Apa Saja yang Harus Kita Pelajari Agar Melek Finansial?

Melek finansial didefinisikan sebagai sebuah seni dan kemampuan untuk memahami dan mengelola keuangan kita dengan baik. Dengan menguasai hal ini, niscaya Anda akan jago kelola uang sehingga dapat membantu kita mencapai kesejahteraan finansial dan kualitas hidup yang lebih baik.

Sayangnya hal ini bukanlah sesuatu yang bisa kita dapatkan dengan mudah seperti membalikan telapak tangan. Yang kita perlukan adalah belajar dan berlatih agar semakinmelek finansial.

Pertanyaan berikutnya, apa saja yang harus kita pelajari agar melek finansial?

Beruntungnya, pada artikel ini, kita akan berbagi tentang sepuluh hal yang harus kita pelajari agar melek finansial. Apa aja, yuk simak pembahasan selengkapnya…

Daftar isi

1. Kenali Nilai, Tujuan, dan Kebutuhan Anda

Nilai adalah prinsip-prinsip yang menjadi pedoman hidup Anda, seperti kejujuran, keadilan, atau kebahagiaan. Sedangkan Tujuan adalah hal-hal yang ingin Anda capai dengan uang Anda, seperti membeli rumah, menikah, atau pensiun.

Lantas apa yang kita kita dapatkan disini?

Satu lagi…

Kebutuhan merupakan hal-hal yang harus Anda penuhi untuk bertahan hidup, seperti makanan, pakaian, atau kesehatan.

Jadi, dengan mengenali nilai, tujuan, dan kebutuhan Anda, maka Anda dapat menentukan prioritas dan arah keuangan Anda, sampai disini sudah nangkap? Yuk kita lanjut…

 

2. Belajar tentang Investasi

Investasi gak hanya soal duit atau saham, kripto atau properti. Investasi merupakan sebuah seni dalam mengembangkan uang Anda dengan memanfaatkan bunga majemuk atau capital gain.

Investasi bisa membantu Anda mencapai tujuan finansial Anda dalam jangka panjang, seperti membeli rumah, pendidikan anak, atau pensiun. Anda perlu belajar tentang berbagai jenis investasi, seperti saham, obligasi, reksa dana, emas, properti, atau bisnis.

Selain itu, Anda juga perlu belajar tentang profil risiko, tujuan, dan jangka waktu investasi Anda. selanjutnya, pelajari juga cara memilih, membeli, menjual, dan mengelola investasi/portofolio.

 

3. Take Action dalam Investasi

Take action dalam investasi berarti berani melakukan tindakan nyata untuk berinvestasi sesuai dengan rencana Anda. Contohnya meliputi hal-hal seperti membuka rekening investasi, menentukan alokasi dana, membeli produk investasi, memantau kinerja investasi, dan menyesuaikan portofolio investasi.

Baca juga  9 Panduan Praktis Membuat Budget Keuangan Pribadi untuk Membangun Pondasi Finansial yang Kokoh

Tentu saja kita membutuhkan konsistensi, disiplin, dan kesabaran. Selain itu, kita juga membutuhkan diversifikasi, yaitu menyebarkan dana Anda ke berbagai jenis investasi untuk mengurangi risiko.

 

4. Serius Kelola Uang

Emang ada ya orang yang gak serius kelola uang? Ada, banyak malah…

Maksudnya?

Jadi gini, Serius kelola uang berarti mengatur uang Anda dengan efektif dan efisien, sesuai dengan penghasilan, pengeluaran, tabungan, dan investasi Anda. Aktivitas ini meliputi hal-hal membuat anggaran bulanan, mencatat penghasilan dan pengeluaran, menyisihkan sebagian penghasilan untuk tabungan dan investasi, membayar utang, dan memiliki dana darurat.

Selain itu, tentu kita membutuhkan niat, komitmen, dan tindakan. Jangan lupa, lakukan juga evaluasi, yaitu mengecek dan menyesuaikan keuangan Anda secara berkala.

 

5. Kembangkan Kemampuan Nego

Emang apa pentingnya sih nego? Penting pake banget ya…

Kemampuan nego merupakan sebuah seni dalam berkomunikasi dan bernegosiasi dengan pihak lain untuk mendapatkan hasil yang menguntungkan bagi Anda. Dengan demikian, Anda menghemat uang, mendapatkan harga yang lebih baik, atau mendapatkan fasilitas yang lebih baik.

Apa yang mesti dilakukan?

Mempelajari hal-hal baru tentang teknik-teknik negosiasi, seperti mengetahui batas bawah dan atas Anda, mengetahui kebutuhan dan keinginan pihak lain, menawarkan dan meminta konsesi, dan menutup kesepakatan. Anda juga perlu mengembangkan kemampuan nego dengan berlatih dan berpengalaman.

 

6. Cobalah Bertanya Jika Gak Paham

Ini merupakan sikap yang proaktif dalam mencari informasi dan penjelasan jika Anda menemui hal-hal yang tidak Anda mengerti atau ragu tentang keuangan Anda. Hal ini tentu saja dapat membantu Anda memperluas wawasan, menghindari kesalahan, atau mendapatkan solusi.

Carilah sumber-sumber yang akurat dan terpercaya, seperti buku, artikel, blog, podcast, seminar, webinar, kursus online, atau komunitas keuangan. Anda juga bisa mengajukan pertanyaan yang jelas, spesifik, dan relevan.

Baca juga  Kecerdasan Financial untuk Generasi Milenial: Menerobos Batasan Keuangan dengan Gaya

 

7. Pengalaman adalah Guru Terbaik, Jadi Belajarlah dari Kesalahan

Ini semacam sikap untuk menerima dan mempelajari kesalahan yang Anda buat dalam mengelola keuangan Anda. Pengalaman adalah guru terbaik, jadi belajarlah dari kesalahan dapat membantu Anda memperbaiki dan meningkatkan kinerja keuangan Anda.

Belajarlah dari kesalahan diri dan orang lain, dengan rendah hari mengakui, menganalisis, dan mengoreksi kesalahan Anda. Jadi belajarlah dari kesalahan dengan tidak mengulangi kesalahan yang sama dan mencoba hal-hal yang baru.

 

8. Berteman dengan Orang-orang yang Paham tentang Tujuan Keuangan

Maksudnya gimana nih?

Ini merupakan sebuah seni dalam membangun hubungan dengan orang-orang yang memiliki visi, misi, dan nilai yang sama dengan Anda dalam hal keuangan. Hal ini bisa membantu Anda mendapatkan dukungan, inspirasi, motivasi, dan saran dalam mengelola keuangan Anda.

Yang diperlukan adalah mencari, mengenal, dan menjalin hubungan dengan orang-orang yang melek finansial, seperti mentor, teman, atau komunitas keuangan. Selain itu, bertemanlah dengan orang-orang yang paham tentang tujuan keuangan dengan berbagi, berdiskusi, dan berkolaborasi dengan mereka.

 

9. Cari Hobi yang Berpotensi Hasilkan Cuan

Cari hobi yang berpotensi hasilkan, emang bisa gitu?

Melakukan aktivitas yang Anda sukai dan dapat menghasilkan uang, diera digital seperti sekarang itu bukanlah hal tabu. Jadi, cari hobi yang berpotensi hasilkan cuan, sehingga Anda bisa menambah penghasilan, mengisi waktu luang, dan menyalurkan bakat dan minat Anda.

Kuncinya adalah dengan menemukan, mengembangkan, dan memasarkan hobi Anda. Selanjutnya, miliki kemampuan untuk mengelola keuangan hobi dengan baik, seperti menetapkan harga, menghitung biaya, dan mencatat pendapatan dan pengeluaran.

 

10. Mindset Kaya Gak Sekedar Uang

Singkatnya, ini semacam pola pikir yang menganggap bahwa kekayaan tidak hanya diukur dari jumlah uang, tetapi juga dari nilai-nilai lain yang lebih penting, seperti kesehatan, keluarga, teman, hobi, dan kontribusi. Hal ini dapat membantu Anda menikmati hidup yang lebih bahagia, seimbang, dan bermakna.

Baca juga  Apa itu Portofolio Investasi dan Bagaimana Cara Merancang Portofolio yang Sesuai Profil Risiko Anda?

Jadi, gak melulu soal uang ya gaes… ingat itu…

Satu hal lagi, investasi terbaik juga bukan soal saham melainkan Investasi Leher Keatas, jadi kamu boleh memperdalam hal itu agar kelak kehidupan mu lebih bersinar.

Emang bintang bersinar bro?

Ya, ini semacam khiasan atau analogi yang menggambarkan keberhasilan hidup dengan berinvestasi leher keatas atau invesasi otak. Hal ini banyak saya ulas di buku saya “Became The Rich Employee”. Jika Anda tertarik, Anda bisa miliki bukunya seharga Ngopi, anggap aja traktir saya ngopi. Klik Link Dibawah

https://wa.me/p/6390075937782259/628125610913

Kesimpulan

Sekarang kita tiba pada akhir pembahasan, jadi jika direkap kita sudah membahas 10 langkah menuju melek finansial. Tentu hal ini gak jadi dalam semalam melainkan butuh proses, pengobanan dan juga integritas serta sentuhan manusiawi.

So, melek finansial berbicara tentang sebuah seni serta kemampuan untuk memahami dan mengelola keuangan Anda dengan baik. Hal ini akan membantu Anda mencapai kesejahteraan finansial dan kualitas hidup yang lebih baik. Jadi, mulailah sekarang dan raih kebebasan finansial versi Anda!

Key takeaways:

  • Kekayaan bukan hanya tentang uang, tetapi juga tentang hal-hal yang membuat Anda bahagia dan bermanfaat
  • Kekayaan harus diimbangi dengan kesehatan, hubungan, dan hobi yang positif
  • Kekayaan harus digunakan untuk memberikan manfaat kepada diri sendiri dan orang lain

Oke, saya Daniel dan sampai bertemu pada pembahasan berikutnya, salam…

Iklan

Melalui buku ini, Anda akan belajar bagaimana Membangun kekayaan Melalui Investasi.

One Reply to “Apa Saja yang Harus Kita Pelajari Agar Melek Finansial?

  1. Akhirnya ada yang menulis dengan sangat baik soal Cara Melek Finansial. Makasih untuk artikel yang sangat mencerahkan. Top berkualitas banget, Pak Daniel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *