Inilah Pengertian Ekonomi Mikro dan Contohnya

Halo sobat pemerhati ekonomi, bagaimana bisnis Anda saat ini? Kami doakan agar bisnis Anda makin mau dan lancar. Sambil menunggu Anda untuk membaca tentang pengertian ekonomi mikro dan contohnya, kembali kami ingatkan kepada Anda untuk komen jika ada pertanyaan seputar mikroekonomi.

Nah, pada pembahasan sebelumnya kami sudah menjelaskan tentang pengertian, ruang lingkup, masalah ekonomi. Meskipun ada contoh, namun masih sangat singkat. Dengan adanya pembahasan ini, diharapkan Anda semakin memahami tentang mata kuliah semester awal mahasiswa fakultas ekonomi prodi Manajemen.

Oke, tanpa menunggu untuk berlama-lama ngoceh gak karuan, ada baiknya kita mulai pembahasan ini. Scroll layar Anda ke bagian berikutnya ya….jangan lupa, baca hingga akhir.

Pengertian Ekonomi Mikro

Ekonomi mikro atau sering disebut mikroekonomi adalah studi tentang tren ekonomi, atau apa yang mungkin terjadi ketika individu membuat pilihan tertentu atau ketika faktor-faktor produksi berubah.

Aktor individu sering terpecah menjadi subkelompok ekonomi mikro, seperti pembeli, penjual, dan pemilik bisnis. Aktor-aktor ini berinteraksi dengan penawaran dan permintaan akan sumber daya, menggunakan uang dan suku bunga sebagai mekanisme untuk menetapkan harga untuk koordinasi seperti kriteria bisnis mikro, kecil, menengah dan besar.

Pengertian lain, ekonomi mikro (sering juga ditulis sebagai mikroekonomi) adalah cabang ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan dan menentukan harga pasar dan jumlah faktor input, barang dan jasa yang diperdagangkan.

Mikroekonomi memeriksa bagaimana keputusan dan perilaku ini mempengaruhi penawaran dan permintaan barang dan jasa, yang akan menentukan harga; dan bagaimana harga, pada gilirannya, menentukan penawaran dan permintaan barang dan jasa selanjutnya.

Baca juga  Pengertian Penawaran Adalah: Definisi, Jenis, Faktor yang Mempengaruhi dan Kurva Penawaran

Definisi lainnya, Ekonomi mikro dapat pula dikategorikan ilmu sosial yang mempelajari implikasi dari tindakan individu manusia, khususnya tentang bagaimana keputusan ini mempengaruhi pemanfaatan dan distribusi sumber daya yang langka.

Ekonomi mikro menunjukkan bagaimana dan mengapa barang yang berbeda memiliki nilai yang berbeda, bagaimana individu membuat keputusan lebih efisien atau lebih produktif, dan bagaimana individu berkoordinasi dan bekerja sama satu sama lain seperti kebijakan ekonomi mikro.

Secara umum, ekonomi mikro dianggap sebagai ilmu yang lebih lengkap, maju, dan lebih maju daripada ekonomi makro.

Artikel lain: Pengertian Ekonomi Mikro, Tinjauan Umum, Ruang Lingkup, Tujuan dan Peranannya.

Contoh Ekonomi Mikro

Mikroekonomi mencoba memecahkan masalah pada tingkat yang paling kecil. Beberapa ekonom ingin menggambarkan ekonomi mikro sebagai studi ekonomi dan perilaku dari bawah ke atas, karena berfokus pada efek keputusan tingkat rendah pada ekonomi.

Contoh dari masalah ekonomi mikro dapat menjadi efek dari kenaikan upah dalam bisnis. Jika bisnis besar menaikkan gajinya sebesar 10 persen secara keseluruhan, apa dampak kebijakan ini terhadap harga produknya?

Dengan meningkatnya biaya produksi produk, harga produk ini untuk konsumen cenderung mengikuti. Demikian juga, apa yang akan terjadi jika perusahaan menaikkan upah untuk karyawan yang paling produktif tetapi memecat pekerja yang paling tidak produktif? Ini adalah jenis pertanyaan yang ingin diselesaikan oleh ekonomi mikro.

Ekonomi mikro juga berguna untuk mempelajari efek dari keputusan Anda sendiri. Salah satu prinsip paling umum dalam ekonomi mikro adalah biaya peluang seperti kebijakan ekonomi mikro.

Kesadaran utama di sini adalah bahwa ekonomi mikro, seperti awalan, berkaitan dengan ekonomi dalam skala yang sempit, misalnya, pengambilan keputusan ekonomi dari pelaku individu. Berikut ini beberapa contoh ekonomi mikro:

  1. Bagaimana bisnis lokal memutuskan untuk mengalokasikan dana mereka
  2. Bagaimana sebuah kota memutuskan untuk menghabiskan surplus pemerintah
  3. Pasar perumahan kota atau lingkungan tertentu
  4. Produksi bisnis lokal
Baca juga  Ruang Lingkup Ekonomi Mikro Berdasarkan Tinjauan Teori Ekonomi Mikro

Secara umum, ekonomi mikro berkaitan dengan pengambilan keputusan yang memiliki efek tingkat rendah, yaitu kota, di mana ketika ekonomi mikro memiliki tingkat tinggi, efek skala besar, yang mempengaruhi negara.

Baca juga: Ruang Lingkup Mikroekonomi.

Konsep Biaya Peluang

Biaya peluang adalah nilai dari membuat satu keputusan atas yang lain. Keputusan yang melibatkan biaya ekonomi adalah pilihan satu kali makan daripada yang lain: dengan memilih makanan tertentu, Anda kehilangan manfaat yang ditawarkan oleh orang lain.

Opsi yang melibatkan biaya peluang dapat dikaitkan dengan karier Anda. Dengan memilih satu pekerjaan di atas yang lain, Anda bisa mendapatkan peluang tetapi kehilangan yang lain.

Selain faktor-faktor seperti penawaran dan permintaan, biaya peluang adalah salah satu prinsip ekonomi mikro. Karena fokus ekonomi makro yang sempit, ini adalah keterampilan yang sangat berharga untuk membuat keputusan dalam hidup Anda sendiri.

Contoh Kasus

Anda memiliki ekonomi pada suatu negara, katakanlah Amerika. Orang-orang dan industri Amerika membutuhkan pakaian, makanan, ponsel, bahan baku, mobil, dll. Tetapi menurut hukum dasar ketidakcukupan, ada sumber daya yang terbatas. Jadi untuk menyelesaikan masalah kebutuhan tak terbatas / sumber daya terbatas, Amerika harus membuat beberapa keputusan mengenai:

  1. Produk mana yang harus diproduksi dan berapa volume produksinya (What & How Many).
  2. Bagaimana cara menghasilkan produk-produk tersebut (How to)
  3. Siapa yang akan mendapatkan produk ini (Who)

Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini dapat diberikan dari pemerintah negara bagian dalam sistem totaliter atau dari masing-masing individu di pasar yang benar-benar terbuka.

Contoh keputusan yang paling memungkinkan:

Amerika dapat memilih untuk mengurangi produksi pakaian untuk meningkatkan produksi makanan, melalui produksi dan investasi yang padat karya. Kemudian Amerika dapat memilih untuk memasok makanan ke konsumen daripada industri daging.

Baca juga  Pengertian Ekonomi Mikro: Tinjauan umum, Ruang Lingkup, Tujuan dan Peranan

Demikianlah pembahasan singkat tentang pengertian ekonomi mikro dan contohnya dalam perekonomian. Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat untuk menambah pemahaman Anda.

Bacaan:

  • koedahitam.blogspot.com
  • dosenekonomi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *