Tujuan & Konsep Dalam Manajemen Keuangan Internasional di Jurusan Manajemen Keuangan

Secara sederhana, Manajemen keuangan internasional (keuangan internasional) didefinisikan sebagai suatu cabang ekonomi keuangan yang berhubungan dengan moneter atau hubungan makroekonomi antara dua atau lebih negara. Umumnya topik ini akan membahas lebih detail tentang manajemen keuangan dalam lingkungan bisnis internasional.

Dilansir dari wikipedia, Manajemen keuangan internasional adalah manajemen keuangan dalam skala transaksi keuangan internasional. Prinsip manajemen keuangan internasional sama dengan manajemen keuangan domestik.

Ruang lingkup utama dari pengambilan keputusan manajemen keuangan internasional meliputi keputusan investasi, keputusan pendanaan dan kebijakan dividen. Jenis transaksi yang ditangani dalam manajemen keuangan internasional antara lain ekspor, impor dan pasar valuta asing.

Sementara itu, ruang lingkup operasi manajemen keuangan internasional antara lain yaitu pasar valuta asing, mata uang asing, analisis investasi langsung, manajemen perusahaan multinasional dan perbankan internasional.

Berbeda dari manajemen keuangan pada umumnya, karena berbagai faktor yang terlibat diantaranya mata uang asing (currency), situasi politik, pasar yang tidak sempurna, dan serangkaian peluang yang beragam.

Baca: Manajemen Keuangan.

 

Daftar isi

Aspek Manajemen Keuangan Internasional

Risiko Nilai Tukar Mata Uang Asing

Valuta asing adalah risiko tambahan yang harus dipenuhi oleh manajer keuangan dalam pengaturan internasional. Risiko nilai tukar mata uang asing mengacu pada risiko yang terkait dengan fluktuasi harga mata uang yang berpotensi mengubah kesepakatan yang menguntungkan menjadi kesepakatan yang merugi.

Biasanya, disini juga terjadi apresiasi atau devaluasi mata uang dapat berdampak buruk pada harga produk , biaya input, dan keadaan keuangan perusahaan.

Risiko Politik

Risiko politik dapat mencakup setiap perubahan dalam lingkungan ekonomi bisnis negara tersebut. Perubahan ini dapat mencakup Peraturan Perpajakan, Undang-Undang Kontrak, atau tindakan pemerintah yang tidak terduga. Ini berkaitan dengan pemerintah suatu negara yang dapat mengubah aturan main kapan saja, dengan cara yang tidak terduga.

Selain itu, jika terjadi penggulingan tidak terduga dari pemerintah dapat membahayakan kontrak negosiasi yang ada. Di sisi lain pengambilalihan aset oleh pemerintah tuan rumah dapat merusak investasi perusahaan.

Ketidaksempurnaan Pasar

Karena integrasi pasar dan produk , ekonomi dunia menghadapi banyak perbedaan antar negara dalam hal biaya transportasi, sistem perpajakan yang berbeda, dll. Pasar yang tidak sempurna memaksa manajer keuangan untuk mengupayakan peluang terbaik melintasi batas internasional.

Selain itu, Hambatan perdagangan dan insentif pajak juga dapat mempengaruhi  lokasi produksi.

Kumpulan Peluang yang Ditingkatkan atau diperluas

Dengan membawa bisnis melintasi batas negara, sebuah bisnis memperluas peluangnya untuk menuai buah dengan rasa yang berbeda. Tidak hanya meningkatkan peluang untuk lebih banyak bisnis tetapi juga mendiversifikasi risiko bisnis secara keseluruhan ke berbagai negara.

Selain itu, aktivitas menggalang dana di pasar global dan dapat memperoleh dari skala ekonomi semakin memperbesar peluang.

 

Apa Saja Keputusan Manajemen Keuangan Internasional?

Penganggaran atau Perolehan Dana

Pertanyaan utama dalam hal ini: Apa investasi internasional jangka panjang atau proyek yang harus diambil oleh bisnis?

Baca juga  Manajemen Keuangan Perusahaan Mencakup Apa Aja sih?

Tujuan ini melibatkan pengumpulan dana dari sumber internal maupun eksternal. Tujuan dari manajemen keuangan internasional adalah untuk memperoleh dana dengan biaya serendah mungkin.

Keputusan Investasi

Manajemen keuangan internasional berkaitan dengan investasi dana yang diperoleh secara optimal untuk memaksimalkan kekayaan pemegang saham serta pemangku kepentingan.

Dibandingkan dengan pasar keuangan nasional, pasar internasional memiliki analisis dan dinamika yang berbeda. Manajemen keuangan internasional yang tepat dapat membantu organisasi mencapai tingkat efisiensi dan efektivitas yang sama di semua pasar. Oleh karena itu, tanpa manajemen keuangan internasional, mempertahankan pasar bisa sangat berat.

Organisasi termotivasi untuk menginvestasikan modal di pasar internasional karena alasan berikut:

  • Secara efisien menghasilkan produk di pasar internasional
  • Dapatkan bahan baku penting yang dibutuhkan untuk produksi
  • Memperluas dan mendiversifikasi pasar
  • Hasil akan tinggi

Struktur Modal

Dalam hal ini organisasi biasanya mencari jawaban atas pertanyaan; Bagaimana seharusnya kita membayar aset kita? Haruskah kita menggunakan utang yang bersumber dari dalam atau luar negeri atau ekuitas ?

Manajemen Modal Kerja

Dalam hal modal kerja, perusahaan dituntut untuk lebih mampu mengelola keuangan perusahaan sehari-hari. Kemudian perusahaan juga harus menemukan jawaban atas pernyaan bagaimana perusahaan bisa mengelola risiko nilai tukar mata uang asing?

Baca: Kajian Pustaka Manajemen Keuangan.

 

Apa Pentingnya Manajemen Keuangan Internasional?

Adanya Ketergantungan Ekonomi

Saling ketergantungan ekonomi Ini berarti bahwa di dunia sekarang ini, tidak ada bangsa yang secara ekonomi.

Semua aspek ekonomi suatu negara industri, sektor jasa, tingkat pendapatan dan pekerjaan, standar hidup terkait dengan ekonomi mitra dagangannya.

Keterkaitan ini berupa pergerakan barang dan jasa internasional , tenaga kerja , perusahaan bisnis, dana investasi dan teknologi.

Adanya Kompetisi Internasional

Untuk menghadapi persaingan ketat, sebuah perusahaan harus menurunkan biaya produk melalui pengurangan biaya modal dan pengadaan input yang lebih murah. Konsekuensi dari Peningkatan Keterbukaan.

bahkan perusahaan yang tidak bersifat internasional harus bersaing dengan perusahaan yang dapat mengatur modal dengan biaya lebih murah dan menghasilkan barang yang biaya produksinya lebih rendah.

Adanya Globalisasi Kegiatan Ekonomi

Ini berarti bahwa ekonomi nasional pada perdagangan internasional dalam kegiatan ekonomi secara keseluruhan.

Perdagangan dunia berkembang lebih cepat dari output dunia dalam 50 tahun terakhir dengan margin yang signifikan karena perubahan teknologi yang cepat dan liberalisasi perdagangan dan investasi yang berkelanjutan.

Inovasi teknologi menyebabkan peningkatan produktivitas , dan kemajuan teknologi transportasi membawa orang dan perusahaan lebih dekat jadi batas barang dan jasa yang dapat dan telah sangat diperluas.

Kegiatan ini telah menyebabkan semakin banyak perusahaan untuk mengglobalkan struktur produksi melalui investasi di luar negeri.

Perdagangan dunia berkembang lebih cepat dari output dunia dalam 50 tahun terakhir dengan margin yang signifikan karena perubahan teknologi yang cepat dan liberalisasi perdagangan dan investasi yang berkelanjutan.

Inovasi teknologi menyebabkan peningkatan produktivitas , dan kemajuan teknologi transportasi membawa orang dan perusahaan lebih dekat jadi batas barang dan jasa yang dapat dan telah sangat diperluas.

Baca juga  Time Value Of Money: Definisi, Konsep Dasar, Contoh dan Cara Mengitungnya

Kegiatan ini telah menyebabkan semakin banyak perusahaan untuk mengglobalkan struktur produksi melalui investasi di luar negeri.

Baca: Kumpulan Definisi Manajemen Keuangan.

 

Tren Terbaru dalam Manajemen Keuangan Internasional

Menyeimbangkan Kembali Perdagangan Ekspor Impornya

Tren ini terlihat dari cara negara-negara seperti China berusaha menyeimbangkan perdagangan impor dan ekspor mereka.

Pertumbuhan cepat negara itu dalam dekade terakhir didorong oleh ketergantungan utamanya pada perdagangan impor dan ekspor. Negara ini dikenal dengan ekspor barang-barang murah dalam jumlah besar ke seluruh dunia.

Ini terjadi dalam skala besar yang tidak berkelanjutan. Sekarang Cina mengimpor barang dengan imbalan investasi.

Sekarang berfokus pada memproduksi semua yang mereka butuhkan untuk keperluan rumah tangga.

Hal ini kemudian menempatkan negara-negara yang bergantung pada investasi China di tempat ketika mereka berjuang untuk menemukan pasar yang sebanding untuk produk mereka.

Selain itu, tarif yang dikenakan pada China oleh AS dan UE telah memperlambat perdagangannya dan telah memberikan manfaat bagi produsen dalam negeri.

Ada Kerjasama Baru Ditemukan Antar Negara

Ada kebutuhan yang berkembang untuk kerjasama dalam perdagangan di antara banyak negara. Negara-negara terlibat dalam perjanjian dan organisasi internasional dengan cara yang saling menguntungkan bagi semua negara anggota.

Misalnya, pertumbuhan ekonomi data yang signifikan telah menyebabkan bisnis menyadari kebutuhan transfer data lintas batas. Oleh karena itu, perusahaan multinasional skala besar telah mengurangi pembatasan terkait transfer data mereka.

Hal ini tentu akan membantu organisasi untuk berbagi sumber daya online untuk perdagangan, ekspor, dan untuk mengumpulkan data yang relevan dari seluruh dunia.

Ada Pertumbuhan Peluang Ekspor di India dan Amerika Selatan

India dan banyak negara di Amerika Selatan seperti Brasil, Chili, El Salvador dan Peru telah memperluas peluang ekonomi mereka. India adalah pasar yang berkembang bagi eksportir AS.

Aktivitas seperti membeli logam mulia dan berlian, mesin, peralatan optik dan produk pertanian dari Amerika Serikat. Brasil mengimpor pesawat, mesin, produk minyak bumi, dan elektronik dari AS.

Negara-negara ini memiliki ekonomi yang kuat dan berkembang serta segmen kelas menengah yang terus berkembang yang ingin membeli barang dagangan premium.

Ada Popularitas Pasar Euro yang Meningkat

Pasar Euro adalah pasar keuangan yang berhubungan dengan mata uang euro. Ini terdiri dari bank di luar negara dari mana mata uang berasal.

Bank Euro adalah pilihan populer bagi banyak perusahaan multinasional untuk rencana keuangan mereka karena mereka bebas dari peraturan apa pun dan mereka memiliki kemampuan untuk memperluas persediaan uang dan kredit di luar kendali otoritas nasional.

Terlihat Munculnya Perusahaan Multinasional dari Emerging Economies

Pada tahun 2006, diamati bahwa dari 100 perusahaan multinasional besar dunia, 22 di antaranya berasal dari negara berkembang. Angka ini terus meningkat dan perusahaan multinasional besar dari ekonomi berkembang atau transisi memainkan peran penting dalam ekonomi dunia.

Baca juga  Pengertian Likuiditas: Definisi, Teori Manajemen Likuiditas, Ukuran Likuiditas, Jenis Rasio Likuiditas dan Contohnya

Ada Peningkatan Aktivitas Berbasis Merger dan Akuisisi Lintas Batas

Karena kenaikan tingkat investasi asing langsung (FDI), telah terjadi lonjakan merger dan akuisisi (M&A) dalam domain keuangan di seluruh dunia. Akuisisi ABN-AMRO oleh konsorsium Royal Bank of Scotland, Fortis dan Santander merupakan salah satu kesepakatan terbesar dalam sejarah industri perbankan.

Ada Deregulasi Pasar Keuangan

Dunia sedang menyaksikan internasionalisasi uang dan pasar modal. Negara-negara seperti Amerika Serikat dan banyak negara Eropa menawarkan pasar keuangan gratis kepada investor. Singapura dan Hongkong juga muncul sebagai pasar keuangan yang kuat. Hal ini telah menyebabkan terciptanya struktur perbankan di seluruh dunia.

Ketika organisasi menjadi global, ada peningkatan minat dalam keuangan internasional bagi investor dan pemilik bisnis global. Dan, mereka dapat memaksimalkan kehadiran mereka di pasar keuangan internasional dengan mengetahui tren terbaru di bidang ini.

Baca: Manajemen Keuangan Publik.

Kesimpulan

Manajemen keuangan internasional tidak berbeda dengan manajemen keuangan pada umumnya, akan tetapi faktanya keputusan keuangan yang dibuat diambil dalam bidang bisnis internasional.

Jelas bahwa kegiatan keuangan internasional membantu organisasi terhubung dengan transaksi asing bersama dengan mitra bisnis internasional termasuk pelanggan, pemasok, pemberi pinjaman, dll.

Aktivitas Perdagangan internasional dan aktivitas keuangan terkait memberikan peluang dan risiko terkait bagi investor, eksportir, dan kapitalis.

Dengan memahami tren yang muncul di bidang ini, mereka dapat belajar bagaimana berinvestasi dengan baik di lingkungan saat ini. Bidang keuangan internasional telah mengalami pertumbuhan yang signifikan selama dekade terakhir.

Manajemen Keuangan Internasional merupakan suatu cabang ekonomi keuangan yang berhubungan dengan moneter atau hubungan makroekonomi antara dua atau lebih negara bangsa.

Bidang ini mempelajari hubungan dan dinamika yang ada dalam sistem keuangan global atau sistem moneter internasional seperti neraca pembayaran, bursa saham, nilai tukar, investasi asing langsung serta perdagangan internasional.

Organisasi atau perusahaan multinasional yang mempekerjakan para ahli dalam manajemen keuangan internasional untuk mempelajari interaksi antara berbagai elemen keuangan internasional dan dengan demikian merumuskan strategi untuk bisnis internasional untuk organisasi mereka.

Terkadang MK Internasional juga disebut sebagai keuangan multinasional, ekonomi moneter internasional atau ekonomi makro internasional.

Oke, demikian ulasan singkat tentang topik manajemen keuangan internasional, lebih dan kurangnya silahkan Anda kasih komentar ya, karena ini hanya ringkasan sifatnya. Next time akan kita bahas topik lain yang berhubungan seperti perusahaan multinasional dan nilai tukar mata uang asing.

 

Referensi:

  1. https://talentedge.com/articles/objective-concepts-international-financial-management-india/
  2. Ringkasan Materi Kuliah Manajemen Keuangan Internasional
  3. https://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_keuangan_internasional

Iklan

Melalui buku ini, Anda akan belajar bagaimana Membangun kekayaan Melalui Investasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *