Belajar di Jurusan Finance, Apakah Menjanjikan?

jurusan finance kerja apa

Apakah kamu sedang bingung mencari jurusan kuliah? Jangan bingung lagi, kamu bisa mencoba untuk belajar di jurusan finance. Kamu baru mendengar jurusan tersebut? Tidak mengapa, artikel ini akan memberikan pencerahan untuk kamu mengenai jurusan finance.

Daftar isi

Mengenal Jurusan Finance di Indonesia

Bagi kamu yang tertarik dengan pengelolaan keuangan, maka kamu bisa melirik kampus yang memiliki jurusan finance. Jurusan finance adalah fokus bidang studi yang mempelajari mengenai pengelolaan sumber daya keuangan.

Jurusan ini akan memberikan kesempatan untuk kamu belajar mengelola keuangan, menganalisa aspek keuangan, dan monitoring keuangan. Kemampuan ini sangat penting di dunia kerja karena finance memiliki peranan besar dalam perusahaan.

Jika muncul pertanyaan, apakah kuliah finance menjanjikan? Tentu saja, peluang kerjanya sangat besar mengingat setiap perusahaan membutuhkan finance. Asalkan kamu memiliki kemampuan yang handal dan rajin belajar sehingga bisa dilirik oleh perusahaan impian kamu.

Bagi kamu yang ingin belajar finance, maka kamu bisa memilih universitas yang memiliki jurusan finance. Tidak sulit untuk menemukan jurusan finance di Indonesia karena sudah banyak yang membuka jurusan tersebut. Jadi, kamu bisa menemukan dengan mudah.

Baca: Pengertian Manajemen Keuangan.

 

Peluang Kerja Kuliah di Jurusan Finance

Jika kamu masih ragu kuliah di jurusan finance, maka penting untuk mengetahui peluang kerjanya. Finance memiliki peluang kerja yang besar sehingga tidak akan sulit bagi kamu untuk menemukan pekerjaan.

Beberapa peluang kerja yang perlu kamu ketahui, sebagai berikut:

Financial Analyst

Jika kamu lulusan jurusan finance, maka kamu bisa bekerja sebagai financial analyst. Pekerjaan ini menjadi salah satu pekerjaan yang menjanjikan karena peluangnya besar. Sebagai financial analyst kamu bertugas untuk merekomendasikan keputusan terkait dengan kemajuan perusahaan.

Baca juga  Cari Tahu Tips Memilih Asuransi Pendidikan Anak Terbaik dan Terpercaya

Rekomendasi yang kamu ajukan disesuaikan dengan status keuangan perusahaan, kekuatan finansial bisnis, dan tren pasar. Oleh karena itu, setiap keputusan yang kamu ambil memerlukan analisis yang mendalam. Meskipun begitu, gajinya sangat menjanjikan.

BrokerĀ 

Kamu sudah tahu bahwa dunia investasi sedang populer saat ini. Tenang saja sebagai lulusan finance kamu bisa mengambil bagian penting dalam investasi. Kamu bisa menjadi broker yang bertugas menjadi perantara antar penjual dan pembeli dalam transaksi investasi.

Sebagai broker, pekerjaanmu tidaklah sederhana sehingga kamu perlu memiliki kemampuan yang handal. Kamu perlu melakukan analisis pasar, menjalankan transaksi, dan menjaga hubungan baik dengan klien. Kamu pasti bisa, rajinlah belajar.

Baca juga: Pengertian Laporan Keuangan.

Risk Analyst

Kamu tidak akan menyesal karena kuliah jurusan finance karena mendapatkan kesempatan kerja yang luas. Kamu bisa menjadi seorang risk analyst yang bertugas untuk menilai risiko keuangan perusahaan dalam berbagai aspek.

Sebagai risk analyst, kamu akan dilibatkan dalam berbagai kegiatan penting perusahaan. Kamu bisa merekomendasikan strategi baru dan penggunaan teknologi yang diambil berdasarkan hasil analisis risiko. Wah, keren sekali pekerjaan ini, bukan?

Treasurer

Peluang selanjutnya, kamu bisa bekerja sebagai treasurer. Mungkin, kamu belum pernah mendengar pekerjaan ini. Treasurer bertugas untuk mengelola keuangan perbankan agar tidak muncul likuiditas. Peranmu sangat penting dalam sektor perbankan.

Sebagai treasurer, kamu perlu memperhatikan tata kelola modal kerja perbankan, risk management, dan investment management. Tugas ini tidak sederhana sehingga kamu tidak perlu khawatir tentang gaji. Siapkan saja kemampuan kamu.

Auditor Keuangan

Pekerjaan selanjutnya yang menanti kamu sebagai lulusan finance yaitu auditor keuangan. Kamu bertanggung jawab penuh dalam mencermati laporan keuangan. Siapkan saja kemampuan kamu untuk pekerjaan menjanjikan ini. Belajarlah dengan giat di jurusan finance sehingga kamu bisa mendapatkan kesempatan yang baik ini.

Baca juga  Apa itu Teori Agency: Masalah, Konflik, dan Solusi dalam Manajemen Keuangan

Selain memiliki kemampuan, pastikan kamu memiliki karakter yang jujur. Kejujuran penting supaya kamu bisa menilai dengan objektif. Jangan mudah percaya, cermati segalanya dengan benar. Kesempatan bekerja sebagai auditor merupakan pengalaman berharga karena dalam mengerjakan tugas ini kamu harus memiliki kemampuan dan karakter yang mumpuni.

Baca: 10 Tujuan Manajemen Keuangan.

Sekarang kamu siap kuliah di jurusan finance? Semoga kamu tidak kebingungan lagi sekarang karena peluang kerjanya besar. Yuk, segera lirik kampus-kampus yang memiliki jurusan finance. Jangan sampai kamu terlambat. Tetap semangat untuk kamu, ya.

Simak selengkapnya dalam video berikut ya:

Iklan

Melalui buku ini, Anda akan belajar bagaimana Membangun kekayaan Melalui Investasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *