Apa Bedanya Capital Gain dan Pendapatan Investasi?

capital gain dan pendapatan investasi

Mungkin ini terdengar aneh ditelinga Anda, dimana letak perbedaan antara capital gain dan pendapatan investasi. Tetapi ketahuilah bahwa perbedaan antara capital gain dan pendapatan investasi terletak pada apakah keuntungan pada saat investasi telah direalisasikan atau masih ditahan.

Memahami perbedaan itu penting dalam segala hal mulai dari mengajukan pajak hingga merencanakan strategi dana pensiun. Jadi bagaimana kita harusnya bersikap terhadap kedua hal ini, karena merealisasikan keuntungan (take profit) atas pendapatan investasi sangat menggiurkan.

Akan tetapi jika kita belum sampai pada tujuan awal investasi, maka langkah strategis kita yaitu mempertahankan atau merealisasikan keuntungan kemudian mengalihkan pada aset investasi lain.

Oke, Modal investasi lebih mengacu pada jumlah dana awal yang diinvestasikan. Oleh karena itu, capital gain lebih mengacu pada keuntungan investasi yang direalisasikan atau aset investasi dijual dengan harga yang lebih tinggi dari harga pembeliannya.

Sedangkan pendapatan investasi adalah keuntungan yang berasal dari pembayaran bunga, dividen, keuntungan modal yang dikumpulkan sebagai hasil dari penjualan sekuritas atau aset lainnya, dan keuntungan lain yang dihasilkan melalui kendaraan investasi dalam bentuk apa pun.

Baca: Investor Ritel dan Investor Institusi.

Keuntungan yang didistribusikan di antara banyak investor dengan cara tertentu tergantung pada bagaimana investasi dilakukan. Berikut adalah penjelasan singkat tentang bagaimana cara membedakan antara capital gain dan pendapatan investasi.

 

Daftar isi

Capital Gain

Kita mulai pada pembahasan pertama, capital gain merupakan peningkatan nilai aset baik investasi dalam bentuk sekuritas atau paper aset atau real estate, yang memberikan nilai yang lebih tinggi daripada harga pembelian aslinya.

Seorang investor sebenarnya tidak memiliki capital gain sampai aset investasi yang dimiliki kemudian dijual untuk mendapatkan atau merealisasikan keuntungan.

Baca juga  Apa itu Saham, Jenis, Harga dan Faktor yang Mempengaruhi Harga Saham?

Mari kita lihat contoh berikut, kita asumsikan seorang investor telah membeli 100.000 lembar saham di perusahaan XYZ dengan harga Rp200 per saham. Oleh karena itu, belanja modal (Capex) adalah Rp200 x 100.000, atau senilai Rp20.000.000.

Selanjutnya asumsikan bahwa nilai setiap saham meningkat menjadi Rp300,- membuat total investasi menjadi senilai Rp30.000.000 (Rp300 x 100.000 = Rp30.000.000).

Jika investor menjual saham tersebut dengan nilai pasar saat ini, maka total nilai atau pendapatan dari hasil penjualan saham adalah Rp30.000.000. kemduian, Capital gain atas investasi ini sama dengan total pendapatan dikurangi modal awal investasi yaitu (Rp30.000.000 – Rp20.000.000 = Rp10.000.000,-) atau 50% dengan perhitungan (Rp10.000.000 / Rp20.000.000,- = 50%)

 

Pendapatan Investasi

Kita lanjutkan ya. Kita ketahui bahwa setiap individu kebanyakan mendapatkan penghasilan bersih melalui pendapatan atas pekerjaan, tetapi berinvestasi di pasar keuangan juga dapat menghasilkan pendapatan tambahan, yang disebut pendapatan investasi.

Beberapa pendapatan investasi disebabkan oleh keuntungan atas modal yang ditanamkan. Namun, pendapatan yang bukan merupakan hasil dari capital gain mengacu pada bunga atau pembagian dividen atas saham.

Tidak seperti capital gain, jumlah pengembalian untuk investasi ini tidak bergantung pada belanja modal awal. Dalam contoh diatas, asumsikan bahwa perusahaan XYZ tadi akan membayar dividen sebesar Rp10 per lembar saham untuk masing-masing saham yang dibeli investor.

Jika dividen dibayarkan sebelum penjualan saham terjadi, maka pendapatan investasi yang dihasilkan adalah Rp10 x 100.000 adalah sebesar Rp1.000.000. dengan demikian pendapatan investasi sebesar 5% (Rp1.000.000 / Rp20.000.000,- = 5%)

Mari kita gunakan contoh berbeda, dalam rekening tabungan senilai Rp5.000.000,- nasabah mendapatkan suku bunga tahunan 6%, maka akan menghasilkan pendapatan investasi sebesar Rp300.000,- (Rp5.000.000 x 0,06 = Rp300.000,-) di tahun pertamanya.

Baca juga  Memahami Teori Asimetris Informasi Serta Hubungannya dengan Pasar Modal

Baca: Apa itu Saham.

 

Pertimbangan Khusus

Salah satu perbedaan utama antara capital gain dan jenis pendapatan investasi lainnya adalah tingkat di mana mereka dikenakan pajak. Tarif pajak bervariasi tergantung pada jenis investasi, jumlah laba yang dihasilkan, dan lamanya waktu investasi.

Capital gain tergolong jangka pendek jika direalisasikan pada aset yang dimiliki kurang dari setahun. Dalam hal ini, capital gain jangka pendek akan dikenakan pajak sebagai penghasilan biasa untuk tahun pajak tersebut. Aset yang dimiliki selama lebih dari setahun, sebelum dijual, akan dianggap sebagai keuntungan modal jangka panjang saat dijual.

Pajak dihitung hanya pada keuntungan modal bersih untuk tahun pajak tersebut. Keuntungan modal bersih ditentukan dengan mengurangi kerugian modal pendapatan yang hilang dari investasi yang dijual kurang dari tempat pembeliannya dari capital gain untuk tahun tersebut. Sebagian besar investor akan membayar tarif pajak PPN atas capital gain sebesar 11%.

Baca: Panduan Membeli Saham Pertama Anda.

 

Kesimpulan

Sekarang kita sudah tiba pada akhir pembahasan, izinkan saya untuk menyimpulkan beberapa hal terkait pembahasan kita:

  • Capital gain yaitu pengembalian (return) yang diperoleh ketika investasi dijual lebih tinggi dari harga belinya atau harga rata-rata perolehan aset investasi.
  • Pendapatan Investasi yaitu keuntungan yang berasal dari pembayaran bunga, dividen, keuntungan modal, dan keuntungan lain yang dihasilkan melalui jalur investasi.
  • Jadi keduanya memiliki perbedaan yang sangat jelas yaitu terdapat pada proses realisasi, jadi sebelum di realisasikan dapat dikatakan sebagai pendapatan investasi, nah ketika sudah direalisasikan (penjualan aset) barulah dikatakan sebagai capital gain.
  • Pajak capital gain memiliki klasifikasi jangka pendek atau jangka panjang tergantung pada apakah periode untuk menahan lebih dari setahun.
Baca juga  Pengenalan Dasar Valuasi Saham pada Perusahaan Terbuka

Nah, demikian pembahasan singkat tentang capital gain dan pendapatan investasi, so harapannya Anda kini bisa membedakan mana yang dikatakan capital gain atau pendapatan investasi.

 

Referensi:

  1. Investopedia
  2. Capital Gain and Losses.
  3. Source lain Google.com
  4. Gambar by Canva.com

Iklan

Melalui buku ini, Anda akan belajar bagaimana Membangun kekayaan Melalui Investasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *