Apa Saja Tantangan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)?

Pada pembahasan sebelumnya kita sudah mengulik soal pengertian msdm menurut para ahli dan konsep dasar msdm. So pada kesempatan kali ini, kita akan membahas apa saja tantangan manajemen sumber daya manusia di era digital atau kemajuan teknologi seperti sekarang.

Nah, seperti yang kita semua ketahui bahwa sdm yang dibutuhkan dalam era teknologi tidak lagi sebatas ijazah melainkan keterampilan. Tidak jarang kita melihat bahwa seorang sukses hanya lulusan SMP atua bahkan gak sekolah, nah loe.

Sebelum lanjutkan pembahasan baca juga: ringkasan konsep dasar manajemen sumber daya manusia.

Oke untuk memperkaya pembahasan ini, mari kita lihat berbagai perspektif tentang tantangan sdm terkini, monggo dilanjutkan teman-teman.

Tantangan Eksternal atau Lingkungan

Kekuatan eksternal yang memengaruhi aktivitas bisnis / perusahaan yang juga memengaruhi aktivitas Manajemen SDM, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Untuk memenuhi tantangan ini, manajemen personalia dapat mengambil langkah-langkah berikut:

Pantau terus-menerus atau secara efektif dan efisien perkembangan dan perubahan lingkungan bisnis dengan membaca majalah dan hak, mendengarkan siaran radio, televisi, dll. Dapatkan informasi terbaru sesuai kebutuhan.

Menanggapi atau bereaksi dengan cepat dalam bentuk fleksibel setiap informasi setelah analisis untuk menghasilkan respons yang paling tepat dengan mengembangkan, mempertahankan, atau menghentikan kegiatan bisnis dan kebijakan SDM yang sedang berlangsung.

Tantangan Internal Organisasi

Guna menghadapi tantangan internal, langkah-langkah yang dilakukan:

  1. Tingkatkan kontrol untuk mencegah, dengan berusaha agar setiap masalah dapat diselesaikan secepat mungkin sebelum berkembang menjadi masalah besar.
  2. Bertindak proaktif dalam arti aktif melakukan upaya untuk mengambil langkah-langkah untuk menyelesaikan, sebelum masalah keluar dari kendali.
  3. Organisasi / perusahaan membutuhkan manajer yang mampu bekerja dalam menghadapi persaingan secara fleksibel.
Baca juga  Pentingnya Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Organisasi

Tantangan Individual Organisasi

Dibagian lain, msdm juga menghadapi tantangan yang bersifat individu dari sebuah organisasi, yaitu:

  1. Keserasian antara pekerja dengan organisasinya
  2. Tanggungjawab etnis dan social
  3. Produktivitas
  4. Pelimpahan kekuasaan/ wewenang
  5. Penyaluran buah pikiran

Tantangan Lainnya

  1. Masih banyak manajer puncak dan asisten manajer yang tidak memahami fungsi, tujuan, dan kontribusi HRM dalam mengembangkan organisasi / perusahaan agar kompetitif dalam mewujudkan keberadaan mereka.
  2. Masih banyak manajer puncak dan manajer bawahan, yang tidak menyadari, tidak mengerti, dan tidak melaksanakan tanggung jawab mereka dalam mengelola SDM masing-masing.
  3. Pada manajemen SDM ternyata masih sangat jarang tenaga kerja profesional menerapkannya secara efektif dan efisien
  4. Tantangan lain adalah untuk meningkatkan nilai tambah, yaitu bagaimana meningkatkan produktivitasnya dalam ranah nasional bahkan internasional.
  5. Selain itu, Manajemen SDM juga perlu melakukan riset secara komprehensif terhadap terjadinya era reformasi dan transformasi struktur masyarakat, serta bagaimana implikasinya bagi peningkatan dan pengembangan kualitas kehidupan SDM.
  6. Berikutnya dalam persaingan global yang semakin ketat, yaitu meningkatkan daya saing bangsa dalam menciptakan inovasi-inovasi dan kreatifitas.
  7. Tantangan Kemajuan Teknologi yang memberi dampak terjadinya perubahan pada industri secara keselurahan maupun rancangan pengaturan kegiatan dan mendayagunakan sdm yang mengikuti perkembangan zaman.
  8. Tantangan Politik dan Pemerintahan meliputi kebijakan dan stabilitas politik sebuah negara. Intinya, semakin baik situasi politik maka semakin baik pula kebijakan yang dikeluarkan pemerintah, yang secara otomatis membuat geliat ekonomi tumbuh.
  9. Tantangan Undang Undang (UU) yang terkait dengan ketenaga kerjaan yang mengatur batasan masalah pekerjaan, jam kerja, upah minimum, jaminan sosial hingga peraturan lain yang mengatur karyawan atau pekerja. Semakin berpihak UU terhadap pekerja maka tingkat kesejahteraan pekerja juga makin baik.
Baca juga  3 Pendekatan Manajemen Sumber Daya Manusia

 

Tantangan Faktor Eksternal Organisasi

Faktor lingkungan atau keadaan yang berasal dari luar organisasi yang dapat menghambat upaya peningkatan fungsi SDM yang mendukung pencapaian tujuan organisasi.

Faktor-faktor ini adalah tenaga kerja, hukum / peraturan, persaingan, konsumen, serta perubahan teknologi, ekonomi, dan masyarakat.

Dalam menghadapi tantangan lingkungan organisasi, manajemen personalia dan SDM dapat mengambil langkah-langkah berikut:

  1. Pengwasan terhadap lingkungan, untuk mengidentifikasi perubahan dalam variabel lingkungan.
  2. Mengevaluasi dampak perubahan lingkungan.
  3. Ambil tindakan proaktif dari perubahan lingkungan yang terjadi
  4. Dapatkan dan analisis umpan balik.

Sumber daya yang paling penting dalam suatu organisasi adalah sumber daya manusia, orang yang memberikan energi, bakat, kreativitas, dan upaya karyawan kepada organisasi sehingga organisasi dapat terus eksis. Setiap manusia memiliki karakteristik individu yang berbeda satu sama lain.

Demikianlah pembahasan kita tentang apa saja tantangan manajemen sumber daya manusia di era digital atau IOT. Mari kita bersaing secara sehat untuk menumbuhkan keterampilan diri sehingga mampu berkontribusi pada organisasi tempat kita bekerja.

2 Replies to “Apa Saja Tantangan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)?

Tinggalkan Jejak