25+ Kata Kata Bijak Benjamin Graham tentang Cara Sukses Investasi

Anda ingin belajar investasi saham, tetapi tidak tahu harus mulai dari mana? Anda ingin mengetahui rahasia di balik kesuksesan para investor kelas dunia? Anda ingin mendapatkan inspirasi dan motivasi untuk berinvestasi dengan cerdas dan menguntungkan? Jika jawaban Anda ya, maka Anda perlu mendengarkan kata kata bijak Benjamin Graham, sang bapak value investing.

Siapa itu Benjamin Graham? Benjamin Graham adalah seorang investor dan guru investasi yang dianggap sebagai pelopor value investing, yaitu strategi investasi yang berfokus pada mencari saham-saham yang dinilai murah atau undervalued berdasarkan analisis fundamental1. Graham lahir di London pada tahun 1894 dan pindah ke New York saat masih kecil. Dia lulus dari Columbia University pada tahun 1914 dan bekerja di Wall Street sebagai analis saham. Pada tahun 1926, dia mendirikan perusahaan investasinya sendiri, Graham-Newman Corporation, yang berhasil menghasilkan return rata-rata sekitar 20% per tahun selama lebih dari 20 tahun1.

Graham juga dikenal sebagai guru dari banyak investor terkenal, seperti Warren Buffett, Walter Schloss, Irving Kahn, dan lainnya. Graham menulis dua buku klasik tentang investasi, yaitu Security Analysis (1934) dan The Intelligent Investor (1949), yang menjadi acuan bagi para value investor hingga saat ini1.

Apa saja kata kata bijak Benjamin Graham tentang cara sukses investasi? Graham memiliki banyak ide dan metode dalam investasi saham, tetapi secara garis besar, dia memiliki delapan prinsip utama, yaitu:

  • Selalu investasikan dengan margin of safety
  • Manfaatkan volatilitas pasar
  • Kenali jenis investor Anda
  • Investasikan dalam apa yang Anda mengerti
  • Pikirkan seperti pemilik, bukan pedagang
  • Jangan biarkan emosi menguasai Anda
  • Belajar dari kesalahan
  • Jangan lupa berbagi

Dari prinsip-prinsip tersebut, kita bisa menemukan banyak kata kata bijak Benjamin Graham yang bisa menjadi panduan dan pelajaran bagi kita dalam berinvestasi saham.

Berikut adalah beberapa contohnya:

  1. “Harga adalah apa yang Anda bayar. Nilai adalah apa yang Anda dapatkan.”2 Kata kata ini menunjukkan bahwa Graham tidak terpaku pada harga saham semata, tetapi lebih memperhatikan nilai intrinsik dari bisnis yang ia investasikan. Dia mencari saham-saham yang memiliki nilai lebih tinggi dari harganya, atau dengan kata lain, saham-saham yang undervalued. Dengan begitu, dia bisa mendapatkan keuntungan maksimal ketika harga saham naik sesuai dengan nilai sebenarnya.
  2. “Kejujuran adalah hadiah yang sangat mahal, jangan harapkan itu dari orang murah.”2 Kata kata ini menggambarkan bahwa Graham sangat menghargai integritas dan etika dalam berbisnis. Dia tidak mau berurusan dengan orang-orang yang tidak jujur, tidak profesional, atau tidak bertanggung jawab. Dia lebih memilih untuk bekerja sama dengan orang-orang yang memiliki reputasi baik, kredibilitas tinggi, dan komitmen kuat.
  3. “Seseorang pernah berkata bahwa dalam mencari orang untuk disewa, Anda mencari tiga kualitas: integritas, kecerdasan, dan energi. Dan jika Anda tidak memiliki yang pertama, dua lainnya akan membunuh Anda. Anda pikirkan; itu benar. Jika Anda menyewa seseorang tanpa [integritas], Anda benar-benar ingin mereka bodoh dan malas.”2 Kata kata ini menunjukkan bahwa Graham sangat selektif dalam memilih orang-orang yang akan menjadi bagian dari timnya. Dia tidak hanya melihat kemampuan atau keterampilan seseorang, tetapi juga karakter dan moralnya. Dia percaya bahwa integritas adalah kualitas utama yang harus dimiliki oleh setiap orang, karena tanpa itu, kecerdasan dan energi bisa menjadi bumerang.
  4. “Saya bersikeras untuk menghabiskan banyak waktu, hampir setiap hari, untuk hanya duduk dan berpikir. Itu sangat jarang terjadi di bisnis Amerika. Saya membaca dan berpikir. Jadi saya lebih banyak membaca dan berpikir, dan membuat keputusan impulsif lebih sedikit daripada kebanyakan orang di bisnis. Saya melakukannya karena saya menyukai jenis hidup ini.”2 Kata kata ini menunjukkan bahwa Graham adalah seorang pemikir yang mendalam dan kritis. Dia tidak terburu-buru dalam membuat keputusan, tetapi lebih suka melakukan riset dan analisis secara menyeluruh. Dia juga menyadari pentingnya mengatur waktu dengan baik, sehingga dia bisa fokus pada hal-hal yang penting bagi dirinya.
  5. “Seseorang duduk di bawah naungan hari ini karena seseorang menanam pohon beberapa waktu lalu.”2 Kata kata ini menunjukkan bahwa Graham adalah seorang visioner yang jangka panjang. Dia tidak hanya melihat hasil saat ini, tetapi juga dampak di masa depan. Dia juga mengajarkan kita untuk berinvestasi dalam diri sendiri, karena itu adalah investasi terbaik yang bisa kita lakukan. Dengan belajar dan berkembang terus-menerus, kita bisa menciptakan nilai yang berkelanjutan bagi diri kita sendiri dan orang lain.
  6. “Jadilah takut ketika orang lain serakah, dan jadilah serakah ketika orang lain takut.”2 Kata kata ini menunjukkan bahwa Graham adalah seorang kontrarian yang berani melawan arus pasar. Dia tidak terpengaruh oleh emosi massa, tetapi lebih mengandalkan logika dan rasionalitas. Dia tahu kapan harus membeli dan kapan harus menjual saham-sahamnya, berdasarkan nilai dan prospek bisnisnya, bukan berdasarkan harga dan sentimen pasar.
  7. “Investasikan dalam apa yang Anda mengerti.”2 Kata kata ini menunjukkan bahwa Graham adalah seorang spesialis yang fokus pada bidang-bidang yang ia kuasai. Dia tidak mau berinvestasi dalam bisnis yang tidak ia mengerti, karena itu akan meningkatkan risiko dan ketidakpastian. Dia lebih suka berinvestasi dalam bisnis yang sederhana, stabil, dan mudah diprediksi. Dia juga menghindari bisnis yang terlalu bergantung pada teknologi, inovasi, atau regulasi.
  8. “Pikirkan seperti pemilik, bukan pedagang.”2 Kata kata ini menunjukkan bahwa Graham adalah seorang investor yang jangka panjang. Dia tidak memandang saham sebagai kertas yang bisa diperdagangkan di pasar saham, tetapi sebagai bagian kepemilikan dalam suatu bisnis. Oleh karena itu, dia tidak peduli dengan fluktuasi harga saham jangka pendek, tetapi lebih fokus pada kinerja bisnis jangka panjang. Dia juga tidak sering menjual saham-sahamnya, kecuali ada alasan kuat untuk melakukannya, seperti perubahan fundamental dalam bisnis atau adanya peluang investasi yang lebih baik.
  9. “Jangan biarkan emosi menguasai Anda.”2 Kata kata ini menunjukkan bahwa Graham adalah seorang investor yang disiplin dan objektif. Dia tidak biarkan emosi seperti keserakahan, ketakutan, harapan, atau penyesalan mempengaruhi keputusan investasinya. Dia lebih mengandalkan fakta dan data daripada opini atau spekulasi. Dia juga belajar dari kesalahan-kesalahannya dan tidak mengulanginya lagi.
  10. “Jika Anda tidak menemukan cara untuk menghasilkan uang saat Anda tidur, Anda akan bekerja sampai Anda mati.”3 Kata kata ini menunjukkan bahwa Graham adalah seorang investor yang cerdas dan produktif. Dia tahu bagaimana cara memanfaatkan uangnya untuk bekerja untuknya, bukan sebaliknya. Dia mencari sumber-sumber pendapatan pasif yang bisa memberinya arus kas terus-menerus tanpa harus menghabiskan banyak waktu atau tenaga. Dia juga mengajarkan kita untuk mencari cara-cara untuk meningkatkan penghasilan kita, bukan hanya mengurangi pengeluaran kita.
  11. “Investasi terbaik yang bisa Anda lakukan, adalah investasi dalam diri sendiri… Semakin banyak Anda belajar, semakin banyak Anda akan mendapatkan” Kata kata ini menunjukkan bahwa Graham adalah seorang pembelajar seumur hidup yang selalu ingin meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya. Dia percaya bahwa dengan belajar terus-menerus, kita bisa membuka peluang-peluang baru dan mencapai potensi kita yang penuh. Dia juga mengajarkan kita untuk tidak puas dengan apa yang sudah kita miliki, tetapi selalu berusaha untuk menjadi lebih baik.
  1. “Uang tidak akan mengubah seberapa sehat Anda atau berapa banyak orang yang mencintai Anda.” Kata kata ini menunjukkan bahwa Graham adalah seorang filantropis yang peduli dengan kesejahteraan umat manusia. Dia sadar bahwa uang bukanlah segalanya dalam hidup, dan ada hal-hal yang lebih penting dan berharga daripada uang, seperti kesehatan dan cinta. Dia juga berkomitmen untuk menyumbangkan sebagian besar kekayaannya untuk tujuan-tujuan sosial dan kemanusiaan.
  2. “Jika Anda tidak membuat kesalahan, Anda tidak bisa membuat keputusan.” Kata kata ini menunjukkan bahwa Graham adalah seorang pemimpin yang berani dan bertanggung jawab. Dia tidak takut untuk membuat kesalahan, karena dia tahu bahwa itu adalah bagian dari proses belajar dan berkembang. Dia juga tidak menyalahkan orang lain atas kesalahan-kesalahannya, tetapi mengakui dan memperbaikinya.
  3. “Jangan simpan apa yang tersisa setelah belanja, tetapi belanjakan apa yang tersisa setelah menabung.” Kata kata ini menunjukkan bahwa Graham adalah seorang investor yang hemat dan bijak. Dia tidak mau menghambur-hamburkan uangnya untuk hal-hal yang tidak penting, tetapi lebih memprioritaskan untuk menabung dan berinvestasi. Dia juga mengajarkan kita untuk mengelola keuangan kita dengan baik, dan tidak hidup di atas kemampuan kita.
  4. “Saya tidak pernah membeli apa pun kecuali saya bisa menulis di atas kertas alasannya.” Kata kata ini menunjukkan bahwa Graham adalah seorang investor yang rasional dan sistematis. Dia tidak pernah berinvestasi berdasarkan intuisi, spekulasi, atau saran orang lain, tetapi berdasarkan analisis fundamental yang objektif dan logis. Dia juga selalu memiliki alasan yang kuat dan jelas untuk setiap keputusan investasinya.
  5. “Saham bukanlah lotere atau permainan dadu. Saham adalah bagian dari bisnis.” Kata kata ini menunjukkan bahwa Graham adalah seorang investor yang profesional dan serius. Dia tidak memperlakukan saham sebagai barang spekulatif yang bisa memberikan keuntungan cepat atau besar, tetapi sebagai bagian dari bisnis yang memiliki nilai intrinsik dan prospek jangka panjang. Dia juga selalu mempelajari bisnis-bisnis yang ia investasikan dengan seksama dan mendalam.
  6. “Saya lebih suka memiliki cerita buruk dengan harga bagus daripada cerita bagus dengan harga buruk.” Kata kata ini menunjukkan bahwa Graham adalah seorang investor yang realistis dan fleksibel. Dia tidak tergoda oleh saham-saham yang memiliki cerita bagus atau populer, tetapi harganya terlalu mahal atau overvalued. Dia lebih suka mencari saham-saham yang memiliki cerita buruk atau kurang diminati, tetapi harganya murah atau undervalued.
  7. “Tidak ada satu pun formula ajaib dalam investasi saham.” Kata kata ini menunjukkan bahwa Graham adalah seorang investor yang rendah hati dan terbuka. Dia tidak mengklaim bahwa metode atau prinsipnya adalah satu-satunya cara untuk berinvestasi saham dengan sukses. Dia menyadari bahwa ada banyak faktor dan variabel yang mempengaruhi kinerja investasi saham, dan tidak ada satu pun formula ajaib yang bisa menjamin hasil positif.
  8. “Investor cerdas adalah investor realistis yang menjual kepada optimis dan membeli dari pesimis.” Kata kata ini menunjukkan bahwa Graham adalah seorang investor yang cerdik dan oportunistik. Dia tahu bagaimana cara memanfaatkan siklus pasar saham, yaitu saat pasar saham naik dan turun secara bergantian. Dia menjual saham-sahamnya saat pasar saham sedang optimis dan harganya tinggi, dan membeli saham-sahamnya saat pasar saham sedang pesimis dan harganya rendah.
  9. “Investor yang sukses tidak mengikuti tren, tetapi menentukan tren.” Kata kata ini menunjukkan bahwa Graham adalah seorang investor yang inovatif dan visioner. Dia tidak mengikuti apa yang dilakukan oleh mayoritas investor, tetapi menciptakan tren baru dengan melihat peluang-peluang yang belum terlihat oleh orang lain. Dia juga selalu berpikir ke depan dan mempersiapkan diri untuk perubahan-perubahan yang akan terjadi di pasar saham.
  10. “Investor yang baik adalah investor yang sabar.” Kata kata ini menunjukkan bahwa Graham adalah seorang investor yang tenang dan konsisten. Dia tidak terburu-buru dalam berinvestasi saham, tetapi menunggu saat yang tepat untuk membeli atau menjual saham-sahamnya. Dia juga tidak mudah panik atau emosional saat menghadapi fluktuasi harga saham, tetapi tetap berpegang pada rencana investasinya.
  11. “Investor yang baik adalah investor yang berpendidikan.” Kata kata ini menunjukkan bahwa Graham adalah seorang investor yang berpengetahuan dan berpengalaman. Dia tidak pernah berhenti belajar dan meningkatkan kemampuan investasinya. Dia juga selalu mencari informasi dan sumber belajar yang bisa membantunya dalam berinvestasi saham, seperti buku, artikel, seminar, atau konsultasi.
  12. “Investor yang baik adalah investor yang diversifikasi.” Kata kata ini menunjukkan bahwa Graham adalah seorang investor yang berhati-hati dan seimbang. Dia tidak mau menaruh semua telurnya dalam satu keranjang, tetapi menyebarkan investasinya ke berbagai jenis saham, sektor, atau pasar. Dengan begitu, dia bisa mengurangi risiko dan meningkatkan return investasinya.
  13. “Investor yang baik adalah investor yang independen.” Kata kata ini menunjukkan bahwa Graham adalah seorang investor yang mandiri dan percaya diri. Dia tidak bergantung pada orang lain untuk membuat keputusan investasinya, tetapi berdasarkan analisisnya sendiri. Dia juga tidak mudah terpengaruh oleh opini atau saran orang lain, tetapi lebih mengandalkan fakta dan data.
  14. “Investor yang baik adalah investor yang bertanggung jawab.” Kata kata ini menunjukkan bahwa Graham adalah seorang investor yang etis dan profesional. Dia tidak hanya memikirkan keuntungan pribadi, tetapi juga dampak sosial dan lingkungan dari investasinya. Dia juga tidak lupa untuk berbagi ilmu dan pengalamannya kepada orang lain, terutama kepada generasi muda yang ingin belajar investasi saham.
Baca juga  Menggali Potensi Saham: Memahami Penggunaan CAPM untuk Saham Individual

Kesimpulan

Kata kata bijak Benjamin Graham tentang cara sukses investasi saham adalah kata kata bijak yang abadi dan relevan hingga saat ini. Dengan mendengarkan kata kata bijak tersebut, kita bisa belajar banyak dari sang maestro investasi saham. Kita juga bisa mendapatkan inspirasi dan motivasi untuk berinvestasi saham dengan cerdas dan menguntungkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *