Apa Saja yang Termasuk Dalam Ruang Lingkup Manajemen Keuangan

Secara umum, terdapat 3 ruang lingkup manajemen keuangan, ketiganya saling berhubungan. Ketiga lingkup ini tergolong strategis dan tentu saja membutuhkan pertimbangan dan analisis yang matang.

Selain itu, perlu juga dilakukan perhitungan serta analisis data yang tepat sebelum menjalankan 3 keputusan tersebut. Bagi perusahaan, hal ini demi keberlangungan usaha dimasa yang akan datang.

Meskipun sebuah perusahaan dapat berjalan sedikit kaku, namun dengan adanya ini diharapkan mampu bertahan meskipun ditengah goncangan ekonomi yang hebat.

Nah, apa saja yang termasuk dalam ruang lingkup manajemen keuangan, mari langsung saja kita bahas satu per satu. Sambil ditemani kopi susu hangat dan manis, plus roti bakar yang menyehatkan.

1.Keputusan investasi

Keputusan Investasi, yang mencakup investasi dalam aset tetap yang biasanya disebut Penganggaran Modal dan Investasi dalam aset lancar yang biasanya disebut sebagai Modal Kerja.

Dalam berinvestasi, hendaknya perusahaan melakukan penelitian atau kajian yang mendalam, jangan sampai berinvestasi ke tempat yang keliru.

Umumnya aktivitas ini sering dikategorikan sebagai aktivitas studi kelayakan usaha, yang lebih spesifik kelayakan investasi.

2.Keputusan Pendanaan

Keputusan Pendanaan (Keputusan Keuangan), yaitu keputusan yang berkaitan dengan peningkatan keuangan dari berbagai sumber, keputusan keuangan termasuk jenis sumber keuangan, periode pembiayaan, biaya dan pengembalian dana.

Dana bisa saja diperoleh dari internal ataupun eksternal perusahaan, namun inti dari pendanaan ini adalah ketersediaan dana untuk operasional usaha.

3.Keputusan Deviden

Keputusan Dividen (Dividend Decision), Manajer Keuangan harus membuat keputusan yang berkaitan dengan distribusi laba bersih. Penghasilan bersih biasanya dibagi dua, yaitu Dividen untuk Pemegang Saham (Dividen untuk Pemegang Saham) dan laba ditahan (Retained Profits).

Pembagian deviden ini biasanya dilakukan setelah RUPS atau rapat umum pemegang saham. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan kalau aktivitas ini dilakukan lebih awal, untuk hasil yang baik.

Oke sobat sekalian dimanapun berada, itulah tadi ketiga ruang lingkup manajemen keuangan:

** Keputusan investasi

** Keputusan pendanaan

** Keputusan deviden

Demikian pembahasan tentang ruang lingkup manajemen keuangan, mudah-mudahan ini bermanfaat untuk Anda. Jika berkenan, silahkan share artikel ini kesosial media, dengan begitu Anda akan membantu mengembangkan blog ini.

Baca juga  Ruang Lingkup Manajemen Pemasaran [Penjelasan Lengkap]

Tinggalkan Jejak