4 Aspek Penting Dalam Web Hosting yang Sangat Berpengaruh pada Peringkat Situs Anda di Google SERP

Apakah Anda sedang mencari web hosting yang cocok untuk mengembangkan website bisnis Anda? Atau mungkin ingin berpindah hosting yang lebih cepat dan powerfull?

Jika demikian, ada baiknya Anda pertimbangkan untuk mengecek dan mengetahui lebih jauh pada https://www.domainesia.com/. Dengan begitu, Anda bisa menentukan pilihan yang ada disana dan tentunya sesuai kebutuhan Anda.

Oke, kita tinggalkan sejenak pilihan hosting dan mencoba melihat lebih detil tentang beberapa informasi berikut.

Oke, selama pembaruan algoritma terbarunya pada bulan Mei 2020, Google telah mengubah sejumlah kriteria peringkatnya yang terkait langsung dengan kualitas hosting Anda.

Di sini, kita akan melihat aspek apa saja dari hosting Anda yang dapat memengaruhi kemampuan situs web Anda untuk meningkatkan peringkat dan menjelaskan bagaimana hal ini menjadi begitu penting. Mari kita bahas, so ikuti terus…

1.Kecepatan loading atau pemuatan situs

Kecepatan situs penting untuk mesin pencari karena meningkatkan pengalaman pelanggan. Situs web yang memuat lambat memiliki tingkat pengabaian yang jauh lebih tinggi karena pengguna tidak bersedia menunggu mereka memuat.

Untuk alasan ini, semakin lambat kinerja situs, semakin kecil kemungkinan Google akan menampilkannya dalam hasilnya – itu terlihat buruk pada mereka. Lebih lanjut, untuk melakukannya dengan baik, situs perlu berkinerja cepat di perangkat seluler dan PC.

Waktu pemuatan situs web adalah fitur hosting web penting untuk Google. Meskipun ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat situs web Anda yang tidak bergantung pada hosting, seperti pengoptimalan gambar, kompresi, minifikasi, caching dan penggunaan jaringan pengiriman konten, pada akhirnya, kinerja server Anda sangat penting.

Baca juga  Ide Cemerlang untuk Menciptakan Sumber Pendapatan Baru Meskipun Anda Berada di Rumah

Google mencatat sejumlah skala waktu saat menilai kinerja, seperti waktu yang diperlukan untuk mulai memuat konten di browser, seberapa cepat halaman menjadi interaktif dan berapa lama waktu yang diperlukan server Anda untuk menanggapi tindakan yang dilakukan oleh pengguna, misalnya, mengklik tautan.

Jika server Anda berkinerja terlalu lambat pada salah satu kriteria ini, itu akan mempengaruhi kemampuan halaman Anda untuk peringkat.

Memilih host web yang menggunakan server berkinerja tinggi, seperti yang memiliki drive SSD dan prosesor Intel Xeon dapat mempercepat kinerja secara dramatis. Jadi, juga, dapat meningkatkan ke solusi yang lebih kuat, seperti VPS atau VW, cloud atau dedicated server.

 

2.Uptime server

Meskipun Google tidak suka mengirim pengguna ke situs web pemuatan yang lambat, mungkin bahkan kurang senang mengirimnya ke situs yang sering offline.

Jika terus memasok tautan ke situs yang tidak ada, orang akan menggunakan mesin pencari alternatif. Oleh karena itu, Google memantau jumlah waktu situs web online dan menggunakan ini sebagai bagian dari algoritma peringkatnya.

Ada banyak alasan mengapa situs Anda tiba-tiba offline. Beberapa di antaranya terkait dengan hal-hal yang Anda lakukan di situs Anda, seperti memasukkannya ke mode pemeliharaan atau menyebabkannya menabrak pemasangan perangkat lunak yang tidak kompatibel atau membuat kesalahan pengkodean.

Alasan lain bisa karena hosting web Anda, seperti ketika server Anda membutuhkan penambalan dan pembaruan sistem operasinya.

Namun, dengan beberapa solusi hosting, jumlah waktu situs web Anda offline dapat tidak dapat diterima oleh Google.

Misalnya, jika perangkat keras sudah ketinggalan zaman, tidak dapat diandalkan dan terus rusak atau jika terlalu sedikit sumber daya yang tersedia untuk akun hosting bersama yang server tidak dapat mengatasi jumlah lalu lintas. Dalam hal ini, itu dapat mempengaruhi kemampuan peringkat situs.

Baca juga  Menakar Peluang Bisnis Online di Era Revolusi Industri 4.0

Untuk melindungi diri Anda sendiri, pastikan web hosting Anda menawarkan waktu aktif yang dijamin didukung oleh perjanjian tingkat layanan. Minimum yang harus Anda cari adalah uptime 99.95%. Jika Anda memerlukan uptime 100%, maka Anda perlu memilih solusi hosting cloud.

 

3.Lokasi server

Data perlu melakukan perjalanan dari A ke B dan semakin jauh ia harus pergi, semakin lama waktu yang dibutuhkan.

Ini meningkatkan latensi, membuat server Anda merespons lebih lambat terhadap permintaan dari browser pengguna dan, dengan demikian, mengurangi kecepatan situs.

Meskipun dimungkinkan untuk mempercepat waktu pemuatan global menggunakan Jaringan Pengiriman Konten (CDN), ini hanya berfungsi untuk data situs web statis, yaitu konten situs web yang tetap sama.

Untuk situs web yang menyediakan banyak data dinamis, yaitu.pages yang berubah untuk pengguna individu atau yang menampilkan hal-hal seperti hasil pencarian produk, semakin dekat server ke browser, semakin baik kinerjanya.

Idealnya sih begitu ya teman, oleh karena itu, Anda memerlukan server yang secara geografis terletak lebih dekat ke tempat sebagian besar lalu lintas Anda berasal. Jika Anda adalah perusahaan yang berbasis di Indonesia, masuk akal untuk memiliki situs web Anda dihosting di server di pusat data berbasis di Indonesia.

Beberapa web hosting, menyimpan data mereka di seluruh planet ini, sebagian besar di pusat data AS yang besar. Bahkan jika perusahaan berbasis di Indonesia, servernya mungkin ada di mana saja.

 

4.Sertifikat SSL

Ikon gembok yang ditampilkan di browser adalah indikasi yang jelas tentang seberapa serius Google mengambil keamanan.

Hal terakhir yang diinginkannya adalah mengirim penggunanya ke situs di mana data keuangan mereka mungkin berisiko diretas karena koneksi yang tidak aman antara browser dan situs web Anda.

Baca juga  4 Rekomendasi Buku Pengantar Manajemen

Saat ini, keamanan koneksi itu adalah kunci untuk berkinerja baik dalam hasil mesin pencari. Satu-satunya cara untuk mendapatkan ikon gembok hijau adalah dengan menginstal sertifikat SSL yang akan mengenkripsi data yang bepergian antara browser dan server. Ini biasanya diperoleh melalui web hosting Anda.

Ada berbagai jenis sertifikat SSL dan yang Anda butuhkan tergantung pada tingkat keamanan yang diperlukan untuk organisasi Anda. Hosting yang baik akan menyediakan semua jenis yang tersedia dan memberikan bantuan teknis untuk menginstalnya jika diperlukan.

Mungkin kurang dikenal, SSL Domain Tervalidasi sekarang dapat diperoleh secara gratis selama masa aktif hosting ketika Anda membeli hosting. Domainesia memungkinkan Anda memilih Let’s Encrypt, untuk menginstal sertifikat SSL langsung dari dalam panel kontrol cPanel Anda.

Meskipun demikain, ada banyak web hosting yang tidak mengakomodir hal ini sehingga memaksa pelanggan untuk membeli SSL alternatif dan membayar biaya tahunan untuk penggunaannya.

 

Kesimpulan

Dalam dorongannya untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada penggunanya, Google mendorong situs web untuk meningkatkan game mereka.

Dari perspektif web hosting, ini berarti memiliki situs yang dimuat dengan cepat di semua perangkat, memiliki latensi minimal, dapat diandalkan online untuk 99,5% dari waktu atau lebih dan yang menyediakan koneksi yang aman dan terenkripsi.

Situs yang memenuhi 4 kriteria diatas memungkinkan mereka mendapat posisi yang lebih baik di serp. Jadi apakah Anda tetap dengan keadaan sekarang atau berubah untuk menjadi lebih baik kedepan? Pilihan ada ditangan Anda, dan Anda yang menentukan hal ini!

Tinggalkan Jejak