Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli

Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia

Halo pembaca yang berbahagia, senang sekali menjumpai Anda disini. Nah, pada kesempatan ini kita akan mengulik informasi seputar tujuan manajemen sumber daya manusia menurut para ahli. Namun sebelum melanjutkan pembahasan, perlu kami sampaikan secara singkat tentang pengertian msdm.

Oke, manajemen sumber daya manusia atau biasa disingkat MSDM, merupakan satu dari sekian banyak fungsi dalam organisasi atau perusahaan yang fokus utama kegiatannya meliputi rekrutmen, pengelolaan (manajemen) serta pengarahan terhadap karyawan atau setiap individu yang bekerja pada perusahaan tersebut.

Artikel terkait: Pengertian Manajemen SDM menurut Para Ahli.

Biasanya, divisi yang mengelola sdm ini disebut Divisi HR. Bidang ini akan menyediakan hal-hal terkait peralatan kerja, pelatihan/training, pelayanan administrasi karyawan, pembinaan, konsultasi hukum, pengawasan serta pencarian bakat atau talenta karyawan guna regenerasi leader.

Nah, dari deinisi ini dapat kita lihat beberapa tujuan dari manajemen sumber daya manusia, berikut adalah beberapa tujuan pengelolaan sumber daya manusia:

  1. Untuk mengembangkan efektivitas kerja sdm dalam sebuah perusahaan.
  2. Meningkatkan dan memperbaiki kualitas tenaga kerja dalam suatu organisasi sehingga bisa memberikan kontribusi lebih kepada perusahaan.
  3. Membuat dan memberikan aturan kerja yang efektif dengan produktivitas tinggi kepada perusahaan.
  4. Untuk menyeimbangkan antara tujuan masing-masing individu dan menyelaraskannya hingga mampu bergerak seirama demi tercapainya tujuan bersama yaitu tujuan organisasi.
  5. Bertujuan untuk membantu para manajer fungsional dan manajer lini untuk mengelola seluruh tenaga kerja atau karyawan selaku sdm dengan cara yang lebih efektif.

Selain tujuan diatas, ada pula pendapat ahli tentang tujuan manajemen sumber daya manusia, berikut ini penjelasan lengkapnya.

Sunarto

Dalam bukunya, Sunarto mengemukakan bahwa terdapat 12 tujuan manajemen sumber daya manusia, diantaranya :

  1. Memperoleh dan mempertahankan tenaga kerja yang terampil, memiliki motivasi tinggi dan dapat dipercaya bagi organisasi.
  2. Meningkatkan dan memperbaiki kualitas tenaga kerja dalam organisasi yang diukur dari kontribusi, kemampuan dan kecakapan dalam melaksanakan operasional pekerjaan.
  3. Mengembangkan sistem kerja yang baik secara prosedur dalam perekrutan dan seleksi calon karyawan. Prosedur perekrutan dan seleksi dilakukan secara teliti dengan sistem kompensasi dan insentif yang tergantung pada kinerja tiap karyawan. Hal tersebut juga ditunjang oleh pengembangan manajemen serta aktivitas pelatihan yang terkait dengan kebutuhan organisasi.
  4. Memiliki komitmen tinggi akan karyawan dan menjadikan karyawan sebagai stakeholder dalam organisasi yang bernilai dan berperan dalam pengembangan iklim kerjasama membentuk kepercayaan bersama.
  5. Menciptakan lingkungan kerjasama tim yang fleksibel dan terus berkembang.
  6. Menyeimbangkan dan menyelaraskan keperluan masing-masing stakeholder.
  7. Menghargai elemen sumber daya manusia berdasarkan prestasi yang telah dicapai
  8. Meningkatkan kesejahteraan para karyawan baik secara fisik maupun mental.
  9. Menciptakan iklim yang harmonis dan produktif yang terbentuk antara manajemen dan karyawan.
  10. Menyediakan kesempatan yang merata bagi seluruh elemen sumber daya manusia.
  11. Melakukan pendekatan yang humanis dalam proses pengelolaan karyawan yang berlandaskan keadilan, perhatian, dan transparansi.
  12. Mengelola tenaga kerja dan mempertimbangkan perbedaan Kebutuhan Manusia (baik primer sekunder tersier) dan keinginan individu dan kelompok yang difasilitasi dalam penyampaian aspirasi.
Baca juga  3 Pendekatan Manajemen Sumber Daya Manusia

Artikel lain: Apa saja tantangan dalam manajemen sumber daya manusia?

 

Sedarmayanti

Menurut Sedarmayanti dalam bukunya dikemukakan bahwa terdapat 4 tujuan manajemen sumber daya manusia, apa saja tujuan tersebut mari kita simak penjelasan selgnkapnya.

4 Tujuan manajemen sumber daya yang akan dikemukakan dapat dijadikan sebagai refrensi yang digunakan secara umum dalam pencarian atau pengelolaan sdm dalam organisasi.

Adapun 4 tujuan tersebut meliputi:

Tujuan Sosial

Tujuan sosial pada tujuan manajemen sumber daya manusia adalah organisasi bertanggung jawab secara sosial terhadap tantangan dan keperluan yang terjadi di masyarakat khususnya di ruang lingkup organisasi dan mengurangi efek yang merugikan.

Tujuan Organisasional

Tujuan organisasional merupakan langkah untuk menunjukkan kebeberadaan dari suatu organisasi sehingga perlu adanya kontribusi akan pendayagunaan sumber daya manusia secara keseluruhan. Tujuan organisasional dalam tujuan sumber daya manusia itu sendiri merupakan target formal yang ditentukan untuk mencapai tujuan organisasi.

Tujuan Fungsional

Tujuan fungsional pada proses manajemen sumber daya manusia adalah mempertahankan kontribusi dari sumber daya manusia tiap departemen yang disesuaikan dengan kebutuhan organisasi. Sumber daya manusia pada tiap departemen dipelihara sedemikian rupa sehingga memberikan kontribusinya secara optimal.

Tujuan Individu

Tujuan individu dalam suatu organisasi harus terpenuhi dan diselaraskan dengan tujuan organisasi. Tujuan individu digunakan sebagai motivasi para karyawan untuk lebih berkontribusi dalam melaksanakan tugasnya di dalam organisasi.

 

Barry Cushway

Sedangkan Menurut Cushway, terdapat lima tujuan manajemen SDM, yaitu:

Membuat Kebijakan dan Pertimbangan

MSDM mempunyai tugas sebagai motivator bagi karyawan. Dengan begitu, divisi yang mengurus masalah tersebut harus ikut membantu membuat kebijakan untuk SDM.

Membantu Perusahaan Mencapai Tujuan

Divisi manajemen sumber daya manusia juga bertanggungjawab dalam hal penerapan kebijakan yang dibuat serta memperhatikan dampak kebijakan dan prosedur terhadap para pekerja.

Baca juga  Perencanaan Manajemen Sumber Daya Manusia: Definisi, Manfaat, dan Tahapan

Memberi Dukungan

Salah satu tujuan MSDM yang paling penting adalah memberikan dukungan terhadap perusahaan. Dengan begitu, bentuk nyata dari dukungan tersebut adalah berupa perekrutan SDM berkualitas dan menciptakan kondisi yang kondusif di perusahaan.

Menyelesaikan Masalah

Setiap organisasi atau perusahaan pasti akan menghadapi masalah. Seringkali masalah tersebut membawa perusahaan pada situasi krisis dan resiko negatif bagi banyak pihak.

Peran MSDM amat vital dalam menyelesaikan masalah yang ada di perusahaan.

Media Komunikasi Terbaik

MSDM juga memiliki peran lain yaitu sebagai media komunikasi yang menjembatani hubungan antara pekerja, manajer, dan perusahaan. Seringkali karyawan menghindari untuk berkomunikasi langsung dengan manajer atau staff lain. Di sinilah peran divisi MSDM sangat diperlukan untuk membantu komunikasi tersebut.

Nah, apapun yang telah Anda baca diatas tentu tidak serta merta bisa Anda terapkan di oraganisasi Anda. Tentu hal ini perlu direncanakan dengan baik dan matang dengan mempertimbangkan core value dari perusahaan atau organisasi Anda. Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *