Kumpulan Definisi atau Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli

Halo sobat pembaca setiap ekonomimanajemen.com, kali ini kita akan berbicara tentang definisi atau pengertian manajemen keuangan menurut para ahli. Hal ini jadi menarik karena banyak sekali para pakar atau ahli dibidang manajemen keuangan yang mengungkapkan teori definisi manajemen keuangan.

Dalam catatan kami kali ini, ada sekitar 16 definisi dari para ahli, dan ini terus berkembang setiap tahunnya. Mengapa ini selalu berkembang, karena pada dasarnya manajemen itu mengikuti perkembangan zaman, namun tidak serta merta membuang definisi terdahulu.

Dapat dikatakan bahwa perkembangan itu sebagai penyempurnaan, sehingga semakin tahun semakin berkembang dan kaya akan makna.

Nah, untuk mempersingkat waktu, mari langsung saja kita menuju TKP untuk mengulik secara singkat. Jangan lupa siapkan kopi atau teh hangat untuk menemani biar kamu makin betah berlama-lama untuk belajar manajemen keuangan.

Definisi Menurut Para Ahli Part #1

Menurut Liefman : Manajemen Keuangan merupakan usaha untuk menyediakan uang dan menggunakan uang untuk mendapat atau memperoleh aktiva.

Menurut Erlina, SE. Manajemen keuangan merupakan manajemen terhadap fungsi-fungsi keuangan. Fungsi-fungsi keuangan tersebut meliputi bagaimana memperoleh dana (raising of fund) dan bagaimana menggunakan dana tersebut (allocation of fund).

Menurut Depdiknas : Manajemen keuangan merupakan tindakan pengurusan/ketatausahaan keuangan yang meliputi pencatatan, perencanaan, pelaksanaan, pertanggungjawaban dan pelaporan.

Menurut Prawironegoro : Aktivitas pemilik dan manajemen perusahaan untuk memperoleh modal yang semurah-murahnya dan menggunakan seefektif, seefisien, dan seproduktif mungkin untuk menghasilkan laba.

Menurut Suad Husnan : Manajemen Keuangan ialah manajemen terhadap fungsi-fungsi keuangan.

Menurut Bambang Riyanto : keseluruhan aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan usaha mendapatkan dana yang diperlukan dengan biaya yang minimal dan syarat-syarat yang paling menguntungkan beserta usaha untuk menggunakan dana tersebut se-efisien mungkin.

Baca juga  Pengertian Manajemen Keuangan Adalah: Pendapat Penulis

Menurut Agus Sartono : Manajemen keuangan dapat diartikan sebagai manajemen dana baik yang berkaitan dengan pengalokasian dana dalam berbagai bentuk investasi secara efektif maupun usaha pengumpulan dana untuk pembiayaan investasi atau pembelanjaan secara efisien. (2001:6)

Menurut JF Bradley : Manajemen keuangan adalah bidang manajemen bisnis yang ditujukan untuk penggunaan model secara bijaksana & seleksi yang seksama dari sumber modal untuk memungkinkan unit pengeluaran untuk bergerak ke arah mencapai tujuannya.

Menurut Brigham dan Houston yang diterjemahkan oleh Dodo, H. Dan Herman, W. yaitu “Manajemen keuangan merupakan bidang yang terluas dari tiga bidang keuangan, dan memiliki kesempatan karir yang sangat luas”

Menurut Grestenberg : how business are organized to acquire funds, how they acquire funds, how the use them and how the prof ts business are distributed.

Menurut Sutrisno : Manajemen Keuangan adalah Sebagai semua aktivitas perusahaan dengan usaha-usaha mendapatkan dana perusahaan dengan biaya yang murah serta usaha untuk menggunakan dan mengalokasikan dana tersebut secara efisien. (2003:3)

Baca: Konsep dasar manajemen keuangan serta penjelasan singkat.

Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli Part #2

Menurut J. L. Massie : Manajemen keuangan adalah kegiatan operasional bisnis yang bertanggung jawab untuk memperoleh dan menggunakan dana yang diperlukan untuk sebuah operasi yang efektif dan efisien.

Menurut Weston dan Copeland yang diterjemahkan oleh Jaka, W. dan Kirbrandoko yaitu sebagai berikut: “Manajemen keuangan dapat dirumuskan oleh fungsi dan tanggung jawab para manajer keuangan. Fungsi pokok manajemen keuangan antara lain menyangkut keputusan tentang penanaman modal, pembiayaan kegiatan usaha dan pembagian deviden pada suatu perusahaan”

Menurut Sonny, S. (2003). Manajemen keuangan adalah aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan bagaimana memperoleh dana, menggunakan dana, dan mengelola asset sesuai dengan tujuan perusahaan secara menyeluruh.

Baca juga  Tips Gampang Mengatur Keungan Rumah Tangga Bagi yang Berpenghasilan Tetap maupun Tidak Tetap

Menurut Howard & Upton : Manajemen keuangan adalah penerapan fungsi perencanaan & pengendalian fungsi keuangan.

Menurut James Van Horne : Manajemen Keuangan adalah segala aktivitas yang berhubungan dengan perolehan, pendanaan dan pengelolaan aktiva dengan tujuan menyeluruh.

Nah sobat yang berbahagia, demikianlah pembahasan singkat kita kali ini tentang pengertian manajemen keuangan menurut para ahli, mudah-mudahan informasi yang Anda cari bisa Anda dapatkan disini, terima kasih atas atensinya.

One Reply to “Kumpulan Definisi atau Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *