Pengertian Promosi Menurut Para Ahli: Definisi, Tujuan, Jenis & Contohnya

pengertian promosi menurut para ahli

Jika Anda ingin memahami konsep, jenis, serta pengertian promosi menurut para ahli, maka artikel ini bisa menjawab pertanyaan Anda. Karena pembahasan ini mencakup beberapa yakni seperti definisi, tujuan, jenis dan contoh promosi.

Promosi adalah proses memberikan informasi, membujuk sampai mempengaruhi proses pembelian/penggunaan terhadap suatu produk atau jasa kepada konsumen. Tujuan promosi secara umum untuk meningkatkan volume penjualan suatu produk/jasa.

Promosi merupakan bauran pemasaran yang berusaha mengkomunikasikan produk atau jasa kepada konsumen sehingga menciptakan permintaan yang terus menerus hingga akhirnya jadi pelanggan.

Bayangkan hal berikut: salah satu ponsel cerdas baru saja diluncurkan. Perusahaan sangat yakin dengan kualitas produk mereka dan sangat optimis tentang penjualan mereka.

Kecuali satu hal, bagaimana mereka menyampaikan kepada publik tentang ponsel cerdas yang luar biasa ini? Yah mereka gencar mempromosikannya.

Mari kita pahami tentang konsep dan jenis promosi.

Apa itu Promosi?

Promosi secara umum diketahui sebagai jenis komunikasi antara pembeli dan penjual. Penjual mencoba membujuk pembeli untuk membeli barang atau jasa mereka melalui promosi.

Kegiatan ini membantu dalam membuat orang atau pelanggan makin sadar akan suatu produk, layanan atau perusahaan.

Ini juga membantu meningkatkan citra publik perusahaan. Metode pemasaran ini juga dapat menciptakan minat di benak pembeli dan juga dapat menghasilkan pelanggan yang loyal.

Promosi merupakan salah satu elemen dasar dari bauran pemasaran, yang mencakup keempat P: Price, product, promotion, dan place. Promosi juga merupakan salah satu elemen dalam bauran promosi atau rencana promosi.

Promosi meliputi penjualan pribadi, iklan, promosi penjualan, publisitas, pemasaran langsung dan mungkin juga termasuk pemasaran acara, pameran, dan pameran dagang.

Baca juga: Pengertian Manajemen Pemasaran.

 

Pengertian Promosi Menurut Para Ahli

Promosi sangat erat kaitannya dengan pemasaran yang berkelanjutan. Promosi yang diyakini sebagai bagian dari komunikasi antara perusahaan dengan calon pelanggan.

Sejumlah ahli memiliki kemiripan yaitu aktivitas mempengaruhi calon pelanggan, untuk lebih jelas, simak penjelasan dari pendapat ahli berikut [link sumber].

1.Harper Boyd

Menurut pendapat Boyd, definisi promosi adalah upaya membujuk orang untuk menerima produk, konsep dan gagasan.

2.Swastha

Menurut pendapat Swastha, pengertian promosi adalah persuasi satu arah yang di buat untuk mempengaruhi orang lain yang bertujuan pada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.

3.Boone & Kurtz

Menurut pendapat Boone dan Kurtz, definisi promosi adalah proses menginformasikan, membujuk, dan mempengaruhi suatu keputusan pembelian.

4.Tjiptono

Menurut pendapat Tjiptono, arti promosi adalah bentuk komunikasi pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/ membujuk dan atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli, dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.

5.Kotler

Menurut pendapat Kotler, pengertian promosi adalah bagian dan proses strategi pemasaran sebagai cara untuk berkomunikasi dengan pasar dengan menggunakan komposisi bauran promosi “promotional mix”.

Baca juga  MARKETING MIX Adalah: Definisi, Unsur 7P, Kegiatan, Tujuan dan Pentingnya Marketing Mix untuk Kelangsungan Bisnis

6.Gitosudarmo

Menurut pendapat Gitosudarmo, pengertian promosi adalah kegiatan yang ditujukan untuk mempengaruhi konsumen agar mereka mengenal produk yang ditawarkan oleh perusahaan kepada mereka dan kemudian mereka menjadi senang lalu membeli produk tersebut.

 

Apa saja Tujuan Promosi?

Pelanggan saat ini lebih selektif, pilihan pembelian mereka dan program promosi yang baik diperlukan untuk mencapainya.

Tujuan utama promosi penjualan adalah untuk meningkatkan penjualan suatu produk dengan menciptakan permintaan, yaitu permintaan konsumen maupun permintaan perdagangan.

Promosi meningkatkan kinerja perantara dan bertindak sebagai suplemen untuk iklan dan penjualan pribadi.

Promosi bisa membantu perusahaan dalam mencapai tujuan berikut:

  1. Tujuan dasar promosi adalah untuk menyebarkan informasi kepada pelanggan potensial.
  2. Penjual menggunakan promosi tipe insentif untuk menarik pelanggan baru, untuk menghargai pelanggan setia dan untuk meningkatkan tingkat pembelian kembali pengguna sesekali.
  3. Untuk mendorong pelanggan untuk mencoba produk baru. Contoh yang menarik: Teh Obligasi Brooke di India digunakan untuk mendistribusikan teh gratis ke setiap rumah tangga selama tahun 1930-an, untuk mempromosikan kebiasaan minum teh di antara penduduk Chennai.
  4. Promosi penjualan menghasilkan respons penjualan yang lebih cepat daripada iklan.
  5. Promosi penjualan dianggap sebagai upaya penjualan khusus untuk mempercepat penjualan.
  6. Switchers merek terutama mencari harga rendah, nilai bagus dan premi. Promosi penjualan cenderung mengubah mereka menjadi pengguna merek yang loyal.
  7. Membantu mengalahkan kegiatan promosi pesaing.

Mengapa Promosi Penjualan sangat penting?

Dalam beberapa tahun terakhir, peranan promosi penjualan telah meningkat. Jumlah anggaran  yang dihabiskan untuk promosi penjualan sekarang sama dengan jumlah yang dihabiskan untuk iklan.

Peningkatan promosi penjualan ini disebabkan oleh perubahan dalam lingkungan pemasaran.

Pentingnya peningkatan promosi penjualan adalah karena pemikiran akan ide-ide baru untuk menciptakan kondisi penjualan yang menguntungkan, mempromosikan penjualan dan ekspansi penjualan di masa depan.

Promosu merupakan bagian dari strategi pemasaran. Sangat penting untuk kelangsungan hidup produsen.

Untuk meluncurkan produk baru atau merek baru, promosi penjualan sangat penting. Iklan menjangkau pelanggan di rumah mereka, atau di tempat bisnis atau dalam perjalanan mereka, sedangkan perangkat promosi penjualan menginformasikan, mengingatkan atau merangsang pembeli di titik pembelian.

Karenanya itu adalah satu-satunya perangkat yang tersedia untuk konsumen pada titik pembelian.

Program promosi penjualan yang baik akan menghilangkan ketidakpuasan konsumen sehubungan dengan penjualan eceran. Promosi penjualan meningkat sebagai akibat dari meningkatnya penggunaan layanan mandiri dan metode penjualan lainnya.

Baca juga: Pengertian Strategi Pemasaran.

 

Apa Saja Jenis Promosi?

Terdapat beberapa jenis promosi yang umum dikenal secara luas diantaranya: periklanan atau advertising, pemasaran langsung (direct marketing), promosi penjualan, penjualan pribadi (personal selling) dan humas atau lebih dikenal public relation (PR).

Berikut ini penjelasan dari masing-masing jenis promosi:

Iklan (Advertising)

Periklanan berarti mengiklankan produk, layanan, atau perusahaan dengan bantuan televisi, radio, atau media sosial. Ini membantu dalam menyebarkan kesadaran tentang perusahaan, produk atau layanan. Iklan dikomunikasikan melalui berbagai media massa, termasuk media tradisional seperti surat kabar, majalah, televisi, radio, iklan luar ruang atau surat langsung; dan media baru seperti hasil pencarian, blog, media sosial, situs web atau pesan teks.

Pemasaran langsung (Direct Marketing)

Pemasaran langsung adalah suatu bentuk iklan di mana organisasi berkomunikasi langsung kepada pelanggan melalui berbagai media termasuk pesan teks ponsel, email, situs web, iklan online, pemasaran basis data, selebaran, distribusi katalog, surat promosi dan iklan televisi, surat kabar, dan majalah yang ditargetkan sebagai serta iklan luar ruangan. Di antara para praktisi, itu juga dikenal sebagai tanggapan langsung.

Baca juga  Riset Pemasaran: Pengertian, Tujuan, Jenis, Fungsi dan Cara Penyusunan

Promosi penjualan (Sales Promotion)

Promosi penjualan menggunakan komunikasi pemasaran media dan non-media untuk waktu terbatas yang telah ditentukan sebelumnya untuk meningkatkan permintaan konsumen, merangsang permintaan pasar atau meningkatkan ketersediaan produk.

Penjualan pribadi (Personal Selling)

Penjualan suatu produk tergantung pada penjualan suatu produk. Personal Selling adalah metode di mana perusahaan mengirim agen mereka ke konsumen untuk menjual produk secara pribadi. Di sini, umpan baliknya segera dan mereka juga membangun kepercayaan dengan pelanggan yang sangat penting.

Humas

Hubungan masyarakat atau PR adalah praktik mengelola penyebaran informasi antara individu atau organisasi (seperti bisnis, lembaga pemerintah, atau organisasi nirlaba) dan publik. Kampanye PR yang sukses dapat benar-benar bermanfaat bagi merek organisasi.

Baca juga: Pengertian Perilaku Konsumen.

 

Contoh Kegiatan Promosi

Ada banyak jenis kegiatan promosi penjualan yang dapat Anda lakukan. Tidak seperti iklan, promosi penjualan tidak selalu menunjukkan biaya di muka.

Kegiatan promosi penjualan adalah hal biasa di pasar konsumen dan bisnis-ke-bisnis, dan dapat membantu pelanggan Anda dalam proses pengambilan keputusan mereka.

Berikut adalah beberapa contoh promosi penjualan untuk Anda jadikan referensi dalam melakukan promosi produk Anda.

1.Promosi melalui Google

Tahukah Anda bahwa Anda bisa mendapatkan promosi gratis di Google melalui profil Google Bisnisku?

Google Bisnisku memungkinkan Anda membuat empat jenis pos sosial: Apa yang Baru, Acara, Penawaran, dan Produk. Gunakan Panduan Posting Google Bisnisku untuk mengidentifikasi cara terbaik untuk membuat promosi Anda diketahui.

Tentu saja, agar promosi Anda mendapatkan pemaparan, profil Anda harus muncul di hasil pencarian. Gunakan alat gratis kami di bawah ini untuk memastikan profil Google Bisnisku Anda dioptimalkan untuk ditemukan di pencarian Google.

2.Hadiah Gratis

Ada banyak cara untuk memanfaatkan teknik promosi penjualan khusus ini. Sebuah restoran, misalnya, dapat menawarkan makanan penutup gratis dengan pembelian makanan.

Toko elektronik mungkin menawarkan baterai gratis kepada pelanggan. Restoran cepat saji semacam KFC juga sering ini meluncurkan promosi populer di mana mereka menawarkan 100 pelanggan pertama gratis DVD Film Indonesia.

3.Sampel produk Gratis

Banyak produk telah menggunakan metode ini dengan sangat sukses. Dengan memberikan sampel kepada semua pelanggan di toko, terlepas dari apakah mereka membeli sesuatu, mereka mendorong pelanggan untuk membeli produk yang mungkin belum mereka pertimbangkan sebelumnya.

Usaha kecil tidak memiliki anggaran seperti Yakult misalnya, tetapi masih dapat memberikan sampel gratis kepada pelanggan.

Apakah Anda memiliki produk baru yang ingin Anda jual? Berikan sampel! Ini paling cocok untuk makanan tetapi juga bisa digunakan di spa dan salon dengan lotion dan parfum tester atau produk aromaterapi. Jika Anda mempromosikan produk wajah baru, biarkan orang mencobanya! Orang menyukai sesuatu yang bisa mereka coba sebelum membeli.

4.Harga Diskon

Semua orang menyukai kesepakatan, dan seperti Black Friday dan Cyber ​​Monday secara konsisten menunjukkan tahun demi tahun, konsumen akan tergila-gila pada harga yang baik. Gunakan liburan dan acara di Kalender Pemasaran kami untuk keuntungan Anda dengan memiliki penjualan atau spesial di bisnis Anda.

5.Promosi Bersama

Promosi bersama dapat dilakukan antara merek yang dimiliki oleh satu perusahaan, atau antara merek yang dimiliki oleh perusahaan yang terpisah.

Promosi bersama itu mudah jika Anda mengenal pemilik bisnis lain dalam industri yang serupa atau terkait.

Tawarkan mereka beberapa produk atau layanan Anda untuk dibundel ke dalam paket di bisnis mereka dan tawarkan bundel yang sama pada Anda. Ini adalah promosi gratis untuk Anda masing-masing di bisnis pemilik lainnya.

Baca juga  Fungsi Manajeman Pemasaran Dilengkapi dengan Penjelasan dan Contoh

6.Voucher dan Kupon

Kedua jenis promo ini ditawarkan di majalah, koran, kemasan produk, dan secara online. Anda dapat menawarkan voucher dan kupon melalui email ke daftar email Anda atau sebagai ucapan terima kasih ketika orang berlangganan blog atau newsletter email Anda.

7.Kontes dan Hadiah Media Sosial

Membeli suatu produk menyediakan jalan masuk konsumen ke hadiah-hadiah ini. Promosi penjualan seperti itu sangat populer dengan barang-barang makanan seperti keripik dan minuman soda, yang memberikan hadiah terkait dengan bisnis di dalam kemasan atau menawarkan kode pada tutup botol.

Tetapi Anda dapat melakukan hal yang sama dengan hadiah Facebook atau Instagram untuk membuat pelanggan baru tertarik pada bisnis Anda.

8.Perdagangan yang Adil, Buatan Lokal

Produk yang diperdagangkan secara adil atau berkontribusi untuk tujuan amal adalah alat promosi penjualan yang jarang diakui. Namun, produk seperti itu tidak hanya menguntungkan amal, tetapi juga bisnis yang menjualnya juga.

GAP dan Apple, misalnya, keduanya menerima sambutan luar biasa terhadap produk bermerek (MERAH) mereka, persentase yang harga jualnya digunakan untuk mendukung program HIV / AIDS di Afrika.

Tetapi usaha kecil juga dapat melakukan promosi ini. Jika produk Anda diproduksi atau diproduksi di dalam negeri, beri nama bisnis Anda sebagai “Buatan Indonesia.” Jika kopi di kedai kopi Anda bebas dari perdagangan, buatlah diketahui!

Orang-orang mencari bisnis yang nilainya selaras dengan nilai mereka sendiri sehingga jika ada sesuatu yang penting bagi Anda, kemungkinan itu penting bagi pelanggan.

9.Beli Satu Dapat Dua (Gratis Satu)

Penawaran beli satu dapat gratis satu adalah salah satu metode promosi yang paling banyak digunakan. Di kalangan bisnis, mereka sering disebut sebagai promosi “melikuidasi diri” karena mereka mendorong pembersihan stok.

Namun, jarang melakukan promosi beli-satu-dapatkan-satu-gratis biaya bisnis apa pun. Bahkan, mereka dirancang untuk meningkatkan pendapatan. Misalnya, biayanya bisnis 10 sen untuk menghasilkan sepotong roti.

Jika roti itu dijual dengan harga dua untuk 1, bisnis itu masih menghasilkan untung. Bahkan, untungnya melonjak karena lebih banyak roti yang dijual.

10.Program Pelanggan Loyal

Kartu pelanggan adalah contoh umum dari insentif hubungan pelanggan. Misalnya, pelanggan mendapat cap untuk setiap minuman kopi yang ia beli, dan setelah cap ke-6, ia berhak mendapatkan minuman gratis.

Program retensi dan loyalitas pelanggan lainnya termasuk klub orang dalam di mana terdapat sedikit biaya tambahan yang memberikan diskon ekstra kepada pelanggan dan pilihan layanan pertama serta program rujukan klien.

 

Bonus ++ Pertanyaan Solutif dalam Promosi

1.Kontainer dan paket kedap udara yang digunakan untuk keripik, biskuit, dan selai dll, adalah contohnya

a.Identifikasi produk

b.Promosi produk

c.Perbedaan produk

d.Perlindungan Produk

Jawaban yang benar adalah opsi “d”. Produk kemasan pelindung dirancang dan dibuat untuk melindungi barang dari atmosfer, magnet, elektrostatik, getaran, atau kerusakan akibat sengatan listrik. Produk termasuk jenis kotak atau wadah penyimpanan, bahan pengemas, liner, dan spacer.

  1. ………. mengacu pada komponen kemasan lebih lanjut yang diperlukan untuk penyimpanan dan transportasi.

a.Paket transportasi

b.Paket primer

c.Paket sekunder

d.Tidak satu pun dari ini

Jawaban yang benar adalah opsi ”a ‘. Kemasan pengangkutan seringkali merupakan urusan lokal dan oleh karena itu perlu dirancang dengan mempertimbangkan kondisi dan harapan setempat. Pertama dan terutama, kemasan transportasi harus berfungsi untuk melindungi barang dalam perjalanan.

 

Kesimpulan

Sekarang kita sudah sampai pada tahap kesimpulan dan kami sadar bahwa strategi promosi yang Anda lakukan, sangat menentukan volume penjualan.

Kami tahu bahwa Anda sangat berkomitmen untuk memahami konsep dan jenis promosi, hal itu Anda buktikan dengan selesainya Anda membaca artikel sepanjang 2000an kata.

Secara garis besar, pembahasan kita dapat kita simpulkan sebagai berikut:

  1. Promosi merupakan proses strategi pemasaran sebagai cara untuk berkomunikasi dengan pasar, membujuk calon pelanggan hingga mempengaruhi keputusan pembelian.
  2. Tujuan dasar promosi adalah untuk menyebarkan informasi kepada pelanggan potensial, sehingga volume penjualan ikut meningkat.
  3. Jenis promosi meliputi Iklan, Pemasaran Langsung, Penjualan Personal, Promosi Penjualan/Publisitas dan Humas/public relation.
  4. Contoh kegiatan promosi meliputi kampanye di google, hadiah gratis, sampel produk, potongan harga/diskon, voucher dan kupon, beli 1 gratis 1, program pelanggan loyal.

Tinggalkan Jejak