12 Goods Habbit ini Akan Bantu Kamu Lebih Cepat Meraih Kebebasan Finansial

good habbit

Kebebasan finansial mungkin sebagian berpikir bahwa kita telah memiliki tabungan, investasi, dan uang tunai yang cukup untuk membiayai gaya hidup yang Anda inginkan untuk diri sendiri dan keluarga Anda.

Sebagian berpandangan bahwa ini adalah tujuan penting bagi banyak orang. Hal ini berarti menumbuhkan ladang penghasilan yang akan memungkinkan Anda untuk pensiun atau mengejar karir apa pun yang Anda inginkan, tanpa dihantui oleh kebutuhan untuk mendapatkan jumlah gaji tertentu setiap tahun.

Sayangnya, terlalu banyak orang yang gagal mencapai kebebasan finansial. Bahkan tanpa keadaan darurat keuangan, meningkatnya utang karena pengeluaran yang berlebihan adalah beban konstan yang membuat mereka tidak mencapai tujuan mereka. Ketika krisis besar terjadi seperti badai, gempa bumi, atau pandemi benar-benar mengganggu semua rencana, lubang tambahan di jaring pengaman terungkap.

Baca juga: Definisi Kebebasan Finansial Menurut Saya.

Masalah ini sebenarnya terjadi pada hampir semua orang, tetapi 12 kebiasaan ini dapat menempatkan Anda di jalan yang benar. Apa aja kebiasaan tersebut, yuk kita bedah bersama dalam pembahasan berikut:

1.Tetapkan Tujuan Hidup (GOAL)

Apa kebebasan finansial bagi Anda? Setiap orang memiliki keinginan umum untuk itu, tapi itu tujuan yang terlalu kabur. Anda perlu tujuan yang spesifik tentang jumlah dan tenggat waktu untuk mencapainya. Semakin spesifik tujuan Anda, semakin tinggi kemungkinan Anda untuk mencapainya.

Tuliskan tiga tujuan berikut: 1) apa yang dibutuhkan gaya hidup Anda saat ini; 2) berapa banyak uang yang harus Anda miliki di rekening bank Anda untuk memungkinkan hal itu; dan 3) pada usia berapa batas waktu untuk menyimpan sejumlah dana yang Anda butuhkan.

Selanjutnya, hitung mundur dari usia tenggat waktu Anda pada usia Anda saat ini dan buat pencapaian keuangan secara berkala di antara kedua tanggal tersebut. Tuliskan semua jumlah dan tenggat waktu dengan hati-hati dan letakkan lembar rencana/tujuan di depan map keuangan Anda.

2.Buat Anggaran Bulanan

Lagi-lagi kita harus membahas anggaran dalam hal mengelola keuangan serta merencanakan finansial dimasa depan.

Membuat anggaran rumah tangga bulanan dan menaatinya adalah cara terbaik untuk menjamin bahwa semua tagihan dibayar dan tabungan berjalan sesuai rencana.

Hal juga merupakan rutinitas yang memperkuat tujuan Anda dan mendukung tekad untuk melawan godaan untuk berbelanja secara royal.

Karena ini hanya akan menghabiskan uang Anda dengan percuma, sementara itu tujuan keuangan bisa terabaikan.

Baca juga  5 Langkah Praktikal untuk Memulai Perjalanan Investasi Anda

3.Segera Lunasi Hutang Konsumtif

Kartu kredit dan pinjaman konsumtif berbunga tinggi lainnya adalah racun bagi rencana pertumbuhan kekayaan Anda. Buatlah titik agar Anda bisa melunasi saldo secara penuh setiap bulan. Pinjaman pelajar dan pinjaman perumahan biasanya memiliki tingkat bunga yang jauh lebih rendah; jadi melunasinya bukanlah keadaan darurat. Namun, membayar pinjaman berbunga rendah ini tepat waktu juga sangat penting dan pembayaran tepat waktu akan membangun peringkat kredit yang baik.

4.Buat Tabungan Otomatis

Daftarkan diri Anda dalam rencana pensiun bos Anda dan manfaatkan sepenuhnya manfaat kontribusi yang sesuai yang pada dasarnya adalah uang gratis.

Bijaksanalah untuk memiliki penarikan otomatis ke dalam alokasi dana darurat, yang dapat digunakan untuk pengeluaran tak terduga, serta kontribusi otomatis pada rekening sejenis lainnya.

Idealnya, uang untuk dana darurat dan dana pensiun harus ditarik dari rekening Anda pada hari yang sama saat Anda menerima gaji, sehingga tidak pernah menyentuh tangan Anda.

Ingatlah bahwa jumlah yang disarankan untuk disimpan dalam dana darurat tergantung pada keadaan pribadi Anda. Selain itu, rekening pensiun yang diuntungkan pajak dilengkapi dengan aturan yang mempersulit Anda mendapatkan uang tunai jika Anda tiba-tiba membutuhkannya, sehingga rekening tidak boleh menjadi satu-satunya dana darurat Anda .

5.Mulai Berinvestasi Sekarang

Pasar saham yang buruk dikenal sebagai pasar  bearish dapat membuat orang mempertanyakan kebijaksanaan berinvestasi, tetapi secara historis tidak ada cara yang lebih baik untuk menumbuhkan uang Anda.

Keajaiban bunga majemuk saja akan menumbuhkan uang Anda secara eksponensial, tetapi Anda memang membutuhkan banyak waktu untuk mencapai pertumbuhan yang berarti.

Namun, ingatlah bahwa untuk semua orang kecuali investor profesional adalah suatu kesalahan untuk mencoba jenis pemilihan saham yang dipopulerkan oleh miliarder seperti Warren Buffett .

Saat ini, membuka akun sekuritas secara online sehingga memudahkan Anda mempelajari cara berinvestasi, membuat portofolio yang dapat dikelola, dan memberikan kontribusi mingguan atau bulanan ke dalamnya secara otomatis.

Mencapai kebebasan finansial bisa jadi sangat sulit dalam menghadapi utang yang terus bertambah, keadaan darurat, masalah medis, dan pengeluaran yang berlebihan, tetapi dengan disiplin dan perencanaan yang matang hal itu sesuatu yang mungkin untuk dilakukan.

Baca juga: 5 Strategi ini Bantu Kita Lebih Cepat Capai Kebebasan Finansial.

6.Investasi pada Diri Sendiri

Salah satu kebiasaan yang powerfull dalam mencapai kebebasan finansial adalah dengan meningkatkan kapasitas diri melalui investasi leher keatas.

Maksudnya gimana nih?

Bebas finansial gak melulu bicara soal duit, membangun mindset yang tangguh sebelum sampai pada tujuan juga tak kalah penting. Ibaratnya, ini pondasi yang kudu diperhatiin agar perjalanan Anda dalam mencapai tujuan bisa dicapai lebih cepat.

Gini, uang itu bekerja melalui 3 cara yaitu jumlah yang diinvestasikan, tingkat return dan waktu yang dibutuhkan dalam investasi.

Dengan Anda meningkatkan skill dalam mengembangkan aset, maka besar kemungkinan jumlah dan tingkat return bisa membantu Anda, dengan asumsi bahwa waktu yang Anda perlukan gak panjang. Bisa dibilang Anda mulai investasi sedikit terlambat dari orang-orang seusia Anda.

Baca juga  Apa itu Portofolio Investasi dan Bagaimana Cara Merancang Portofolio yang Sesuai Profil Risiko Anda?

7.Bernegosiasi untuk Barang dan Jasa

Banyak orang ragu-ragu untuk bernegosiasi untuk mendapatkan barang dan jasa, karena mereka takut hal itu membuat mereka tampak murahan.

Taklukkan ketakutan ini dan Anda bisa menghemat jutaan rupiah setiap tahun. Usaha kecil, khususnya, cenderung terbuka untuk negosiasi, jadi membeli dalam jumlah besar atau memposisikan diri Anda sebagai pelanggan tetap dapat membuka pintu untuk mendapatkan diskon yang lebih tinggi.

8.Tetap Melek Finansial dan Terampil Mengelola Keuangan

Tinjau perubahan yang relevan dalam undang-undang perpajakan untuk memastikan bahwa semua penyesuaian dan pengurangan dimaksimalkan setiap tahun.

Ikuti terus berita dan perkembangan keuangan di pasar saham dan jangan ragu untuk menyesuaikan portofolio investasi Anda.

Pengetahuan juga merupakan pertahanan terbaik melawan penipu yang memangsa investor yang tidak canggih untuk menghasilkan uang dengan cepat.

Dengan melek finansial, Anda akan terhindari dari FOMO dan investasi bodong yang memakan banyak korban setiap tahunnya. Anda juga memiliki growth mindset dalam investasi dan keuangan sehingga Anda paham betul apa return dan risk dalam instrumen investasi.

9.Pertahankan dan Rawat Perkakas Anda

Merawat perkakas dengan baik membuat segala sesuatu mulai dari mobil dan mesin pemotong rumput hingga sepatu dan pakaian bertahan lebih lama. Biaya pemeliharaan adalah sebagian kecil dari biaya penggantian, jadi ini adalah investasi yang tidak boleh dilewatkan.

Tips: Belajarlah untuk mengetahui perbedaan antara hal-hal yang Anda inginkan dan hal-hal yang Anda butuhkan.

Anda juga wajin belajar tentang penghasilan aktif dan pasif serta jensi spending agar Anda gak salah dalam mengalokasikan pengeluaran.

10.Hiduplah Di Bawah Kemampuan Anda

Menguasai gaya hidup hemat berarti mengembangkan pola pikir yang berfokus pada menjalani kehidupan yang baik dan itu lebih mudah dari pada yang Anda pikirkan.

Faktanya, sebelum naik pada tahap kemakmuran, banyak orang kaya mengembangkan kebiasaan hidup di bawah kemampuan mereka.

Ini bukan tantangan untuk mengadopsi gaya hidup minimalis. Ini berarti belajar membedakan antara hal-hal yang Anda butuhkan dan hal-hal yang Anda inginkan dan kemudian membuat penyesuaian kecil yang mendorong keuntungan besar bagi kesehatan finansial Anda.

11.Konsultasi dengan Penasihat Keuangan

Setelah Anda mencapai titik di mana Anda telah mengumpulkan jumlah kekayaan yang layak baik aset likuid (uang tunai atau apa pun yang mudah diubah menjadi uang tunai) atau aset tetap (properti atau apa pun yang tidak mudah dikonversi menjadi uang tunai) carilah penasihat keuangan untuk membantu Anda tetap di jalan yang benar.

Jika Anda merasa diri seorang pembelajar dan siap mengelola portofolio sendiri, maka pertimbangkan juga untuk belajar tentang alokasi dan portofolio investasi. Gak sulit kok, Anda bisa temukan topik ini di google atau youtube.

Baca juga  Panduan Lengkap Membeli Saham Pertama di Sekuritas

Pertimbangkan juga untuk mengikuti kursus online tentang finansil literasi agar Anda lebih melek secara finansial.

12.Jaga Kesehatan Anda

Prinsip perawatan yang tepat juga berlaku untuk tubuh Anda dan menjaga kesehatan fisik Anda dengan baik juga memiliki dampak positif yang signifikan terhadap kesehatan finansial Anda.

Berinvestasi dalam kesehatan yang baik tidaklah sulit. Itu berarti melakukan kunjungan rutin ke dokter dan dokter gigi, dan mengikuti saran kesehatan tentang masalah apa pun yang Anda hadapi.

Banyak masalah medis dapat dibantu atau bahkan dicegah dengan perubahan gaya hidup dasar, seperti lebih banyak olahraga dan pola makan yang lebih sehat.

Pemeliharaan kesehatan yang buruk, di sisi lain, memiliki konsekuensi negatif langsung dan jangka panjang pada tujuan keuangan Anda.

Beberapa perusahaan memiliki kuota ijin berbayar yang terbatas khususnya dalam keadaan sakit, yang berarti hilangnya pendapatan kuota tersebut telah habis.

Obesitas dan penyakit diet lainnya membuat premi asuransi meroket, dan kesehatan yang buruk dapat memaksa pensiun dini dengan pendapatan bulanan yang lebih rendah selama sisa hidup Anda.

 

Jadi sebenarnya apa itu Kebebasan Finansial?

Setiap orang mendefinisikan kebebasan finansial dalam kaitannya dengan tujuan mereka sendiri. Tentu ini akan berbeda antara satu dengan yang lainnya, bahkan bagi Anda dan pasangan juga akan berbeda dalam memaknainya.

Bagi kebanyakan orang, bebas financial berarti memiliki keuangan (tabungan, investasi, dan uang tunai) yang cukup untuk membiayai gaya hidup, ditambah sumber pendapatan pasif untuk pensiun atau bisa jadi kebebasan untuk mengejar karier apa pun tanpa perlu mendapatkan nominal gaji tertentu.

Aturan Anggaran 50/30/20?

Aturan anggaran 50/30/20 , yang dipopulerkan oleh Senator Elizabeth Warren, adalah pedoman untuk mencapai stabilitas keuangan dengan membagi pendapatan setelah pajak menjadi 3 kategori pengeluaran yaitu 50% untuk kebutuhan, 30% untuk keinginan, dan 20% untuk tabungan dan membayar hutang.

Anda bisa membuat anggaran atau kalkulator penganggaran dengan aplikasi excel yang mudah diikuti untuk membantu Anda mengkategorikan dan mengontrol pengeluaran dan tabungan Anda. Ini merupakan langkah penting pertama bagi Anda untuk menuju kebebasan finansial.

Baca ini: Jalan Terjal menuju Kebebasan Finansial.

Kesimpulan

12 langkah ini tidak akan menyelesaikan semua masalah keuangan Anda, tetapi akan membantu Anda mengembangkan kebiasaan baik yang membawa Anda ke jalan menuju kebebasan finansial.

Cukup membuat rencana dengan jumlah dan tanggal target tertentu memperkuat tekad Anda untuk mencapai tujuan Anda dan menjaga Anda dari godaan untuk mengeluarkan uang terlalu banyak.

Begitu Anda mulai membuat kemajuan nyata, kelegaan dari tekanan terus-menerus dari meningkatnya utang dan penghasilan pasif untuk pensiun muncul sebagai motivator yang kuat dan kebebasan finansial ada di depan mata Anda.

So, kapan Anda harus mulai? Lebih cepat tentu akan lebih baik….

One Reply to “12 Goods Habbit ini Akan Bantu Kamu Lebih Cepat Meraih Kebebasan Finansial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.