5 Kunci Sukses Mengelola Keuangan Pribadi Anda

Bukankah lebih baik jika ada formula ajaib atau trik sederhana yang memungkinkan Anda tidak perlu khawatir tentang uang atau mengelola keuangan Anda lagi?

Meskipun itu mungkin tidak realistis, ada beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan sekarang untuk memperbaiki situasi uang Anda.

Cobalah lima langkah ini untuk berhasil mengelola keuangan pribadi Anda. Bonus lain? Jika Anda tetap berpegang pada lima tips ini, masalah keuangan Anda mungkin mulai berkurang, dan Anda dapat mulai menuai imbalan dari hutang yang lebih rendah, menabung untuk masa depan, dan skor kredit yang solid.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang 5 tips yang dijanjikan diawal, simak pembahasan selengkapnya pada penelurusan dibawah ini ya!!!!

Baca juga: Ide Sederhana Menciptakan Penghasilan Tambahan Dirumah.

1.Buat Tujuan Keuangan yang Terperinci (Detail)

Luangkan waktu untuk menulis tujuan keuangan jangka panjang tertentu. Anda mungkin ingin melakukan perjalanan selama sebulan ke Eropa, membeli properti investasi, atau pensiun dini.

Semua tujuan ini akan memengaruhi bagaimana Anda merencanakan keuangan Anda. Misalnya, tujuan Anda untuk pensiun dini tergantung pada seberapa baik Anda menghemat uang Anda sekarang.

Tujuan lain, termasuk kepemilikan rumah, memulai keluarga, memindahkan, atau mengubah karier, semuanya akan terpengaruh oleh bagaimana Anda mengelola keuangan Anda.

Setelah Anda menuliskan tujuan keuangan Anda, kemudian buat skala prioritas. Proses penulisan tujuan ini ini memastikan bahwa Anda paling memperhatikan yang paling penting bagi Anda.

Anda juga dapat mencantumkannya sesuai keinginan anda untuk mencapainya, tetapi tujuan jangka panjang seperti menabung untuk pensiun mengharuskan Anda untuk bekerja menujunya sambil juga mengerjakan tujuan Anda yang lain.

Di bawah ini adalah beberapa tips tentang cara menjelaskan tujuan keuangan Anda:

  1. Tetapkan tujuan jangka panjang seperti keluar dari hutang,membeli rumah, atau pensiun dini. Tujuan ini terpisah dari tujuan jangka pendek Anda seperti menabung untuk malam kencan yang menyenangkan.
  2. Tetapkan tujuan jangka pendek, seperti mengikuti anggaran, mengurangi pengeluaran Anda, membayar, atau tidak menggunakan kartu kredit Anda.
  3. Prioritaskan tujuan Anda untuk membantu Anda membuat rencana keuangan.
Baca juga  10 Website Yang Paling Sering Saya Kunjungi Sebagai Referensi dan Inspirasi, Apa Aja, Yuk Simak

 

2.Sempurnakan Rencana Anda

Rencana keuangan sangat penting dalam membantu Anda mencapai tujuan keuangan Anda. Rencana tersebut harus memiliki beberapa langkah atau tonggak pencapaian. Contoh rencana mungkin termasuk membuat anggaran bulanan dan rencana pengeluaran, kemudian berusaha untuk melunasi hutang atau menghindari tambahan hutang.

Setelah Anda menyelesaikan ketiga hal diatas dan telah menindaklanjuti rencana baru Anda selama beberapa bulan, Anda mungkin menemukan bahwa Anda memiliki uang tunai tambahan. Kemudian, uang yang Anda bebaskan dari pembayaran hutang Anda dapat digunakan untuk mencapai tujuan Anda berikutnya.

Sekali lagi, kunci untuk memutuskan prioritas apa yang paling penting bagi Anda. Terus bekerja menuju tujuan pensiun jangka panjang Anda, tetapi juga mulai fokus pada tujuan jangka pendek terpenting yang telah Anda tetapkan untuk diri sendiri.

Apakah Anda ingin melakukan perjalanan yang memerlukan biaya besar? Mulai berinvestasi? Membeli rumah atau membangun bisnis Anda sendiri? Ini semua hal yang perlu dipertimbangkan ketika memutuskan langkah Anda berikutnya.

Tujuan Anda, bersama dengan dana darurat, akan membantu Anda berhenti membuat keputusan keuangan berdasarkan rasa takut dan membantu Anda mengendalikan situasi.

Saat membuat rencana keuangan, ingat hal-hal ini:

  1. Anggaran Anda adalah kunci keberhasilan. Ini adalah alat yang akan memberi Anda kontrol paling besar terhadap masa depan keuangan Anda. Anggaran Anda adalah kunci untuk mencapai sisa rencana Anda.
  2. Anda harus terus berkontribusi pada tujuan jangka panjang, seperti menabung untuk pensiun, tidak peduli apa tahap rencana keuangan Anda.
  3. Membangun dana darurat adalah faktor kunci lain dalam keberhasilan finansial dan pengurangan stres.

 

3.Buat dan Tetap berpegang Teguh pada Anggaran

Anggaran Anda adalah salah satu alat terbesar yang akan membantu Anda berhasil secara finansial. Hal ini memungkinkan Anda untuk membuat rencana pengeluaran sehingga Anda dapat mengalokasikan uang Anda dengan cara yang akan membantu Anda mencapai tujuan Anda.

Anda dapat membuat anggaran Anda setinggi atau terperinci seperti yang Anda inginkan, selama itu membantu Anda mencapai tujuan akhir Anda untuk menghabiskan lebih sedikit dari yang Anda hasilkan, melunasi hutang apa pun, mengayuh dana darurat Anda, dan menabung untuk masa depan.

Baca juga  Ide Cemerlang untuk Menciptakan Sumber Pendapatan Baru Meskipun Anda Berada di Rumah

Anggaran juga akan membantu Anda memutuskan cara membelanjakan uang Anda selama beberapa bulan dan tahun mendatang.

Tanpa rencana, Anda mungkin menghabiskan uang tunai untuk hal-hal yang tampaknya penting sekarang, tetapi jangan menawarkan banyak hal dalam hal meningkatkan masa depan Anda. Banyak orang terjebak dalam quagmire ini dan turun pada diri mereka sendiri karena tidak mencapai tonggak keuangan yang mereka inginkan untuk keluarga mereka dan kehidupan mereka sendiri.

Jangan lupa untuk merayakan kemenangan kecil di sepanjang jalan. Misalnya, ucapkan selamat setelah Anda melunasi hutang Anda, atau hadiahi diri Anda ketika Anda tetap berpegang pada anggaran Anda selama tiga bulan padat, atau ketika Anda berhasil pad dana darurat Anda.

Jika Anda sudah menikah, Anda dan pasangan perlu bekerja sama dengan anggaran. Bekerja sama membuatnya terasa adil bagi Anda berdua, dan Anda berdua memiliki tingkat komitmen yang sama untuk mencapainya.

Berikut adalah beberapa tips untuk pasangan yang sudah menikah yang ingin membuat anggaran bersama:

  1. Pertimbangkan untuk beralih ke sistem penganggaran amplop yang menggunakan uang tunai untuk area pengeluaran yang membutuhkan lebih banyak disiplin.
  2. Gunakan perangkat lunak penganggaran dengan aplikasi seluler sehingga Anda dapat memasukkan pengeluaran secara real-time.
  3. Rencanakan pengeluaran terlebih dahulu untuk menghindari overspending.

 

4.Lunas Hutang

Hutang adalah hambatan besar bagi banyak orang dalam hal mencapai tujuan keuangan. Itu sebabnya Anda harus menjadikan menghilangkannya sebagai prioritas.

Siapkan rencana penghapusan hutang untuk membantu Anda melunasinya dengan lebih cepat. Misalnya, saat melakukan pembayaran minimum di semua akun utang Anda, bayar uang tambahan apa pun terhadap satu hutang sekaligus.

Setelah melunasi satu rekening hutang, pindahkan semua uang yang Anda bayarkan pada hutang pertama ke hutang berikutnya dan lanjutkan dari sana, menciptakan “efek bola salju” yang membayar hutang.

Setelah Anda benar-benar kehabisan hutang, berkomitmen untuk tetap keluar dari hutang. Meninggalkan kartu kredit di rumah mungkin merupakan strategi yang bijaksana. Hemat dana darurat untuk menutupi pengeluaran tak terduga,sehingga Anda tidak tergoda untuk menggunakan kartu kredit untuk menutupinya.

Baca juga  4 Rekomendasi Buku Pengantar Manajemen

Cobalah tips berikut untuk membantu Anda melunasi hutang dengan lebih cepat:

  1. Jual barang yang tidak digunakan atau tidak diinginkan di sekitar rumah Anda untuk menemukan uang tambahan untuk ditambahkan ke rencana pembayaran hutang Anda.
  2. Pekerjaan kedua dapat membantu mempercepat proses dan dapat diperlukan jika Anda ingin membuat perubahan yang cepat atau berlangsung pada situasi Anda.
  3. Cari area di mana Anda dapat memotong anggaran Anda untuk meningkatkan uang tunai yang tersedia untuk pembayaran hutang Anda.

5.Jangan Takut Minta Saran kepada Ahlinya

Setelah Anda menumbuhkan tabungan Anda dan ingin mulai berinvestasi untuk meningkatkan kekayaan Anda, berbicaralah dengan perencana keuangan untuk membantu Anda membuat keputusan investasi yang bijaksana.

Penasihat yang baik akan berbagi risiko yang terlibat dalam setiap investasi dan membantu Anda menemukan produk yang sesuai dengan tingkat kenyamanan Anda dan menginvestasikan kebutuhan pengembalian sambil membantu Anda bekerja menuju tujuan Anda secepat mungkin.

Perencana keuangan juga dapat membantu Anda dengan anggaran Anda, yang merupakan nilai tambah lainnya.

Berinvestasi adalah strategi jangka panjang yang membantu Anda dalam membangun kekayaan. Anda juga dapat menemukan bantuan keuangan di tempat lain, seperti:

  1. Carilah gereja atau pusat komunitas lokal yang menawarkan kelas atau lokakarya gratis atau murah tentang keuangan dan penganggaran pribadi. Kadang-kadang, bank dan serikat kredit juga menawarkan kursus.
  2. Temukan mentor yang bersedia membantu Anda merumuskan dan bekerja melalui anggaran Anda selama beberapa bulan pertama. Mentor ini dapat membantu Anda jika Anda kewalahan dengan proses anggaran.
  3. Jika orang tua Anda atau anggota keluarga lainnya baik dengan uang, pertimbangkan untuk meminta bantuan mereka, dan berbicara dengan mereka tentang apa yang bekerja untuk mereka secara finansial dan apa yang akan mereka lakukan secara berbeda.

Tidak harus menjadi pengalaman yang sulit untuk melunasi hutang Anda, menghemat uang, dan kemajuan yang dibuat terhadap tujuan keuangan Anda. Berinvestasilah pada diri sendiri dan masa depan keuangan Anda sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang keuangan Anda lagi.

Semoga menginspirasi…

Tinggalkan Jejak