Teori Manajemen Sumber Daya Manusia: Konsep, Fungsi, dan Aplikasi

Manajemen sumber daya manusia atau yang lebih sering disingkat MSDM, adalah salah satu bidang ilmu dan praktik yang berkaitan dengan pengelolaan sumber daya manusia (SDM) dalam organisasi. Dapat dikatakan bahwa SDM sebagai aset yang sangat berharga bagi organisasi, karena memiliki potensi untuk menciptakan nilai, inovasi, dan keunggulan kompetitif.

Oleh karena itu, MSDM bertujuan untuk merencanakan, mengorganisasikan, memimpin, dan mengendalikan seluruh kegiatan yang berkaitan dengan pengadaan, pengembangan, pemberian kompensasi, pemeliharaan, dan pemutusan hubungan kerja SDM, sesuai dengan tujuan dan strategi organisasi, serta ketentuan dan perundangan yang berlaku.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang konsep, fungsi, dan aplikasi MSDM dalam organisasi.

Daftar isi

Konsep MSDM

Konsep MSDM dapat dipahami dari beberapa perspektif, yaitu:

Fungsi MSDM

Fungsi MSDM dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu fungsi operasional dan fungsi strategis12.

Baca juga  Jelaskan Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli! (Pengertian, Tujuan, Fungsi, Fokus dan Ekspektasi Divisi HR)

Aplikasi MSDM

Aplikasi MSDM adalah penerapan MSDM dalam praktik organisasi. Aplikasi MSDM dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai metode, teknik, dan alat yang sesuai dengan kondisi dan situasi organisasi. Beberapa contoh aplikasi MSDM adalah sebagai berikut:

Baca juga  Mengungkap Rahasia Menentukan Kualitas Sumber Daya Manusia yang Luar Biasa

Kesimpulan

MSDM adalah bidang ilmu dan praktik yang berkaitan dengan pengelolaan SDM dalam organisasi. MSDM memiliki konsep, fungsi, dan aplikasi yang berbeda-beda, tergantung pada perspektif, tujuan, dan strategi organisasi.

MSDM bertujuan untuk merencanakan, mengorganisasikan, memimpin, dan mengendalikan seluruh kegiatan yang berkaitan dengan SDM, sesuai dengan tujuan dan strategi organisasi, serta ketentuan dan perundangan yang berlaku.

MSDM juga bertujuan untuk menciptakan nilai, inovasi, dan keunggulan kompetitif organisasi melalui SDM yang berkualitas, berkompeten, berkomitmen, dan beradaptasi dengan perubahan lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *