Pengertian Pembangunan Ekonomi, Tujuan, Elemen dan Faktor yang Mempengaruhi

pengertian pembangunan ekonomi

Apa itu pembangunan ekonomi? Pengertian pembangunan ekonomi didefinisikan sebagai proses berkelanjutan yang memiliki tujuan untuk meningkatkan Produk Domestik Bruto (PDB) suatu negara dan pendapatan per kapita penduduk suatu negara dalam jangka panjang yang berdampak pada berbagai aspek baik ekonomi, sosial, maupun Iptek. [sumber]

Pembangunan ekonomi termasuk dalam pembahasan pokok ekonomi makro, dan dalam perkuliahan ada 1 mata kuliah yang dipelajari selama 1 semester.

Beberapa indikator keberhasilan dalam pembangunan ekonomi diantaranya pengangguran menurun, kesenjangan sosial dan kemiskinan terkendali, PDB meningkat dan tumbuhnya pendapatan perkapita penduduk.

Namun ada hal yang lebih penting dari peningkatan PDB atau pendapatan perkapita yaitu aktivitas atau kegiatan ekonomi berjalan stabil sehingga iklim investasi ikut tumbuh.

Apa hubungan pembangunan ekonomi dengan city branding atau regional branding? Bagi pengembang ekonomi, jawabannya mungkin tampak cukup jelas. Namun karena place branding adalah tugas yang melibatkan para profesional dari berbagai disiplin ilmu, berikut pengantar singkat konsep tersebut bagi mereka yang belum terbiasa dengan prinsip-prinsip pembangunan ekonomi.

 

Pengertian Pembangunan Ekonomi Manurut Para Ahli

Menurut pendapat Adam Smith, pengertian Pembangunan ekonomi adalah proses perpaduan antara tumbuhnya penduduk dan kemajuan teknologinya.

Sedangkan menurut Prof. Meier, pengertian pembangunan ekonomi merupakan sebagai proses naiknya pendapatan rill perkapita dalam jangka waktu yang panjang.

Dikutip dari laman Encyclopaedia Britannica (2015), pembangunan ekonomi merupakan ekonomi nasional berpenghasilan rendah diubah menjadi ekonomi industri modern. [sumber]

Baca juga: Pengertian Pertumbuhan Ekonomi.

 

Tujuan Pembangunan Ekonomi

Pembangunan ekonomi didefinisikan oleh Wikipedia sebagai “proses di mana suatu negara meningkatkan kesejahteraan ekonomi, politik, dan sosial rakyatnya.” Seperti yang kami katakan, ini cakupan yang luas.

Namun definisi ini tidak memberi tahu kita banyak tentang seluk beluk pembangunan ekonomi dan bagaimana hal itu dapat memengaruhi perubahan secara positif dalam skala besar.

Karena cakupannya yang begitu luas, mungkin sulit untuk membedakan apa tujuan nyata dari pembangunan ekonomi itu. Amy Liu, menulis untuk Brookings Institute, berpendapat bahwa tujuan pembangunan ekonomi harus “menempatkan suatu wilayah pada jalur pertumbuhan yang lebih tinggi dengan meningkatkan produktivitas perusahaan dan orang-orang dengan cara yang mengarah pada pendapatan dan standar hidup yang lebih baik untuk semua. ”

Baca juga  Pengertian Perdagangan Internasional, Sejarah, Teori, Manfaat dan Tujuan

Permainan akhir pembangunan ekonomi tidak hanya menumbuhkan ekonomi, tetapi menumbuhkannya dengan cara yang meningkatkan kualitas hidup setiap orang di wilayah tersebut.

Daripada proyek yang menguntungkan sedikit investor, proyek pembangunan ekonomi yang berhasil akan menguntungkan investor, perusahaan dan orang yang membutuhkan bantuan ekonomi. Dengan begitu, berdampak positif juga bagi kawasan dan secara tidak langsung bisnis dan warga yang tinggal di sana.

Ini berarti fokus pada inovasi, keterampilan dan infrastruktur, serta pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan. [sumber]

Ed Burghard melihat tujuan utama pembangunan ekonomi untuk membantu penduduk mencapai impian mereka:

Di AS, saya berbicara tentang tujuan untuk memungkinkan penduduk yang lebih baik mencapai Impian Amerika mereka. Namun, setiap negara memiliki etos nasional dan dimensi etos tersebut dapat diukur.

Di mata Jeff Finkle, yang telah menjadi Presiden dan CEO Dewan Pengembangan Ekonomi Internasional selama bertahun-tahun, “pembangunan ekonomi adalah tentang menciptakan tempat di mana orang ingin berinvestasi, bekerja, dan tinggal. Ini tentang membuat hubungan antara orang, perusahaan, institusi, dan komunitas. ” [sumber]

 

Faktor yang mempengaruhi Pembangunan Ekonomi

Pembangunan ekonomi dalam suatu negara dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya:

  1. Kekayaan alam
  2. Jumlah dan kualitas penduduk
  3. Sumber daya modal yang dimiliki
  4. Penguasaan teknologi
  5. Kondisi sosial budaya masyarakat
  6. Kondisi Politik

Masalah dalam Pembangunan Ekonomi

Berbagai bentuk permasalahan pembangunan ekonomi di Indonesia terus dihadapi pemerintah, antara lain pengangguran yang tinggi, kemiskinan yang merajalela, jumlah penduduk yang tinggi, inflasi yang menyebabkan daya beli rendah, produktivitas rendah dengan pendapatan per kapita rendah, dan barang ekspor yang didominasi oleh sektor primer.

 

Elemen Penting dalam Pembangunan Ekonomi

Pembangunan ekonomi diartikan sebagai proses yang menyebabkan pendapatan per kapita penduduk meningkat dalam jangka panjang. Ada empat elemen penting yang terkait dengan pembangunan ekonomi.

  • Pengembangan sebagai proses. Artinya pembangunan merupakan tahapan yang harus dilakukan oleh setiap masyarakat atau bangsa.
  • Pembangunan sebagai perubahan sosial. Masyarakat sebagai aktor dalam perubahan sosial dimana secara langsung maupun tidak langsung perubahan sosial akan berdampak pada kelancaran pembangunan atau bahkan menghambat pembangunan.
  • Pembangunan sebagai upaya meningkatkan pendapatan per kapita. Sebagai sebuah bisnis, pembangunan merupakan tindakan aktif yang harus dilakukan oleh suatu negara guna meningkatkan pendapatan perkapita.
  • Peningkatan pendapatan per kapita harus terjadi dalam jangka panjang. Suatu perekonomian dapat dikatakan dalam keadaan berkembang jika pendapatan perkapita dalam jangka panjang cenderung meningkat. Ini tidak berarti pendapatan per kapita harus terus meningkat.

Baca juga: Perbedaan Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Ekonomi.

 

Baca juga  80+ Daftar Masalah Pokok Ekonomi Klasik yang Setidaknya Pernah Terjadi pada Perekonomian Dunia

Bagaimana pembangunan ekonomi bekerja

Ed Burghard: Secara praktis, cara untuk mencapai tujuan pembangunan ekonomi adalah melalui advokasi / mempengaruhi pilihan-pilihan strategis baik dalam infrastruktur dan investasi penciptaan aset serta kebijakan publik. Pikirkan pilihan ini sebagai pengembangan merek, dan mereka diartikulasikan dalam rencana strategis lokasi.

Mengikuti argumentasi Ed, pengembang ekonomi adalah fasilitator pertama dan utama. Mereka “memainkan peran kunci dalam memfasilitasi desain rencana strategis lokasi dan proses penerapan untuk memastikan hasilnya mendukung janji merek lokasi.”

Sementara pemimpin sektor publik dan swasta suatu tempat bertanggung jawab untuk mengembangkan rencana strategis, itu ada di tangan profesional pembangunan ekonomi “untuk memastikan prosesnya kuat dan rencana aksi yang dihasilkan didanai dan dijalankan”, seperti yang dikatakan Ed Burghard. Selain fasilitator, pengembang ekonomi juga menjadi pengendali.

Mengapa kita membutuhkan organisasi pengembangan ekonomi?

Salah satu karakteristik zaman kita adalah bahwa organisasi profesional menemukan diri mereka dipaksa untuk memikirkan kembali apa yang mereka lakukan dan mengapa. Ini memengaruhi tidak hanya organisasi pengembangan ekonomi (EDO), tetapi juga organisasi pemasaran destinasi (DMO), misalnya.

Dengan semakin banyaknya bisnis yang bergerak online, (mengapa) perkembangan ekonomi sebagai profesi masih relevan?

Ini adalah masalah nyata, menurut Ed Burghard:

Jika profesi tidak menemukan kembali perannya, saya yakin itu akan segera menjadi tidak relevan. Ini membutuhkan tanggung jawab untuk peran memfasilitasi desain dan penyebaran rencana strategis.

Organisasi Pembangunan Ekonomi (Economic Develompment Organization / EDO) perlu menyediakan komunitas mereka dengan beberapa kemampuan penting. Ini belum tentu merupakan kemampuan baru, tetapi tingkat penguasaan yang dibutuhkan untuk sukses mungkin lebih tinggi daripada di masa lalu.

Jadi, bagaimana pengembang ekonomi dapat memastikan bahwa tidak ada keraguan tentang seberapa berguna pekerjaan mereka untuk membangun dan memelihara kota dan wilayah yang kompetitif?

Saran Ed: Misalnya, EDO perlu membantu para pemimpin lokal lebih memahami peluang yang dihadapi komunitas mereka dan menetapkan arah yang jelas. EDO harus bertanggung jawab untuk:

  • mendaftarkan pemimpin komunitas yang tepat dan memastikan proses yang kuat diikuti untuk merancang rencana strategis yang kompetitif;
  • untuk memastikan semua organisasi pendukung memahami rencana strategis dan memiliki rencana aksi dengan hasil yang jelas, dan;
  • untuk memantau kemajuan dalam mencapai hasil rencana strategis.

Terakhir, “EDO juga harus dapat memfasilitasi negosiasi kesepakatan win-win yang memastikan pilihan yang dibuat dalam rencana strategis dapat berhasil dijalankan”, Ed Burghard memperingatkan. Untuk berhasil dalam lingkungan profesional yang jauh lebih tidak pasti, dia menambahkan:

Profesional Pengembangan Ekonomi harus memanfaatkan keterampilan komunikasi yang dipelajari dengan bernegosiasi dengan perusahaan dalam proses pemilihan lokasi untuk membuat organisasi lokal tertentu setuju dan tahu bagaimana mendukung arahan strategis yang dibuat.

Baca juga  Manajemen Produksi Adalah: Definisi, Fungsi, Ruang Lingkup dan Aspek

Kaitan antara pembangunan ekonomi dan place branding

Kini setelah tujuan dan prioritas pembangunan ekonomi lebih jelas, mari kita tutup dengan berbagi beberapa pandangan ahli tentang kaitan antara pembangunan ekonomi dan place branding. Sekali lagi, beberapa di antaranya cukup jelas, tetapi yang lainnya tidak. Perbedaan pendapat terjadi jika pemahaman seseorang tentang ‘branding tempat’ berbeda. Faktanya, setiap disiplin profesional memahaminya secara berbeda.

Jeff Finkle:

Manajemen tempat dan branding tempat adalah bagian penting dalam menciptakan tempat di mana orang ingin berinvestasi, bekerja, dan tinggal, tetapi Anda harus memastikan produk yang berkualitas sejak awal. Tempat sangat penting, begitu pula kapasitas, dalam hal bakat, infrastruktur, kapasitas wirausaha, dan banyak aspek lainnya. Pengembang ekonomi memainkan peran kunci dalam mengidentifikasi dan mengisi kesenjangan tersebut.

Patut diperhatikan juga poin yang dibuat oleh spesialis merek yang berbasis di London, Jeremy Hildreth, yang menganggap “pembangunan ekonomi dan kesejahteraan warga negara adalah pembenaran utama bagi pemerintah daerah untuk memperhatikan citra tempat mereka sama sekali.”

Ron Kitchens menjelaskan hubungan antara perkembangan ekonomi dan place branding sebagai berikut:

Saat orang-orang melihat sebagian besar tempat di Amerika Serikat, kami selalu mengingatnya karena mereka memiliki landmark atau vitalitas ekonomi yang luar biasa. Saat saya mengatakan Yosemite, Grand Canyon, The Redwoods Anda mengenal mereka dari aspek lingkungannya. Jika saya mengatakan Kota New York, Dallas, Las Vegas, Anda mengenal mereka karena kekuatan ekonomi mereka. Kota-kota itu dikenal karena pekerjaan dan kekayaan yang diciptakan di sana.

Vitalitas ekonomi sebuah kota kemudian menciptakan kapasitas dalam sistem untuk program-program sipil yang hebat untuk masuk, untuk membawa orang-orang yang luar biasa, untuk gereja-gereja dan organisasi-organisasi besar untuk berkembang; tetapi sebelum semua itu terjadi, Anda harus mulai dengan pekerjaan yang baik.

Tanpa pekerjaan yang bagus dan ekonomi yang kuat, kita tidak dapat menciptakan place branding, kita tidak memiliki kapasitas atau sumber daya. Pembangunan ekonomi adalah elemen dasar dari place branding.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang pengertian pembangunan ekonomi, mudah-mudahan apa yang kami sampaikan bermanfaat dalam menambah wawasan Anda. Jika kita rekap, maka pembahasan kita kali ini mencakup:

  1. Pengertian pembangunan ekonomi adalah proses perpaduan antara tumbuhnya penduduk dan kemajuan teknologinya (Adam Smith).
  2. Tujuan pembangunan ekonomi berfokus pada inovasi, keterampilan dan infrastruktur, serta pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.
  3. Faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi terdiri dari Kekayaan alam, Jumlah dan kualitas penduduk, Sumber daya modal yang dimiliki, Penguasaan teknologi, Kondisi sosial budaya masyarakat, Kondisi Politik.
  4. Elemen penting pembangunan ekonomi menitikberatkan pada pembangunan sebagai sebuah proses, pembangunan sebagai perubahan sosial, dan upaya dalam meningkatkan pendapatan perkapita.

Tinggalkan Jejak