Mari Terapkan 5 Strategi Mencapai Kebebasan Finansial di Tahun Baru!

strategi mencapai kebebasan finansial

Kalau mengintip daftar resolusi tahun baru yang dibuat kebanyakan orang, mencapai financial freedom atau kebebasan finansial menjadi salah satu target yang pengin mereka wujudkan. Apa itu kebebasan finansial?

Sesuai namanya, kebebasan finansial adalah kondisi saat kamu tak lagi memusingkan penghasilan karena sudah cukup dari segi ekonomi. Bahkan kamu sudah punya persediaan dan passive income buat memenuhi kebutuhan sehari-hari dalam jangka waktu panjang.

Baca: Investasi jangka Panjang.

Merencanakan kebebasan finansial di awal tahun

Bukan tanpa alasan orang-orang pengin meraih kebebasan finansial. Kondisi ini memungkinkan mereka melakukan hobi atau minat yang sempat terkubur karena sibuk mencari uang. Kamu juga punya waktu buat menyenangkan keluarga atau orang-orang tersayang tanpa harus repot mencari sumber dana dulu.

Bisa dibilang, kebebasan finansial adalah indikator kestabilan kondisi ekonomimu. Tahun baru pun dianggap menjadi momen tepat buat menerapkan strategi agar tujuan tersebut tercapai. Lantas apa saja langkah yang sebaiknya kamu siapkan?

Daftar isi

Buat anggaran yang mudah dipatuhi

Salah satu faktor yang bikin banyak orang sulit mengelola keuangan adalah anggaran (budgeting) yang sulit mereka patuhi. Untuk memulainya, kamu harus menyusun daftar pengeluaran sesuai periode yang ditentukan, baik per minggu atau per bulan. Selain kebutuhan sehari-hari, utang dan dana darurat harus masuk ke dalam anggaran tersebut.

Selanjutnya, sesuaikan anggaran tersebut dengan penghasilan bulanan yang kamu dapatkan. Dengan cara ini, kamu akan lebih mudah mencoret pos-pos pengeluaran yang kurang dibutuhkan dan memprioritaskan pos lain yang harus segera dilunasi.

Kelola utang atau pinjaman yang diambil

Kebebasan finansial adalah kondisi yang tak membolehkanmu mempunyai hutang atau pinjaman besar. Alih-alih menghindarinya, kamu harus kelola pos tersebut, bahkan memprioritaskannya agar cepat lunas sebelum jatuh tempo. Sementara kamu yang belum pernah dan sedang berencana ambil pinjaman sebaiknya pelajari prosedurnya baik-baik buat memudahkan proses pelunasan.

Baca juga  Bagaimana Mengelola Uang Dengan Bijak: 5 Kunci Sukses Menuju Kebebasan Finansial

Buat kredit kepemilikan rumah (KPR), misalnya. Kamu bisa sesuaikan tenornya dengan tujuan keuangan. Kalau kamu berencana pensiun dini di usia 20-30 tahunan, ambilah tenor pendek selama kamu mampu membayar kredit tepat waktu.

Baca: Investasi jangka Pendek.

Siapkan dan kumpulkan dana darurat

Dana darurat bukan hanya berguna buat membayar biaya perawatan rumah sakit, lho! Sesuai namanya, dana ini ditujukan untuk situasi gawat yang terjadi di luar ekspedisi. Salah satu contoh yang sedang kita hadapi sekarang adalah wabah Covid-19 yang telah melumpuhkan sektor perekonomian hingga menghilangkan sumber pendapatan banyak orang.

Idealnya, jumlah dana darurat adalah tiga kali pengeluaran pokok per bulan. Kamu yang sudah menikah dan punya anak justru harus menabung lebih giat, yakni menyisihkan dana darurat sebesar 9-12 kali pengeluaran pokok bulanan.

Ambil investasi yang aman dijalankan

Kebebasan finansial adalah resolusi yang sekilas terdengar ambisius buat kelompok usia produktif. Namun, perkembangan dan perubahan tren dapat membantumu mewujudkanmu. Misalnya dengan mulai berinvestasi menggunakan instrumen yang aman dan kamu kuasai. Pasalnya, meski mulai diminati generasi muda, investasi termasuk kegiatan yang sangat riskan dilakukan.

Sekarang, sudah ada banyak instrumen investasi yang dapat kamu pilih. Antara lain saham, reksa dana, deposito, logam mulia, hingga peer-to-peer landing. Setelah memilih instrumen investasi yang tepat, kamu pelajari baik-baik caranya supaya dapat profit dan mencegah kerugian.

Pertimbangkan sumber penghasilan tambahan

Apakah penghasilan pokokmu belum sanggup memenuhi target finansial? Atau masa pandemi memaksa perusahan memangkas gajimu? Kebebasan finansial adalah target yang sebaiknya kamu pikirkan matang-matang. Jangan terlalu memaksakan diri untuk mencapai tujuan tersebut dan pertimbangkan solusi seperti mencari sumber penghasilan tambahan.

Baca juga  Kisah Inspiratif Lo Kheng Hong dalam Mendulang Keuntungan Saham

Jenis pekerjaan yang dipilih tak perlu berat atau mengganggu pekerjaan utamamu. Jadi reseller, freelancer atau part-timer, hingga mengajar online dapat memberikan pendapatan yang membantu kamu mengisi pos-pos pengeluaran seperti utang atau dana darurat.

Baca: Apa itu Literasi Keuangan dan bagaimana Strategi Mencapainya?

Kebebasan finansial adalah kondisi yang menggiurkan, tetapi bisa membuatmu nelangsa kalau tak disiapkan sematang mungkin.

Dengan lima strategi di atas, kamu diharapkan bisa mudah membuat rencana buat memuluskan pencapaianmu. Jangan pantang menyerah juga kalau tahun ini kamu belum bisa bebas secara finansial.

2 Replies to “Mari Terapkan 5 Strategi Mencapai Kebebasan Finansial di Tahun Baru!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *