Apa Perbedaan Bank dan Credit Union?

perbedaan bank dan credit union

Apa sih perbedaan bank dan credit union? Sederhananya, Bank adalah lembaga atau badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya dalam bentuk kredit, pelayanan terbuka untuk semua masyarakat. Sedangkan Credit Union merupakan lembaga keuangan mikro yang menghimpun dana hanya dari anggota dan menyalurkan kredit hanya kepada anggota, fokus pelayanan pada anggota.

Sebagai gambaran, Bank atau Credit Union ada di hampir setiap kecamatan di Indonesia, konsumen dimanjakan dengan pilihan dalam kebutuhan perbankan mereka. Banyak kesamaan ataupun perbedaan antara bank vs Credit Union yang mungkin membuat Anda bertanya-tanya, mana sih lembaga keuangan yang tepat untuk kebutuhan Anda.

Meskipun kedua jenis lembaga keuangan ini memungkinkan Anda untuk menyimpan atau meminjam uang dengan aman untuk berbagai penggunaan, ada perbedaan antara keduanya yang penting dalam hal memilih di mana harus bank dan bagaimana menangani uang Anda.

Baca juga: Pengertian Industri.

Berikut akan kami sampaikan beberapa perbedaan yang mencolok agar kita memiliki pamahaman yang sama:

Definisi Bank vs Credit Union

Dikutip dari peraturan BI no 9/7/PBI/2007, dijelaskan bahwa Bank Umum ialah bank yang kegiatannya memberikan jasa dalam lalulintas pembayaran usahanya secara konvensional atau berdasarkan prinsip syariah.

Berdasarkan UU No 10 tahun 1998, Bank Umum diartikan sebagai badan usaha yang mengumpulkan dan menghimpun dana masyarakat berupa simpanan dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat dalam bentuk kredit atau bentuk-bentuk lain sebagai usaha peningkatan taraf hidup masyarakat.

Sedangkan Credit Union itu sendiri berasal dari bahasa latin yaitu “credere” atau “unus” yang berarti percaya dan “union” yang berarti kumpulan, sehingga jika dirumuskan, credit union merupakan kumpulan orang yang saling percaya dalam ikatan pemersatu dan sepakat untuk menabungkan uang mereka sehingga tercipta modal bersama, yang kemudian untuk dipinjamkan kepada sesama anggota untuk tujuan produktif dan kesejahteraan.

Di Indonesia, Credit Union berada dibawah Kementrian Koperasi dan UMKM sedangkan Bank dibawah pengawasan Bank Indonesia dan OJK.

Perbedaan juga terdapat dari siapa yang dilayani, jika Bank terbuka untuk umum atau siapa saja yang terdaftar sebagai “nasabah” sedangkan credit union lebih fokus pada melayani siapa saja yang menjadi “anggota”.

 

Pengoperasian Bank vs Credit Union

Kedua jenis lembaga mengumpulkan uang dan meminjamkan uang dengan suku bunga yang lebih tinggi daripada yang mereka bayarkan pada deposito, serta melalui biaya.

Baca juga  Pendapat Ahli tentang Pengertian Bisnis

Perbedaan utama antara bank dan Credit Union adalah bahwa Credit Union adalah organisasi yang dimiliki dan dikendalikan oleh pelanggan mereka, yang dikenal sebagai “anggota.”  Tujuan utama Credit Union adalah untuk mempromosikan kesejahteraan keuangan dan mengembalikan keuntungan kepada anggota mereka berupa “Deviden”.

Sebaliknya, bank adalah organisasi profit yang dimiliki dan dijalankan oleh pemegang saham.   Investor di bank jumlahnya sangat banyak khususnya yang sudah go public, pemegang saham anonim atau beberapa investor besar, tergantung pada bank. Motif utama bank adalah memaksimalkan keuntungan bagi para pemegang saham.

Baca juga: Pengertian Manajemen Industri.

 

Kelayakan Bank vs Credit Union

Bank terbuka untuk masyarakat umum. Sementara bank regional yang beroperasi di lokasi tertentu dapat membatasi beberapa atau semua produk perbankan kepada orang-orang di lokasi tersebut, bank nasional biasanya memperpanjang rekening individu untuk setiap penduduk legal berusia 18 tahun ke atas.

Sebaliknya, Credit Union diharuskan untuk membatasi basis pelanggan mereka kepada sekelompok orang yang memiliki ikatan bersama, yang dikenal sebagai “bidang keanggotaan.” Untungnya, persyaratannya relatif mudah dipenuhi. Anda mungkin memenuhi syarat untuk bergabung dengan Credit Union karena:

  • Tempat Anda bekerja
  • Di mana Anda tinggal
  • Keanggotaan Anda di organisasi (seperti sekolah atau tempat ibadah)
  • Kelayakan anggota keluarga

Dapat dikatakan bahwa keduanya (bank dan credit union) memiliki kelayakan dan karakteristik masing-masing, termasuk syarat dalam merekrut anggota maupun nasabahnya. Seiring perkembangan waktu, keduanya memiliki segmen pasar yang sangat mirip bahkan tak jarang nasabah bank berpindah pada credit union, demikian sebaliknya.

 

Produk Layanan Bank vs Credit Union

Bagi sebagian besar pelanggan, konsumen yang menangani keuangan pribadi dan usaha kecil pilihan bank atau Credit Union tidak akan membatasi produk yang tersedia untuk Anda. Penawaran dasar di kedua jenis lembaga keuangan hampir sama.

Sebagian besar bank dan Credit Union menawarkan:

  1. Pengecekan rekening
  2. Rekening Tabungan
  3. Akun pasar uang
  4. Sertifikat deposito
  5. Rekening bank bisnis.
  6. Pinjaman rumah (termasuk pinjaman pembelian dan refinancing)
  7. Pinjaman mobil untuk kendaraan baru dan bekas (termasuk pinjaman sepeda motor)
  8. Pinjaman tanah dan konstruksi bangunan.

Namun, bank lebih cenderung menawarkan produk khusus, seperti pinjaman mahasiswa atau layanan rekening Giro atau Western Union. Credit Union yang lebih kecil mungkin tidak dapat mengakomodasi kebutuhan Anda, tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba!

Beberapa bank atau credit union memiliki kemitraan dengan penyedia layanan yang memungkinkan mereka untuk memberikan layanan ini kepada pelanggan mereka.

Baik bank maupun Credit Union juga menawarkan layanan perbankan online dan aplikasi seluler untuk manajemen akun, meskipun bank dapat menawarkan fitur mutakhir lebih cepat.

Akan tetapi, keduanya memungkinkan Anda untuk melihat akun/rekening, melakukan setoran dengan perangkat seluler Anda, mentransfer uang antar akun, dan membayar tagihan atau PPOB.

Baca juga  Pengertian Industri: Definisi, Jenis, Tujuan & Manfaat, Faktor yang Mempengaruhi

 

Tarif dan Biaya Administrasi di Credit Unions vs Banks

Perbedaan penting lainnya antara kedua jenis kelembagaan ini adalah bahwa Credit Union cenderung menawarkan tarif dan biaya yang lebih menarik secara keseluruhan.

Mereka tidak hanya berfokus pada memaksimalkan keuntungan bagi anggota daripada investor luar, tetapi status nirlaba mereka membebaskan mereka dari jenis pajak yang sama yang harus dibayar bank.

Akibatnya, mereka cenderung menawarkan suku bunga yang lebih tinggi pada rekening tabungan dan sertifikat deposito, tingkat pinjaman yang lebih rendah, dan biaya rekening yang lebih rendah daripada bank.

Kombinasi manfaat ini memungkinkan pelanggan untuk memaksimalkan pengembalian deposito dan meminimalkan biaya pinjaman mereka.

Bank menawarkan tarif yang lebih rendah pada deposito nasabah dan tarif pinjaman yang lebih tinggi karena beban pajaknya yang lebih tinggi dan motifnya untuk memaksimalkan keuntungan bagi investor.

Namun, baik semua bank maupun semua Credit Union tidak sama. Beberapa bank menawarkan tingkat yang lebih kompetitif daripada Credit Union. Yang terbaik adalah mencoba untuk bertanya kepada orang yang tepat sebelum mengasumsikan Credit Union akan memberi Anda kesepakatan yang lebih baik.

Baca: Pengertian Manajemen Bisnis.

 

Keamanan Credit Union vs Bank

Anda mungkin bertanya-tanya apakah lebih aman untuk menyimpan deposito di bank daripada di serikat kredit. Sebenarnya, selama lembaga ini memegang asuransi, uang Anda umumnya aman di salah satu jenis institusi.

Asuransi teraman yang tersedia berasal dari pemerintah Indonesia yaitu Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Untuk rekening bank, Bank lebih mengasuransikan dana nasabah dengan dukungan pemerintah.  Tentunya dengan biaya yang sudah diperhitungkan dalam biaya operasional Bank.

Di credit union, ada yang namanya Credit Union Sekunder yang membawahi beberapa Credit Union Primer, merekalah yang kemudian membangun dana bersama untuk melindungi dana/simpanan ataupun pinjaman anggota dengan tarif yang disesuaikan.

Artinya tidak ada campur tangan pemerintah dalam hal ini, meskipun sebenarnya Credit Union primer dapat pula mengasuransikan simpanan ataupun pinjaman anggotanya dengan biaya asuransi tambahan.

Jika lembaga berada di bawah, beberapa atau semua uang Anda dapat diasuransikan, yang berarti dana yang hilang akan diganti. Dalam kebanyakan kasus, akun Anda akan berakhir di institusi baru, dan Anda akan menyimpan nomor akun dan saldo akun yang sama seperti sebelumnya.

 

Layanan Pelanggan di Credit Unions vs Bank

Layanan ini tergantung, sebagian, pada budaya keseluruhan organisasi. Kualitas interaksi Anda dengan staf juga dapat bergantung pada siapa Anda berbicara pada hari tertentu.

Meskipun demikian, Credit Union dan bank kecil dikenal karena menyediakan tingkat layanan nasabah yang lebih personal dibandingkan bank besar.

Dengan lebih sedikit pelanggan dan karyawan, mungkin lebih mudah bagi semua orang untuk mengenal satu sama lain.

Baca juga  Jelaskan Pengertian Efektivitas dan Efisiensi dalam Manajemen Menurut Pendapat Anda

Ada kemungkinan Anda akan bekerja dengan orang yang sama setiap kali Anda mengunjungi cabang, dan Anda dapat mengembangkan hubungan yang berlangsung lama. Hubungan tersebut berpotensi mempermudah penyelesaian masalah dengan akun Anda.

Di bank-bank besar, mengharapkan pengalaman yang lebih konsisten tetapi kurang dipersonalisasi. Karyawan lebih cenderung telah menyelesaikan program pelatihan komprehensif dengan protokol yang kaku untuk menangani masalah layanan, memberi mereka sedikit fleksibilitas untuk mengakomodasi kebutuhan unik Anda.

Credit Union yang berpartisipasi juga menyediakan layanan di cabang bersama, memungkinkan Anda untuk mengunjungi cabang-cabang Credit Union lain yang berpartisipasi secara nasional. Anda dapat melakukan setoran dan penarikan di cabang-cabang tersebut, serta melakukan transfer dan pembayaran, tetapi Anda mungkin perlu bekerja dengan Credit Union lokal Anda pada masalah yang lebih kompleks.

 

Mana Yang Lebih Baik: Bank atau Credit Union?

Kedua jenis lembaga tersebut menyediakan layanan keuangan yang kuat. Bank memiliki persyaratan kelayakan yang lebih sedikit dan kadang-kadang penawaran produk yang lebih khusus, tetapi mereka menawarkan tingkat yang kurang kompetitif dan biaya yang lebih tinggi.

Credit Union lebih selektif tentang anggota mereka, dan yang kecil mungkin tidak menawarkan produk khusus yang Anda cari, tetapi mereka yang bergabung dengan bidang keanggotaan mendapatkan akses menikmati tarif dan biaya yang lebih menarik.

Jika kepemilikan tidak penting bagi Anda, keputusan bermuara pada produk dan tarif dan biaya yang Anda cari di institusi individu yang Anda lihat. Dan ingat: Anda dapat menyimpan rekening di bank dan Credit Union untuk memanfaatkan manfaat keduanya.

Jika Anda memutuskan untuk beralih ke bank atau Credit Union yang berbeda, ambil langkah-langkah untuk menghindari masalah saat Anda memindahkan uang Anda. Gunakan daftar periksa untuk beralih bank agar prosesnya tidak menyakitkan.

 

Kesimpulan

Diatas kita telah mengulas perbedaan antara Bank dan Credit Union baik dari sisi definisi, produk yang ditawarkan, keamanan, layanan pelanggan, biaya administrasi dan bunga, serta operasional keduanya.

Tentu yang sangat familiar bagi Anda yang juga pembaca website ini adalah bank dibandingkan credit union, akan tetapi disini kita terus berupaya untuk melakukan edukasi kepada masyarakat. Credit union (berbadan hukum Koperasi) mungkin lebih familiar bagi Anda, tetapi antara koperasi dan credit union sesungguhnya juga memiliki perpedaan.

Masing-masing memiliki ciri khas yang membedakan keduanya, setelah mengetahuinya tentu pilihan kembali ditangan Anda.  Pilihan bank atau credit union tentu yang sesuai dengan kebutuhan keuangan Anda. Demikian ulasan singkat ini, mudah-mudahan tulisan ini dapat membantu dan bermanfaat, seperti biasa: Terima kasih sudah berkunjung….

 

Source:

√ Pengertian Bank Umum, Tugas, Fungsi, Jenis Terlengkap (onoini.com)

132222208_full.pdf (usd.ac.id)

One Reply to “Apa Perbedaan Bank dan Credit Union?

Tinggalkan Jejak