Perbedaan dan Hubungan antara Keterampilan Teknis, Interpersonal, dan Konseptual

Sebagai seorang manajer, Anda tentu dituntut untuk memiliki berbagai keterampilan yang dapat mendukung Anda dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab Anda. Namun, apakah Anda tahu apa saja jenis-jenis keterampilan yang harus Anda kuasai? Dan bagaimana perbedaan dan hubungan antara keterampilan-keterampilan tersebut?

Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan tentang tiga jenis keterampilan manajemen yang penting bagi seorang manajer, yaitu keterampilan teknis, interpersonal, dan konseptual. Saya juga akan memberikan contoh-contoh dan tips-tips untuk meningkatkan keterampilan-keterampilan tersebut. Semoga artikel ini dapat memberikan Anda wawasan dan inspirasi untuk menjadi manajer yang lebih baik.

Daftar isi

Keterampilan Teknis

Keterampilan teknis adalah kemampuan hard skill yang berkaitan dengan pekerjaan Anda. Misalnya, jika Anda adalah seorang content manager, Anda harus paham menggunakan perangkat lunak terkait konten, aplikasi media sosial, analisis data, dan sebagainya. Keterampilan teknis ini diperlukan agar Anda dapat menjadi contoh dan membimbing staf Anda dalam melakukan pekerjaan mereka dengan baik.

Keterampilan teknis ini lebih penting bagi manajer level bawah atau operasional, yang berhubungan langsung dengan pelaksanaan pekerjaan. Namun, keterampilan teknis ini juga perlu dimiliki oleh manajer level menengah atau taktikal, yang mengawasi dan mengkoordinasikan pekerjaan stafnya. Sedangkan, bagi manajer level atas atau strategis, keterampilan teknis ini tidak terlalu penting1.

Untuk meningkatkan keterampilan teknis Anda, Anda dapat melakukan hal-hal berikut:

  • Belajar secara formal melalui kursus, seminar, workshop, atau sertifikasi yang sesuai dengan bidang pekerjaan Anda.
  • Belajar secara informal melalui buku, artikel, video, podcast, atau webinar yang membahas topik-topik terkait pekerjaan Anda.
  • Belajar dari pengalaman sendiri atau orang lain yang sudah ahli di bidang pekerjaan Anda.
  • Mencoba hal-hal baru dan menantang diri sendiri untuk meningkatkan kemampuan Anda.
Baca juga  Pengertian Manajemen Komunikasi: Metode, Fungsi & Tujuan, dan Komponen & Contoh Komunikasi

Keterampilan Interpersonal

Keterampilan interpersonal adalah kemampuan untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain secara efektif. Anda harus mampu membangun hubungan yang baik dengan staf Anda, kolega Anda, atasan Anda, klien Anda, dan pihak-pihak lain yang terlibat dalam pekerjaan Anda. Keterampilan interpersonal ini diperlukan agar Anda dapat memotivasi, menginspirasi, mendengarkan, memberi feedback, menyelesaikan konflik, dan bekerja sama dengan tim Anda.

Keterampilan interpersonal ini penting bagi semua level manajemen di suatu organisasi atau perusahaan. Keterampilan ini juga disebut sebagai keterampilan antarpribadi atau human skill1. Tanpa keterampilan interpersonal yang baik, Anda akan sulit untuk mencapai tujuan bersama dengan tim atau pihak-pihak lain.

Untuk meningkatkan keterampilan interpersonal Anda, Anda dapat melakukan hal-hal berikut:

  • Menyesuaikan gaya komunikasi Anda sesuai dengan situasi, tujuan, dan audiens Anda.
  • Menggunakan bahasa yang jelas, tepat, dan persuasif dalam berbicara maupun menulis.
  • Menggunakan media komunikasi yang sesuai dengan konteks dan kebutuhan Anda.
  • Mendengarkan dengan aktif dan empati kepada orang lain.
  • Memberikan dan menerima feedback dengan konstruktif dan positif2.

Keterampilan Konseptual

Keterampilan konseptual adalah kemampuan untuk berpikir secara visioner, kreatif, dan inovatif. Anda harus mampu merencanakan strategi dan proyek yang sesuai dengan tujuan perusahaan, menganalisis masalah dan menemukan solusi, serta mengembangkan ide-ide baru yang dapat meningkatkan kinerja tim Anda. Keterampilan konseptual ini diperlukan agar Anda dapat menghadapi tantangan dan peluang di masa depan.

Keterampilan konseptual ini lebih penting bagi manajer level atas atau strategis, yang bertanggung jawab atas keseluruhan arah dan keputusan perusahaan. Namun, keterampilan konseptual ini juga perlu dimiliki oleh manajer level menengah atau taktikal, yang berperan dalam merumuskan dan mengimplementasikan strategi perusahaan. Sedangkan, bagi manajer level bawah atau operasional, keterampilan konseptual ini tidak terlalu penting1.

Baca juga  Apa saja Metode Pengembangan Sumber Daya Manusia? Cermati 7 Metode Berikut..!

Untuk meningkatkan keterampilan konseptual Anda, Anda dapat melakukan hal-hal berikut:

  • Menggunakan logika, intuisi, dan kreativitas dalam berpikir dan memecahkan masalah.
  • Menggunakan metode atau alat bantu yang sesuai dalam merencanakan dan menganalisis situasi.
  • Mencari dan memanfaatkan informasi dari berbagai sumber yang relevan dan terpercaya.
  • Mencari dan mengikuti contoh dari pemimpin-pemimpin yang sukses dan inovatif di bidang Anda.
  • Mencoba hal-hal baru dan berani mengambil risiko dalam mengembangkan ide-ide Anda.

Kesimpulan

Keterampilan teknis, interpersonal, dan konseptual adalah tiga jenis keterampilan manajemen yang penting bagi seorang manajer. Keterampilan teknis berkaitan dengan pekerjaan Anda, keterampilan interpersonal berkaitan dengan orang lain, dan keterampilan konseptual berkaitan dengan masa depan. Ketiga keterampilan ini memiliki perbedaan dan hubungan antara satu dengan yang lain.

Perbedaan antara ketiga keterampilan ini adalah tingkat kepentingannya bagi setiap level manajemen. Keterampilan teknis lebih penting bagi manajer level bawah, keterampilan interpersonal penting bagi semua level manajemen, dan keterampilan konseptual lebih penting bagi manajer level atas.

Hubungan antara ketiga keterampilan ini adalah saling melengkapi dan mendukung satu sama lain. Keterampilan teknis membantu Anda untuk menyelesaikan pekerjaan Anda dengan baik, keterampilan interpersonal membantu Anda untuk bekerja sama dengan tim Anda dengan baik, dan keterampilan konseptual membantu Anda untuk merencanakan masa depan Anda dengan baik.

Demikian artikel yang saya buat tentang perbedaan dan hubungan antara keterampilan teknis, interpersonal, dan konseptual. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Iklan

Melalui buku ini, Anda akan belajar bagaimana Membangun kekayaan Melalui Investasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *