Apa Perbedaan Barang Inferior dan barang Pelengkap?

Barang inferior dan barang pelengkap adalah dua jenis barang yang memiliki hubungan yang berbeda dengan harga dan pendapatan konsumen. Barang inferior adalah barang yang permintaannya menurun seiring dengan meningkatnya pendapatan konsumen, sedangkan barang pelengkap adalah barang yang permintaannya bergerak searah dengan harga barang lain yang berhubungan dengannya. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang perbedaan antara barang inferior dan barang pelengkap.

Barang inferior

Barang inferior adalah barang yang permintaannya cenderung menurun seiring dengan meningkatnya pendapatan masyarakat atau konsumen. Dengan kata lain, permintaan jenis barang ini berbanding terbalik dengan pendapatan konsumen1Hal ini terjadi karena konsumen yang mengalami kenaikan pendapatan akan mengurangi pengeluarannya untuk barang inferior, dan menggantinya dengan barang yang lebih baik atau berkualitas2.

Contoh barang inferior adalah mie instan, roti tawar, minyak goreng curah, dan sebagainya. Barang-barang ini biasanya dikonsumsi oleh masyarakat berpenghasilan rendah atau ketika kondisi ekonomi sedang sulit. Ketika pendapatan konsumen naik, mereka akan beralih ke barang yang lebih sehat, bergizi, atau bermerek3.

Barang pelengkap

Barang pelengkap adalah barang yang permintaannya bergerak searah dengan harga barang lain yang berhubungan dengannya. Dengan kata lain, permintaan jenis barang ini akan naik ketika harga barang lain turun, dan sebaliknya2Hal ini terjadi karena adanya ketergantungan atau keterkaitan antara kedua barang tersebut dalam memenuhi kebutuhan atau keinginan konsumen3.

Contoh barang pelengkap adalah bensin dan mobil, roti dan selai, kopi dan gula, dan sebagainya. Barang-barang ini biasanya dikonsumsi bersama-sama atau saling melengkapi satu sama lain. Ketika harga salah satu barang turun, konsumen akan membeli lebih banyak barang tersebut, dan juga membeli lebih banyak barang lain yang menjadi pelengkapnya2.

Baca juga  250+ Daftar Istilah Dalam Marketing (Konvensional dan Digital)

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa perbedaan antara barang inferior dan barang pelengkap adalah sebagai berikut:

  • Barang inferior adalah barang yang permintaannya menurun seiring dengan meningkatnya pendapatan konsumen, sedangkan barang pelengkap adalah barang yang permintaannya bergerak searah dengan harga barang lain yang berhubungan dengannya.
  • Barang inferior memiliki tingkat elastisitas pendapatan negatif, sedangkan barang pelengkap memiliki tingkat elastisitas silang negatif.
  • Barang inferior biasanya dikonsumsi oleh masyarakat berpenghasilan rendah atau ketika kondisi ekonomi sedang sulit, sedangkan barang pelengkap biasanya dikonsumsi bersama-sama atau saling melengkapi satu sama lain.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda memahami perbedaan antara barang inferior dan barang pelengkap. Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran, silakan tulis di kolom komentar. Terima kasih telah membaca artikel ini.

Iklan

Melalui buku ini, Anda akan belajar bagaimana Membangun kekayaan Melalui Investasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *