Jelaskan Perbedaan Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Ekonomi!

Jelaskan perbedaan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi yang Anda pahami? Oke, kami akan mencoba menguraikan jawaban berdasarkan pemahaman penulis dan tentu saja berbeda dengan pendapat ahli.

Terdapat perbedaan yang jelas antara pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. Secara konsep, pertumbuhan ekonomi mengacu pada meningkatnya atau naiknya PDB secara keseluruhan. Disisi lain, pembangunan ekonomi merupakan upaya yang dilakukan untuk menuju perbaikan taraf hidup masyarakat.

Untuk membedah kedua perbedaan diatas, kami menawarkan kepada Anda 3 hal paling mendasar. Apa saja ketiga hal tersebut, kita akan mengulik bersama-sama dan mohon koreksi jika kami keliru.

Simak terus.

Perbedaan Secara Konseptual

Berdasarkan lansiran dari lama blog.ruangguru.com, konsep dalam pembangunan ekonomi mengacu pada nilai normatif yang berlaku terhadap individu. Dapat diartikan bahwa pembangunan ekonomi memiliki dampak dalam kehidupan seseorang dan ada hubungannya dengan nilai-nilai dalam diri individu.

Sedangkan konsep pertumbuhan ekonomi memiliki arti yang sempit dibanding pembangunan ekonomi. Dalam konsep pertumbuhan ekonomi, focus utama hanya pada nilai-nilai yang berhubungan dengan keuangan, contohnya tingkat inflasi, saham, dan harga.

Kesejahteraan masyarakat dapat dicapai dengan pembangunan ekonomi. Disisi lain, pertumbuhan ekonomi merupakan kenaikan nilai (value) pasar barang dan jasa yang menyesuaikan dengan tingkat inflasi yang dihasilkan oleh kegiatan ekonomi dari waktu ke waktu.

Secara substansi, perbedaan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi terletak pada PDB (Produk Domestik Bruto).

Artikel lain: Penjelasan Ruang Lingkup Ekonomi Makro secara singkat.

 

Definisi Pembangunan Ekonomi menurut Para Ahli:

Sadono Sukirno (1996)

Pembangunan ekonomi merupakan usaha untuk meningkatkan pedapatan perkapita dengan jalan mengolah kekuatan ekonomi potensial menjadi ekonomi riil dengan cara penggunaan teknologi, penanaman modal, penambahan pengetahuan dan peningkatan keterampilan, penambahan kemampuan berorganisasi dan manajemen.

Baca juga  Manajemen Produksi Adalah: Definisi, Fungsi, Ruang Lingkup dan Aspek

Irawan (2002: 5)

Economic development merupakan serangkaian usaha yang dilaksanakan guna menaikan taraf hidup sebuah negara yang diukur melalui tinggi rendahnya pendapatan riil perkapitanya.

Adam Smith

Economic development merupakan suatu proses perpaduan antara pertumbuhan penduduk (pendapatan perkapita) dengan kemajuan teknologi.

Wikipedia

Pembangunan ekonomi merupakan sebuah proses yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan total serta perkapita lewat perhitungan pertambahan penduduk sebuah negara dengan diikuti adanya perubahan fundamental kepada struktur ekonomi negara dan juga pemerataan pendapatan masyarakatnya.

Schumpeter (Suryana, 2000:5)

Economic development merupakan perubahan atau pergeseran dalam lapangan industri serta perdagangan yang berhubungan dengan pendapatan perkapita. Serta pendapatan nasional di mana proses tersebut berlangsung secara spontan dan tidak terputus-putus.

Definisi Pertumbuhan Ekonomi menurut para Ahli:

Sadono Sukirno

Menurut pendapat Sadono Sukirno, Pertumbuhan ekonomi adalah proses kenaikan output perkapita secara terus menerus dalam jangka panjang. Salah satu indikator keberhasilan pembangunan itu adalah pertumbuhan ekonomi.

Joseph A Schumpeter

Menurut Joseph A Schumpeter dalam bukunya yang berjudul The Theory of Economic Development, Schumpeter menyimpulkan bahwa proses pertumbuhan ekonokmi pada dasarnya adalah proses inovasi yang dilakukan oleh para innovator dan wirausahawan.

Robert Solow.

Menurut pendapat Robert Solow, pertumbuhan ekonomi adalah rangkaian kegiatan yang bersumber pada empat faktor utama, yakni manusia, akumulasi modal, teknologi modern dan hasil (output).

Teori Neokeynes

Menurut teori Neokeynes, terdapat 2 tokoh utama yaitu: Roy F. Harrod dan Evsey D Domar. Kedua ahli ini berpendapat pertumbuhan ekonomi adalah tentang adanya pengaruh investasi terhadap permintaan agregat dan pertumbuhan kapasitas produksi.

Teori neokeynes berpandangan bahwa penanaman modal adalah komponen yang sangat utama dalam proses penentuan suksesnya pertumbuhan ekonomi.

Teori W. W. Rostow

Pemikiran Rostow, dituangkan dalam buku berjudul The Stages of Economic, A Non Comunist Manifesto. Rostow menggunakan pendekatan sejarah untuk menjabarkan proses perkembangan ekonomi yang terjadi dalam suatu masyarakat.

Menurut pendapat Rostow, dalam suatu masyarakat, proses pertumbuhan ekonomi tersebut berlangsung melalui 5 tahapan, meliputi:

  1. Masyarakat tradisional (traditional society)
  2. Tahap prasyarat tinggal landas (praconditions for thae off)
  3. Tahap tinggal landas (the take off)
  4. Tahap menuju kedewasaan (maturity)
  5. Tahap konsumsi tinggi (high mass consumption)

Teori Karl Bucher

Karl Bucher memiliki pendapat berbeda mengenai tahapan perkembangan ekonomi yang berlangsung dalam suatu masyarakat. 4 Tahapan pertumbuhan ekonomi menurut Karl Bucher meliputi:

Baca juga  Pengertian Ekonomi Makro Menurut Para Ahli [Penjelasan Singkat]
  1. Produksi untuk kebutuhan sendiri (rumah tangga tertutup)
  2. Perekonomian sebagai bentuk perluasan pertukaran produk di pasar (rumah tangga kota)
  3. Perekonomian nasional dengan peran perdagangan yang semakin penting (rumah tangga negara)
  4. Kegiatan perdagangan yang telah meluas melintasi batas negara (rumah tangga dunia)

Artikel terkait: Apa itu kebijakan fiskal dan Jelaskan Tujuan serta Fungsinya.

Prof. Meier

Pertumbuhan ekonomi meruapkan suatu proses peningkatan pendapatan riil perkapita dalam kurun waktu yang panjang.

 

Perbedaan dari Segi Indikator

Terdapat 4 indikator utama untuk membedakan kedua hal ini diantaranya: Peningkatan PDB, Jumlah Penduduk dan PDB, Kemajuan Iptek dan PDB, Kesejahteraan masyarakat dan PDB.

Untuk membahas keempat indokator ini, berikut penjelasan yang bisa kami sampaikan:

1.Peningkatan Produk Domestik Bruto (PDB)

Pembangunan ekonomi hanya berfokus pada peningkatan PDB. Sedangkan dalam pertumbuhan ekonomi yang tidak menekankan pada PDB.

2.Jumlah Penduduk dan PDB

Pembangunan ekonomi erat hubungannya dengan inflasi, karenanya dalam pembangunan ekonomi selalu memperhatikan persentase kenaikan PDB dengan kenaikan jumlah penduduk. Pertumbuhan ekonomi merupakan kebalikannya, dalam pertumbuhan ekonomi tidak memerhatikan persentase tersebut.

3.Kemajuan IPTEK dengan PDB

Pembangunan moda transportasi baru yaitu LRT (Light Rail Transit) dan MRT (Mass Rapid Transit) yang dibangun di Jabodebek (Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi) merupakan pembangunan ekonomi.

Alasannya sederhana, pembangunan ekonomi selalu mengacu pada perubahan dan kemajuan IPTEK, sedangkan pertumbuhan ekonomi tidak memperhatikan kemajuan IPTEK.

4.Kesejahteraan Masyarakat dengan PDB

Pembangunan ekonomi selalu memerhatikan apakah PDB yang naik juga diikuti dengan meningkatnya kesejahtaraan rakyat. Sedangkan dalam pertumbuhan ekonomi tidak menitikberatkan pada hubungan PDB dengan kesejahteraan rakyat.

Contoh sederhana adalah harga tiket LRT dan MRT yang termasuk dalam pertumbuhan ekonomi. Untuk menentukan harga barang dan jasa, tentunya harus diperhitungkan juga inflasi yang terjadi agar unit produksi tidak mengalami kerugian.

Kesimpulan

Perbedaan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi mengacu pada 3 hal yaitu konsep (luas dan sempit), definisi umum serta pendapat ahli dan perbedaan dari segi indikator.

Lebih lanjut tentang perbedaan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi akan kami jabarkan dalam tabel berikut, simak terus:

Baca juga  Penjelasan Singkat Ruang Lingkup Ekonomi Makro
No Pertumbuhan Ekonomi Pembangunan Ekonomi
1 Proses naiknya produk per kapita dalam jangka panjang. Proses perubahan yang terus menerus untuk menuju perbaikan, meliputi usaha meningkatkan produk perkapita.
2 Tidak memperhatikan pertambahan penduduk. Memperhatikan pertambahan penduduk.
3 Tidak memperhatikan pemerataan pendapatan. Memperhatikan pemerataan pendapatan termasuk pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya.
4 Belum tentu dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat. Meningkatkan taraf hidup masyarakat.
5 Pertumbuhan ekonomi belum tentu disertai dengan pembangunan ekonomi. Pembangunan ekonomi selalu dibarengi dengan pertumbuhan ekonomi.
6 Setiap input dapat menghasilkan output yang lebih banyak. Setiap input tentu menghasilkan output yang banyak. Disamping itu menghasilkan perubahan-perubahan kelembagaan dan pengetahuan teknik.
7 Pertumbuhan ekonomi (economic growth) adalah perkembangan kegiatan dalam perekonomian yang menyebabkan barang dan jasa yang diproduksi dalam masyarakat bertambah dan kemakmuran masyarakat meningkat dalam jangka panjang. Pembangunan ekonomi (economic of development) adalah usaha-usaha untuk meningkatkan taraf hidup suatu bangsa yang sering kali diukur dengan tinggi rendahnya pendapatan riil per kapita.
8 Pertumbuhan ekonomi adalah proses kenaikan output per kapita dalam jangka panjang. Tekanannya pada tiga aspek yakni: proses, output per kapita, dan jangka panjang. Pembangunan ekonomi adalah suatu proses peralihan (transisi) dari tingkat ekonomi tertentu yang bercorak sederhana menuju ke tingkat ekonomi yang lebih maju.
9 Pertumbuhan ekonomi adalah suatu proses bukan suatu gambaran ekonomi pada suatu saat. Pembangunan merupakan suatu proses multidimensional yang mencakup berbagai perubahan mendasar atas struktur sosial, sikap-sikap masyarakat, dan institusi-institusi nasional, disamping tetap mengejar akselerasi pertumbuhan ekonomi. Todaro (2000)
10 Pertumbuhan ekonomi berkaitan dengan kenaikan output per kapita, oleh sebab itu ada dua sisi yang harus diperhatikan yakni; sisi output total (GNP) dan sisi jumlah penduduk. Setiap pembangunan ekonomi diharapkan dapat merangsang pertumbuhan ekonomi yang digambarkan dengan peningkatan pendapatan nasional atau pendapatan per kapita masyarakat.
11 Pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu indikator keberhasilan pembangunan. Dengan adanya pembangunan ekonomi akan terjadi pertumbuhan ekonomi yaitu proses peningkatan produksi barang dan jasa dalam kegiatan ekonomi masyarakat.
12 Pertumbuhan ekonomi (economic growth) adalah perkembangan kegiatan dalam perekonomian yang menyebabkan barang dan jasa yang diproduksi dalam masyarakat bertambah dan kemakmuran masyarakat meningkat dalam jangka panjang. Pembangunan ekonomi (economic of development) adalah usaha-usaha untuk meningkatkan taraf hidup suatu bangsa yang sering kali diukur dengan tinggi rendahnya pendapatan riil per kapita.

 

Demikian pembahasan singkat ini, mudah-mudahan bisa dipahami dengan baik, jika ada yang ingin di diskusikan, sampaikan pada kolom komentar, oke. Terima kasih.

Tinggalkan Jejak