Bauran Promosi: Pendahuluan, Pengertian, Lingkup, Konsep, Elemen dan Contoh

bauran promosi

Apa yang dimaksud dengan bauran promosi. Istilah bauran promosi atau biasa juga dikenal dengan promotion mix digunakan untuk merujuk pada kombinasi berbagai jenis alat promosi yang digunakan oleh sebuah perusahaan untuk mengiklankan dan menjual produknya.

Alat atau aktivitas promosi utama yang membentuk bauran promosi adalah penjualan pribadi, periklanan, publisitas, dan promosi penjualan. Ini juga dikenal sebagai elemen bauran promosi.

Philip Kotler berpendapat, “Bauran komunikasi pemasaran total perusahaan yang juga disebut bauran promosi terdiri dari campuran khusus dari periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan alat pemasaran langsung yang digunakan perusahaan untuk mengejar tujuan periklanan dan pemasarannya.”

Konsep bauran promosi mengasumsikan bahwa terdapat berbagai cara untuk berkomunikasi dengan konsumen. Bauran promosi mengacu pada kombinasi berbagai jenis dan jumlah berbagai bentuk promosi yang digunakan oleh pemasar.

Promotion Mix atau Bauran Promosi merupakan elemen pemasaran yang masuk dalam strategi promosi. Pada hakekatnya, marketing communication mix terdiri atas empat elemen dasar, kata De Loizer, yang dilanjutkan oleh Kotler, yang kemudian bentuknya dimodifikasi oleh Crosier dan Shimp.

Kemudian, konsep tersebut dirumuskan oleh Belch tahun 1995 menjadi marketing communication mix, yang terdiri atas empat kegiatan dasar, yaitu  iklan (advertising), personal selling, sales promotion (dan pameran) serta public relation (PR).

Pendahuluan

Komunikasi adalah suatu keharusan dalam proses pemasaran. Produsen (komunikator atau sumber) mengirimkan pesan ke konsumen sasaran melalui metode komunikasi massa periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan, dan publisitas untuk menciptakan permintaan akan produk. Ini selalu disebut promosi.

Promosi mempengaruhi permintaan dengan mengkomunikasikan pesan pro-produk dan pro-perusahaan ke pasar. Strategi promosi melibatkan koordinasi semua upaya komunikasi yang ditujukan kepada khalayak tertentu konsumen, dealer, pemegang saham pemerintah, dan sebagainya.

Pertanyaan promosi paling kritis yang dihadapi manajer pemasaran menyangkut campuran yang tepat dari metode komunikasi periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan, dan publisitas.

Promosi adalah proses komunikasi yang melibatkan informasi, persuasi, dan pengaruh. Ini mencakup semua jenis komunikasi pribadi atau impersonal oleh produsen dengan calon pelanggan serta perantara dalam jaringan distribusi.

Tujuan promosi adalah untuk menginformasikan, membujuk, dan memengaruhi calon pelanggan. Penjualan pribadi, periklanan, hubungan masyarakat, promosi penjualan dan pemasaran langsung banyak digunakan untuk memberi tahu orang-orang tentang ketersediaan produk dan menciptakan di antara mereka keinginan untuk membeli produk.

Promosi merupakan salah satu bentuk komunikasi perusahaan yang menggunakan berbagai metode untuk menjangkau khalayak yang ditargetkan dengan pesan tertentu untuk mencapai tujuan organisasi tertentu. Hampir semua organisasi, baik untuk profit atau non-profit, di semua jenis industri, harus terlibat dalam beberapa bentuk promosi.

Upaya semacam itu dapat berkisar dari perusahaan multinasional yang mengeluarkan banyak uang untuk mengamankan selebriti terkenal untuk menjadi juru bicara perusahaan hingga pemilik perusahaan satu orang yang membagikan kartu nama pada pertemuan orang bisnis lokal.

Promosi adalah komunikasi dari seorang pemasar kepada calon pembeli di pasar. Ini mencoba untuk menanamkan ke dalam benak pembeli gambar (melalui iklan, penjualan pribadi, promosi penjualan dan publisitas) yang membuat mereka membeli produk.

 

Bauran Pemasaran Menurut Para Ahli

Gary Armstrong

Gary Armstrong mendefinisikan bauran promosi sebagai, “Bauran promosi perusahaan mencakup periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan, hubungan masyarakat, pemasaran langsung. Ini juga mencakup desain produk, bentuk, kemasan, warna, label, dll., Karena semua ini mengkomunikasikan sesuatu kepada pembeli. ”

Philip Kotler

Philip Kotler berpendapat bahwa “Bauran komunikasi pemasaran total perusahaan yang juga disebut bauran promosi terdiri dari campuran khusus dari periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan alat pemasaran langsung yang digunakan perusahaan untuk mengejar tujuan periklanan dan pemasarannya.”

Sementara dalam buku Principles Marketing yang alih bahasa oleh Damos Sihombing (2001:111), Kotler dan Armstrong mendefinisikan bauran promosi sebagai perpaduan khusus antara iklan, penjualan pribadi, promosi penjualan dan hubungan masyarakat yang digunakan perusahaan untuk meraih tujuan iklan dan pemasarannya.

Swastha dan Irawan (2008:349)

Swastha dan Irawan mendefinisikan promotional mix sebagai kombinasi strategi yang paling baik dari variabel- variabel periklanan, personal selling, dan alat promosi yang lain, yang semuanya direncanakan untuk mencapai tujuan program penjualan. Lebih lanjut tentang bauran promosi dapat Anda baca di sumber.

Baca juga  Definisi Ritel Menurut Para Ahli, Jenis, Fungsi dan Timeline Ritel di Dunia

Baca juga: Pengertian Promosi.

 

Konsep Bauran Promosi

Konsep bauran promosi mengasumsikan bahwa terdapat berbagai cara untuk berkomunikasi dengan konsumen. Istilah bauran promosi mengacu pada kombinasi dari berbagai jenis dan jumlah dari berbagai bentuk promosi yang digunakan oleh seorang pemasar.

Konsep ini selanjutnya mengasumsikan bahwa ada berbagai jenis promosi dan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan dibandingkan bentuk lainnya. Semua jenis promosi tidak cocok untuk semua jenis bisnis.

Jenis promosi tertentu lebih cocok untuk beberapa tugas daripada yang lain. Semua jenis promosi kompatibel dan dapat dipertukarkan.

Penentuan berbagai elemen dalam bauran promosi bergantung pada sejumlah faktor yang memengaruhi keputusan manajer.

Faktor-faktor ini dapat diringkas sebagai berikut:

  • Jumlah uang yang tersedia untuk tujuan promosi;
  • Sifat pasar, baik lokal, regional, nasional atau internasional;
  • Sifat produk yaitu, konsumen atau industri, tahan lama atau tidak tahan lama atau mudah rusak;
  • Tahapan dalam siklus hidup produk yaitu pengenalan, pertumbuhan, kematangan atau penurunan.

Periklanan, penjualan pribadi dan promosi penjualan umumnya digunakan atas dasar strategi promosi dan sifat pasar. Secara umum, karyawan manajer promosi merupakan kombinasi dari berbagai bentuk promosi karena siapa pun tidak dapat memenuhi kebutuhan perusahaan.

Kombinasi yang baik dari periklanan, penjualan pribadi, dan metode promosi lainnya dapat meningkatkan penjualan secara luar biasa dengan harga rendah yang paling masuk akal. Ketergantungan pada setiap bentuk elemen promosi jarang efektif. [sumber]

 

Lingkup Bauran Promosi di Berbagai Bidang

Promosi pada dasarnya berkaitan dengan dunia luar dan karena itu terdiri dari semakin banyak strategi dan alat komunikasi untuk menarik pelanggan.

Lingkup bauran promosi dapat ditekankan dengan bantuan poin-poin utama berikut:

Periklanan

Periklanan melibatkan pengalihan perhatian pihak ketiga terhadap produk untuk tujuan penjualan semata.

Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa apapun dan segala sesuatu yang menarik perhatian pada suatu artikel atau jasa atau suatu gagasan dapat disebut sebagai iklan.

Asosiasi pemasaran Amerika mendefinisikan iklan sebagai, “segala bentuk presentasi ide, barang, atau layanan non-pribadi berbayar oleh sponsor yang teridentifikasi. Periklanan adalah bagian utama dari bauran promosi.

Baca juga: Pengertian Iklan.

Penjualan Pribadi

Seni penjualan pribadi didefinisikan oleh D.D.Couch sebagai, “ilmu menciptakan dalam benak prospek Anda keinginan yang hanya dapat dipenuhi oleh kepemilikan produk Anda”.

Jelaslah bahwa keahlian menjual adalah sains dan seni. Sebagai bagian dari seni membutuhkan kesabaran, latihan dan penggunaan metode, perangkat dan keterampilan yang benar.

Sebagai proses ilmiah, diperlukan penguasaan atas dasar-dasar tertentu yang menjadi prasyarat untuk sukses dalam menjual.

Promosi Penjualan

Asosiasi pemasaran Amerika mendefinisikan promosi penjualan sebagai, “Aktivitas pemasaran selain penjualan pribadi, periklanan, dan publisitas yang merangsang pembelian konsumen dan efektivitas dealer seperti pertunjukan dan pameran, demonstrasi, dan berbagai upaya penjualan yang tidak berulang, tidak dalam rutinitas biasa.”

Humas dan Publisitas

“Hubungan masyarakat adalah upaya yang disengaja dan berkelanjutan untuk membangun dan memelihara hubungan yang menguntungkan antara organisasi dan publiknya. Pelanggan, karyawan, pemegang saham, pemerintah dan masyarakat.”

Hubungan masyarakat harus sehat untuk prospek masa depan organisasi mana pun. Biaya yang dikeluarkan dalam publikasi dan manajemen media relatif lebih rendah daripada iklan dan elemen promosi lainnya.

Tools Penjualan Lainnya

Alat penjualan lainnya termasuk aktivitas penjualan dan promosi selain periklanan, keahlian menjual pribadi, promosi penjualan. Ini terutama mencakup publisitas mulut, dll.

Banyak perusahaan raksasa telah tertarik pada pemasaran viral melalui internet yang mirip dengan Publisitas Mulut. Jadi dari mulut ke mulut telah difasilitasi oleh internet. Satu lagi bentuk yang tidak terkait langsung dengan bentuk lain adalah sponsor untuk acara, merek lain, kegiatan terorganisir, turnamen olahraga, dll.

 

Apa Saja Manfaat Bauran Promosi?

Tentu saja iklan yang yang dikombinasikan dengan intrumen promosi lain akan berdampak langsung pada penjualan. Namun hasil dari promosi terkadang tidak dirasakan secara langsung melainkan memberikan efek jangka panjang atau bahkan untuk meningkatkan kesadaran merek. Karena itulah diperlukan bauran promosi, dan berikut ini manfaatnya:

Meningkatkan efektivitas kampanye promosi

Promosi adalah bagian penting dari bisnis apa pun, sehingga perusahaan mengembangkan bauran promosi, mengerahkan semua upaya untuk melakukan promosi di tempat yang tepat, pada waktu yang tepat, dan kepada audiens yang tepat. Ini membantu seseorang mendapatkan hasil maksimal dari sumber daya pemasaran mereka dengan mengoptimalkan anggaran dan menghemat waktu.

Baca juga  Ruang Lingkup Manajemen Pemasaran [Penjelasan Lengkap]

Membantu Segmentasi audiens

Untuk mengembangkan bauran promosi yang menarik, perusahaan perlu mengidentifikasi audiens targetnya. Calon pelanggan dapat mencakup berbagai kelompok orang yang memiliki kesamaan, misalnya, usia, jenis kelamin, preferensi, dll.,

Dan mereka semua memerlukan pendekatan individual. Campuran promosi adalah metode utama untuk menyampaikan pesan promosi yang relevan melalui saluran yang paling sesuai untuk setiap segmen.

Meningkatkan komunikasi dengan klien

Perusahaan mengembangkan bauran promosi yang mencoba berbicara dalam bahasa konsumen mereka. Jika disiapkan dengan benar, ini membantu membangun kepercayaan antara merek dan pelanggannya.

Ini adalah faktor penting dalam pemeliharaan prospek dan retensi pelanggan. Misalnya, kampanye email otomatis membantu mencapai tujuan ini dengan menanggapi tindakan orang secara langsung.

Memberi tahu pelanggan

Beberapa promosi di Instagram misalnya bertujuan untuk menampilkan produk dari sudut pandang terbaik, dan lainnya, seperti SMS, menekankan keunggulan layanan lokal. Saat menggunakan bauran promosi, perusahaan menentukan cara terbaik untuk mendidik orang tentang produk dan layanan yang mereka sediakan. [sumber]

Menonjol dari yang lain

Orang-orang dibombardir dengan segala jenis iklan di setiap kesempatan. Dengan bauran promosi, Anda dapat menonjol dari keramaian tanpa menimbulkan kekacauan di kepala pelanggan Anda. Perusahaan yang sukses membuat kualitas melebihi kuantitas, mempromosikan produk atau layanan mereka di tempat dan waktu yang tepat.

Bauran promosi yang efektif menawarkan beberapa keuntungan selain dari peningkatan penjualan. Ini tidak hanya membantu mempromosikan produk atau merek dan mendorong penjualan yang lebih tinggi, tetapi juga membantu mengembangkan hubungan yang lebih kuat dan menumbuhkan kesadaran merek secara tajam.

Manfaat bauran promosi atau bauran komunikasi pemasaran ada beberapa dan hasilnya bisa bagus jika pemasar menempatkan fokus yang konsisten pada setiap aspek bauran promosi.

ROI yang tinggi pada kampanye promosi

Bauran promosi yang dirancang dengan baik dan efektif membantu menumbuhkan jangkauan merek dan pengaruhnya di pasar. Pemasar harus fokus pada setiap aspek bauran promosi mereka untuk mengirimkan pesan yang konsisten.

Ini akan meningkatkan ROI pada kampanye promosi mereka. Merencanakan bauran promosi secara efektif dan memanfaatkan saluran yang tepat akan memberikan hasil yang lebih baik dan ROI yang lebih tinggi pada anggaran yang telah Anda investasikan dalam kampanye pemasaran Anda.

Peningkatan komunikasi dan hubungan pelanggan

Bauran promosi yang baik juga membantu melibatkan pelanggan Anda dengan lebih baik melalui komunikasi yang lebih efektif. Hubungan pelanggan dapat tumbuh lebih baik dengan bantuan bauran promosi yang seimbang.

Ini adalah kesepakatan yang sangat menguntungkan untuk merek apa pun dalam jangka panjang. Perusahaan dapat memanfaatkan penjualan pribadi dan pemasaran langsung serta Hubungan Masyarakat untuk menumbuhkan hubungan pelanggan dan memasarkan citra yang menguntungkan di hadapan audiens mereka.

Campuran promosi memungkinkan Anda memanfaatkan beberapa saluran untuk mengirimkan pesan yang menarik dan konsisten ke audiens yang lebih luas. Anda tidak selalu perlu memanfaatkan semua saluran untuk membuat gambar yang bagus.

Membantu membedakan merek dari pesaing dan menumbuhkan pengaruh

Campuran promosi Anda membantu Anda menyusun identitas unik untuk merek Anda dan membangun citra berbeda yang membantu Anda menonjol.

Ini memungkinkan Anda untuk terhubung dengan audiens Anda melalui pemanfaatan berbagai saluran dan dengan demikian membuat cerita yang sangat berbeda dan unik untuk audiens Anda.

Sementara di satu sisi, membantu Anda mengembangkan pengenalan merek, di sisi lain membantu Anda menumbuhkan pengaruh keseluruhan perusahaan Anda di pasar.

Konversi dan penjualan yang lebih tinggi

Memanfaatkan saluran yang tepat untuk promosi, Anda dapat meningkatkan penjualan dan rasio konversi Anda. Terkadang iklan sangat efektif dalam mendorong penjualan dan terkadang Anda dapat mengambil peluang yang hilang secara real-time menggunakan pemasaran email.

Pemasaran email dan SMS telah terbukti meningkatkan rasio konversi dan mendorong penjualan yang lebih tinggi secara real-time. Promosi media sosial juga efektif di bidang ini.

Tingkat retensi pelanggan yang lebih tinggi

Anda dapat meningkatkan tingkat retensi pelanggan Anda dengan membangun hubungan pelanggan yang kuat melalui berbagai saluran.

Pemasaran email, serta pemasaran media sosial, dan PR membantu Anda melibatkan pelanggan, membangun kepercayaan, dan mempertahankan pelanggan lama Anda lebih lama. Mereka juga membantu menciptakan brand recall.

Baca juga: Pengertian Marketing Mix.

Apa Saja Komponen Bauran Promosi?

Diatas kita sudah membahas tentang pengertian, konsep serta manfaat dari promotion mix ini. Namun sekali lagi mari kita memahami tentang komponen atau elemen dalam baura promosi, cekidot…

Baca juga  Pengertian Pemasaran menurut Para Ahli, Konsep, Fungsi Bauran dan Strategi Pemasaran

Periklanan

Iklan adalah promosi produk dan layanan non-pribadi. Pemasar menggunakan iklan sebagai alat penting untuk meningkatkan kesadaran merek. Pengiklan menampilkan promosi kepada banyak orang menggunakan email, halaman web, iklan spanduk, televisi, radio, dll.

Penjualan langsung

Penjualan langsung merupakan komunikasi satu-ke-satu antara perwakilan penjualan dan pelanggan potensial. Penjualan langsung memengaruhi orang untuk memutuskan membeli produk atau layanan tertentu.

Ini adalah salah satu cara paling efektif untuk mempromosikan merek Anda karena perwakilan penjualan dapat menyesuaikan promosi dengan tepat kepada mereka yang kemungkinan besar akan melakukan pembelian.

Di sisi lain, ini adalah bentuk penjualan yang paling mahal karena perusahaan harus membayar untuk waktu satu orang.

Promosi penjualan

Promosi penjualan merupakan serangkaian aktivitas jangka pendek yang dirancang untuk mendorong pembelian segera. Promosi penjualan adalah kampanye yang menggunakan penawaran sensitif waktu – penjualan, diskon, kupon, dll.,

Untuk melibatkan konsumen yang ada dan menarik lebih banyak audiens. Banyak perusahaan menjadikan ini sebagai komponen inti dari upaya pemasaran mereka, meskipun terkadang itu adalah jenis komunikasi yang paling menjengkelkan bagi orang-orang.

Hubungan Masyarakat

Jenis metode promosi ini menentukan cara orang memperlakukan merek. Perusahaan pengguna Humas berusaha membangun brand image yang kokoh dan menarik dengan menanamkan berita menarik tentang aktivitasnya di media.

Hubungan masyarakat tidak sepenuhnya dikendalikan oleh perusahaan, karena beberapa ulasan dan halaman web mungkin menyoroti merek secara negatif. Jika sebuah perusahaan menyelesaikan masalah ini secara memadai, orang-orang akan menghadiahi mereka dengan pertimbangan dari mulut ke mulut yang positif.

 

Contoh Bauran Promosi (Sepatu Nike)

Periklanan

Dalam kampanye periklanan, merek sepatu Nike bertujuan untuk menjangkau audiens target yang besar. Merek tersebut mengundang selebriti yang mewakili citra konsumen yang ideal. Calon pelanggan mengasosiasikan diri mereka dengan yang terkenal, dan ini memotivasi mereka untuk mempercayai merek dan berkomunikasi dengannya.

Penjualan pribadi

Penjualan sepatu Nike terjadi di toko mereka. Petugas toko yang terlatih membantu konsumen, memberikan detail tentang produk perusahaan, dan merangsang pengunjung untuk membeli produk mereka.

Selain itu, karyawan sepatu Nike membantu pelanggan menemukan produk Nike yang tepat dan mempromosikan perusahaan melalui penggunaan layanan yang dipersonalisasi.

Promosi penjualan

Biasanya, promosi penjualan sepatu Nike menyertakan diskon khusus untuk audiens yang ditargetkan. Merek memotivasi pelanggan mereka dengan tabungan yang mereka dapat miliki ketika mereka membeli produk dengan potongan harga.

Setelah itu, mereka menciptakan permintaan untuk membeli lebih banyak produk menggunakan bonus tersebut, mengubah pelanggan baru menjadi klien setia.

Hubungan Masyarakat

Nike mengembangkan strategi tanggung jawab sosial, sebagai tanggapan terhadap tren ekologi global. Selain itu, Nike mensponsori berbagai acara olahraga yang membangun citra merek yang lebih baik di mata pemirsanya.

Pemasaran langsung

Nike menggunakan pemasaran langsung untuk mempromosikan produknya di antara organisasi olahraga di universitas, perguruan tinggi, sekolah. Pemasar menyebut ini pengasuhan prospek.

 

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang bauran promosi, jika direkap maka pembahasan kita telah mencakup hal-hal berikut ini:

  1. Bauran Promosi merupakan elemen pemasaran yang masuk dalam strategi promosi. Pada hakekatnya, marketing communication mix terdiri atas empat elemen dasar, kata De Loizer, yang dilanjutkan oleh Kotler, yang kemudian bentuknya dimodifikasi oleh Crosier dan Shimp. Kemudian, konsep tersebut dirumuskan oleh Belch tahun 1995 menjadi marketing communication mix. Sementara Kotler dan Armstrong mendefinisikan bauran promosi sebagai perpaduan khusus antara iklan, penjualan pribadi, promosi penjualan dan hubungan masyarakat yang digunakan perusahaan untuk meraih tujuan iklan dan pemasarannya.
  2. Konsep bauran promosi mengasumsikan bahwa terdapat berbagai cara untuk berkomunikasi dengan konsumen. Istilah bauran promosi mengacu pada kombinasi dari berbagai jenis dan jumlah dari berbagai bentuk promosi yang digunakan oleh seorang pemasar.
  3. Manfaat bauran promosi: Meningkatkan efektivitas kampanye promosi, Membantu Segmentasi audiens, Meningkatkan komunikasi dengan klien, Memberi tahu pelanggan, Menonjol dari yang lain, ROI yang tinggi pada kampanye promosi, Peningkatan komunikasi dan hubungan pelanggan, Membantu membedakan merek dari pesaing dan menumbuhkan pengaruh, Konversi dan penjualan yang lebih tinggi, Tingkat retensi pelanggan yang lebih tinggi.
  4. Elemen bauran promosi terdiri atas empat kegiatan yaitu iklan (advertising), personal selling, sales promotion (dan pameran), dan public relation (PR).

One Reply to “Bauran Promosi: Pendahuluan, Pengertian, Lingkup, Konsep, Elemen dan Contoh

Tinggalkan Jejak