Contoh Ekonomi Makro Dalam Sebuah Negara

Oke sobat pemerhati ekonomi dimanapun berada, jika pada pembahasan sebelum-sebelumnya kita sudah pernah membahas pengertian ekonomi makro, tujuan, ruang lingkup, konsep dan manfaat. Dari pembahasan itu kemudian ada pertanyaan begini: bagaimana contoh ekonomi makro atau secara spesifik disebutkan kaitannya dalam masyarakat.

Nah, untuk menjawab pertanyaan ini, kembali kita akan ingatkan kembali untuk membaca pembahasan tentang pengertian ekonomi makro. Kenapa demikian, karena untuk menjawab pertanyaan ini kita titik awalnya dari definisi tadi.

Sedikit ulasan, bahwa variabel yang menjadi aspek analisis dalam ekonomi makro mencakup investasi, pendapatan nasional, pengangguran, pekerjaan, tingkat inflasi, kebijakan moneter, neraca pembayaran/perdagangan dan aspek lain yaitu kondisi perekonomian dunia.

Konsep dasar ekonomi makro terfokus pada beberapa hal yakni meliputi: Output (Keluaran dan Penghasilan (Income), pengangguran, inflasi dan deflasi. Jika dilihat dari tujuannya, analisis ekonomi makro berfokus pada aktivitasekonomi terhadap ekonomi secara agregat (keseluruhan) baik secara nasioanl maupun internasional.

Baca juga: Penjelasan ruang lingkup ekonomi makro.

Berikut ini ada beberapa contoh ekonomi makro pada aspek kehidupan sehari-hari:

  1. Pertumbuhan ekonomi adalah proses perubahan kondisi perekonomian sebuah negara secara berkesinambungan menuju keadaan yang lebih baik. Dapat juga diartikan sebagai proses kenaikan kapasitas produksi suatu perekonomian yang diwujudkan dalam bentuk kenaikan pendapatan nasional.
  2. Tingkat pengangguran adalah persentase mereka yang ingin bekerja, akan tetapi tidak memiliki pekerjaan. Hasilnya diperoleh melalui survey terhadap ribuan tumah tangga. Dalam perekonomian yang telah maju, sebagian besar mereka yang menjadi pengangguran dapat memperoleh pekerjaan dalam waktu yang singkat.
  3. Kesempatan kerja adalah keadaan yang menggambarkan ketersediaan lapangan kerjauntuk para pencari kerja. Jadi kesempatan kerja merupakan jumlah lapangan kerja yang tersedia untuk orang-orang yang sedang mencari kerja. Atau dapat juga dikatakan ketersediaan lapangan kerja untuk yang memerlukan
  4. Pendapatan nasional adalah jumlah pendapatanyang diterima oleh seluruh rumah tangga keluarga (RTK) di suatu negara dari penyerahan faktor-faktor produksi dalam satu periode, biasanya selama satu tahun.
  5. Kebijakan ekonomi adalah tindakan sebuah kebijakan pemerintah dalam mengambil kebijakan atau keputusan di bidang ekonomi, kebijakan ini dapat pula mencakup didalamnya sistem untuk menetapkan sistem perpajakan, suku bunga dan anggaran pemerintah serta pasar tenaga kerja, kepemilikan nasional, dan otonomi suatu negara.
  6. Tingkat Inflasi adalah suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus-menerus (continue) berkaitan dengan mekanisme pasar yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain, konsumsi masyarakat yang meningkat, berlebihnya likuiditas di pasar yang memicu konsumsi atau bahkan spekulasi.
  7. Deflasi adalah suatu periode di mana harga-harga secara umum jatuh dan nilai uang bertambah. Deflasia dalah kebalikan dari inflasi. Bila inflasi terjadi akibat banyaknya jumlah uang yang beredar di masyarakat, maka deflasi terjadi karena kurangnya jumlah uang yang beredar
  8. Kerjasama antar negara di dunia adalah terjalinnya hubungan antarasatu negara dengan negara lainnya melalui kesepakatan untuk mencapai tujuan. Kerjasama antarnegara bentuknya bermacam-macam, mulai kerjasama ekonomi, perdagangan dan lain-lain. Istilah kerja sama ekonomi internasional tidak sama dengan perdagangan
  9. Pendapatan per kapita besarnya pendapatan rata-rata penduduk di suatu negara. Pendapatan per kapita didapatkan dari hasil pembagian pendapatan nasional suatu negara dengan jumlah penduduk negara tersebut. Pendapatan per kapita juga merefleksikan PDB per kapita.
  10. Ekspor adalah penjualan barang ke luar negeri dengan menggunakan sistem pembayaran, kualitas, kuantitas dan syarat penjualan lainnya yang telah disetujui oleh pihak
  11. Impor adalah sebuah kegiatan transportasi barang atau komoditas dari suatu negara ke negara. Proses imporumumnya adalah kegiatan memasukan barang atau komoditas dari negara lain ke dalam negeri.
  12. Siklus ekonomi adalah terjadinya fluktuasi ekonomiyang melanda produksi nasional, pendapatan, kesempatan kerja, yang biasanya berlangsung selama 2 sampai 10 th, yang ditandai dengan adanya kontraksi dan ekspansi di seluruh sektor ekonomi.
  13. Investasi pemerintahan adalah penempatan sejumlah dana dan/atau barang oleh pemerintahpusat dalam jangka panjang untuk investasipembelian surat berharga dan investasi langsung, yang mampu mengembalikan nilai pokok ditambah dengan manfaat ekonomi, sosial, dan/atau manfaat lainnya dalam jangka waktu tertentu.
  14. Neraca pembayaran merupakan suatu ikhtisar yang meringkas transaksi-transaksi antara penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain selama jangka waktu tertentu (biasanya satu tahun).
Baca juga  Pengertian APC dan APS Dalam Ekonomi Makro [Penjelasan Singkat]

Demikianlah pembahasan singkat tentang contoh ekonomi makro pada sebuah negara, mudah-mudahan pembahasan ini bermanfaat untuk Anda. Sampai berjumpa pada pembahasan berikutnya.

 

Bacaan:

wikipedia.com

pixabay.com

zonareferensi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *