Bagaimana Meraih Kebebasan Finansial dalam 5 Tahun

Untuk mencapai kebebasan finansial dalam 5 tahun, dibutuhkan kesabaran, ketekunan, ketabahan dan tekad. Tetapi jika Anda mencoba melakukannya dalam rentang waktu yang singkat (1 tahun) ini seperti mendaki gunung yang curam.

Bagi sebagian orang, itu bahkan tidak mungkin. Sekarang, saya dengan tulus percaya bahwa kebebasan finansial adalah mungkin bagi semua orang. Tapi mungkin butuh waktu hingga lima tahun (atau lebih).

Namun, jika Anda berpikir Anda memiliki apa yang diperlukan untuk mencapai kebebasan finansial dalam lima tahun, saya katakan lakukanlah! Bagaimanapun, tidak ada rugi jika Anda mempraktikkan kebiasaan finansial yang baik. Lakukan cara berikut agar Anda bisa meraih kebebasan finansial yang sesungguhnya.

Daftar isi

Langkah 1: Hitung Pengeluaran Anda per Tahun

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan berapa banyak uang yang Anda keluarkan per tahun. Pertama-tama hitung pengeluaran bulanan rata-rata Anda. Masukkan  semua pengeluaran bulanan Anda

  • Pembayaran sewa
  • Keperluan rutin
  • Pembayaran otomatis
  • Pembayaran asuransi
  • Makanan dan barang-barang rumah tangga
  • Hiburan dan pengeluaran lain-lain.

Tahukah Anda bahwa rata-rata rumah tangga Indonesia menghabiskan 2,78 per kapita per bulan? Katakanlah total pengeluaran bulanan Anda 3 juta per bulan (pembulatan) Kemudian Anda dapat menghitung pengeluaran tahunan rata-rata Anda sebagai berikut:

Pengeluaran Tahunan Rata-rata = 3 juta x 12 bulan = 36 juta / tahun

Jika pendapatan tahunan Anda jauh lebih tinggi dari 36 juta/ tahun maka Anda berada dalam kondisi yang relatif baik untuk mulai menyisihkan uang untuk membantu Anda mencapai kemandirian finansial dalam 5 tahun.

Langkah 2: Hitung Berapa Banyak yang Perlu Anda Simpan

Agar bebas secara finansial, Anda harus mampu menutupi pengeluaran ini setiap tahun tanpa khawatir.

Baca juga  Pengertian dan Konsep Margin of Safety dalam Investasi

Secara umum, Anda perlu melakukan ini melalui pendapatan pasif . Dengan begitu, Anda akan mendapatkan cukup uang untuk menutupi pengeluaran Anda tanpa harus khawatir tentang pekerjaan harian Anda atau aktivitas lainnya.

Dalam contoh tadi, Anda harus memiliki cukup uang yang ditabung untuk menghasilkan setidaknya 36 juta pendapatan pasif per tahun pada akhir lima tahun. Jadi berapa banyak uang yang Anda butuhkan untuk melakukan itu?

Mari kita asumsikan dalam contoh ini bahwa jika Anda menginvestasikan tabungan Anda, Anda akna memperoleh return sebesar 15% dari uang Anda setiap tahun. Itu berarti portofolio Anda akan setara dengan pertumbuhan IHSG, yang cenderung menghasilkan rata-rata sekitar 15% per tahun dalam 10 tahun terakhir. Untuk menghasilkan 36 juta per tahun dengan tingkat pengembalian 15% dari tabungan Anda, hitung sebagai berikut dengan membagi total tabungan yang dibutuhkan dengan 15%:

Total Penghematan yang Dibutuhkan = 36 juta / 15% = 240 juta.

Untuk mencapai kebebasan finansial dalam lima tahun, Anda perlu menabung 240 juta dalam lima tahun ke depan. Tentu saja, itu uang yang banyak! Bagaimana Anda bisa sampai di sana? Itulah tepatnya yang akan kita temukan selanjutnya.

Baca: 3 Sumber Pendapatan dari Internet

3.Hitung Tarif Investasi Tahunan Anda.

Langkah selanjutnya dalam menentukan bagaimana mencapai kebebasan finansial dalam lima tahun adalah menghitung berapa banyak yang perlu Anda tabung per tahun. Alat yang luar biasa untuk membantu Anda melakukan ini adalah kalkulator investasi (menggunakan excel).

Dengan menggunakan alat ini, Anda dapat bermain dengan angka-angka sampai masuk akal untuk situasi Anda saat ini. Tapi mari kita lanjutkan dengan contoh kita saat ini dan asumsikan Anda perlu menghemat 240 juta dalam lima tahun ke depan.

Baca juga  Uang dalam Genggaman: Membuka Pintu Menuju Financial Freedom melalui Literasi Keuangan

Untuk melakukannya, mari kita asumsikan jumlah awal 0 (Anda tidak memiliki tabungan) dan tingkat pengembalian 15% dengan pertumbuhan lima tahun. Anda akan melihat bahwa jika Anda menyisihkan 30,952 juta per tahun, Anda akan memperoleh nilai (future value) 240 juta dalam lima tahun.

Sekarang, jika Anda memperoleh gaji 72 juta per tahun (6 juta/bulan) dan memasukkan setengahnya ke dalam tabungan Anda, maka Anda dapat mencapai kebebasan finansial dalam lima tahun.

Rangkuman Cara Mencapai Kebebasan Finansial dalam 5 Tahun dalam Contoh Ini.

Agar memiliki cukup uang untuk membayar semua pengeluaran dan menabung untuk kebebasan finansial, Anda harus memiliki hal-hal berikut:

Pendapatan Bersih yang Dibutuhkan = Pengeluaran Tahunan + Tabungan yang Dibutuhkan = 36 juta + 36 juta = 72 juta per tahun dalam pendapatan bersih.

Oleh karena itu dalam contoh kita, ini berfungsi sebagai berikut:

  • Anda mendapatkan penghasilan bersih 72 juta per tahun
  • Anda menghabiskan 36 juta per tahun untuk pengeluaran Anda
  • Anda menghemat 36 juta per tahun untuk kebebasan finansial Anda
  • Anda mendapatkan return 15% dari investasi Anda per tahun.

Dalam lima tahun, Anda akan memiliki total 240 juta. Selama Anda terus mendapatkan 15% dari uang ini per tahun dan pengeluaran Anda tetap sama, dengan 36 juta per tahun, Anda akan mendapatkan cukup uang untuk menopang diri Anda sendiri selama-lamanya melalui pendapatan pasif.

Selamat, Anda akan mencapai kebebasan finansial dalam lima tahun! Tentu saja, sekarang Anda harus menerapkannya pada pendapatan riil, pengeluaran, tingkat tabungan, dan tingkat pengembalian investasi Anda. Kemudian Anda dapat menghitung apakah mungkin untuk mencapai kebebasan finansial dalam 5 tahun atau silahkan hitung berapa lama lagi waktu yang Anda perlukan.

Baca juga  JALAN TERJAL MENUJU KEBEBASAN FINANSIAL, APAKAH ITU MASIH REALISTIS?

Iklan

Melalui buku ini, Anda akan belajar bagaimana Membangun kekayaan Melalui Investasi.

One Reply to “Bagaimana Meraih Kebebasan Finansial dalam 5 Tahun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *