafis biasanya terbuat dari bahan kain atau vinyl.
Istilah Marketing – W
Web Marketing
Adalah pemasaran (umumnya promosi) produk atau jasa melalui internet. Web Marketing juga dikenal dengan istilah Internet Marketing, Search Marketing, e-Marketing, Online Marketing atau Digital Marketing.
Istilah Marketing – X
X-banner stands
Jenis banner ini berdiri dengan tiga kaki. Kempat ujung dari grafis diberi lubang cincin kemudian dikaitkan ke rangka penyangga yang berbentuk huruf X. Agar bisa berdiri tegak, ditengah rangka tersebut ditambahkan satu tiang penopang. Tiang penopang ini bisa disetel naik-turunnya untuk memudahkan pengaturan tingkat kemiringan banner.
Nah, demikianlah sajian tentang istilah dalam marketing yang dapat kami sajikan untuk Anda. Mudah-mudahan bermanfaat untuk menambah wawasan Anda dalam dunia marketing atau memahami setidaknya definisi singkatnya.
2 Replies to “250+ Daftar Istilah Dalam Marketing (Konvensional dan Digital)”