Penjelasan Pengertian Permintaan menurut Para Ahli

Halo sobat pemerhati ekonomi dimana saja berada, mudah-mudahan dalam keadaan sehat. Setelah sebelumnya kita membahas ruang lingkup ekonomi mikro, ijinkan kami kali ini untuk membahas pengertian permintaan menurut para ahli, yang merupakan bagian dari lingkup mikroekonomi.

Disini nantinya kami akan mengambil 3 pendapat ahli, lalu kemudian kami akan mengambil benang merah atau kesimpulan dari ke-3 pendapat tersebut. Kesimpulan tersebut tentu bukan teori baru, melainkan proses pemahaman dengan cara berbeda.

Sedikit mengulang, pengertian ekonomi mikro adalah studi tentang perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan harga-harga pasar dan kuantitas faktor input, barang dan jasa yang diperjualbelikan. Mikro ekonomi juga membahas tentang konsumen, pasar dan harga pada perseorangan atau perusahaan. Ekonomi mikro merupakan cabang ilmu teori ekonomi.

Baca: Pengertian Masalah Ekonomi Mikro Dalam Perekonomian.

Oke, mari kita mulai pembahasan tentang pengertian permintaan yang disadur dari ke-3 pendapat ekonomi, cekidot.

Pengertian Permintaan Menurt Para Ahli

Pendapat Gilarso (2007)

Dalam ilmu ekonomi istilah permintaan (demand) mempunyai arti tertentu, yaitu selalu menunjuk pada suatu hubungan tertentu antara jumlah suatu barang yang akan dibeli orang dan harga barang tersebut. Permintaan adalah jumlah dari suatu barang yang mau dan mampu dibeli pada berbagai kemungkinan harga, selama jangka waktu tertentu, dengan anggapan hal-hal lain tetap sama (=ceteris paribus).

Pendapat Sadono Sukirno (2005)

Teori permintaan adalah teori yang menerangkan tentang ciri-ciri hubungan antara jumlah permintaan dan harga. Berdasarkan ciri hubungan antara permintaan dan harga dapat dibuat grafik kurva permintaan.

Pendapat Adiwarman A. Karim (2007)

Permintaan barang yaitu bahwa faktor harga dari komoditas merupakan variable dependen yang akan menentukan beberapa jumlah komoditas yang bersangkutan diminta oleh konsumen.

Baca juga  Penjelasan Tentang Perbedaan Ekonomi Mikro dan Makro Beserta Contohnya

Kesimpulan

Jadi, berdasarkan ke-3 pendapat diatas, permintaan merupakan suatu hubungan antara barang yang mau dan mampu dibeli, dalam jumlah permintaan dan harga tertentu yang merupakan variabel dependen sebagai penentu jumlah barang yang diminta oleh konsumen.

Singkat kata, permintaan sangat bergantung pada daya beli masyarakat/konsumen atas suatu barang atau komoditas tertentu. Dalam hal ini biasanya barang/komoditas kebutuhan pokok atau yang paling banyak dibutuhkan oleh pembeli.

Dalam teori permintaan, ada yang namanya elastisitas permintaan, yang nantinya akan kita bahas secara khusus pada artikel berikutnya. Bocoran sedikit, Elastisitas permintaan adalah ukuran besarnya respons jumlah permintaan suatu barang terhadap perubahan variable yang mempengaruhi, dihitung sebagai perubahan persentase jumlah permintaan dibagi dengan perubahan persentase variable yang mempengaruhi. Pada dasarnya ada tiga variabel utama yang mempengaruhi, antara lain elastisitas harga permintaan, elastisitas silang dan elastisitas pendapatan.

Oke, untuk pembahasan tentang pengertian permintaan menurut para ahli kami anggap sudah dapat Anda pahami. Jika ada yang kurang jelas atau bahkan kurang sependapat dengan penulis, silahkan diskusi pada kolom komentar, setuju?

One Reply to “Penjelasan Pengertian Permintaan menurut Para Ahli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *