Mau Jadi Pengelola Keuangan Handal? Yuk, Baca Ini Dulu!

tugas pengelola keuangan perusahaan

Apa kamu bercita-cita ingin menjadi pengelola keuangan di perusahaan tertentu? Nah, jika kamu ingin menjadi finance di perusahaan, pastikan kamu membaca artikel ini dulu. Artikel ini akan membahas tugas-tugas yang dilakukan oleh pengelola keuangan perusahaan.

Daftar isi

Apa Itu Pengelola Keuangan?

Supaya kamu lebih yakin dengan cita-cita kamu, maka penting untuk mengetahui secara jelas apa itu pengelola keuangan. Pengelola keuangan adalah orang yang bertugas untuk mengatur keuangan di dalam perusahaan, daerah ataupun negara. Jadi, pengelola keuangan dibutuhkan di setiap lini organisasi yang memerlukan uang di dalamnya.

Jika merujuk pada sebuah profesi, maka pengelola keuangan dalam sebuah perusahaan disebut finance. Finance memiliki peranan penting untuk mengatur jalannya uang dalam perusahaan agar sesuai dengan rancangan anggaran yang dibuat.

Peranan finance dalam perusahaan sangatlah penting. Ibaratnya finance menjadi pengatur keperluan dapur perusahaan. Jika finance tidak bekerja dengan baik, maka keuangan perusahaan bisa berantakan.

Baca: Cara Mengelola Keuangan Rumah Tangga yang Bener.

Jika kamu ingin menjadi finance yang handal, maka hal pertama yang harus kamu miliki adalah kejujuran. Modal utama kamu adalah kejujuran supaya kamu bisa mengelola keuangan dengan apa adanya, tanpa melebihkan ataupun mengurangi jumlah pengeluaran.

Selain itu, kamu perlu memiliki kecerdasan dan kecermatan untuk menemukan jalan keluar jika muncul masalah keuangan. Hal ini penting supaya kamu tidak kebingungan nanti, maka rajinlah belajar. Masalah gaji, sebagai finance kamu tidak akan diberikan gaji yang ringan untuk pekerjaan seberat itu. Jadi, pastikan kamu memiliki kemampuan dan karakter supaya bisa menjadi finance yang bisa diandalkan.

Tugas Pengelola Keuangan Perusahaan

Jika dilihat dari jumlah gaji yang diberikan, seharusnya kamu tahu bahwa pekerjaan ini tidak sederhana. Dalam artian kamu memiliki tanggung jawab yang besar. Bukan berarti hal ini untuk menakut-nakuti kamu, namun untuk menambah kesiapan kamu untuk menjadi pengelola keuangan perusahaan yang handal.

Baca juga  Cara Mengatur Keuangan Keluarga Agar Lebih Produktif

Baca juga: Manajemen Keuangan Mencakup Apa Aja Sih?

Kamu perlu mengetahui tugas pengelola keuangan perusahaan untuk menyiapkan diri kamu. Adapun tugas sebagai finance, sebagai berikut:

Mengumpulkan Dana Perusahaan

Kenapa kamu harus mengutamakan kecerdasan untuk menjadi finance? Karena kamu bertugas untuk mengumpulkan dana perusahaan. Finance bertugas untuk menyediakan uang untuk pemenuhan operasional perusahaan.

Finance bisa mengumpulkan dana dari pemasukan yang diperoleh perusahaan. Selain itu, finance juga bisa mengumpulkan dan dengan mengajukan pinjaman bank. Tentunya, semua hal yang dilakukan finance dalam mengumpulkan dana perusahaan sudah mendapatkan persetujuan pimpinan perusahaan.

Menyalurkan Dana Perusahaan

Selanjutnya, sebagai finance kamu bertugas untuk menyalurkan dana yang ada di perusahaan. Dalam mengerjakan tugas ini kamu harus selektif dan teliti supaya dana yang kamu salurkan tepat sasaran.

Kamu perlu memperhatikan dengan cermat rancangan keuangan yang diajukan dari setiap divisi perusahaan. Jika ada keperluan yang dirasa tidak penting, maka kamu bisa menahannya. Jangan keluarkan dana untuk keperluan yang tidak mempengaruhi kemajuan perusahaan.

Mengelola Keuntungan Perusahaan

Sebagai finance kamu bertugas untuk mengelola keuntungan perusahaan. Kamu dituntut memiliki cara kreatif untuk mengatur keuntungan perusahaan. Jangan sampai keuntungan perusahaan dibiarkan stagnan. Jadi, kamu harus pintar dalam mengelolanya.

Kamu bisa mengelola keuntungan perusahaan untuk kemajuan perusahaan. Misalnya, kamu bisa menyimpannya di bank supaya mendapatkan bunga yang besar. Nah, kamu harus berpikir kreatif mengenai hal ini.

Mengajukan Kebijakan 

Tugas penting yang perlu kamu lakukan selama memegang jabatan pengelola keuangan yaitu mengajukan kebijakan. Kebijakan yang kamu ajukan terkait dengan usaha dan upaya untuk menjaga kestabilan dana perusahaan.

Selain itu, kamu perlu membuat laporan keuangan perusahaan untuk dilaporkan kepada pimpinan. Pastikan kamu membuat laporan secara jujur dan terperinci. Ingat, kamu harus bertanggung jawab penuh terhadap laporan keuangan yang kamu buat. Jadi, jangan main-main dengan hal tersebut.

Baca juga  Pengertian Manajemen Keuangan Adalah: Pendapat Penulis

Baca: Pengertian Manajemen Keuangan.

Demikianlah, pembahasan mengenai tugas pengelola keuangan perusahaan yang perlu kamu ketahui. Siapkan diri untuk menjadi finance yang handal. Pastikan kamu memiliki kemampuan yang baik supaya bisa menjalankan tugas dengan baik. Rajinlah belajar karena sebagai finance kamu memiliki tanggung jawab yang besar. Jadi, jangan main-main, pastikan kamu menjadi finance yang handal.

Iklan

Melalui buku ini, Anda akan belajar bagaimana Membangun kekayaan Melalui Investasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *