Jurusan Manajemen: Apa Saja yang Dipelajari dan Bagaimana Prospek Kerjanya?

Jurusan manajemen adalah salah satu jurusan yang paling diminati oleh para calon mahasiswa, khususnya yang berasal dari latar belakang ilmu sosial. Jurusan ini mempelajari tentang bagaimana mengelola suatu organisasi atau bisnis secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Jurusan manajemen juga menawarkan berbagai peminatan atau konsentrasi yang sesuai dengan minat dan bakat masing-masing mahasiswa. Lalu, apa saja yang dipelajari di jurusan manajemen dan bagaimana prospek kerjanya di masa depan? Simak ulasan berikut ini.

Daftar isi

Apa Itu Jurusan Manajemen?

Jurusan manajemen adalah jurusan yang mempelajari ilmu pengelolaan bisnis. Seperti pengembangan strategi, pembuatan rencana, prosedur dalam bisnis, pemasaran, perekrutan sumber daya manusia, hingga keuangan1. Jurusan ini termasuk ke dalam bidang ilmu ekonomi dan bisnis, yang memiliki cakupan yang luas dan aplikatif. Jurusan manajemen juga memiliki banyak cabang ilmu, seperti manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia, manajemen operasi, manajemen strategi, manajemen proyek, dan lain-lain2.

Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Manajemen?

Di jurusan manajemen, kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah yang berkaitan dengan ilmu manajemen secara teori maupun praktek. Beberapa mata kuliah yang umum diajarkan di jurusan manajemen adalah:

  • Pengantar Ekonomi Mikro dan Makro: Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep-konsep dasar ekonomi, seperti permintaan, penawaran, elastisitas, pasar persaingan sempurna dan tidak sempurna, inflasi, deflasi, pertumbuhan ekonomi, dan lain-lain.
  • Akuntansi: Mata kuliah ini mempelajari tentang cara mencatat dan melaporkan transaksi keuangan suatu organisasi atau bisnis. Kamu akan belajar tentang siklus akuntansi, jurnal, buku besar, neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas, dan lain-lain.
  • Pengantar Bisnis: Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep-konsep dasar bisnis, seperti jenis-jenis bisnis, lingkungan bisnis, etika bisnis, tanggung jawab sosial bisnis, hukum bisnis, dan lain-lain.
  • Pengantar Manajemen: Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep-konsep dasar manajemen, seperti fungsi-fungsi manajemen (perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian), teori-teori manajemen (klasik, neoklasik, modern), gaya-gaya kepemimpinan (otoriter, demokratis, laissez-faire), motivasi kerja (teori X dan Y, teori hierarki kebutuhan Maslow), komunikasi organisasi (verbal dan nonverbal), pengambilan keputusan (rasional dan intuitif), dan lain-lain.
  • Statistika: Mata kuliah ini mempelajari tentang cara mengumpulkan, menganalisis, dan menyajikan data secara kuantitatif. Kamu akan belajar tentang teknik-teknik statistika deskriptif (mean, median, modus, standar deviasi) dan inferensial (uji hipotesis, uji t, uji F, uji chi-square, regresi linier, korelasi, analisis varians, dan lain-lain).
  • Matematika Bisnis: Mata kuliah ini mempelajari tentang cara menggunakan matematika untuk menyelesaikan masalah-masalah bisnis. Kamu akan belajar tentang fungsi-fungsi matematika (linier, kuadratik, eksponensial, logaritma), turunan, integral, persamaan diferensial, matriks, program linier, teori antrian, teori permainan, dan lain-lain.
Baca juga  Apa Perbedaan Bank dan Credit Union?

Selain mata kuliah di atas, kamu juga akan mempelajari mata kuliah sesuai dengan peminatan atau konsentrasi yang kamu pilih. Misalnya, jika kamu memilih manajemen pemasaran, kamu akan mempelajari mata kuliah seperti perilaku konsumen, strategi pemasaran, bauran pemasaran (produk, harga, distribusi, promosi), penelitian pemasaran, pemasaran internasional, pemasaran digital, dan lain-lain. Jika kamu memilih manajemen keuangan, kamu akan mempelajari mata kuliah seperti manajemen keuangan dasar, analisis laporan keuangan, manajemen modal kerja, manajemen risiko keuangan, manajemen portofolio, pasar modal, perbankan, dan lain-lain.

Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Manajemen?

Jurusan manajemen memiliki prospek kerja yang cukup cerah dan luas. Lulusan jurusan manajemen bisa bekerja di berbagai sektor industri, baik swasta maupun pemerintahan. Beberapa contoh pekerjaan yang bisa diambil oleh lulusan jurusan manajemen adalah:

  • Akuntan: Pekerjaan ini bertanggung jawab untuk mencatat dan melaporkan transaksi keuangan suatu organisasi atau bisnis. Akuntan juga bisa memberikan saran-saran tentang perencanaan keuangan, perpajakan, audit, dan lain-lain.
  • Konsultan Bisnis: Pekerjaan ini bertanggung jawab untuk memberikan solusi-solusi bisnis kepada klien, baik dalam hal strategi, operasi, pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, teknologi, atau lainnya. Konsultan bisnis juga bisa membantu klien dalam mengimplementasikan rekomendasi-rekomendasi yang diberikan.
  • Marketer: Pekerjaan ini bertanggung jawab untuk merencanakan dan melaksanakan aktivitas-aktivitas pemasaran suatu produk atau jasa. Marketer juga bisa melakukan analisis pasar, segmentasi pasar, penentuan target pasar, penentuan posisi pasar, dan lain-lain.
  • Staf Keuangan: Pekerjaan ini bertanggung jawab untuk mengelola keuangan suatu organisasi atau bisnis. Staf keuangan juga bisa melakukan analisis laporan keuangan, perencanaan anggaran, pengawasan arus kas, pengelolaan hutang dan piutang, dan lain-lain.
  • Recruiter: Pekerjaan ini bertanggung jawab untuk merekrut dan menyeleksi calon karyawan yang sesuai dengan kebutuhan organisasi atau bisnis. Recruiter juga bisa melakukan wawancara, tes psikologi, tes kompetensi, negosiasi gaji, dan lain-lain.
  • Staf HRD: Pekerjaan ini bertanggung jawab untuk mengelola sumber daya manusia suatu organisasi atau bisnis. Staf HRD juga bisa melakukan pelatihan dan pengembangan karyawan, penilaian kinerja karyawan, penggajian dan tunjangan karyawan, hubungan industrial, dan lain-lain.
  • Konsultan Perbankan: Pekerjaan ini bertanggung jawab untuk memberikan layanan perbankan kepada nasabah, baik individu maupun korporasi. Konsultan perbankan juga bisa memberikan saran-saran tentang produk-produk perbankan, seperti tabungan, deposito, kredit, investasi, asuransi, dan lain-lain.
Baca juga  Bagaimana Menerapkan Growth Hacking dalam Pengembangan Bisnis?

Kesimpulan

Jurusan manajemen adalah jurusan yang menawarkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang berguna untuk mengelola bisnis atau organisasi secara profesional. Jurusan ini memiliki kurikulum yang beragam dan menantang, serta menawarkan beberapa peminatan atau konsentrasi yang dapat dipilih sesuai dengan minat dan bakat mahasiswa.

Jurusan ini juga memiliki prospek kerja yang luas dan menjanjikan, baik di sektor swasta maupun pemerintah, baik nasional maupun internasional. Jurusan ini cocok bagi Anda yang memiliki minat dan bakat dalam bidang manajemen atau bisnis.

Iklan

Melalui buku ini, Anda akan belajar bagaimana Membangun kekayaan Melalui Investasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *