Manajemen Keuangan Perusahaan Mencakup Apa Aja sih?

Sebagian besar orang beranggapan bahwa manajemen keuangan perusahaan hanya kegiatan pencatatan uang dalam akuntansi dan merupakan tanggung jawab departemen keuangan. Padahal, manajemen keuangan sangat luas dan penting untuk keberlangsungan bisnis.

Definisi secara umum manajemen keuangan merupakan kegiatan perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencarian dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh suatu organisasi atau perusahaan.

Kegiatan Utama Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan memiliki tiga jenis kegiatan utama untuk bisnis, bersama dengan penjelasan.

1.Memperoleh Dana Perusahaan

Kegiatan ini bertujuan untuk memperoleh sumber dana bagi perusahaan. Baik itu berasal dari internal perusahaan atau bersumber dari eksternal perusahaan. Ada dua sumber utama pendanaan bisnis, yaitu ekuitas dan utang. Dua sumber pendanaan adalah sebagai berikut:

  1. Pendanaan ekuitas (modal sendiri). Dapat diperoleh dari tabungan individu, teman dan kerabat, investor individu lainnya, perusahaan besar, perusahaan modal ventura, dan penjualan saham.
  2. Pendanaan dari hutang (pinjaman). Dapat diperoleh dari teman atau kerabat, investor individu lainnya, pemasok bahan baku dalam bentuk aset, bank komersial, program yang didukung oleh pemerintah, lembaga keuangan non-pemerintah, perusahaan besar dan perusahaan modal ventura.

2.Menggunakan Dana Perusahaan

Menggunakan dana perusahaan adalah kegiatan dalam menggunakan atau menginvestasikan dana yang ada dalam berbagai bentuk aset. Penggunaan dana ini dilakukan dalam laporan perubahan yang disusun berdasarkan dua neraca untuk dua periode. Laporan tersebut mengilustrasikan perubahan dalam setiap elemen yang mencerminkan sumber atau penggunaan dana.

Secara umum, rasio keuangan yang dihitung dapat dikelompokkan menjadi enam jenis, yaitu:

  1. Leverage Ratio, rasio ini digunakan untuk mengukur seberapa banyak dana yang disediakan oleh pemilik perusahaan.
  2. Rasio Likuiditas, rasio ini untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban keuangan jangka pendek.
  3. Rasio Penilaian, rasio ini adalah ukuran kinerja perusahaan yang paling lengkap.
  4. Leverage Ratio, rasio ini digunakan untuk mengukur berapa dana yang dipasok oleh pemilik perusahaan.
  5. Activity Ratio, rasio ini digunakan untuk mengukur efektivitas manajemen dalam menggunakan sumber dayanya.
  6. Rasio Pertumbuhan, rasio ini digunakan untuk mengukur seberapa baik perusahaan mempertahankan posisi ekonominya.
  7. Rasio Profitabilitas, rasio ini digunakan untuk mengukur efektivitas manajemen seperti yang terlihat dari laba yang dihasilkan terhadap penjualan dan investasi perusahaan.

3.Kelola Aset (Aset)

Baca juga  Penerapan Manajemen Keuangan Dalam Koperasi

Kegiatan pengelolaan aset adalah kegiatan yang dilakukan setelah dana telah diperoleh dan telah diinvestasikan atau dialokasikan dalam bentuk aset (atkiva). Dana perusahaan yang ada harus dikelola secara efektif dan efisien. Dalam hal ini perusahaan harus membagi keuntungan yang diperoleh dalam jangka waktu tertentu. Insentif atau bonus dapat didistribusikan secara merata di kantor kepada karyawan atau orang yang telah dianggap memberikan manfaat di kantor.

Pengaturan manajemen keuangan perusahaan yang baik tentu akan membuat bisnis tumbuh dan memiliki kontrol keuangan yang lebih baik. Salah satu bentuk manajemen penting dalam bisnis adalah membuat laporan keuangan.

Sekarang, Anda dapat dengan mudah membuat laporan keuangan menggunakan perangkat lunak akuntansi yang dijual secara terbuka, Anda busa menggunakannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *